Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.
450.987 artikel dalam bahasa Indonesia.

Artikel pilihan

Ilustrasi naskah Prancis dari Abad Pertengahan yang menampilkan ketiga golongan masyarakat Abad Pertengahan: golongan yang berdoa (rohaniwan), golongan yang bertarung (kesatria), dan golongan yang bekerja (petani)

Abad Pertengahan dalam sejarah Eropa berlangsung dari abad ke-5 sampai abad ke-15 Masehi. Abad Pertengahan bermula sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan masih berlanjut manakala Eropa mulai memasuki Abad Pembaharuan dan Abad Penjelajahan. Sejarah Dunia Barat secara tradisional dibagi menjadi tiga kurun waktu, yakni Abad Kuno, Abad Pertengahan, dan Zaman Modern. Dengan kata lain, Abad Pertengahan adalah kurun waktu peralihan dari Abad Kuno ke Zaman Modern. Abad Pertengahan masih terbagi lagi menjadi tiga kurun waktu, yakni Awal Abad Pertengahan, Puncak Abad Pertengahan, dan Akhir Abad Pertengahan. Akhir Abad Pertengahan ditandai oleh berbagai musibah dan malapetaka yang meliputi bencana kelaparan, wabah penyakit, dan perang, yang secara signifikan menyusutkan jumlah penduduk Eropa; antara 1347 sampai 1350, wabah Maut Hitam menewaskan sekitar sepertiga dari penduduk Eropa. Kontroversi, bidah, dan Skisma Barat yang menimpa Gereja Katolik, terjadi bersamaan dengan konflik antarnegara, pertikaian dalam masyarakat, dan pemberontakan-pemberontakan rakyat jelata yang melanda kerajaan-kerajaan di Eropa. Perkembangan budaya dan teknologi mentransformasi masyarakat Eropa, mengakhiri kurun waktu Akhir Abad Pertengahan, dan mengawali kurun waktu Awal Zaman Modern. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

Paweł Adamowicz
Paweł Adamowicz

Sedang berlangsung: Penutupan pemerintahan federal Amerika Serikat
Kematian terkini: Gebi RamadhanRobby TumewuEdward Sirait

Hari ini dalam sejarah

16 Januari: Hari Guru di Thailand

Tanggal lain: 15 Januari 16 Januari 17 Januari

Hari ini tanggal 16 Januari 2019 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda

  • "... bahwa Dorothy Louise Eady mengaku bahwa dirinya adalah reinkarnasi dengan seorang pelayan kuil Osiris di zaman Firaun Seti I Mesir Kuno dari masa 1320–1200 sebelum Masehi?"
  • "... bahwa kerabat liar tanaman pertanian sangat penting dalam ekosistem alam dan pertanian dan karenanya sangat diperlukan untuk mempertahankan kelestarian ekosistem?"
  • "... bahwa rotan lilin (Calamus javensis) (gambar), yang pada zaman Hindia Belanda dikomersialkan sebagai barang yang diperjualbelikan, mempunyai 12 macam varietas yang hampir sama bentuknya, dan dibeda-bedakan satu sama lain berdasarkan duri, pelepahnya, bentuk, ukuran perbungaan, dan buahnya?"
  • "... bahwa di Indonesia, ateisme sangat sulit disensus karena menurut undang-undang, agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia hanya enam, dan oleh sebab itu dikatakan tidak ada tempat bagi ateisme?"

Gambar pilihan

Mari bergabung!

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 2.403 orang sukarelawan sedang mencoba menyunting dan menciptakan artikel-artikel baru dalam bahasa Indonesia.

Wikipedia terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda. Mari bergabung sekarang juga, serta turut berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan bebas.

Tantangan kolaborasi

Mari kita awali tahun ini dengan mengikuti Tantangan Eropa 2019!

AngelHeart.png Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama menerjemahkan artikel berikut pada: (Januari 2019).

Komunitas

Coffee Cup.png Jadwal kopi darat

Yang direncanakan:

belum ada kegiatan kopi darat

Nuvola filesystems www.png Kontribusi terbanyak

Lima pengguna dengan kontribusi terbanyak di Wikipedia bahasa Indonesia berdasarkan jumlah suntingan artikel per Oktober 2018. (data lengkap)

  1. Bennylin — 145.823 suntingan (g)
  2. JohnThorne — 136.265 suntingan (g)
  3. Albertus Aditya — 125.124 suntingan (g)
  4. Glorious Engine — 109.401 suntingan (g)
  5. Mimihitam — 104.087 suntingan (g)

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Selain dalam bahasa Indonesia, Wikipedia tersedia dalam bahasa daerah berikut: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Gorontalo, Jawa, Melayu, Minangkabau, Sunda, dan Tetun.

Wikimedia Foundation juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lain:

Wikimedia Commons Commons
Gudang media bersama
Wiktionary Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikisource Wikisource
Naskah sumber
Wikinews Wikinews
Sumber berita
Wikibooks Wikibooks
Buku teks dan manual
Wikiquote Wikiquote
Koleksi kutipan
Wikispecies Wikispecies
Direktori spesies
Wikiversity Wikiversity
Materi belajar
Wikivoyage Wikivoyage
Perjalanan
Wikidata Wikidata
Basis data
Meta-Wiki  Meta-WikiKoordinasi proyek Wikimedia
Wikipedia tidak menjamin keabsahan isi artikel.
Wikimedia Foundation tidak bertanggung jawab atas isi Wikipedia. Setiap penulis bertanggung jawab atas suntingannya masing-masing.
Hubungi kami Butuh bantuan? Hubungi kami!