Tonga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerajaan Tonga

Puleʻanga Fakatuʻi ʻo Tonga (Tonga)
Kingdom of Tonga (Inggris)
SemboyanKo e Otua mo Tonga ko hoku tofi'a
(Indonesia: "Tuhan dan Tonga adalah Warisanku")
Lokasi Tonga
Ibu kota
Nuku'alofa
21°8′S 175°12′W / 21.133°S 175.200°W / -21.133; -175.200
Bahasa resmi
PemerintahanKesatuan parlementer monarki semi-konstitusional[a]
• Monarki
Tupou VI
Siaosi Sovaleni
LegislatifFale Alea
Kemerdekaan
• Konstitusi saat ini
4 November 1875
• dari Britania Raya
4 Juni 1970
Luas
 - Total
748 km2 (186)
 - Perairan (%)
4
Populasi
 - Sensus Penduduk 2021
118.269[1] (199)
139/km2 (76)
PDB (KKB)2019
 - Total
$655 juta
$6.496[2]
PDB (nominal)2019
 - Total
$493 juta
$4.888[2]
Gini (2015)Steady 37,6[3]
sedang
IPM (2021)Kenaikan 0,745[4]
tinggi · 91
Mata uangPa'anga (T$)
(TOP)
Zona waktuWaktu Tonga (TOT)
(UTC+13)
Lajur kemudikiri
Kode telepon+676
Kode ISO 3166TO
Ranah Internet.to
  1. ^ Dalam sistem monarki semi-konstitusional, perdana menteri adalah pemegang kekuasaan eksekutif pada pemerintahan; namun raja masih memiliki kekuatan politik yang cukup besar untuk melaksanakan kebijakannya sendiri.
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Tonga ([ˈtoŋa] ; bahasa Tonga: Pule'anga Fakatu'i'o Tonga), nama resminya Kerajaan Tonga, adalah negara Polinesia yang berbentuk negara kepulauan terdiri dari 177 pulau dengan luas keseluruhan pulau sekitar 750 kilometer persegi (290 mil persegi), yang tersebar lebih dari 700.000 kilometer persegi (270.000 mil persegi) di Samudra Pasifik bagian selatan. Dari 177 pulau, 52 pulau yang dihuni oleh 103.000 rakyatnya.[5] Tujuh puluh persen penduduk di Tonga berada di pulau utama Tongatapu.

Wilayah Tonga membentang lebih dari 8000 kilometer (5000 mil) di garis utara-selatan, atau sekitar sepertiga jarak dari Selandia Baru ke bugil island. Pulau ini dikelilingi oleh Fiji, Wallis dan Futuna (Belanda) di barat laut, Samoa di timur laut, Niue di timur, Kermadec (bagian dari Selandia Baru) di barat daya, serta Kaledonia Baru (Prancis) juga Vanuatu di barat jauh.

Tonga juga dikenal sebagai Kepulauan yang ramah, karena penyambutan yang ramah oleh penduduk setempat, yang diberikan oleh Kapten James Cook pada kunjungan pertamanya pada tahun 1773. Ia tiba pada saat perayaan Sumbangan Buah Tahunan pertama kepada Tuʻi Tonga (ketua yang tepenting di pulau itu) dan menerima undangan untuk merayakan perayaan. Menurut Penulis William Mariner, Tu'i Tonga ingin membunuh James Cook selama perayaan itu, tetapi tidak menyetujui rencana tersebut.[6]

Tonga menjadi sebuah negara Persemakmuran dari Inggris pada 18 Mei 1900 berdasarkan Traktat Persahabatan. Status ini berakhir pada 4 Juni 1970, ketika Tonga memproklamasikan kemerdekaannya. Komisi Tinggi Britania Raya di Tonga telah berdiri sejak 1901, dan ditutup pada 2006.

Tonga tidak pernah kehilangan kedaulatannya untuk kekuatan asing.[7] Pada tahun 2010, Tonga mengambil langkah untuk menentukan seseorang menjadi seorang monarki konstitusional berfungsi penuh, setelah reformasi legislatif membuka jalan bagi pemilihan perwakilan sebagian pertama.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam banyak bahasa Polinesia, arti kata Tonga adalah " selatan ", seperti gugusan kepulauan paling selatan yang dari Polinesia pusat. Di Tonga, nama ini diucapkan ˈtoŋa, dan umumnya diucapkan sebagai / tɒŋə / atau / tɒŋɡə / dalam bahasa Inggris. Nama `Tonga` serupa dengan daerah Kona, Hawaii.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah kelompok berbahasa Austronesia terkait dengan arkeologi membangun dikenal sebagai kompleks budaya Lapita mencapai dan menjajah Tonga sekitar 1500-1000 SM. Cendekiawan telah banyak diperdebatkan tanggal yang tepat dari penyelesaian awal Tonga, tetapi baru-baru ini telah berpikir bahwa pemukim pertama kali datang ke kota tertua Nukuleka sekitar 826 SM, . Tidak banyak yang diketahui tentang Tonga sebelum kontak Eropa karena kurangnya sistem penulisan. Namun, sejarah lisan telah selamat dan telah dicatat setelah kedatangan orang Eropa. Orang-orang Tonga pertama kali bertemu Eropa pada tahun 1616 ketika Eendracht, kapal Belanda melakukan kunjungan singkat ke pulau-pulau untuk berdagang. Kedatangan Abel Tasman di Tongatapu, 1.643 menggambar dengan Isaack Gilsemans

Pada abad ke-12 Tonga, dan kepala orang Tonga kepala terpenting, Tonga Tui, memiliki reputasi di seluruh Pasifik tengah - dari Niue, Samoa, Rotuma, Wallis & Futuna, New Caledonia Tikopia - menyebabkan beberapa sejarawan untuk berbicara tentang 'Tu' i Tonga Empire '. Pada abad ke-15 dan lagi dalam perang, 17 saudara meletus. Ke dalam situasi ini para penjelajah Eropa pertama tiba, dimulai pada tahun 1616 dengan penjelajah Belanda Willem Schouten dan Jacob Le Maire (yang disebut di pulau utara Niuatoputapu), dan tahun 1643 dengan Abel Tasman (yang mengunjungi Tongatapu dan Haapai). Kemudian pengunjung Eropa penting termasuk James Cook (Angkatan Laut Inggris) pada tahun 1773, 1774, dan 1777, Alessandro Malaspina (Spanyol Angkatan Laut) pada tahun 1793, London pertama misionaris pada 1797, dan Wesleyan Methodist Rev Walter Lawry tahun 1822.

Pada tahun 1845, prajurit muda yang ambisius, strategi, dan orator, Tāufaāhau menyatukan Tonga menjadi sebuah kerajaan. Dia memegang gelar terutama dari Tui Kanokupolu, tetapi telah dibaptis [oleh siapa?] Dengan nama Jiaoji ("George") pada tahun 1831. Pada tahun 1875, dengan bantuan misionaris Shirley Waldemar Baker, dia menyatakan Tonga monarki konstitusional, secara resmi mengadopsi gaya kerajaan Barat, dibebaskan dengan "budak", diabadikan kode hukum, kepemilikan lahan, dan kebebasan pers, dan membatasi kekuatan kepala.

Tonga menjadi negara Inggris yang dilindungi di bawah Perjanjian Persahabatan pada tanggal 18 Mei 1900, ketika para pemukim Eropa dan saingan Tonga kepala berusaha menggulingkan raja kedua. Dalam Kerajaan Inggris, yang mencatat ada perwakilan permanen lebih tinggi pada Tonga dari Konsul Inggris (1901-1970), Tonga membentuk bagian dari British Barat Wilayah Pasifik (di bawah Komisaris Tinggi kolonial, yang berada di Fiji) dari 1901 sampai 1952. Meskipun di bawah perlindungan Inggris, Tonga tetap negara Pasifik satunya yang tidak pernah menyerah pemerintahan monarki yang - seperti yang dilakukan Tahiti dan Hawaii.

Perjanjian Persahabatan dan status protektorat Tonga berakhir pada tahun 1970 berdasarkan pengaturan yang diadakan oleh Ratu Salote Tupou III sebelum kematiannya pada tahun 1965. Tonga bergabung dengan ""Commonwealth of Nations"" pada tahun 1970 (atypically sebagai monarki asli, yang satu dengan raja lokal sendiri daripada yang dari Inggris - membandingkan Malaysia, Lesotho, Swaziland dan), dan menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa( PBB ) pada bulan September 1999. Sementara terkena tekanan kolonial, Tonga tidak pernah kehilangan pemerintahan adat, sebuah fakta yang membuat unik Tonga di Pasifik dan memberikan Orang Tonga banyak kebanggaan, serta kepercayaan diri dalam sistem monarki mereka. Sebagai bagian dari langkah-langkah pemotongan biaya di Dinas Luar Negeri Inggris, Pemerintah Inggris menutup Komisi Tinggi Inggris di Nukualofa pada Maret 2006, mentransfer representasi dari kepentingan Inggris di Tonga kepada Komisaris Tinggi Inggris di Fiji. Komisaris Tinggi terakhir penduduk Inggris adalah Paul Nessling.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pulau Nuku Vava'u

Tonga adalah negara kepulauan yang beribukota di Nuku'alofa, terletak sekitar Templat:Fmtn timur laut dari Auckland, kota terbesar di Selandia Baru, dan 690 km dari Suva, ibu kota dan kota terbesar di Fiji. Secara administratif, Tonga dibagi ke dalam lima divisi: 'Eua, Ha'apai, Niuas, Tongatapu, dan Vava'u.[8][9]

Luas dari negara ini adalah sekitar 748 km ², yang dimana 30 km² terdiri dari air. Negara ini memiliki 172 pulau, yang dimana hanya 36 pulau yang dihuni secara permanen, yang berarti bahwa hanya di bawah 80% (670 km ²) wilayah Tonga yang dihuni. Tonga terdiri dari tiga kelompok utama pulau: Tonga yang berada di selatan, di mana lebih dari setengah populasi terkonsentrasi di Vava'u di utara dan Ha'apai, di pusat.

Pulau-pulau asal vulkanik adalah pegunungan, sumber koral yang datar. Cuaca yang beriklim hujan, dengan musim panas yang sangat panas. Tanah subur cocok untuk perkebunan pisang, kelapa dan kelapa. Titik tertinggi negara, yang mencapai fmtn {{| 1033 |}}. meter, terletak di pulau Kao.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Tonga terletak di perbatasan Lempeng Tektonik yaitu Pasifik dan Australia. Bagian barat kepulauan ini terdapat palung yang dalam yang terletak pada daerah laut negara, dan merupakan akumulasi wilayah vulkanik pulau dan karang karang. Contoh batuan tertua dari pulau tersebut, ditemukan di pulau Usa. Kemungkinan kepulauan tersebut sudah ada pada era Eosen. Namun, ini tidak menunjukkan bahwa pulau selalu tumbuh di atas permukaan laut. Sebaliknya, pada masa lampau telah lama terendam. Namun, tidak keterangan yang mendasar dalam masa awal adanya kepulauan itu .Menurut Biogeografi Tropical Birds Pasifik, Ada kemungkinan bahwa kepulauan ini sudah ada sejak 5 juta tahun yang lalu, pada era Pliosen. Ada yang beberapa penelitian menganggap beberapa pulau yang muncul pada akhir era Miosen, atau bahkan era Neogen.

Air laut tercampur abu vulkanik dan bahan kimia lainya
Pesisir pantai barat di Tonga
Pulau Ha'apai dikelilingi oleh terumbu karang.

Pulau-pulau vulkanik yang ada di Tonga, seperti Pulau ' Ata, Pulau Ha'apai, dan Pulau Kao. Pulau-pulau tersebut membentuk busur vulkanik yang memanjang dari Selatan (berdasarkan pulau Ata), tenggara, US dan Barat laut. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi banyak proses geologi aktif di dalam busur ini, yang menyebabkan pembentukan beberapa pulau-pulau baru, yang hanya satu tidak tenggelam .

Pulau Vava'u menunjukkan aktivitas vulkanik dan tanah adalah batu kapur. Pulau Ha ', selain dikelilingi oleh terumbu karang. apai menunjukkan aktivitas vulkanik dan relief rendah dan, sebagai pulau Vava'u, menyajikan batu gamping. Sudah pulau Tongatapu dan Usa yang berkapur [10] Pulau Tongatapu ditandai dengan medan yang datar -.. Bukit tertinggi tidak melebihi 30 meter < dasar dari pulau karang ditutupi oleh Abu vulkanik pada kedalaman 3 meter.

Selama seratus tahun terakhir, terdapat lebih dari 35 pulau hasil letusan gunung berapi. Gunung berapi terbesar di Tonga, dengan ketinggian 515 mdpl dan lebar 5 km, terletak di pulau Tofu. Sedangkan, Gunung berapi tertinggi di negara ini, yang puncaknya terletak di ketinggian 1030 mdpl, dan terletak di Pulau Kao.

Pulau-pulau di Tonga memiliki kandungan mineral yang kaya, terutama di Tongatapu dan Vava'u. Di pulau ini terdapat pertambangan besar seperti, seng, tembaga, perak, dan emas, serta perairan teritorial negara.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Iklim Tonga adalah tropis, di bawah pengaruh dari Asia Tenggara. Curah hujan secara luas terkait dengan Zona Konvergensi Pasifik Selatan. Ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan, juga dikenal sebagai musim topan, yang dimulai dari Bulan November sampai April, dan musim kemarau dari Mei hingga Oktober. Bulan-bulan hujan tertinggi pada Bulan Januari, Februari dan Maret, dan bisa turun hingga 250 milimeter hujan di masing-masing.

Suhu rata-rata di negara itu bervariasi antara 23 °C - 26 °C. Pada musim hujan (November sampai April) suhu biasanya berkisar antara 25 °C dan 26 °C, sedangkan di musim kemarau (Mei untuk Oktober) bervariasi antara 21 °C dan 24 °C. Di pulau-pulau utara kepulauan perbedaan suhu biasanya lebih rendah daripada di pulau selatan. Suhu maksimum tercatat di pulau di kepulauan Vava'u pada tanggal 11 Februari 1979, ketika mencapai 35 °C. Minimum ini direkam pada tanggal 8 September 1994, di pulau Fotuha'a, ketika mencapai -8.7 °C. Angin ini bertiup dari timur ke selatan pada Bulan Mei.

Tanah[sunting | sunting sumber]

Laguna di pulau Vava'u

Kondisi tanah di sebagian pulau ditandai dengan kesuburan tinggi, kecuali di daerah yang memiliki gunung berapi muda. Mereka terutama terbentuk dari lapisan abu vulkanik Andesit. Yang bertumpu pada platform batu kapur karang. Tanah ini memiliki sifat fisik yang baik:. mereka rapuh, terstruktur dengan baik, dengan drainase yang baik dan kapasitas menahan air moderat. Jenis tanah bervariasi dari asam menjadi basa, dengan kandungan tinggi kalsium dan magnesium, kapasitas tukar kation dan kejenuhan basa tinggi.

Tanah dari pulau Tongatapu adalah kesuburan tinggi dan oleh karena itu cocok untuk tanaman dan padang rumput di beberapa daerah pesisir sensitif terhadap salinitas tanah. Tanah dari pulau Eua lebih subur, kecuali di bidang Selatan dari pulau, yang memiliki permukaan batu karang. Dalam Ha'apai, ada kelompok pulau terutama asal berkapur. Masalah serius adalah erosi tanah, yang secara signifikan mengurangi kesuburan tanah.

Usa National Park

Hidrografi[sunting | sunting sumber]

lokasi Tonga di dunia.

Kepulauan ini memiliki sejumlah sumber air. Meskipun air masih dipertahankan dalam tanah akibat porositas, penduduk umumnya menggunakan air hujan yang dikumpulkan dalam tangki dengan langit-langit beton atau sumur kecil air, memungkinkan Anda untuk mencapai lensa kecil air sedikit payau. Kebanyakan danau yang aliranberada di pulau vulkanik. Danau terbesar di negara itu terletak di pulau Vava'u. Sumber terbesar air tawar berada di Niuafo'ou, Nomuka dan Niuatoputapu.

Flora dan fauna[sunting | sunting sumber]

Secara keseluruhan, pulau-pulau Tonga ditutupi dengan hutan tropis dataran rendah. Banyak hutan telah dibuka untuk keperluan pertanian pada masa lalu, bagian dari wilayah di Tonga ditutupi oleh vegetasi sekunder yang didominasi oleh hutan dan padang rumput lantanum sorgum dan millet.Di daerah pesisir dan daerah kawah gunung berapi yang didominasi oleh tanaman herba < Di kepulauan ada dua . Taman Nasional (satu di Usa dan dan satu lagi di Vava'u) dan enam cadangan

Ada 770 spesies tumbuhan valsukar yang terdaftar di Tonga, termasuk 70 spesies pakis(tiga di antaranya adalah endemik), tiga jenis [ [gymnosperm | gymnosperma]] dan Podocarpus pallidus. Keragaman spesies bervariasi dari pulau ke pulau - misalnya, di pulau Tongatapu, ada sekitar 340 spesies tanaman, sementara di pulau Vava'u terdapat 107 spesies.

kelelawar

Fauna di Tonga sangat miskin dan banyak yang merupakan spesies pendatang. Di Tonga ada 12 spesiesreptil (endemik) dan 2 spesies kelelawar, satu-satunya mamalia asli ilha. Di wilayah pesisir ditemukan kura-kura, berbagai jenis ikan dan kerang. Masih ada sejumlah besar burung ada 73 jenis burung tercatat, 2 di antaranya adalah endemik: Pachycephala jacquinoti, yang tinggal di pulau Vava'u, dan Megapodius pritchardii, kepulauan Niuafoou. Sejaka adanya manusia di Pulau Tonga seperti, Tongatapu dan Vava'u dari setidaknya 23 burung punah

Cuaca[sunting | sunting sumber]

Tonga terletak di zona iklim tropis layaknya Indonesia, maka Tonga hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan hujan [dengan hujan deras di antara Februari dan April.

Data iklim Nukuʻalofa, Tonga
Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun
Rekor tertinggi °C (°F) 32
(90)
32
(90)
31
(88)
30
(86)
30
(86)
28
(82)
28
(82)
28
(82)
28
(82)
29
(84)
30
(86)
31
(88)
32
(90)
Rata-rata tertinggi °C (°F) 28
(82)
29
(84)
28
(82)
27
(81)
26
(79)
25
(77)
25
(77)
24
(75)
25
(77)
25
(77)
27
(81)
27
(81)
26
(79)
Rata-rata harian °C (°F) 25
(77)
25
(77)
25
(77)
24
(75)
23
(73)
21
(70)
21
(70)
21
(70)
21
(70)
22
(72)
23
(73)
23
(73)
23
(73)
Rata-rata terendah °C (°F) 22
(72)
22
(72)
22
(72)
21
(70)
20
(68)
18
(64)
17
(63)
18
(64)
17
(63)
19
(66)
20
(68)
20
(68)
20
(68)
Rekor terendah °C (°F) 16
(61)
17
(63)
15
(59)
15
(59)
13
(55)
11
(52)
10
(50)
11
(52)
11
(52)
12
(54)
13
(55)
16
(61)
10
(50)
Curah hujan mm (inci) 130
(5.12)
190
(7.48)
210
(8.27)
120
(4.72)
130
(5.12)
100
(3.94)
100
(3.94)
130
(5.12)
110
(4.33)
90
(3.54)
100
(3.94)
120
(4.72)
1.530
(60,24)
Rata-rata hari hujan 11 13 14 12 12 10 10 12 10 10 10 10 134
% kelembapan 77 78 79 76 78 77 75 75 74 74 73 75 75.9
Sumber: Weatherbase[11]

Politik[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Raja Tupou VI

Bentuk Pemerintahan Tonga adalah Kerajaan. Tonga masuk ke dalam negara persemakmuran dengan Inggris. Tonga memiliki Raja yang sekarang 2013 dipimpin oleh Tupou VI yang dipilih tahun 2012.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Ekonomi Tonga ditandai oleh sektor non-moneter yang besar dan ketergantungan berat pada pengiriman uang dari setengah dari penduduk negara itu yang tinggal di luar negeri (terutama di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat).

Keluarga kerajaan dan para bangsawan mendominasi dan sebagian besar memiliki sektor moneter dalam ekonomi - khususnya jasa telekomunikasi dan satelit. Tonga bernama negara terkorupsi keenam di dunia oleh majalah Forbes pada tahun 2008.

Tonga menduduki peringkat tujuan investasi paling aman 165 di dunia pada 2011 peringkat Risiko Negara Maret Euromoney.

Sektor manufaktur terdiri dari kerajinan dan industri skala kecil lainnya yang sangat kecil, yang hanya menyumbang sekitar 3% dari PDB. Kegiatan usaha komersial yang juga mencolok dan untuk sebagian besar, yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan perdagangan yang sama besar ditemukan di seluruh Pasifik Selatan. Pada tanggal September 1974, pertama perdagangan negara itu bank umum, Bank of Tonga, dibuka. Ada undang-undang paten tidak ada di Tonga.

Orang Tonga di pedesaan bergantung pada perkebunan dan pertanian subsisten. Kelapa, kacang vanili, pisang biji kopi, dan umbi-umbian seperti ubi, talas dan ubi kayu, adalah tanaman utama. Pengolahan kelapa menjadi kopra dan kering (kering) kelapa dulunya satunya industri yang signifikan, tetapi harga memburuk di pasar dunia telah membawa industri ini begitu bersemangat, seperti di tempat di seluruh negara pulau di Pasifik selatan, untuk berhenti lengkap. Selain itu, sistem kepemilikan tanah feodal berarti bahwa para petani tidak memiliki insentif untuk berinvestasi dalam jangka panjang penanaman tanaman keras di lahan mereka tidak sendiri. Babi dan unggas adalah jenis utama ternak. Kuda disimpan untuk tujuan rancangan, terutama oleh petani bekerja mereka 'api' uta (sebidang semak). Lebih banyak ternak yang dibesarkan, dan impor daging sapi menurun. Ekspor ke Jepang pernah membawa bantuan ke ekonomi berjuang, namunpetani baru-baru lokal semakin waspada terhadap pasar akibat fluktuasi harga, belum lagi risiko keuangan besar yang terlibat.

koin Tonga

Pengembangan Tonga berencana menekankan sektor swasta tumbuh, meningkatkan produktivitas pertanian, revitalisasi vanili dan kacang industri, pengembangan pariwisata, dan meningkatkan komunikasi pulau dan sistem transportasi.

Kemajuan substansial telah dibuat, namun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Sebuah sektor konstruksi kecil tetapi tumbuh berkembang dalam menanggapi masuknya uang bantuan dan pengiriman uang dari luar negeri Tonga. Dalam pengakuan seperti kontribusi penting pemerintah Tonga hadir telah menciptakan sebuah departemen baru dalam Kantor Perdana Menteri dengan tujuan tunggal catering untuk kebutuhan Orang Tonga yang tinggal di luar negeri. Selanjutnya, pada tahun 2007 Parlemen Tonga diubah undang-undang kewarganegaraan untuk memungkinkan orang Tonga untuk memegang kewarganegaraan ganda.

Pada tahun 2005, negara ini menjadi layak untuk menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia. Setelah penundaan sukarela awal, Tonga menjadi anggota penuh dari WTO pada tanggal 27 Juli 2007.

The Chamber Tonga Dagang dan Industri (TCCI), didirikan pada tahun 1996, berupaya untuk mewakili kepentingan anggotanya, usaha sektor swasta, dan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kerajaan.

Tonga adalah rumah bagi beberapa 106.000 orang, tetapi lebih dari dua kali lipat jumlah yang tinggal di luar negeri, terutama di Amerika Serikat, Selandia Baru dan Australia. Kiriman uang dari penduduk luar negeri telah menurun sejak terjadinya krisis 2008 ekonomi global. Industri pariwisata membaik, tetapi tetap sederhana di bawah 90.000 wisatawan per yea

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Industri pariwisata relatif belum berkembang, namun, pemerintah mengakui bahwa pariwisata dapat memainkan peran utama dalam pembangunan ekonomi, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan sumber pendapatan. Kapal pesiar sering berhenti di Vavau, tempat yang memiliki reputasi untuk menonton ikan paus nya, memancing, berselancar, pantai dan semakin menjadi pemain utama di pasar Pasifik Selatan pariwisata.

Ongkos kirim Tonga prangko, yang menampilkan desain warna-warni dan sering tidak biasa (termasuk berbentuk hati dan pisang berbentuk perangko) yang populer dengan filatelis di seluruh dunia.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Agama[sunting | sunting sumber]

Gereja Metodis.

Kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh tradisi Polinesia dan terutama oleh iman Kristen, misalnya, semua kegiatan perdagangan dan hiburan berhenti dari tengah malam hingga tengah malam pada hari Sabtu, Minggu, dan konstitusi menyatakan Sabat suci selamanya. Seperti tahun 2006 agak lebih dari sepertiga Orang Tonga berpegang pada tradisi Methodist lihat persentase pemeluk Katolik Roma dan Mormon setara sepertiga lainnya dari para penganut. Sebuah minoritas jamaah membentuk Gereja Bebas Tonga. Data resmi dari sensus terakhir pemerintah tahun 2006 menunjukkan bahwa sekitar 98% dari populasi yang berafiliasi dengan gereja Kristen atau sekte, dengan empat afiliasi gereja utama di kerajaan sebagai berikut:

No Agama Persentase
1 Gereja Metodis (38.052 atau 38%)
2 Gereja Mormon (17.109 atau 17%)
3 Katolik Roma (15.992 atau 16%)
4 Gereja Tonga (11,863 atau 12%)

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Tonga mengikuti sebuah rangkaian tidak terinterupsi dari penguasa turun temurun dari satu keluarga. Pada tahun 1918 epidemi influenza yang menyebar melalui dunia menyebabkan kematian 1.800 orang di Tonga, sekitar 8% dari populasi.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tonga's population drops to 100,209". Matangi Tonga. 24 December 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2021. Diakses tanggal 24 December 2021. 
  2. ^ a b "Report for Selected Countries and Subjects". www.imf.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 June 2020. Diakses tanggal 8 April 2020. 
  3. ^ "Gini Index coefficient". CIA World Factbook. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 July 2021. Diakses tanggal 16 July 2021. 
  4. ^ "Human Development Report 2021/2022" (PDF) (dalam bahasa Inggris). United Nations Development Programme. 8 September 2022. Diakses tanggal 8 September 2022. 
  5. ^ "Official Tongan Government Tourism Website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-07. Diakses tanggal 2006-01-16. 
  6. ^ Mariner, William and Martin, John (1817). ''An account of the natives of the Tonga islands in the south Pacific ocean: With an original grammar and vocabulary of their language. Compiled and arranged from the extensive communications of Mr. William Mariner, several years' resident in those islands'', Volume 2, pp. 64–65. Retrieved 3 November 2010.
  7. ^ [1][pranala nonaktif permanen]. The Commonwealth.
  8. ^ Population Census 2006: Population size, Trend, Distribution and Structure Diarsipkan 2011-07-23 di Wayback Machine., Tonga Department of Statistics
  9. ^ Divisions of Tonga Diarsipkan 2011-08-12 di Wayback Machine., Statoids.com
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ReferenceA
  11. ^ "Weatherbase: Historical Weather for Nukuʻalofa,Tonga". weatherbase.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-17. Diakses tanggal 2013-12-22. 

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan
Media berita (hanya daring)