Portal:Sejarah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh
History
Portal Sejarah

Sejarah berarti kejadian masa lalu yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Ilmu sejarah mempelajari berbagai kejadian yang berhubungan dengan kemanusiaan di masa lalu. Sejarah dibagi ke dalam beberapa bagian khusus seperti kronologi, historiografi, genealogi, paleografi, arkeologi, dan kliometrika. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah disebut sejarawan.
sunting   

 Artikel pilihan

Ilustrasi naskah Prancis dari Abad Pertengahan yang menampilkan ketiga golongan masyarakat Abad Pertengahan: golongan yang berdoa (rohaniwan), golongan yang bertarung (kesatria), dan golongan yang bekerja (petani)

Abad Pertengahan dalam sejarah Eropa berlangsung dari abad ke-5 sampai abad ke-15 Masehi. Abad Pertengahan bermula sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan masih berlanjut manakala Eropa mulai memasuki Abad Pembaharuan dan Abad Penjelajahan. Sejarah Dunia Barat secara tradisional dibagi menjadi tiga kurun waktu, yakni Abad Kuno, Abad Pertengahan, dan Zaman Modern. Dengan kata lain, Abad Pertengahan adalah kurun waktu peralihan dari Abad Kuno ke Zaman Modern. Abad Pertengahan masih terbagi lagi menjadi tiga kurun waktu, yakni Awal Abad Pertengahan, Puncak Abad Pertengahan, dan Akhir Abad Pertengahan. (Selengkapnya...)

sunting   

 Hari ini dalam sejarah

6 Desember: Hari Kemerdekaan di Finlandia (1917); Hari Konstitusi di Spanyol

{{{title}}}
Halaman judul edisi pertama
Encyclopædia Britannica

Tanggal lain: 5 Desember 6 Desember 7 Desember

Hari ini tanggal 6 Desember 2019 (UTC) – Muat ulang
sunting   

 Tokoh pilihan

Muhammad I

Muhammad I (1195–1273) adalah pendiri Kesultanan Granada, negara Islam berdaulat terakhir di Al-Andalus (kini di Spanyol). Pada masa 1230-an ia mendirikan sebuah kerajaan di kota kelahirannya Arjona, lalu memperluasnya ke kota-kota lain di selatan Spanyol, termasuk Granada, Almería and Málaga. Ia membangun ibukotanya di Granada dan menjadi pemimpin Muslim terkuat di Semenanjung Iberia. Setelah dikalahkan oleh Kastilia, ia terpaksa berjanji menjadi vasal Raja Fernando III pada 1246. Perdamaian dengan kerajaan Kristen tersebut berlanjut hingga akhirnya Muhammad membantu pemberontakan rakyat Muslim di wilayah Kastilia. Pada 1266, ia menghadapi pemberontakan Banu Asyqilula di Málaga yang dibantu Kastilia. Saat krisis ini masih berlangsung, Muhammad meninggal pada tahun 1273 karena jatuh dari kuda. Kerajaan yang ia dirikan tetap bertahan hingga akhirnya dianeksasi Kastilia pada 1492. Peninggalannya yang lain adalah dimulainya pembangunan Alhambra, kompleks istana dan benteng pertahanan yang sekarang masih berdiri dan menjadi Situs Warisan Dunia. (Selengkapnya...)

sunting   

 "Tahukah Anda..."

sunting   

 Gambar pilihan

Sphinx Agung di Giza, Mesir
Sphinx yang masih terkubur sebagian. Foto dari tahun 1880.

Sphinx Agung Giza adalah sebuah patung sphinx besar berbentuk separuh manusia, dan separuh singa yang terdapat di Mesir, di Dataran Giza, tepi barat Sungai Nil, dekat Kairo sekarang. Ini adalah satu dari beberapa patung terbesar di dunia yang terbuat dari satu batu utuh, dan dipercaya telah dibangun oleh Mesir Kuno pada milenium ketiga SM.

sunting   

 Kategori terkait

sunting   

Indeks

Sejarah menurut waktu

X
 

Sejarah menurut ilmu

X

Sejarah bagian dunia

X

Sejarah peradaban

X
X

Sejarah kuno (3000 SM500 M)

X

Sejarah pascaklasik (5001500)

 
X

Sejarah modern (15001945)

 
X

Sejarah kontemporer (1945kini)

sunting   

Proyek Wikimedia

 Anda dapat menemukan hal-hal tentang sejarah di beberapa Proyek Wikimedia lainnya.

Commons
Wikiversity
Pelajaran sejarah
Wikiquote
Wikiquote
Kutipan tentang sejarah
Commons
Wikibooks
Buku tentang sejarah
Commons
Wikimedia Commons
Galeri gambar bersejarah
sunting   

Wikiportal lainnya