Portal:Militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Portal Militer


sunting   

Selamat Datang di Portal Militer

Austerlitz-baron-Pascal.jpg
Pertempuran Austerlitz oleh François Gerard.

Militer dapat diartikan sebagai angkatan bersenjata dari suatu negara, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.

Perang adalah keadaan konflik antara dua pihak yang besar, seperti negara, organisasi, dan kelompok sosial, yang dikarakterisasikan dengan adanya pemakaian senjata mematikan. Gambaran umum tentang perang adalah kampanye militer antara dua atau lebih pihak yang bertentangan atas kedaulatan, daerah kekuasaan, sumber daya alam, agama, dan isu-isu lainnya. Perang untuk membebaskan negara yang terokupasi sering disebut "perang kemerdekaan", sementara perang antara pihak-pihak dalam satu negara dapat disebut perang saudara.

Battle of Gibraltar 1607.jpg
Pertempuran Gibraltar oleh Hendrick Cornelisz Vroom.

Selain manusia, spesies lain yang diketahui melakukan konflik dengan skala besar hanyalah semut, yang sering melakukan perang antar koloni.

Pertempuran adalah suatu kontak senjata antara dua atau lebih pihak di mana masing-masing pihak bertujuan mengalahkan pihak lainnya. Pertemuran umumnya terjadi dalam suatu perang atau kampanye militer dan biasanya terjadi pada waktu, lokasi, dan aktivitas tertentu. Perang dan kampanye dijalankan dengan strategi, sedangkan pertempuran dijalankan dengan taktik.

Sejarah militer adalah dokumentasi, secara tertulis maupun tidak, akan kejadian-kejadian dalam sejarah manusia yang masuk dalam kategori konflik. Dari perang antar dua suku, perang antar angkatan bersenjata, sampai perang dunia yang mempengaruhi hidup sebagian besar manusia.

Tampilkan isi pilihan baru...
sunting   

Artikel pilihan

Bundeswehrmuseum Dresden 13.jpg

Kapal perang Bismarck adalah kapal perang jelajah terbesar Jerman yang pernah dibuat pada masa Perang Dunia II. Nama kapal ini berasal dari nama Kanselir Jerman pada abad ke-19, Otto von Bismarck. Bismarck menjadi terkenal setelah berhasil menenggelamkan kapal perang utama Angkatan Laut Britania Raya (Inggris), HMS Hood dalam Pertempuran Selat Denmark pada tahun 1941.


sunting   

Gambar pilihan


sunting   

Kategori

sunting   

Tokoh pilihan

Bundesarchiv Bild 146-1973-012-43, Erwin Rommel.jpg

Erwin Rommel (15 November 189114 Oktober 1944) adalah seorang komandan pasukan Jerman pada era Perang Dunia II. Perdana Menteri Britania Raya Sir Winston Churchill, yang waktu itu adalah musuh bebuyutan Jerman, pernah terang-terangan memberikan salut kepada jenderal jenius ini di Parlemen. Pada akhir hayatnya ketika ditanya mengapa dia memuji musuh, Churchil mengatakan "Saya tidak menyesal memuji Rommel".


sunting   

Tahukah anda


sunting   

ProyekWiki

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik militer adalah sebuah ProyekWiki yang bertujuan untuk mengkoordinasikan perbaikan kualitas artikel-artikel bertopik militer. Kalau Anda ingin bergabung dan ikut membantu ProyekWiki ini, silahkan masuk kedalam halaman proyek ini dan menambahkan nama Anda di daftar partisipan.