Portal:Film

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Portal Film


Selamat datang di Portal Film

Film, juga dikenal sebagai movie, gambar hidup, film teater atau foto bergerak, merupakan serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak karena efek fenomena phi. Ilusi optik ini memaksa penonton untuk melihat gerakan berkelanjutan antar obyek yang berbeda secara cepat dan berturut-turut. Proses pembuatan film merupakan gabungan dari seni dan industri. Sebuah film dapat dibuat dengan memotret adegan sungguhan dengan kamera film; memotret gambar atau model "miniatur" menggunakan teknik animasi tradisional; dengan CGI dan animasi komputer; atau dengan kombinasi beberapa teknik yang ada dan efek visual lainnya.

Kata "sinema", yang merupakan kependekan dari sinematografi, sering digunakan untuk merujuk pada industri film, pembuatan film dan seni pembuatan film. Definisi sinema zaman sekarang merupakan seni dalam (simulasi) pengalaman untuk mengkomunikasikan ide, cerita, tampilan, sudut pandang, rasa, keindahan atau suasana dengan cara direkam dan gambar bergerak yang diprogram bersamaan dengan penggerak sensorik lainnya.

Artikel pilihan

Dilwale Dulhania Le Jayenge (terj. har.'Hati yang Berani Akan Membawa si Pengantin'), juga dikenal sebagai DDLJ, adalah film drama romantis India yang disutradarai oleh Aditya Chopra, diproduksi oleh Yash Chopra, dan ditulis oleh Javed Siddiqui bersama Aditya Chopra. Dirilis pada tanggal 20 Oktober 1995, film ini dibintangi Shahrukh Khan dan Kajol. Film ini dibuat di India, London dan Swiss, dari September 1994 hingga Agustus 1995.

Artikel pilihan sebelumnya: Kabhi Alvida Naa Kehna | Lainnya...

Gambar pilihan

Great Train Robbery still
Great Train Robbery still

The Great Train Robbery adalah film bisu Barat pendek Amerika Serikat tahun 1903 yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Edwin S. Porter, mantan juru kamera Edison Studios. Aktor yang ada dalam film ini adalah Alfred C. Abadie, Broncho Billy Anderson dan Justus D. Barnes, meskipun tidak ada kredit pada film tersebut. Meskipun film ini bergenre Barat, film ini diambil di Milltown, New Jersey. Film ini terinspirasi oleh drama panggung Scott Marble tahun 1896.

Tahukah anda...

Biografi pilihan

Marilyn Monroe (nama lahir adalah Norma Jeane Mortenson; 1 Juni 1926 – 5 Agustus 1962) adalah seorang aktris dan peragawati Amerika. Terkenal karena memerankan karakter "si pirang yang bodoh", ia menjadi salah satu simbol seks paling populer pada tahun 1950-an, yang menandai perilaku terhadap seksualitas pada era tersebut. Meskipun ia merupakan seorang aktris dengan bayaran paling tinggi, hanya pada satu dekade film-filmnya meraih keuntungan sejumlah $200 juta pada masa kematiannya yang misterius pada tahun 1962. Ia masih dianggap menjadi ikon budaya populer besar.

Daftar pilihan

Inside Out adalah sebuah film petualangan komedi-drama animasi komputer 3D Amerika 2015, yang ditulis dan disutradarai oleh Pete Docter. Film tersebut berlatar belakang alam pikiran seorang gadis muda bernama Riley Andersen (Kaitlyn Dias), dimana lima emosi terpersonifikasi—Joy/Kesenangan (Amy Poehler), Sadness/Kesedihan (Phyllis Smith), Fear/Ketakutan (Bill Hader), Anger/Marah (Lewis Black), dan Disgust/Kejijikan (Mindy Kaling)—berniat untuk memandu hidupnya saat ia pindah ke sebuah kota baru dan memulai hidup barunya. Setelah tayang perdana di Festival Film Cannes ke-68 pada 18 Mei 2015, Walt Disney Studios Motion Pictures merilis film tersebut di bioskop Amerika Serikat pada 19 Juni 2015. Dibuat dengan biaya produksi sejumlah $175 juta, Inside Out meraih total keuntungan sebanyak $859 juta di seluruh dunia, menjadikannya film dengan keuntungan tertinggi ketujuh pada tahun 2015 dan film dengan keuntungan tertinggi ke-49 sepanjang masa pada Juli 2016. Rotten Tomatoes, sebuah agregator ulasan, mensurvei 317 ulasan dan menyatakan bahwa 98% bersifat positif.


ProyekWiki

Kategori

Portal lainnya