Kereta api Cianjuran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta Api Cianjuran
Kalampegan.JPG
Ikhtisar
JenisEkonomi
SistemKereta api Bisnis
StatusTidak beroperasi
LokasiDaerah Operasi II Bandung
TerminusPadalarang
Cianjur
Stasiun10
Operasi
Dibuka-
Ditutup25 April 2013
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi II Bandung
RangkaianBB301, BB304
Data teknis
Jumlah rute327 - 328

Kereta api Cianjuran adalah rangkaian kereta api bisnis dua rangkaian yang ditarik oleh sebuah lokomotif BB 301 atau BB 304. Kereta api ini melewati beberapa stasiun kecil, di antaranya Tagog Apu, Cipatat, Rajamandala, Cipeuyeum, Ciranjang, Selajambe, Tipar, Maleber. Dalam perjalanannya rangkaian kereta ini harus melalui kontur berat menanjak, seperti di Rajamandala - Tagogapu - Cipatat. Masyarakat lokal banyak yang menjuluki kereta api ini dengan nama "Argo Peuyeum", sebab banyak digunakan penumpangnya untuk mengangkut peuyeum (tape) dari daerah Cipeuyeum, Ciranjang, dan Cipatat ke Bandung.

Kereta bisnis ini berangkat dari Stasiun Cianjur setiap hari menuju Stasiun Padalarang (sebelumnya pemberangkatan kereta ini dari Stasiun Stasiun Lampegan - Stasiun Cianjur - Stasiun Ciroyom) dengan rute empat kali sehari dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sebelumnya, jalur ini merupakan jalur yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kota Sukabumi, tetapi karena Terowongan Lampegan yang berada di desa Cibokor, Gunung Keneng, Cianjur, Jawa Barat runtuh pada 8 Februari 2001, maka jalur Bandung-Sukabumi pun ditutup namun Saat ini Terowongan Lampegan sudah selesai di renovasi Oleh Kereta Api Indonesia. Sedangkan jalur Sukabumi-Bogor yang sejak April 2006 ditutup telah dibuka kembali sejak Januari 2009 dengan beroperasinya Kereta api Bumi Geulis.

Mulai 8 April Kereta ini mengalami perubahan yang asalnya menggunakan kereta K3 sekarang menjadi K2 dan harga karcis naik menjadi Rp 10.000.[1]

Sejak April 2013, kereta api ini dihentikan layananya karena kereta api lokal tersebut tidak ada kontrak PSO antara PT KAI dan pemerintah. Kereta api ini akan digantikan oleh Kereta api Kiansantang yang sampai saat ini belum beroperasi.

Galeri

Referensi

  1. ^ http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1847847/ongkos-ka-ekonomi-cianjur-padalarang-naik

Pranala luar

  • (Indonesia) [1]
  • (Indonesia) [2]