Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.
404.922 artikel dalam bahasa Indonesia.

Artikel pilihan

Marcos pada 1966

Imelda Marcos adalah janda dari diktator Filipina Ferdinand Marcos, presiden ke-10. Ia menjabat sebagai Ibu Negara dari 1965 sampai 1986 pada masa kediktatoran suaminya. Ia masih menjadi salah satu politikus terkaya di Filipina melalui koleksi pakaian, karya seni, dan perhiasan miliknya, bersama uang di akun-akun bank di bawah pseudonim "Jane Ryan". Akibatnya, ia disebut sebagai kleptokrat oleh para pengkritiknya yang menuduhnya penjarah. Pada 1954, ia menikah dengan Ferdinand Marcos, yang menjadi presiden Filipina pada 1965. Sebagai ibu negara, ia membangun pengembangan di dalam dan di sekitaran metropolis Manila sementara menghabiskan sebagian waktunya ke luar negeri untuk kunjungan negara dan berbelanja. Pembunuhan Benigno Aquino Jr. pada 1983 menyebabkan massa berunjuk rasa yang kemudian berujung pada Revolusi Kekuatan Rakyat. Keluarga Marcos terpaksa mengasingkan diri. Setelah kematian suaminya Ferdinand, ia pulang ke Filipina dan kemudian terpilih empat kali dalam Dewan Perwakilan. Marcos dikenal karena sifat borosnya. Hal tersebut meliputi kepemilikan lebih dari seribu pasang sepatu, beberapa diantaranya sekarang disimpan di sebuah museum di Marikina. Ia bekerja sebagai perancang mode dan peragawati. Ia terkadang dijuluki sebagai "Kupu-Kupu Baja". (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: NASCARChe GuevaraRamadan

Peristiwa terkini

Mohammed bin Salman Al Saud
Mohammed bin Salman Al Saud

Sedang berlangsung: Krisis Marawi Krisis diplomatik Qatar
Kematian terkini: Quett Masire Helmut Kohl Julia Perez Adam West

Daftar pilihan

Permukiman Dzul Hulafah, salah satu permukiman di Madinah

Kota Madinah memiliki 73 permukiman yang dihuni oleh populasi sejumlah 1,183,205 pada tahun 2010. Permukiman-permukiman tersebut beberapa di antaranya memiliki suatu keistimewaan atau ciri khas tertentu yang menyebabkan wilayah permukiman tersebut menarik perhatian para peziarah Muslim yang mendatangi Madinah. Contohnya lingkungan Al-Haram yang seluruh wilayahnya dicakup oleh Masjid Nabawi dan Jannatul Baqi, wilayah permukiman sekitar Gunung Uhud yang menjadi saksi pertempuran Uhud yang berdampingan dengan permukiman Sayid Syuhada yang di dalamnya terdapat lapangan Syuhada dan pemakaman para Syuhada Uhud. Wilayah-wilayah permukiman di Madinah dapat diketahui batas-batasnya dengan jalan-jalan raya atau tanda geografis lainnya. Secara umum, masyarakat luas tidak mengetahui suatu bangunan terletak di permukiman yang mana. Mereka hanya mengetahui nama tempat tersebut dengan kota Madinah atau tempat itu sendiri, misalnya Masjid Qiblatain yang termasuk ke dalam permukiman Al-Qiblatain atau Masjid Quba yang termasuk ke dalam permukiman Quba. (Selengkapnya...)

Hari ini dalam sejarah

28 Juni

Tanggal lain: 27 Juni 28 Juni 29 Juni

Hari ini tanggal 28 Juni 2017 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda

  • "... bahwa kota Balikpapan adalah salah satu kota dengan biaya hidup yang paling tinggi di Indonesia? Dan menempati urutan tertinggi pertama pada tahun 2008."
  • "... bahwa Italia begitu bernafsu untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 1934 hingga FIFA berkongres sampai 8 kali sebelum menyetujui keinginan Italia untuk menjadi tuan rumah pertandingan itu?"
  • "... bahwa Grand Rapids, Michigan adalah kota pertama di Amerika Serikat yang mencampurkan larutan fluor ke dalam saluran airnya pada 1945?"
  • "... bahwa BBC mengeluarkan sebutan supervolcano yang merujuk pada Taman Nasional Yellowstone dan menyatakan bahwa Yellowstone berdiri di atas kamar magma sedalam 10 kilometer?"
  • ...bahwa seorang bayi normal berusia 2 minggu bisa menghabiskan susu 400 gram hanya dalam 3 hari?"
  • ...bahwa gawang pertama yang diperkenalkan di Inggris adalah sebuah pintu gerbang salah satu istana di Inggris?"

Gambar pilihan

Seorang Muslim berdoa di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi
Seorang Muslim berdoa di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi
(ukuran asli 1.600 × 1.200 piksel, 258 KB)

Oleh: Ali Imran, diunggah oleh Ali Imran
Lisensi: CC-BY-SA 2.5

Mari bergabung!

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 884.809 orang sukarelawan telah mencoba menyunting dan menciptakan 404.922 artikel dalam bahasa Indonesia.

Wikipedia terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda. Mari bergabung sekarang juga, serta turut berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan bebas.

Tantangan kolaborasi

AngelHeart.png Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama menerjemahkan artikel berikut pada: (Juni 2017).

Komunitas

Coffee Cup.png Jadwal kopi darat

Yang direncanakan:

belum ada kegiatan kopi darat

Nuvola filesystems www.png Kontributor teraktif

Berikut ini adalah 5 kontributor teraktif Wikipedia bahasa Indonesia berdasarkan jumlah suntingan artikel per Februari 2017. (data lengkap)

  1. Albertus Aditya — 92.602 suntingan (g)
  2. JohnThorne — 90.667 suntingan (g)
  3. Bennylin — 78.461 suntingan (g)
  4. Wagino 20100516 — 59.749 suntingan (g)
  5. Mimihitam — 56.611 suntingan (g)

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Selain dalam bahasa Indonesia, Wikipedia tersedia dalam bahasa daerah berikut: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Jawa, Melayu, Minangkabau, Sunda, dan Tetun.

Wikimedia Foundation juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lain:

Wikimedia Commons Commons
Gudang media bersama
Wiktionary Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikisource Wikisource
Naskah sumber
Wikinews Wikinews
Sumber berita
Wikibooks Wikibooks
Buku teks dan manual
Wikiquote Wikiquote
Koleksi kutipan
Wikispecies Wikispecies
Direktori spesies
Wikiversity Wikiversity
Materi belajar
Wikivoyage Wikivoyage
Perjalanan
Wikidata Wikidata
Basis data
Meta-Wiki  Meta-WikiKoordinasi proyek Wikimedia
Wikipedia tidak menjamin keabsahan isi artikel.
Wikimedia Foundation tidak bertanggung jawab atas isi Wikipedia. Setiap penulis bertanggung jawab atas suntingannya masing-masing.
Hubungi kami Butuh bantuan? Hubungi kami!