Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.
441.301 artikel dalam bahasa Indonesia.

Artikel pilihan

Sampul buku cetakan ketiga, 1922

Sair Tjerita Siti Akbari adalah syair berbahasa Melayu karangan Lie Kim Hok yang diterbitkan pada tahun 1884. Diadaptasi dari Sjair Abdoel Moeloek, syair ini bercerita tentang seorang wanita yang menyamar sebagai lelaki untuk membebaskan suaminya dari Sultan Hindustan yang menangkapnya saat menyerang kerajaan mereka. Ditulis selama beberapa tahun dan dipengaruhi oleh sastra Eropa, Siti Akbari berbeda dari syair-syair sebelumnya dalam penggunaan penegangan dan penekanan pada prosa ketimbang bentuk puitis. Syair ini juga menggunakan realisme sastra Eropa untuk memperluas aliran syair, meskipun mempertahankan beberapa keunggulan dari syair-syair tradisional. Pendapat-pendapat kritis telah menggarisbawahi berbagai aspek cerita syair ini: dalam karya ini ditemukan sebuah empati yang berkembang bagi pemiikiran dan perasaan wanita, panggilan untuk adanya bahasa pemersatu di Hindia Belanda (sekarang Indonesia), dan polemik mengenai hubungan antara tradisi dan modernitas. Siti Akbari meraup sukses baik secara komersial maupun secara kritis sehingga mengalami dua kali cetak ulang. Sebuah adaptasi film juga digarap pada tahun 1940. Ketika pengaruh Sjair Abdoel Moeloek menjadi jelas pada tahun 1920, Lie kemudian dikritik sebagai penulis yang tidak orisinal. Namun, Siti Akbari tetap menjadi syair karangan penulis Tionghoa yang paling terkenal. Lie kemudian dikenang sebagai "bapak sastra Melayu Tionghoa". (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

Soyuz MS-10
Soyuz MS-10

Sedang berlangsung: Hilangnya Jamal Ahmad Khasyqiji
Kematian terkini: Paul AllenPik Botha

Hari ini dalam sejarah

17 Oktober: Hari Dessalines di Haiti (1806)

Tanggal lain: 16 Oktober 17 Oktober 18 Oktober

Hari ini tanggal 17 Oktober 2018 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda

  • "... bahwa Manusia Tollund, mumi alami yang berasal dari Denmark abad ke-4 S.M., sangat terawetkan sehingga disangka sebagai korban pembunuhan yang baru saja terjadi ketika ditemukan pada tahun 1950?"
  • "... bahwa Pemimpin Agung Iran lebih berkuasa daripada Presiden Iran serta berhak menunjuk kepala militer, pemerintah sipil, dan yudikatif?"
  • "... bahwa kutukan pengetahuan adalah bias kognitif ketika orang-orang yang lebih tahu mengenai suatu hal merasa sangat sulit memikirkan masalah dari sudut pandang orang-orang yang belum tahu?"
  • "... bahwa saat Banjir Bir London terjadi pada tahun 1814, lebih dari 1,47 juta liter bir bocor dan mengalir deras ke jalanan, menghancurkan dua rumah serta menewaskan delapan orang?"

Gambar pilihan

Mari bergabung!

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 2.408 orang sukarelawan sedang mencoba menyunting dan menciptakan artikel-artikel baru dalam bahasa Indonesia.

Wikipedia terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda. Mari bergabung sekarang juga, serta turut berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan bebas.

Tantangan kolaborasi

AngelHeart.png Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama menerjemahkan artikel berikut pada: (Oktober 2018).

Komunitas

Coffee Cup.png Jadwal kopi darat

Yang direncanakan:

belum ada kegiatan kopi darat

Nuvola filesystems www.png Kontributor teraktif

Berikut ini adalah 5 kontributor teraktif Wikipedia bahasa Indonesia berdasarkan jumlah suntingan artikel per Oktober 2018. (data lengkap)

  1. Bennylin — 145.823 suntingan (g)
  2. JohnThorne — 136.265 suntingan (g)
  3. Albertus Aditya — 125.124 suntingan (g)
  4. Glorious Engine — 109.401 suntingan (g)
  5. Mimihitam — 104.087 suntingan (g)

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Selain dalam bahasa Indonesia, Wikipedia tersedia dalam bahasa daerah berikut: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Gorontalo, Jawa, Melayu, Minangkabau, Sunda, dan Tetun.

Wikimedia Foundation juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lain:

Wikimedia Commons Commons
Gudang media bersama
Wiktionary Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikisource Wikisource
Naskah sumber
Wikinews Wikinews
Sumber berita
Wikibooks Wikibooks
Buku teks dan manual
Wikiquote Wikiquote
Koleksi kutipan
Wikispecies Wikispecies
Direktori spesies
Wikiversity Wikiversity
Materi belajar
Wikivoyage Wikivoyage
Perjalanan
Wikidata Wikidata
Basis data
Meta-Wiki  Meta-WikiKoordinasi proyek Wikimedia
Wikipedia tidak menjamin keabsahan isi artikel.
Wikimedia Foundation tidak bertanggung jawab atas isi Wikipedia. Setiap penulis bertanggung jawab atas suntingannya masing-masing.
Hubungi kami Butuh bantuan? Hubungi kami!