Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Artikel pilihan

Hasan al-Kharrat

Hasan al-Kharrat (1861–1925) adalah salah satu komandan pemberontak Suriah utama pada Pemberontakan Besar Suriah melawan Mandat Prancis. Wilayah operasi utamanya berada di Damaskus dan pinggiran Ghouta-nya. Ia tewas saat berjuang dan dianggap sebagai seorang pahlawan oleh bangsa Suriah. Sebagai qabaday (bos pemuda lokal) dari wilayah al-Shaghour, Damaskus, al-Kharrat berhubungan dengan Nasib al-Bakri, seorang nasionalis dari keluarga paling berpengaruh di wilayah tersebut. Atas undangan al-Bakri, al-Kharrat bergabung dengan pemberontakan pada Agustus 1925 dan membentuk kelompok pejuang dari al-Shaghour dan wilayah lainnya di wilayah tersebut. Ia memimpin serangan pemberontakan melawan Damaskus, secara singkat menaklukkan kediaman Komisioner Tinggi Prancis Maurice Sarrail sebelum mereka mundur akibat pengeboman oleh Prancis. Menjelang akhir 1925, hubungan makin tegang antara al-Kharrat dan para pemimpin pemberontak lainnya, terutama Sa'id al-'As dan Ramadan al-Shallash, karena mereka saling melayangkan tuduhan bahwa pihak tertuduh telah menjarah desa-desa atau memalak para penduduk lokal. Al-Kharrat masih memimpin operasi-operasi di Ghouta, tetapi di situ ia tewas akibat penyergapan oleh Prancis. Pemberontakan diredam pada 1927, namun ia meraih reputasi berkelanjutan sebagai seorang syahid pemberontakan Suriah melawan kekuasaan Prancis. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Dayak DesaRepublik Sosialis Soviet AbkhaziaKleopatra

Peristiwa terkini

PenyakitVirusKronologiMenurut lokasiVaksinLangkah pencegahanKematianPortal
Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Saluran siaga COVID-19 Indonesia adalah 119 ext 9 / 021-5210411 / 081212123119
Chloé Zhao
Chloé Zhao

Tahukah Anda

  • "... bahwa penyakit hipertensi paru tidak dapat disembuhkan, dan terapi yang dilakukan bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko kematian?"
  • "... bahwa setiap zebra (gambar) memiliki pola belang-belang yang khas seperti halnya sidik jari pada manusia?"
  • "... bahwa wabah kolera Haiti berlangsung dari tahun 2010 hingga 2019 setelah penyakit tersebut dibawa oleh pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa dari Nepal?"
  • "... bahwa perikanan berang-berang adalah sebuah teknik perikanan yang memakai berang-berang terlatih untuk menangkap ikan di sungai? Metode tersebut telah diterapkan sejak abad ke-16 di berbagai belahan dunia, dan masih digunakan di selatan Bangladesh."

Tantangan kolaborasi

Gambar pilihan

Terumbu karang di Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Indonesia
Terumbu karang di Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Indonesia
(ukuran asli: 3.648 × 2.736 piksel, 3,13 MB)

Oleh: Rizalubun
Lisensi: CC BY-SA 4.0