Ngarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ngarai atau disebut sebagai canyon dalam bahasa Inggris Amerika atau cañon dari bahasa Spanyol, adalah sebuah lembah dalam bersisi terjal yang terbentuk akibat erosi aliran air sungai. Ngarai juga dapat diartikan sebagai lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang sangat curam.

Proses terbentuknya[sunting | sunting sumber]

Sedimentasi sungai[sunting | sunting sumber]

Ngarai sungai terbentuk karena adanya tekanan air sungai yang membelah dasar sungai. Sedimen dari dasar sungai terbawa ke hilir kemudian menciptakan saluran yang dalam dan sempit.

Pelapukan dan Erosi[sunting | sunting sumber]

Pelapukan dan erosi juga dapat berkontribusi dalam pembentukan ngarai. Di musim dingin, air merembes ke celah-celah batu. Air ini kemudia n membeku. Saat air membeku, ia mengembang dan berubah menjadi es. Es memaksa retakan menjadi lebih besar dan lebih besar, mengikis potongan-potongan batu dalam prosesnya. Ketika hujan lebat, air mengalir ke celah-celah, mengikis lebih banyak batu dan batu. Hal ini mengakibatkan lebih banyak batu yang runtuh dan jatuh dan ngarai tumbuh lebih lebar di bagian atas daripada di bagian bawah.[1]


Ngarai-ngarai terbesar termasuk:

  1. ^ Society, National Geographic (2011-05-20). "canyon". National Geographic Society (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-23.