Perdu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Semak)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Contoh tumbuhan perdu

Perdu adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak.[1] Perdu juga merupakan nama sekelompok pohon yang memiliki ketinggian di bawah 6 meter (20 kaki). Perdu umumnya tumbuh berkelompok. Ciri-ciri dari tanaman perdu biasanya kecil, rendah, meskipun batangnya panjang. Perdu adalah tumbuhan berumur panjang yang berkayu, bercabang banyak, tapi batang utamanya kurang jelas. Beberapa tanaman hias dapat dikategorikan sebagai perdu, seperti lavender, mawar, dan bunga kertas (Bougainvillea).[2]

Beberapa perdu yang cukup mudah ditemukan antara lain jenis Octhocharis, Sauropus, Ficus, melastoma, chombrataceae, dan Cassia.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata Perdu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 2019-09-30. 
  2. ^ Arsitur Studio (2020). "Perbedaan Pohon, Semak dan Perdu dan Contohnya". Arsitur Studio. Diakses tanggal 2021-08-03. 
  3. ^ Rahmani, Dienny R.; Wahyunah, Wahyunah (2018). "Seleksi tumbuhan perdu sebagai alternatif penyusun vegetasi ruang hijau permukiman". Jukung (Jurnal Teknik Lingkungan). 4 (1): 56–64. doi:http://dx.doi.org/10.20527/jukung.v4i1.4659 Periksa nilai |doi= (bantuan).