Portal:Lingkungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portal Lingkungan
Selamat datang di Portal Lingkungan, halaman utama artikel-artikel bertopik lingkungan
Honeymoon Bay Sunset 2.jpg
Bachalpseeflowers.jpg
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri). Lingkungan hidup adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.
Hopetoun falls.jpg
Tessellated Pavement Sunrise Landscape.jpg
LewisFalls.JPG
Varden Conservation Area.jpg
Air .pollution 1.jpg
Greenpeace March 2009.jpg
Global Warming Map.jpg
Biogas plant sketch.jpg
Lingkungan hidup Konservasi Pencemaran Organisasi Perubahan iklim Teknologi
  Terrestrial globe.svg  
Artikel pilihan
Anomali temperatur permukaan rata-rata selama periode 1995 sampai 2004 dengan dibandingkan pada temperatur rata-rata dari 1940 sampai 1980.

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Selengkapnya...

  Terrestrial globe.svg  
Gambar pilihan
Siklus karbon.

Kredit gambar: NASA

Siklus karbon adalah siklus biogeokimia dimana karbon dipertukarkan antara biosfer, geosfer, hidrosfer, dan atmosfer bumi. Pembakaran bahan bakar fosil menyebabkan penambahan karbon ekstra ke dalam siklus yang terjadi secara alami dan merupakan penyebab utama perubahan iklim.

Selengkapnya...

  Terrestrial globe.svg  
Kutipan pilihan
Franklin Roosevelt
Suatu bangsa yang menghancurkan tanahnya sendiri berarti menghancurkan dirinya sendiri. Hutan adalah paru-paru negeri kita, memurnikan udara dan memberikan kekuatan menyegarkan kepada rakyat kita.

Sekarang banyak ilmuwan memperingatkan bahwa kita sedang bergerak lebih dekat menuju beberapa "titik kritis" yang dapat - sedikitnya dalam 10 tahun - membuat kita tidak mungkin menghindari kerusakan tak terselamatkan terhadap kelayakhunian planet (Bumi) untuk peradaban manusia.
Al Gore

Nuvola apps ksig horizonta.png Lebih banyak kutipan...

  Terrestrial globe.svg  
Hal yang dapat Anda lakukan
Tree-256x256.png
Bila Anda tertarik pada masalah lingkungan maupun hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan, Anda dapat membantu Wikipedia mengembangkan artikel rintisan di kategori rintisan bertopik lingkungan.
Fiore 01.svg
  Terrestrial globe.svg  
Tahukah Anda...
  • ...bahwa bola lampu pijar hanya memiliki efisiensi energi sebesar 5%, dan sisanya digunakan untuk menghasilkan panas daripada cahaya?
{{{title}}}
Simbol
daur ulang
  • ...bahwa dodo, seekor burung dari Mauritius, menjadi punah pada pertengahan-akhir abad ke-17 karena ulah manusia? Manusia menghancurkan hutan tempat burung tersebut bersarang dan menghadirkan mamalia yang kemudian memakan telur mereka.
  Terrestrial globe.svg  
Kategori
Ribeira Lixo GDFL 040825 049.jpg
Polusi air di Ribeira, Galisia, Spanyol (Agustus 2005).
Wetland restoration in Australia.jpg
Restorasi lahan basah di Australia sebelah tenggara (Oktober 2008).
  Terrestrial globe.svg  
Artikel
Lingkungan.

AEWA · Analisis Mengenai Dampak Lingkungan · Asap cair · Asbut · Bioremediasi · Bioteknologi · Daftar hari peringatan lingkungan · Daftar masalah lingkungan · Emisi gas buang · Energi terbarui · Erosi · Eutrofikasi · Kerusakan lingkungan · Konvensi Basel · Konvensi Ramsar · Lebak lebung · Limbah hitam · Limbah minyak · Mikrohidro · Pembalakan liar · Pencemaran air · Pencemaran tanah · Rawa · Teknik lingkungan · WiserEarth · Magnifier.png selengkapnya...

  Terrestrial globe.svg  
Proyek Wikimedia terkait
Portal lingkungan di Wikinews     Kutipan tentang lingkungan di Wikiquote     Buku tentang lingkungan di Wikibooks     Kategori lingkungan di Wikisource     Gambar lingkungan di Wikicommons     Definisi lingkungan Wiktionary     Pembelajaran lingkungan di Wikiversity
Berita Kutipan Panduan Bacaan Gambar Definisi Pembelajaran
Wikinews-logo.svg
Wikiquote-logo.svg
Wikibooks-logo.svg
Wikisource-logo.svg
Commons-logo.svg
Wiktionary-logo-en.svg
Wikiversity-logo.svg
  Terrestrial globe.svg  
Portal lain
Agama Bahasa Biografi Budaya Ekonomi Elektronika
Film Filsafat Geografi Indonesia Ilmu
   
Portal:Lingkungan
Lingkungan
Masyarakat Matematika Militer Mitologi Musik Olahraga
Pendidikan Politik Sastra Sejarah Seni Teknologi
Komunitas Peristiwa terkini Daftar lengkap