Perang melawan Teror

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perang melawan terorisme)
Lompat ke: navigasi, cari
Perang melawan terorisme
US 10th Mountain Division soldiers in Afghanistan.jpg
Tentara Amerika Serikat di Afganistan selama Operasi Anaconda.
Tanggal 7 Oktober 2001[1] -sekarang
Lokasi Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Tanduk Afrika, Amerika Serikat, Britania Raya, Eropa
Hasil Sedang berlangsung

Perang melawan terorisme adalah istilah yang digunakan oleh media barat untuk mereferensikan berbagai tindakan militer dan politik yang dilakukan oleh pemerintahan Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya (baik anggota NATO maupun partner non-NATO seperti Swedia) dalam kaitannya dengan Serangan 11 September di kota New York.

Pemerintah Amerika mengklaim bahwa tujuan perang melawan terorisme adalah untuk melawan ancaman terorisme, mencegah terorisme dan mengurangi pengaruh organisasi seperti al-Qaeda.[1][2] walaupun belum ada definisi yang jelas mengenai apa itu terorisme dan sejauh apa sebuah tindakan dapat dikatakan terorisme.

Istilah ini menjadi bias dan metanaratif[3] karena definisi terorisme yang ambigu dan tak punya garis tepi yang pasti. Banyak kalangan yang menilai istilah Perang melawan terorisme dapat digunakan oleh Amerika Serikat untuk masuk ke dalam ranah yang berada di luar kapasitasnya dengan alasan peperangan melawan "terorisme".

Jika didefinisikan luas, perang melawan terorisme juga melibatkan negara-negara yang tidak terlibat langsung dalam misi ekspedisi Amerika Serikat dan atau negara sekutu-sekutunya seperti di Irak (baik saat Perang Irak 2003 maupun perang melawan ISIS), Afghanistan, Afrika Sub-Sahara, yang memilih fokus terhadap tindakan pemberantasan tindak terorisme dan radikalisme di dalam negerinya, yang kebanyakan di antaranya didukung sepenuhnya oleh kekuatan-kekuatan Barat, terutama AS, Inggris, Perancis, serta Australia. Salah satunya Rusia dan negara-negara anggota CIS (kecuali Ukraina dan Georgia yang mengirim kontingen ke Irak dan Afghanistan), Indonesia, Malaysia, Kolombia, Nigeria (melawan Boko Haram), dan sebagainya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Presidential Address to the Nation, October 7, 2001". whitehouse.gov. Diakses tanggal 2008-04-14. 
  2. ^ "Counterterrorism and Terrorism". Federal Bureau of Investigation. Diakses tanggal 2008-04-14. 
  3. ^ "Bush's war: media bias and justifications for war in a terrorist age".