Wikipedia:Kebijakan dan pedoman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kebijakan Wikipedia Indonesia
Standar artikel

Sudut pandang netral
Pemastian informasi
Bukan riset asli
Sumber tulisan
Wikipedia bukanlah
Biografi tokoh yang masih hidup

Etika kerja bersama

Kesopanan dan etika
Jangan menyerang pribadi
Menyelesaikan perselisihan

Wikipedia memiliki sejumlah peraturan dan panduan yang telah membantu kami selama ini untuk mencapai tujuan kita bersama:

Tujuan kami dengan Wikipedia adalah untuk menyediakan ensiklopedia bebas yang sesungguhnya, ensiklopedia terbesar dalam sejarah, dalam arti luas dan kedalamannya. Kami juga menginginkan supaya Wikipedia untuk menjadi sumber yang terpercaya.

Larry Sanger

Peraturan di Wikipedia dapat berubah seiring waktu. Hal tersebut umum terjadi di Wikipedia bahwa suatu aturan dapat diperdebatkan di halaman diskusinya. Setiap orang dapat berpartisipasi. Wikipedia mempunyai sedikit aturan dan garis panduan yang diterima umum dan dianggap agak penting, atau perlu, oleh pendiri proyek dan pesertanya. Hal ini membantu kita mencapai tujuan kita semua. Amat penting untuk disadari bahwa sebagian aturan bisa berubah karena Wikipedia masih berkembang dan maju. Sebagian yang lain telah diterima dan tidak dianggap kontrovensial oleh kebanyakan anggota lama Wikipedia.

Aturan kunci

Penting: Wikipedia:Pancapilar

Anda tidak harus sudah membaca seluruh kebijakan Wikipedia sebelum berkontribusi. Namun demikian, ada kunci-kunci utama yang penting yang harus Anda ikuti :

  1. Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia
    Ini adalah satu-satunya tujuan kelahiran Wikipedia, dan bahan-bahan tulisan yang di luar tujuan ini harus dipindahkan ke proyek Wikimedia lainnya atau dihapus bila tidak bisa. (Lihat: Wikipedia bukanlah...)
  2. Hormati pengguna lain
    Pengguna yang menyumbangkan artikel atau suntingan datang dari berbagai latar belakang, kebudayaan, bahkan negara, dan mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Dengan saling menghormati, kita dapat bekerjasama membangun ensiklopedia ini.
    Jangan menulis hal-hal yang bisa mengganggu keharmonisan bersama, dan jangan menulis hal-hal yang menyinggung perasaan dan menyinggung SARA. (Lihat: kesopanan, etika, dan menyelesaikan perselisihan.)
  3. Jangan melanggar hak cipta
    Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang dilisensikan di bawah syarat Lisensi Dokumentasi Bebas GNU.
    Bila Anda menyumbangkan suatu karya orang lain tanpa izin, maka itu akan mengancam tujuan utama kami untuk membangun ensiklopedia bebas yang bisa disebarluaskan secara bebas. Sumbangan karya tanpa izin juga bisa mengakibatkan masalah hukum bagi Wikipedia. (Lihat hak cipta Wikipedia.)
    Poin ini merupakan hal mendasar yang juga berlaku bagi seluruh proyek Wikimedia.
  4. Jauhi prasangka
    Artikel perlu ditulis dari sudut pandang netral, yang berarti artikel patut mewakili pandangan dari sudut berbeda secara adil, proporsional, dan tanpa prasangka.
    Poin ini juga merupakan hal mendasar yang juga berlaku bagi seluruh proyek Wikimedia.
  5. Hanya untuk informasi yang dapat diverifikasi.
    Artikel-artikel Wikipedia harus berdasarkan sumber-sumber publikasi yang terpercaya, dan sumber-sumber ini harus dituliskan sehingga penyunting lainnya dapat memeriksa artikel-artikel tersebut. (Lihat Wikipedia:Pemastian dan Wikipedia:Bukan riset asli.

Ikhtisar kebijakan kunci lainnya

Berikut adalah urutan bacaan yang kami sarankan, sebelum Anda berkontribusi lebih lanjut di Wikipedia:

  1. Lima pilar Wikipedia: ikhtisar singkat mengenai kelima aturan kunci yang paling Anda perlu tahu sebelum melakukan penyuntingan.
  2. Kumpulan aturan yang disederhanakan: 15 aturan singkat yang pasti akan membantu Anda terhindar dari masalah.
  3. Daftar kebijakan Wikipedia: Daftar menyeluruh dari kebijakan-kebijakan resmi yang disertai dengan ikhtisar singkat.

Setiap kebijakan dan pedoman dapat Anda temukan di dalam kategori-kategori berikut:

Bagaimana aturan dibentuk

Kebijakan dan pedoman yang berlaku di Wikipedia bahasa Indonesia berasal dari :

  • Jimmy Wales, perintis proyek ini khususnya mengenai hak cipta dan aturan-aturan legal.
  • Peraturan-peraturan yang diadopsi dari Wikipedia bahasa Inggris sebagai patokan wikipedia utama.
  • Konsensus yang dicapai dari sesama komunitas Wikipedia bahasa Indonesia ini.
  • Proposal-proposal yang diajukan. (lihat Wikipedia:Permohonan pendapat).

Bagaimana aturan ini diberlakukan?

Anda adalah penyunting Wikipedia. Wikipedia tidak memiliki "editor kepala" atau mekanisme vertikal. Sebaliknya pengguna-pengguna aktif yang memantau perubahan-perubahan terkini dan membuat suntingan, koreksi/pembetulan terhadap format atau masalah yang mereka lihat. Jadi, para pengguna merupakan penulis sekaligus penyunting.

Dalam kasus-kasus yang lalu, Jimmy Wales telah bertindak untuk mencegah pengguna yang terbukti amat mengganggu. Jimmy Wales juga telah membuat beberapa peraturan sebagai peraturan resmi Wikipedia (lihat pesan ini dan lihat pernyataan darinya).

Garis panduan khusus untuk dipertimbangkan

Tambahan pada aturan yang sudah diterima umum tertulis di atas, sedangkan panduan-panduan berikut telah diusulkan oleh pengguna berlainan, terutama dari Wikipedia Bahasa Inggris. Anda dapat turut serta mempertimbangkan apakah panduan-panduan ini perlu dijadikan peraturan Wikipedia Bahasa Indonesia atau tidak. Bila panduan yang diusulkan dirasa kurang jelas, harap periksa di suntingan lama artikel serupa Wikipedia bahasa Inggris yang diduga menjadi sumber acuan halaman ini (misalnya, panduan "Cek fakta-fakta Anda" bisa diperiksa di Wikipedia bahasa Inggris melalui pranala en:Wikipedia:Check your facts).

Garis panduan umum

Panduan kelakuan

Panduan isi

Pedoman penulisan

Lihat pula

Prinsip dasar Wikipedia
Pancapilar Aturan yang disederhanakan Daftar kebijakan dan pedoman Prinsip dasar proyek Pernyataan pendiri
Dasar-dasar Wikipedia Ringkasan konvensi Wikipedia Daftar lengkap kebijakan resmi Prinsip Yayasan Wikimedia Awal sejarah