Kepulauan Pitcairn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kelompok Kepulauan Pitcairn
Pitcairn Group of Islands (Inggris)
Pitkern Ailen (Pitkern)
Motto
Lagu kebangsaanGod Save the Queen
Lagu nasional: Come ye Blessed
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Adamstown
25°04′LU 130°06′BT / 25,067°LS 130,1°BB / -25.067; -130.100
Bahasa resmi Inggris dan Pitkern
Pemerintahan Dependensi parlementer
 -  Ratu Ratu Elizabeth II
 -  Gubernur / Komisaris Besar Jonathan Sinclair
 -  Walikota Shawn Christian
Legislatif Island Council
Pendirian
 -  Kedatangan pemberontak kapal HMS Bounty 15 Januari 1790 
 -  Pembaruan kontak dengan dunia luar 1814 
 -  Dijadikan sebagai koloni Britania Raya 1887 
Luas
 -  Total 47 km2 (234)
 -  Perairan (%) 0
Penduduk
 -  Perkiraan 2013 56[1] (255)
 -  Kepadatan 1,19/km2 (241)
PDB (KKB) Perkiraan (n/a)
 -  Total
 -  Per kapita
PDB (nominal) Perkiraan (n/a)
 -  Total
 -  Per kapita
Gini n/a
IPM  n/a 
Mata uang Dolar Selandia Baru (NZ$) (NZD)
Zona waktu Waktu Standar Pitcairn (PST) (UTC-8)
Lajur kemudi kiri
Kode ISO 3166 PN
Ranah Internet .pn
Kode telepon +64 xx

Kepulauan Pitcairn merupakan kumpulan dari lima pulau, di mana hanya Pulau Pitcairn yang dihuni, yang terletak di selatan Samudra Pasifik, satu-satunya koloni Inggris di Pasifik. Kepulauan ini terkenal terutama karena penghuni aslinya ialah para pembajak kapal HMAV Bounty, serta warga Tahiti yang turut dibawa para pembajak, seperti yang diceritakan di novel Mutiny on the Bounty, yang menjadi tema beberapa film. Sejarah ini terlihat jelas melalui kebanyakan nama marga. Kepulauan ini juga merupakan negara (walaupun belum merdeka) dengan jumlah penduduk yang paling sedikit di dunia dengan sekitar 47 penghuni (9 keluarga).

Sejarah dan peristiwa terkini[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Sejarah Kepulauan Pitcairn

Walaupun para arkeologis berpendapat bahwa warga Polinesia telah bermukim di Pitcairn sejak abad ke-15, pulau itu tidak berpenghuni ketika ditemukan oleh penjelajah Spanyol Pedro Fernandez de Quiros. Kemudian Inggris menemukannya pada tahun 1767, dan menamakannya menurut nama awak kapal yang pertama kali melihatnya.

Pada 1790, para pembajak Bounty bersama rekan-rekan asal Tahiti bermukim di Pitcairn dan membakar kapal Bounty. Beberapa pembajak dan orang Tahiti kemudian saling bunuh. Pulau ini menjadi koloni Inggris tahun 1838. Hingga pertengahan 1850-an penduduk Pitcairn semakin bertambah banyak dan mereka memohon bantuan dari Ratu Victoria. Ratu Victoria menawarkan kepada mereka Pulau Norfolk dan pada 3 Mei 1856, seluruh penduduk yang berjumlah 193 orang berlayar menuju Pulau Norfolk dengan menggunakan kapal Morayshire. Mereka tiba pada 8 Juni setelah perjalanan yang melelahkan selama 5 minggu. Namun, 18 bulan kemudian, 17 orang kembali ke Pitcairn dan 5 tahun kemudian 27 lainnya kembali.

Sejak jumlah populasi tertinggi yang mencapai 233 pada 1937, banyak di antara mereka yang beremigrasi, terutama menuju Selandia Baru, sehingga populasi sekarang ini sekitar 50 jiwa.

Sisa peninggalan kapal Bounty masih kelihatan dari bawah laut di Bounty Bay.

Ada dugaan mengenai sejarah panjang dan tradisi penyiksaan seksual perempuan usia 10 hinga 11 tahun, yang mencapai puncaknya tahun 2004 tatkala tujuh pria yang tinggal di Pitcairn dan enam lainnya yang tinggal di luar negeri dituntut dengan tuduhan pelanggaran seksual termasuk perkosaan. Pada 25 Oktober 2004, enam orang dihukum termasuk Walikota Pitcairn pada saat itu, Steve Christian.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas Brinkhoff (1 Februari 2013). "Pitcairn Islands". citypopulation.de. Thomas Brinkhoff. Diakses tanggal 8 November 2013.