Kereta api Senja Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta Api Brawijaya
310px
KA Brawijaya di Stasiun Pasar Senen
Ikhtisar
JenisEksekutif, Bisnis dan Ekonomi
SistemKereta api ekspres
StatusRencana Beroperasi
LokasiDaop 8 Surabaya
TerminusStasiun Malang
Stasiun Pasar Senen
Layanan1
Operasi
DibukaBelum ada kepastian ini
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorPT Kereta Api Indonesia
DepotMalang
RangkaianCC 201, CC 203, CC 204 dan CC 206
Data teknis
Panjang lintas881 Km
Lebar sepur1067 mm
Elektrifikasi-
Kecepatan operasi45 s/d 95 Km/jam
Peta rute
Kereta api Brawijaya/route
KA Brawijaya ditarik lok CC 203-24, menunggu waktu berangkat di Pasar Senen

Kereta api Brawijaya adalah kereta api penumpang kelas campuran Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi yang melayani koridor Malang - Pasar Senen via Semarang. Yang direncanakan nantinya akan diluncurkan. Kereta ini merupakan kereta semua kelas campuran dalam satu rangkaian setelah Kereta api Malabar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal pengoperasiannya, rute KA Senja Kediri adalah Kediri - Semarang - Pasar Senen. Karena banyaknya peminat KA Senja Kediri asal Tulungagung dan sekitarnya, terhitung tanggal 23 Desember 2009 KA Senja Kediri diperpanjang rutenya hingga Kota Tulungagung dengan jadwal kedatangan pukul 06.15 di Tulungagung.

Kemudian, mengingat tingginya permintaan penumpang KA Bisnis untuk tujuan Malang - Jakarta, akhirnya per 1 Juli 2011 rute KA Senja Kediri diperpanjang hingga Stasiun Malang; sementara uji cobanya dilakukan sejak 27 Juni 2011 dan berganti nama menjadi Senja Malang. Tak lama kereta itu di hapus dan di gantikan oleh kereta api Majapahit.

Namun beberapa tahun lamanya PT. KAI luncurkan kereta lagi relasi Jakarta - Malang, dikarenakan konsekuesi untuk perjalanan Jakarta - Malang masih terbilang sedikit hal dikarenakan penumpang sering tidak mendapatkan tiket kereta reguler termurah saat musim lebaran atau liburan untuk jurusan ini, bahkan masih ada banyak yang mengandalkan kereta tambahan murah, kerugiannya penumpang bisa saja terlambat membeli tiket kreta murah untuk Jakarta - Malang, dengan adanya di luncurkan kereta ini penumpang bisa membeli tiket dan tidak harus mengandalkan kereta lain yang sebagai andalannya.

Kereta ini diluncurkan untuk relasi Jakarta - Malang via Pantura

Tarif[sunting | sunting sumber]

Dengan tarif Rp. 350.000,- Rp. 265.000,-, untuk kelas ekonomi, Rp. 350.000 dan Rp 550 untuk kelas bisnis dan tarif sebesar Rp. 750.000,- dan Rp. 465.000,- untuk kelas eksekutif.

Stanformasi rangkaian kereta:

* 1 Lokomotif CC 206 (Dipo Induk SDT/JNG)

* 1 Kereta Pembangkit (P ML)

* 4 Kereta Eksekutif (K1 ML)

* 1 Kereta Makan (M1/KMP2 ML)

* 3 Kereta Bisnis (K2 ML)

* 3 Kereta Ekonomi (K3 ML)

* 1 Kereta Bagasi (B ML)

KA Brawijaya diberangkatkan dari Stasiun Malang pukul 21:00 WIB sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 10:55 WIB. Dan diberangkatkan kembali dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.00 WIB dan tiba di Malang pukul 10:00 WIB.

Kereta api Brawijaya tujuan Pasar Senen Jakarta pemberangkatan dari Stasiun Malang berhenti di Stasiun Lawang, Stasiun Bangil, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Waru, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Lamongan, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Pemalang, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon, Stasiun Jatibarang, Stasiun Bekasi (arah jakarta), Stasiun Jatinegara (arah jakarta) dan berakhir di Stasiun Pasar Senen.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]