Kereta api Tegal Bahari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kereta api Tegal Bahari
PapanKeretaApi 2020.svg
KA TEGAL BAHARI
Pasar Senen - Tegal (PP)
Tegal Bahari BKS.jpg
Kereta api Tegal Bahari persiapan berangkat kembali di Stasiun Bekasi
Informasi umum
Jenis layananKereta api antarkota
StatusBeroperasi
Mulai beroperasi26 Maret 2022
Operator saat iniPT Kereta Api Indonesia
Operator sebelumnyaTegal Bahari (relasi Tegal-Gambir)
Lintas pelayanan
Stasiun awalPasar Senen
Jumlah pemberhentianLihatlah di bawah.
Stasiun akhirTegal
Jarak tempuh288 km
Waktu tempuh rerataRata-rata 5-6 jam
Frekuensi perjalananSatu kali dalam satu perjalanan pergi pulang sehari
Jenis relRel berat
Pelayanan
KelasEkonomi
Pengaturan tempat duduk106 tempat duduk disusun 3-2
kursi saling berhadapan dan tidak bisa direbahkan
Fasilitas restorasiAda
Fasilitas observasiKaca dengan tirai, lapisan laminasi isolator panas.
Fasilitas hiburanTidak ada
Fasilitas bagasiAda
Fasilitas lainToilet, alat pemadam api ringan, penyejuk udara, rem darurat.
Teknis sarana dan prasarana
Lebar sepur1.067 mm
Kecepatan operasional65 s.d. 90 km/jam
Pemilik jalurDitjen KA, Kemenhub RI
Nomor pada jadwal319-320

Kereta api Tegal Bahari merupakan layanan kereta api penumpang kelas ekonomi yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia (Persero) dengan relasi Pasar SenenTegal dan sebaliknya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tegal Bahari (ex Cirebon Ekspres Tegal)[sunting | sunting sumber]

Kereta api Tegal Bahari saat melintas di Cikampek, Karawang (2019)

Kereta api Tegal Bahari merupakan sempalan (spin-off) dari rumpun layanan kereta api Cirebon Ekspres setelah dilakukan perpanjangan lintas pelayanan menuju Stasiun Tegal sejak 2007. Peluncuran kereta api Tegal Bahari juga diiringi dengan peluncuran kereta makan bercorak batik tegalan.[1] Kereta api Tegal Bahari sebelumnya memakai Kelas eksekutif dan bisnis (2007-2016) namun kelas Kereta api Tegal Bahari ini diubah menjadi Kelas eksekutif dan ekonomi new image (2016-2019) sehingga Kereta api Tegal Bahari berhenti beroperasi Tanggal 16 Agustus 2019 digantikan dengan Kereta api Argo Cheribon.

Penerus rute Jakarta-Tegal[sunting | sunting sumber]

Sebelum Kereta api Tegal Bahari beroperasi Pada awalnya, terdapat layanan kereta api yang melayani lintas Tegal-Jakarta melalui jalur utara, yaitu Kereta api Tegal Arum dengan layanan kelas ekonomi, tetapi pengoperasiannya telah dihentikan pada 4 April 2016 karena akan dihibahkan rangkaian ke Kereta api Tawang Jaya agar menjadi rangkaian panjang, sehingga lintas tersebut diteruskan oleh Kereta api Tegal Ekspres. Pada 10 Agustus 2012 Kereta api Tegal Ekspres beroperasi dengan rute sebelumnya Tegal-Semarang Poncol[2][3] Kemudian pada 1 Agustus 2013 diluncurkan ulang dengan rute yang baru yaitu Tegal — Pasar Senen p.p. Mulanya Tegal Ekspres adalah KA tambahan lebaran[4], dengan layanan kelas ekonomi idle rangkaian Kereta api Progo yang menganggur di Pasar Senen, tetapi pengoperasian Kereta api Tegal Ekspres telah dihentikan pada 30 September 2021 karena akan digantikan layanan oleh Kereta api Airlangga rute Surabaya-Jakarta, sehingga lintas Jakarta-Tegal tersebut diteruskan oleh kereta kereta lain seperti Kereta api Argo Cheribon, Kereta api Jayabaya, Kereta api Matarmaja dan Kereta api Tawang Jaya.

Kereta api Tegal Bahari sempat mati suri selama 2 tahun, per 26 Maret 2022, Kereta api Tegal Bahari kembali beroperasi lagi dengan menggunakan idle rangkaian Kereta api Progo yang menganggur di Pasar Senen.

Stasiun Pemberhentian[sunting | sunting sumber]

Kereta api Tegal Bahari akan berhenti di Stasiun:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KA Tegal Bahari, Kereta Bernuansa Batik". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-12-30. 
  2. ^ Setyabudi, N. (2012-08-07). "Kereta Tegal Ekspres Diluncurkan pada 10 Agustus 2012 : Okezone News". Okezone. Diakses tanggal 2022-03-25. 
  3. ^ "KERETA API SEMARANG: Kaligung Ditarik, Tegal Ekspres Meluncur | Ekonomi". Bisnis.com. 2012-08-10. Diakses tanggal 2022-03-25. 
  4. ^ Suryowati, E. (2013-08-01). "Saat Mudik, Stasiun Senen Paling Padat". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-03-25. Sementara satu kereta api tambahan yang sudah berangkat ialah Tegal Ekspres Lebaran. Rencananya, hari ini akan ada empat rangkaian kereta api tambahan Lebaran. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]