Portal:Oseania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

PORTAL OSEANIA

Peta kawasan Oseania

Oseania adalah istilah yang mengacu kepada suatu wilayah geografis atau geopolitis yang terdiri atas sejumlah kepulauan yang berada di Samudra Pasifik dan sekitarnya. Oseania merupakan benua dengan luas area daratan terkecil dan jumlah populasi terkecil kedua setelah Antartika. Dalam artian sempit (yang pertama kali didefinisikan penjelajah asal Prancis bernama Jules Dumont d'Urville pada tahun 1831), Oseania meliputi Polinesia (termasuk Selandia Baru), Melanesia (termasuk Nugini) dan Mikronesia. Sedangkan dalam artian luas maka Oseania juga meliputi Australia dan Indonesia bagian timur; namun jarang memasukkan Jepang dan Kepulauan Aleut dalam kelompok Oseania. Sebagian besar dari Oseania terdiri dari negara-negara pulau yang kecil.

Lokasi di peta dunia

Australia adalah satu-satunya negara kontinental, sedangkan Papua Nugini dan Timor Timur adalah negara yang memiliki perbatasan darat, kedua-duanya dengan Indonesia. Negara-negara di Oseania mempunyai kemerdekaan dalam jumlah yang beragam dari penguasa-penguasa kolonial mereka dan telah mendapatkan pengaturan konstitusional yang bervariasi sesuai dengan keadaan mereka. Australia misalnya, adalah negara yang tergabung dalam Persemakmuran, sehingga mengakui Penguasa Britania Raya Elizabeth II sebagai kepala negara, sementara Polinesia Prancis adalah sebuah pays d'outre-mer (negara luar negeri) Prancis.


Baca lebih lanjut...

sunting   

Artikel pilihan

Pulau Paskah.

Pulau Paskah adalah sebuah pulau milik Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Daratan terdekat yang berpenghuni ialah Pulau Pitcairn yang jaraknya 2.075 km sebelah barat. Luas Pulau Paskah sebesar 163,6 km². Menurut sensus 2002, populasinya berjumlah 3.791 jiwa yang mayoritasnya menetap di ibukota Hanga Roa. Pulau ini terkenal dengan banyaknya patung-patung (moai), patung berusia 400 tahun yang dipahat dari batu yang kini terletak di sepanjang garis pantai. (Selengkapnya...)

sunting   

Gambar pilihan

Moai.


Moai adalah patung-patung yang terdapat di Pulau Paskah yang dipahat dari batu . Sebagian besar patung tersebut berjenis monolitis, atau dipahat dari satu batu saja, walaupun ada juga yang mempunyai batu Pukau tambahan terpisah yang diletakkan di bagian kepala. Terdapat lebih dari 600 Moai yang tersebar di seluruh pulau.

sunting   

Negara di Oseania

sunting   

Kategori terkait

Oseania
sunting   

Sekilas berita

Wikinews
Wikinews berbahasa Inggris memiliki berita mengenai:
sunting   

Tahukah anda...

sunting   

Hal yang dapat anda lakukan

  • Anda dapat membantu Wikipedia Indonesia dengan membuat artikel yang sudah tertera pada daftar di bawah ini:

Artikel tentang Oseania, yang masih belum ada di Wikipedia Indonesia didaftarkan di sini.

sunting   

Wikipedia dalam bahasa di Oseania

sunting   

Oseania dalam proyek Wikimedia lainnya

Wikinews
Berita seputar Oseania
Commons
Galeri Oceania
Wikisource
Teks dari Oceania
sunting   

Seri Portal Geografi

sunting   

Portal lain di WIkipedia