Gurun Patagonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gurun Patagonia
Patagonian.png
Gambar satelit Gurun Patagonia oleh NASA World Wind
Geografi
Koordinat41°19′S 69°19′W / 41.32°S 69.32°W / -41.32; -69.32Koordinat: 41°19′S 69°19′W / 41.32°S 69.32°W / -41.32; -69.32
Fotografi astronaut dari Gurun Patagonian (sebagian besar pemandangan) kontras dengan Sungai Limay, terlihat mengalir ke arah timur dari Andes.

Gurun Patagonia, juga dikenal sebagai Patagonian Steppe adalah padang pasir terbesar di Argentina dan merupakan gurun ke-8 terbesar di dunia berdasarkan wilayah, dengan luas 673.000 kilometer persegi. Gurun ini terletak terutama di Argentina dan dibatasi oleh Andes di sebelah barat, dan Samudra Atlantik di sebelah timur, di wilayah Patagonia di bagian selatan Argentina. Sebelah utara gurun berubah menjadi Wilayah Cuyo dan Pampas. Bagian tengahnya didominasi oleh spesies tanaman semak dan herba meskipun ke barat, di mana curah hujan lebih tinggi, semak-semak tergantikan oleh rumput.[1] Secara topografi, gurun ini terdiri dari dataran tinggi dan massif yang saling berganti yang dibelah oleh lembah-lembah sungai dan ngarai. Pada bagian yang lebih barat dari gurun ini terdapat danau-danau yang berasal dari glasial dan menanjak menjadi pegunungan tandus atau hutan iklim sedang yang dingin di sepanjang lembah.

Dihuni oleh pemburu-pengumpul sejak zaman Pra-Hispanik, gurun ini menjadi saksi migrasi bangsa Argentina, bangsa Wales, dan orang-orang Eropa lainnya pada abad ke-19, mengubahnya dari zona perbatasan konflik ke bagian integral Argentina, dengan peternakan sapi, domba, dan kuda menjadi pemanfaatan lahan utama.

Gurun Patagonia telah ada sejak zaman Miosen Tengah (14-12 juta tahun lalu) dan muncul sebagai Andes rose di barat. [2]

  1. ^ Fisik Geografi dari Patagonia dan Tierra del Fuego. Andrea M. J. Coronato, Fernando Coronato, Elizabeth Mazzoni dan Mirian Vazquez
  2. ^ Folguera, Andrés; Encinas, Alfonso; Echaurren, Andrés; Gianni, Guido; Orts, Darío; Valencia, Víctor; Carrasco, Gabriel (2018). "Kendala pada pertumbuhan Neogen dari Andes Patagonian pusat pada ketinggian tiga persimpangan Cile (45-47 ° S) menggunakan geokronologi U / Pb strata insinorogenik". 744. doi:10.1016/j.tecto.2018.06.011.