Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.
437.817 artikel dalam bahasa Indonesia.

Artikel pilihan

Kabah

Sejarah Haji mencakup periode yang dimulai sejak Ibrahim melalui dibentuknya ritus haji Islam oleh nabi Islam Muhammad, hingga haji saat ini ketika jutaan umat Islam melakukan ziarah mereka setiap tahunnya. Dalam tradisi Islam, ziarah diperkenalkan di masa nabi Ibrahim. Atas perintah Allah, dia membangun Kakbah yang menjadi tujuan ziarah. Bagi orang-orang Arab pagan di Arabia pra-Islam, Kakbah masih menjadi pusat pemujaan mereka. Pola haji Islam saat ini didirikan oleh Muhammad, sekitar tahun 632 M, yang melakukan reformasi terhadap ziarah pra-Islam orang-orang Arab pagan. Selama abad pertengahan, peziarah akan berkumpul di kota-kota besar seperti Basra, Damaskus, dan Kairo untuk pergi ke Mekkah dalam kelompok dan karavan yang terdiri dari puluhan ribu peziarah. Dalam sejarah haji yang cukup panjang, suku-suku nomaden padang pasir - yang dikenal sebagai Badui - telah menjadi isu keamanan yang agak ketat untuk kafilah haji. Sekali lagi, sepanjang sejarah, perjalanan ziarah ke Mekkah telah menawari para peziarah dan juga para pedagang profesional kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas perdagangan baik dalam perjalanan maupun di Mekkah, Damaskus, dan Kairo. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Elvis PresleySoeman HasiboeanMarilyn Monroe

Daftar pilihan

Loetoeng Kasaroeng

Sebanyak 112 film fiksi diketahui pernah dibuat di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) sejak 1926 sampai pembubaran koloni ini tahun 1949. Film pertama yang diimpor dari luar negeri ditayangkan pada akhir 1900, dan pada awal 1920-an, film serial dan fiksi impor ditayangkan di negara ini, biasanya dengan judul yang diterjemahkan. Perusahaan-perusahaan Belanda juga membuat film dokumenter seputar Hindia Belanda dan ditayangkan di Belanda. Laporan pertama mengenai pembuatan film fiksi di Hindia Belanda sudah ada sejak 1923, meski karya tersebut tidak selesai dibuat. Film buatan lokal pertama, Loetoeng Kasaroeng (gambar), disutradarai oleh L. Heuveldorp dan dirilis tanggal 31 Desember 1926. Antara 1926 dan 1933, sejumlah film lokal dirilis. Meski orang Belanda seperti Heuveldorp dan G. Kruger terus aktif dalam industri ini, kebanyakan pembuat film dan produsernya merupakan etnis Cina. Tan Bersaudara (Khoen Yauw dan Khoen Hian) dan The Teng Chun adalah produser terbesar waktu itu, sedangkan Wong Bersaudara (Nelson, Othniel, dan Joshua) merupakan sutradara paling terkenal waktu itu. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

N. K. Jemisin pada 2015
N. K. Jemisin

Sedang berlangsung: Pesta Olahraga Asia 2018
Kematian terkini: Kofi Annan - Aretha Franklin - Atal Bihari Vajpayee - Balram Das Tandon

Hari ini dalam sejarah

22 Agustus: Hari perayaan Keratuan Maria (Gereja Katolik Roma); Hari Madras di Chennai, Tamil Nadu, India

{{{title}}}
Palang merah

Tanggal lain: 21 Agustus 22 Agustus 23 Agustus

Hari ini tanggal 22 Agustus 2018 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda

  • "... bahwa judul film Matjan Berbisik berasal dari kepercayaan bahwa sifat manusia bisa saja seperti macan yang kejam, serakah, dan berbahaya?"
  • "... bahwa istilah glokalisasi digunakan untuk menggambarkan fenomena ketika sebuah produk global diubah ke dalam bentuk lain agar memenuhi kebutuhan konsumen lokal?"
  • "... bahwa Johan de Widt sempat menjadi walikota Pekalongan pada tahun 1941 sebelum dipisahkan dari istrinya saat mereka diinternir Jepang pada tahun 1942 dan akhirnya bertemu kembali tiga tahun kemudian?"
  • " ... bahwa jenis burung paruh bengkok yang paling banyak diperdagangkan di Jawa adalah kasturi kepala-hitam (Lorius lory)?"

Gambar pilihan

Paviliun kerajaan di Gua Phraya Nakhon, Taman Nasional Khao Sam Roi Yot, Thailand.
Paviliun kerajaan di Gua Phraya Nakhon, Taman Nasional Khao Sam Roi Yot, Thailand.
(ukuran asli 7.360 × 4.912 piksel, 33,06 MB)

Oleh: BerryJ
Lisensi: CC-BY 2.0

Mari bergabung!

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 986.205 orang sukarelawan telah mencoba menyunting dan menciptakan 437.817 artikel dalam bahasa Indonesia.

Wikipedia terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda. Mari bergabung sekarang juga, serta turut berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan bebas.

Tantangan kolaborasi

AngelHeart.png Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama menerjemahkan artikel berikut pada: (Agustus 2018).

Komunitas

Coffee Cup.png Jadwal kopi darat

Yang direncanakan:

belum ada kegiatan kopi darat

Nuvola filesystems www.png Kontributor teraktif

Berikut ini adalah 5 kontributor teraktif Wikipedia bahasa Indonesia berdasarkan jumlah suntingan artikel per November 2017. (data lengkap)

  1. JohnThorne — 99.054 suntingan (g)
  2. Albertus Aditya — 95.582 suntingan (g)
  3. Bennylin — 79.879 suntingan (g)
  4. Mimihitam — 66.259 suntingan (g)
  5. Tjmoel — 46.193 suntingan (g)

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Selain dalam bahasa Indonesia, Wikipedia tersedia dalam bahasa daerah berikut: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Gorontalo, Jawa, Melayu, Minangkabau, Sunda, dan Tetun.

Wikimedia Foundation juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lain:

Wikimedia Commons Commons
Gudang media bersama
Wiktionary Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikisource Wikisource
Naskah sumber
Wikinews Wikinews
Sumber berita
Wikibooks Wikibooks
Buku teks dan manual
Wikiquote Wikiquote
Koleksi kutipan
Wikispecies Wikispecies
Direktori spesies
Wikiversity Wikiversity
Materi belajar
Wikivoyage Wikivoyage
Perjalanan
Wikidata Wikidata
Basis data
Meta-Wiki  Meta-WikiKoordinasi proyek Wikimedia
Wikipedia tidak menjamin keabsahan isi artikel.
Wikimedia Foundation tidak bertanggung jawab atas isi Wikipedia. Setiap penulis bertanggung jawab atas suntingannya masing-masing.
Hubungi kami Butuh bantuan? Hubungi kami!