Portal:Geografi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh
Halaman Utama   Bagian-bagian dunia   Negara di dunia  
PORTAL GEOGRAFI
Globe

Geografi adalah ilmu tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan"). Geografi juga merupakan nama judul buku bersejarah pada subyek ini, yang terkenal adalah Geographia tulisan Klaudios Ptolemaios (abad kedua). Geografi lebih dari sekedar kartografi, studi tentang peta. Geografi tidak hanya menjawab apa dan dimana di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan dengan "lokasi pada ruang." Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.

sunting   

Artikel pilihan

Coat of arms of New Zealand.svg

Selandia Baru (dalam bahasa Maori disebut Aotearoa (artinya Tanah Berawan Putih Panjang); bahasa Inggris: New Zealand, bahasa Latin: Nova Zeelandia) adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik; kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman; dan kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji, dan Tonga. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau lainnya yang lebih kecil. Karena letaknya yang jauh, Selandia Baru merupakan kepulauan terakhir yang didiami oleh manusia.

Selama masa keterpencilannya yang panjang, di Selandia Baru berkembanglah suatu keanekaragaman hayati yang berbeda, baik itu tumbuhan maupun hewan. Yang paling terkenal adalah sejumlah besar spesies burung yang unik, banyak di antaranya punah setelah tibanya manusia, dan mamalia yang dibawaserta. Dengan iklim bahari yang sedang, daratan Selandia Baru sebagian besarnya ditutupi hutan. Topografi negara yang bervariasi, dan puncak-puncak gunungnya yang tajam sangat dipengaruhi oleh tonjolan tektonik tanah, dan letusan gunung berapi yang disebabkan oleh tumbukan lempeng Pasifik dan lempeng Indo-Australia di bawah permukaan bumi.

Bangsa Polinesia mendiami Selandia Baru pada tahun 1250–1300 Masehi, dan membangun kebudayaan Māori yang berbeda, dan orang Eropa mulai merintis hubungan dengan mereka pada tahun 1642 Masehi. Pengenalan kentang dan senapan lontak telah memicu pergolakan di antara sesama Suku Māori pada permulaan abad ke-19, yang mengarah pada Peperangan Senapan antarsuku. Pada tahun 1840 Britania, dan Māori menandatangani Perjanjian Waitangi yang menjadikan Selandia Baru sebagai jajahan Imperium Britania. Jumlah imigran menaik tajam, dan berbagai konflik mengarah pada Peperangan Selandia Baru, yang berakibat pada diambilalihnya tanah Māori di tengah Pulau Utara. Kelesuan ekonomi diikuti oleh beberapa periode reformasi politik, dengan diberikannya hak bersuara kepada perempuan pada dasawarsa 1890-an, dan sebuah negara kesejahteraan dikembangkan sejak dasawarsa 1930-an. Setelah Perang Dunia II, Selandia Baru menggabungi Australia, dan Amerika Serikat di dalam perjanjian keamanan ANZUS, meskipun Amerika Serikat, hingga tahun 2010, membekukan perjanjian itu setelah Selandia Baru melarang persenjataan nuklir. Selandia Baru adalah bagian dari kerja sama intelijen di antara negara-negara berbahasa Inggris, Perjanjian UKUSA. Orang Selandia Baru menikmati salah satu standar hidup tertinggi di dunia pada dasawarsa 1950-an, tetapi mengalami kejatuhan yang mendalam pada dasawarsa 1970-an, diperburuk oleh krisis minyak dan masuknya Britania Raya ke dalam Komunitas Ekonomi Eropa. Negara ini kemudian menjalani perubahan ekonomi besar pada dasawarsa 1980-an, yang mengubahnya dari ekonomi proteksionistis menjadi ekonomi perdagangan bebas yang liberal. Pasar untuk ekspor produk pertanian Selandia Baru telah didiversifikasi secara luas sejak dasawarsa 1970-an, dengan ekspor wol yang pernah mendominasi digantikan oleh produk peternakan, daging, dan minuman anggur.

Artikel Pilihan sebelumnya: Istanbul - London - Moldova - Sydney - Gunung Tambora - Rusia

sunting   

Gambar pilihan

Badai Pasir

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.selengkapnya...

sunting   

Bentang alam terkemuka di dunia

Daratan

Benua (Kategori)

Antarctica (orthographic projection).svg
Antarktika
Afro-Eurasia (orthographic projection).svg
Afro-Eurasia
Americas (orthographic projection).svg
Amerika
Australia (orthographic projection).svg
Australia
Africa (orthographic projection).svg
Africa
Eurasia (orthographic projection).svg
Eurasia
North America (orthographic projection).svg
Amerika Utara
Oceania (orthographic projection).svg
Oseania
Europe (orthographic projection).svg
Eropa
Asia (orthographic projection).svg
Asia
South America (orthographic projection).svg
Amerika Selatan
Benua raksasa: Gondwana • Laurasia • Pangea • Rodinia

Pulau (Kategori)

Baffin (Kanada) • Britania Raya (Inggris) • Ellesmere (Kanada) • Greenland (Denmark) • Honshu (Jepang) • Kalimantan (Brunei, Indonesia dan Malaysia) • Madagaskar (Madagaskar) • Papua (Papua Nugini dan Indonesia) • Sumatra (Indonesia) • Victoria (Kanada) •


Perairan

Samudra (Kategori)

Southern Ocean.png
Antarktika
Arctic Ocean.png
Arktik
Atlantic Ocean.png
Atlantik
Indian Ocean-CIA WFB Map.png
Hindia
Pacific Ocean.png
Pasifik

Laut (Kategori)

Laut Arab • Teluk Benggala • Laut Bering • Laut Cina Selatan • Laut Filipina • Laut Karibia • Laut Koral • Laut Tasman • Laut Tengah • Laut Weddell


sunting   

Peta

sunting   

Lokasi pilihan

Palace of Westminster.jpg

Inggris (bahasa Inggris: England) adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Negara ini berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Keltik di barat daya, serta Laut Utara di sebelah timur dan Selat Inggris, yang memisahkannya dari benua Eropa, di sebelah selatan. Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Inggris juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulau kecil seperti Isles of Scilly dan Isle of Wight.

Wilayah yang saat ini bernama Inggris pertama kali dihuni oleh manusia modern selama periode Paleolitikum, namun nama England ini berasal dari kata Angles, yang merupakan salah satu suku Jermanik yang menetap disana pada abad ke-5 dan ke-6. Inggris menjadi negara yang bersatu pada tahun 927 M, dan sejak Zaman Penjelajahan yang dimulai pada abad ke-15, Inggris telah memberikan pengaruh budaya dan hukum yang signifikan ke berbagai belahan dunia. Bahasa Inggris, Gereja Anglikan, dan hukum Inggris-yang menjadi dasar sistem hukum umum bagi negara lain di seluruh dunia-berasal dan dikembangkan di Inggris, dan sistem parlementer negara ini juga telah banyak diadopsi oleh negara-negara lain. Revolusi Industri yang dimulai pada abad ke-18 menjadikan Inggris sebagai negara industri pertama di dunia. Royal Society Inggris juga berperan penting dalam meletakkan dasar-dasar sains eksperimental modern terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

(Selengkapnya...)

Lokasi pilihan sebelumnya: Los Angeles, New York City, Chili, Pompeii, Rumania

sunting   

"Tahukah Anda..."

Perbandingan kondisi Laut Aral antara tahun 1989 dan 2008.
  • "... bahwa Laut Aral pernah menjadi salah satu danau terbesar di dunia? Pada tahun 1960 luas laut ini 68.000 km², lalu mengalami penyusutan hingga luasnya menjadi 17.000 km² (tahun 2004) dan terbagi menjadi 4 danau."
  • "... bahwa Laut Kaspia adalah danau terbesar di dunia? Meskipun disebut danau terbesar, laut ini tidak mengandung air tawar."
  • "... bahwa empat mata angin utama (utara, timur, selatan, barat) ditentukan menurut kutub dan arah rotasi Bumi?"
  • "... bahwa Laut Mati merupakan kawasan paling rendah di dunia yang tidak diselimuti es, dan juga merupakan laut terasin di dunia? Karena kandungan garamnya yang tinggi, maka seseorang yang tidak bisa berenang pun dapat mengapung."
    Seorang turis mengapung sambil membaca koran di Laut Mati.
  • "... bahwa Puncak Jaya di Provinsi Papua menjadi salah satu dari tujuh puncak dunia? Tujuh puncak pertama kali dikemukakan oleh Richard Bass dengan memasukkan Gunung Kosciuszko di Australia sebagai puncak gunung tertinggi benua Australia. Reinhold Messner mengemukakan daftar lain yang memasukkan Puncak Jaya menggantikan gunung Kosciuszko."
  • "... bahwa Sungai Karatoya, sungai kecil di Divisi Rajshahi, Bangladesh dulunya merupakan sungai besar dan disucikan?"
  • "... bahwa andaikata Sungai Nil ditarik lurus melintasi Amerika Serikat, maka sungai itu akan membentang dari New York hingga ke Los Angeles?"
  • "... bahwa gempa bumi yang terjadi pada 16 Desember 1881 menyebabkan bagian-bagian Sungai Mississippi mengalir berbalik arah?"
  • "... bahwa Finlandia adalah negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia, yaitu 179.584 buah?"
    Hamparan garam di Salar de Uyuni.
  • "... bahwa Salar de Uyuni di Bolivia merupakan Dataran Garam terbesar di dunia? Saat tergenang oleh air, dataran ini bisa menjadi cermin raksasa karena memantulkan bayangan di atas permukaannya dengan amat baik."
  • "... bahwa Gurun Atacama di Amerika Selatan merupakan gurun terkering di dunia?"
  • "... bahwa Gurun Namib adalah gurun pasir tertua di dunia, dan satu-satunya gurun yang dihuni oleh gajah, badak, jerapah, dan singa?"
  • "... bahwa luas keseluruhan area Danau-Danau Besar di Amerika adalah 244.054,58 km²?"
  • "... bahwa Danau Webster di Massachusetts yang terletak di tengah negara bagian itu disebut demikian karena orang mengalami kesulitan dalam mengucapkan namanya yang sebenarnya? Nama sebenarnya danau itu adalah "Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg."
  • "... bahwa Rochefourchat merupakan komune (kotamadya) di Perancis dengan penduduk paling sedikit di dunia, yakni 1 jiwa?"
  • "... bahwa sensus penduduk pertama di Amerika Serikat dilakukan pada 1 Maret 1790? Hasilnya menunjukkan bahwa penduduk AS pada waktu itu berjumlah 3.929.214."
  • " ... bahwa kota dengan wilayah terluas di dunia adalah kota Mount Isa yang terletak di barat laut Queensland, Australia. Luasnya mencapai hampir 41 ribu kilometer persegi, dengan jalan raya kota sepanjang 189 km yang merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia."
  • "... bahwa La Paz, ibu kota Bolivia adalah kota besar tertinggi di atas permukaan laut di seluruh dunia?"
(Lihat pula: Fakta geografi dunia...)
sunting   

Kategori

sunting   

Cabang Geografi

Geografi fisik

Geografi manusia
sunting   

Geografi dalam Proyek Wikimedia

Geografi juga tersedia dalam Proyek Wikimedia lainnya.
Commons-logo.svg
Commons
Galeri dan peta
Wiktionary-logo.svg
Wiktionary
Kamus dan tesaurus
Wikiquote-logo.svg
Wikiquote
Kutipan
Wikibooks-logo.svg
Wikibooks
Buku dan manual
 
Wikisource-logo.svg
Wikisource
Perpustakaan
Wikiversity-logo.svg
Wikiversity
Bahan belajar
 
sunting   

Subportal

sunting   

Portal lainnya