Halaman Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.
394.191 artikel dalam bahasa Indonesia.

Artikel pilihan

Patung kolosal Konstantinus I

Konstantinus Agung merupakan seorang Kaisar Romawi dari tahun 306 sampai 337 M. Pada tahun 305, Konstantius meraih pangkat Augustus, kaisar barat senior. Dengan pengakuan sebagai kaisar oleh pasukannya di Eboracum, Konstantinus meraih kemenangan dalam serangkaian perang saudara melawan Kaisar Maxentius dan Lisinius hingga ia menjadi penguasa tunggal di barat maupun timur pada tahun 324 M. Sebagai kaisar, Konstantinus melakukan banyak reformasi di bidang administrasi, keuangan, sosial, dan militer untuk memperkuat kekaisaran. Sebagai kaisar Romawi pertama yang mengaku melakukan konversi ke Kekristenan, Konstantinus memainkan suatu peranan penting dalam mendeklarasikan Edik Milan pada tahun 313, yang menetapkan toleransi bagi Kekristenan di dalam kekaisaran. Ia membangun kediaman kekaisaran yang baru di Bizantium dan mengganti nama kota itu menjadi Konstantinopel (Kota Konstantinus) menurut namanya sendiri. Gereja abad pertengahan mempertahankannya sebagai salah seorang teladan kebajikan, sementara para penguasa sekuler merujuknya sebagai suatu prototipe, titik acuan, serta simbol identitas dan legitimasi kekaisaran. Mulai dari Masa Renaisans, timbul penilaian-penilaian yang lebih kritis atas pemerintahannya karena ditemukannya kembali sumber-sumber anti-Konstantinian. Para kritikus menggambarkannya sebagai seorang tiran. Konstantinus Agung dihormati sebagai orang kudus (santo) oleh kalangan Ortodoks Timur, Katolik Bizantin, dan Anglikan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Bharat RatnaMahmoed JoenoesMRT Singapura

Peristiwa terkini

Impresi artis dari sistem keplanetan TRAPPIST-1
Impresi artis dari sistem keplanetan TRAPPIST-1

Sedang berlangsung: Penangguhan kebijakan imigrasi A.S. Pertempuran Mosul
Kematian terkini: Taufik Ridlo‎ Al Jarreau Gerson Poyk

Hari ini dalam sejarah

27 Februari: Fat Thursday (2014); Hari Kemerdekaan di Republik Dominika (1844)

Tanggal lain: 26 Februari 27 Februari 28 Februari

Hari ini tanggal 27 Februari 2017 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda

  • "... bahwa lebih dari 90% perburuan di kalangan singa dilakukan oleh sang betina? Sementara si jantan enggan mengambil risiko untuk nyawanya, atau lebih suka beristirahat."
  • "... bahwa siput menghasilkan cairan lengket tak berwarna yang berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mereka merayap? Cairan ini begitu efektifnya, sehingga siput dapat merayap di ujung silet tanpa terpotong!"
  • "... bahwa Presiden Richard Nixon meletakkan sebuah kotak musik di meja kantornya yang bila dibuka akan memainkan lagu "Hail to the Chief"? Lagu ini selalu diperdengarkan ketika Presiden Amerika Serikat memasuki ruangan."

Gambar pilihan

Shane Tuck, seorang Angkatan Laut Amerika Serikat spesialis komunikasi massa, melakukan pelatihan fotografi bawah air di lepas pantai Teluk Guantanamo, Kuba, pada 2012.
Shane Tuck, seorang Angkatan Laut Amerika Serikat spesialis komunikasi massa, melakukan pelatihan fotografi bawah air di lepas pantai Teluk Guantanamo, Kuba, pada 2012.
(ukuran asli 2.784 × 1.848 piksel, 2,66 MB)

Oleh: Angkatan Laut Amerika Serikat, diunggah oleh BotMultichillT
Lisensi: CC-Public Domain

Mari bergabung!

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia multibahasa yang dapat disunting, disalin, dan disebarkan secara bebas. Sebanyak 854.508 orang sukarelawan telah mencoba menyunting dan menciptakan 394.191 artikel dalam bahasa Indonesia.

Wikipedia terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda. Mari bergabung sekarang juga, serta turut berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan bebas.

Tantangan kolaborasi

AngelHeart.png Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama menerjemahkan artikel berikut pada: (Februari 2017).

Komunitas

Coffee Cup.png Jadwal kopi darat

Yang direncanakan:

belum ada kegiatan kopi darat

Nuvola filesystems www.png Kontributor teraktif

Berikut ini adalah 5 kontributor teraktif Wikipedia bahasa Indonesia berdasarkan jumlah suntingan artikel per Desember 2016. (data lengkap)

  1. Albertus Aditya — 92.424 suntingan (g)
  2. JohnThorne — 88.465 suntingan (g)
  3. Bennylin — 78.363 suntingan (g)
  4. Mimihitam — 56.451 suntingan (g)
  5. Relly Komaruzaman — 34.322 suntingan (g)

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Selain dalam bahasa Indonesia, Wikipedia tersedia dalam bahasa daerah berikut: Aceh, Banjar, Banyumasan, Bugis, Jawa, Melayu, Minangkabau, Sunda, dan Tetun.

Wikimedia Foundation juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lain:

Wikimedia Commons Commons
Gudang media bersama
Wiktionary Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikisource Wikisource
Naskah sumber
Wikinews Wikinews
Sumber berita
Wikibooks Wikibooks
Buku teks dan manual
Wikiquote Wikiquote
Koleksi kutipan
Wikispecies Wikispecies
Direktori spesies
Wikiversity Wikiversity
Materi belajar
Wikivoyage Wikivoyage
Perjalanan
Wikidata Wikidata
Basis data
Meta-Wiki  Meta-WikiKoordinasi proyek Wikimedia
Wikipedia tidak menjamin keabsahan isi artikel.
Wikimedia Foundation tidak bertanggung jawab atas isi Wikipedia. Setiap penulis bertanggung jawab atas suntingannya masing-masing.
Hubungi kami Butuh bantuan? Hubungi kami!