Laut Weddell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Small Tabular Icebergs (26376305448).jpg
Laut Weddell
Kutub Selatan

Laut Weddell merupakan bagian dari Samudra Selatan. Titik timur adalah Tanjung Norvegia di Pantai Putri Martha, Tanah Ratu Maud. Di sebelah timur Tanjung Norvegia adalah Laut Raja Haakon VII. Sebagian besar bagian selatan laut, hingga Pulau Gajah, adalah es permanen, Gunung Es Filchner-Ronne. Laut yang terkandung dalam dua klaim yang saling tumpang tindih, wilayah Antarktika Argentina dan Inggris (Teritori Antarktika Britania Raya), dan juga berada sebagian di dalam klaim teritorial Chili. Paling lebar laut Weddell adalah sekitar 2.000 km di seluruh, dan di daerah itu luasnya sekitar 2,8 juta km ².

Sejarah Laut Weddell[sunting | sunting sumber]

Laut ini dinamakan demikian untuk menghormati pelaut Inggris James Weddell yang datang ke laut ini pada tahun 1823 sejauh 74°S. Pada tahun yang sama penyegel Amerika Kapten Benjamin Morrell mengaku telah melihat beberapa tanah 10-12°BT batas aktual timur laut. Ia menyebut New South Greenland, tetapi keberadaannya tidak terbukti ketika laut lebih sepenuhnya dieksplorasi di awal abad 20. Penetrasi selatan terjauh sejak Weddell tetapi sebelum era modern dibuat oleh Skotlandia William Speirs Bruce pada tahun 1903.

Karakteristik fauna Laut Weddell adalah Anjing Laut Weddell.

Laut Weddell telah dianggap oleh para ilmuwan untuk memiliki air laut yang paling jernih di manapun. Peneliti Belanda dari Institut Jerman Alfred Wegenert, untuk mencari Secchi disk yang terlihat pada kedalaman 262 kaki pada 13 Oktober 1986, dipastikan bahwa kejelasan laut Weddell berhubungan dengan air suling.

Di sisi selatannya, ditutupi dengan lapisan es yang tebal. Ujung timur laut ditentukan oleh Tanjung Norvegia, terletak di pantai Princess Martha yang juga memisahkan laut Weddell dan Laut Raja Haakon VII. Punggungan South Scotia membedakan perairannya dari Laut Scotia utara sementara Semenanjung Antartika memisahkannya dari Laut Bellingshausen.

Bagian selatan laut Weddell ditutupi gunung es besar sepanjang tahun, sehingga navigasi bergantung pada cuaca dan kondisi es. Oleh karena itu, kapal kargo dan pengangkut dibatasi di bagian paling utara laut Weddell.

Laut Weddell adalah Laut terbesar di Samudra Selatan[sunting | sunting sumber]

Laut utama Samudra Selatan, mencakup sekitar 2,8 juta kilometer persegi. Lebarnya sekitar 2000 km atau 1200 mil pada titik terluasnya. Terletak di ujung benua, laut Weddell memiliki kedalaman 1600 kaki atau 500 m akibat adanya celah antara paparan dan lereng benua. Untuk batas benua, ini adalah kedalaman yang luar biasa yang dihasilkan dari beban es yang sangat besar yang dikenakan pada daratan Antartika. Perairannya diklaim oleh wilayah Antartika di Inggris, Argentina, dan Chili.

Laut Weddell dikatakan memiliki air terbersih di antara semua lautan di dunia dan pada tahun 1980-an para ilmuwan menyimpulkan bahwa ia memiliki transparansi air suling. Objek yang tergeletak di kedalaman 80 m atau 260 kaki dapat terlihat jelas dari permukaan, menjadikannya salah satu badan air terjernih di bumi.[1]

Samudra Selatan, juga disebut Samudra Antartika terdiri dari perairan paling selatan samudra dunia. Menariknya, Ekspedisi Lima Kedalaman dilakukan pada 2018-19 untuk menemukan titik terdalam dari 5 samudra terbesar di dunia oleh Victor Lance Vescovo, seorang penjelajah, mantan perwira angkatan laut, dan pendiri Insight Equity Holdings. Timnya mengukur titik terdalam Samudra Selatan menggunakan sonar multibeam dan menamainya sedalam Factorian karena letaknya di kedalaman bawah air 24.390 kaki atau 7.434 m.

Setelah Laut Weddell, laut terbesar kedua di Samudera Selatan adalah laut Somov yang membentang hingga 1.150.000 kilometer persegi dan kedalaman sekitar 3.000 m. Terletak di utara Antartika Besar, dikelilingi oleh laut D'Urville di barat dan Laut Ross di timur. Itu dinamai untuk menghormati seorang penjelajah Rusia bernama Mikhail Somav yang memimpin ekspedisi Soviet pertama ke Antartika pada tahun 1955.[2]

Terbentuk selama periode Jurassic sekitar 145 juta tahun yang lalu[sunting | sunting sumber]

Laut Weddell berbagi sejarah geologisnya dengan seluruh Antartika dan juga Amerika Selatan. Itu dibentuk oleh pecahnya daratan Gondwana yang disertai dengan letusan gunung berapi besar-besaran selama kondisi basah dan sedang di era Jurassic. Laut Weddell muncul sebagai perpanjangan selatan Cekungan Rocas Verdes, zona aktif seismik pada masa itu. Pada periode Cretaceous, cekungan ini menjelma menjadi cekungan foreland yang disebut Magallanes. Sementara proses geologis ini berkembang di Amerika Selatan, laut Weddell lolos dari perubahan ini dan mempertahankan karakter cekungan samudra.[3]

  1. ^ Bhattacharjee, Shilavadra (2022-04-20). "9 Interesting Facts About the Weddell Sea". Marine Insight (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-20. 
  2. ^ Bhattacharjee, Shilavadra (2022-04-20). "9 Interesting Facts About the Weddell Sea". Marine Insight (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-20. 
  3. ^ Bhattacharjee, Shilavadra (2022-04-20). "9 Interesting Facts About the Weddell Sea". Marine Insight (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-20.