Portal:Oseania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

PORTAL OSEANIA

Peta kawasan Oseania
Peta kawasan Oseania

Oseania adalah istilah yang mengacu kepada suatu wilayah geografis atau geopolitis yang terdiri atas sejumlah kepulauan yang berada di Samudra Pasifik dan sekitarnya. Oseania merupakan benua dengan luas area daratan terkecil dan jumlah populasi terkecil kedua setelah Antartika. Dalam artian sempit (yang pertama kali didefinisikan penjelajah asal Prancis bernama Jules Dumont d'Urville pada tahun 1831), Oseania meliputi Polinesia (termasuk Selandia Baru), Melanesia (termasuk Nugini) dan Mikronesia. Sedangkan dalam artian luas maka Oseania juga meliputi Australia dan Indonesia bagian timur; namun jarang memasukkan Jepang dan Kepulauan Aleut dalam kelompok Oseania. Sebagian besar dari Oseania terdiri dari negara-negara pulau yang kecil.

Lokasi di peta dunia
Lokasi di peta dunia

Australia adalah satu-satunya negara kontinental, sedangkan Papua Nugini dan Timor Timur adalah negara yang memiliki perbatasan darat, kedua-duanya dengan Indonesia. Negara-negara di Oseania mempunyai kemerdekaan dalam jumlah yang beragam dari penguasa-penguasa kolonial mereka dan telah mendapatkan pengaturan konstitusional yang bervariasi sesuai dengan keadaan mereka. Australia misalnya, adalah negara yang tergabung dalam Persemakmuran, sehingga mengakui Penguasa Britania Raya Charles III sebagai kepala negara, sementara Polinesia Prancis adalah sebuah pays d'outre-mer (negara luar negeri) Prancis.


Baca lebih lanjut...

Artikel pilihan

Pulau Paskah.
Pulau Paskah.

Pulau Paskah adalah sebuah pulau milik Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Daratan terdekat yang berpenghuni ialah Pulau Pitcairn yang jaraknya 2.075 km sebelah barat. Luas Pulau Paskah sebesar 163,6 km². Menurut sensus 2002, populasinya berjumlah 3.791 jiwa yang mayoritasnya menetap di ibukota Hanga Roa. Pulau ini terkenal dengan banyaknya patung-patung (moai), patung berusia 400 tahun yang dipahat dari batu yang kini terletak di sepanjang garis pantai. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Moai.
Moai.


Moai adalah patung-patung yang terdapat di Pulau Paskah yang dipahat dari batu . Sebagian besar patung tersebut berjenis monolitis, atau dipahat dari satu batu saja, walaupun ada juga yang mempunyai batu Pukau tambahan terpisah yang diletakkan di bagian kepala. Terdapat lebih dari 600 Moai yang tersebar di seluruh pulau.

Negara di Oseania

Kategori terkait

Oseania

Sekilas berita

Wikinews
Wikinews
Wikinews berbahasa Inggris memiliki berita mengenai:

Tahukah anda...

Hal yang dapat anda lakukan

  • Anda dapat membantu Wikipedia Indonesia dengan membuat artikel yang sudah tertera pada daftar di bawah ini:

Artikel tentang Oseania, yang masih belum ada di Wikipedia Indonesia didaftarkan di sini.

Wikipedia dalam bahasa di Oseania

Oseania dalam proyek Wikimedia lainnya

Wikinews
Berita seputar Oseania
Commons
Galeri Oceania
Wikisource
Teks dari Oceania

Seri Portal Geografi

Afrika
Afrika
Amerika Selatan
Amerika Selatan
Amerika Utara
Amerika Utara
AntarktikaAntarktika
Antarktika
Asia
Asia
AustraliaAustralia
Australia
Eropa
Eropa
OseaniaOseania
Oseania
Afrika Amerika Selatan Amerika Utara Antarktika Asia Australia Eropa Oseania

Portal lain di WIkipedia