Kiribati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Republik Kiribati

Ribaberiki Kiribati (Gilbert)
Republic of Kiribati (Inggris)
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanTe Mauri, Te Raoi ao Te Tabomoa
(Gilbert: "Kesehatan, Kedamaian, dan Kemakmuran")
Lokasi Kiribati
Lokasi Kiribati
Ibu kota
Tarawa
Bahasa resmiGilbert dan Inggris
PemerintahanRepublik sistem campuran1
• Presiden
Taneti Mamau
LegislatifManeaba ni Maungatabu
Kemerdekaan
• Dari Britania Raya
12 Juli 1979
 - Perairan (%)
dapat dihiraukan
Population
 - Perkiraan 2013
106.461 (200)
PDB (KKB)2014
 - Total
$188 juta (186)
$1.713 (170)
PDB (nominal)2014
 - Total
$181 juta (187)
$1.647 (142)
IPM (2013)Steady 0.607[1]
sedang · 133
Mata uangDolar Australia (A$)
Dolar Kiribati
(AUD)
Zona waktuberagam
(UTC+12 sampai +14)
Lajur kemudikiri
Kode telepon+686
Kode ISO 3166KI
Ranah Internet.ki
  1. Gabungan dari konsep sistem presidensial dan sistem parlementer. Presiden dipilih oleh parlemen dan memegang kursi parlemen, seperti halnya perdana menteri; namun presiden kebal dari mosi tidak percaya, tidak seperti perdana menteri.

Republik Kiribati (bahasa Inggris: Republic of Kiribati), diucapkan /kiribas/, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Ketigapuluh tiga atol negara ini tersebar sepanjang 3.500.000 km² di dekat khatulistiwa. Namanya adalah transliterasi "Gilberts", nama bahasa Inggris untuk kelompok kepulauan terbesar, Kepulauan Gilbert dalam bahasa Kiribati.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kiribati dihuni sebuah kelompok etnis Mikronesia yang bertuturkan suatu jenis bahasa Oseanik yang sama selama 2.000 tahun sebelum mengadakan hubungan dengan orang-orang Eropa. Pulau-pulau tersebut dinamakan Kepulauan Gilbert pada tahun 1820 oleh seorang admiral Estonia, Adam von Krusenstern, dan kapten berkebangsaan Prancis, Louis Duperrey; berasal dari nama Thomas Gilbert, yang menyeberangi kepulauan ini pada tahun 1788. Pada tahun 1892, Kepulauan Gilbert menjadi sebuah protektorat Britania Raya bersama dengan Kepulauan Ellice yang berdekatan. Keduanya kemudian menjadi koloni pada tahun 1916 dan akhirnya menjadi daerah otonomi pada tahun 1971. Pada tahun 1943, Pertempuran Tarawa berlangsung di ibu kota Kiribati di pulau Tarawa.

Pada tahun 1978, Kepulauan Ellice menjadi negara merdeka bernama Tuvalu, dan Kiribati pun ikut merdeka pada 12 Juli 1979. Setelah kemerdekaan Kiribati, Amerika Serikat menarik segala klaim terhadap Pulau Phoenix dan semua pulau-pulau di Kepulauan Line (kecuali tiga pulau) yang kemudian menjadi wilayah Kiribati.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta Kiribati

Kiribati terdiri dari 32 atol dan satu pulau (Banaba), dengan setidaknya tiga di setiap belahan dunia. Kepulauan-kepulauannya adalah:

  • Banaba: sebuah pulau terisolasi yang terletak di antara Nauru dan Kepulauan Gilbert
  • Kepulauan Gilbert: 16 atol yang terletak sekitar 1500 km sebelah utara Fiji
  • Kepulauan Phoenix: 8 atol dan kepulauan karang yang terletak sekitar 1800 km sebelah tenggara Kepulauan Gilbert
  • Kepulauan Line: 8 atol dan satu karang, terletak sekitar 3300 km sebelah timur Kepulauan Gilbert

Tiga pulau lainnya di kepulauan Line adalah milik Amerika Serikat.

Banaba adalah sebuah pulau karang yang telah ditinggikan yang pernah kaya akan fosfat, tetapi semuanya telah habis ditambangkan sebelum kemerdekaan. Sisa tanah di Kiribati terdiri dari pasir dan kepulauan-kepulauan batu karang yang kecil yang terdiri dari atol atau pulau-pulau karang yang tingginya hanya beberapa meter di atas permukaan laut. Tanahnya tipis dan berkapur, sehingga sulit untuk bercocok tanam.

Kiritimati (Pulau Christmas, tetapi bukan Pulau Christmas yang merupakan milik Australia) di Kepulauan Line adalah atol terbesar di dunia.

Politik[sunting | sunting sumber]

Parlemen Kiribati, yang disebut Maneaba ni Maungatabu dilantik setiap empat tahun sekali, dan terdiri dari 42 wakil. Maneaba juga merupakan nama yang diberikan kepada tempat-tempat pertemuan yang terdapat di setiap komunitas setempat.

Sang presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, dan dipanggil te Beretitenti.

Setiap pulau dari 21 pulau yang dihuni mempunyai sebuah dewan setempat yang mengurus masalah-masalah sehari-hari (3 dewan di Tarawa: Betio, Tarawa Selatan, Tarawa Utara).

Saat ini tidak ada lagi pembagian menurut distrik, melainkan sebuah kelompok yang menyatukan Kepulauan Line dan Phoenix. Setiap pulau yang dihuni mempunyai Dewan Kepulauan sendiri (3 di pulau Tarawa; 2 di Tabiteuea). Sebelum merdeka, Kiribati dibagi menjadi enam distrik:

Empat dari distrik-distrik tersebut (termasuk Tarawa) berada di Kepulauan Gilbert, di mana kebanyakan populasi Kiribati tinggal. Hanya tiga pulau di Kepulauan Line yang dihuni, sementara Kepulauan Phoenix tidak berpenghuni kecuali pulau Kanton dan Orona (80 orang) dan tidak mempunyai perwakilan. Banaba sendiri kini hanya mempunyai sedikit penduduk.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Beberapa dari pulau-pulau di Kiribati

Kiribati hanya mempunyai sedikit sumber daya alam. Cadangan fosfat yang bernilai komersial telah habis saat Kiribati merdeka. Kopra dan ikan kini merupakan hasil produksi dan ekspor yang dominan.

Ekonomi Kiribati telah naik-turun dengan besar dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ekonomi dihalangi kurangnya pekerja berkeahlian tinggi, infrastruktur yang lemah, dan letaknya yang jauh dari pasar dunia.

Pariwisata menyumbangkan lebih dari seperlima produk domestik bruto Kiribati. Dana bantuan keuangan internasional, kebanyakan dari Britania Raya dan Jepang, merupakan tambahan yang penting bagi PDB-nya, setara dengan 25%-50% PDB dalam beberapa tahun terakhir.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kiribati dipanggil I-Kiribati dalam bahasa Gilbert. Meskipun bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan dalam konstitusi dan bidang hukum, bahasa Gilbert, bahasa asli penduduk bangsa Mikronesianya digunakan secara luas.

Perlu diperhatikan bahwa tidak ada huruf 's' dalam bahasa Gilbert; 's' digantikan 'ti'. Oleh sebab itulah Pulau Kiritimati dikenal sebagai Christmas dalam bahasa Inggris. Agama terbesar adalah agama Kristen, meski telah dicampur dengan berbagai adat-istiadat dari kepercayaan setempat. Ada pula yang menganut kepercayaan Bahá'í.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Kebudayaan Kiribati menaruh banyak perhatian kepada lagu-lagu (te anene) dan yang paling utama, tarian (te mwaie).

Trivia[sunting | sunting sumber]

Zona waktu[sunting | sunting sumber]

Kiribati merupakan satu satunya negara yang dilalui Garis Tanggal Internasional dan khatulistiwa sehingga negara ini berada di empat belahan bumi.

Sebelum tahun 1995 Garis Tanggal Internasional digambarkan tegak lurus membelah negara tersebut akan tetapi penduduk setempat menjadi bingung terhadap pembagian waktu terutama jadwal pelayaran dan penerbangan. Kepulauan Gilbert terletak di sebelah barat garis sedangkan Kepulauan Phoenix dan Line Islands terletak di sebelah timur garis yang menjadikan 2/3 dari wilayah negara ini berada pada hari sebelumnya.

Karena penduduk Kiribati kebingungan akhirnya pada tahun 1995 garis tanggal yang melewati diperlebar hingga batas negara sebelah timur sehingga ada tambahan waktu 2 jam yaitu UTC +13 di Kepulauan Phoenix dan UTC +14 di Line Islands yang mencaplok Waktu Hawaii (UTC -10) dan Waktu Kepulauan Midway (UTC -11). Itu berarti setiap 2 jam ada 3 hari yang terjadi secara bersamaan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2014 Human Development Report Summary" (PDF). United Nations Development Programme. 2014. hlm. 21–25. Diakses tanggal 27 Juli 2014.