Bantuan:Pengawasan otoritas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Anda mungkin sampai di sini karena Anda mengeklik "Pengawasan otoritas" di bagian paling bawah artikel yang sedang Anda baca. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat halaman ini.

Pengawasan otoritas adalah tata cara yang mengatur katalog perpustakaan dan informasi bibliografi dengan menggunakan nama tunggal (identifier) yang berbeda untuk setiap topik. Sistem ini diterapkan secara konsisten di seluruh katalog, dan bekerja dengan data pengorganisasian lain seperti keterkaitan dengan subjek lain atau melalui rujuk silang. Gunanya untuk membedakan pengertian subjek yang satu dengan yang lain dengan judul yang sama. Ketika digunakan, pranala luar ke halaman pengawasan otoritas terdapat di atas "Kategori", atau paling bawah artikel, dan menghubungkannya ke halaman katalog perpustakaan terkait yang memiliki pengawasan otoritas tersebut.

Mayoritas artikel biografi di Wikipedia memiliki pengawasan otoritas, karena digunakan untuk membedakan tokoh-tokoh dengan nama yang sama, namun kini semua topik artikel dapat memiliki pengawasan otoritas.

Pengawasan otoritas dapat memungkinkan Anda untuk mencari informasi terperinci mengenai subjek dengan lebih mudah, tanpa perlu membeda-bedakan subjek satu sama lain, apalagi membuat halaman disambiguasinya. Misalnya, pengawasan otoritas ditempatkan pada artikel bertopik musik sehingga dapat dengan mudah dirujuk silang dengan basis data MusicBrainz. Ini juga memungkinkan sejumlah aplikasi media untuk menampilkan informasi mengenai lagu tersebut dari artikel Wikipedia yang relevan ketika sebuah lagu dimainkan.

Templat[sunting | sunting sumber]

Umumnya, pengawasan otoritas adalah metode membuat dan mengelola indeks pustaka dalam sebuah katalog perpustakaan. Pranala ke halaman pengawasan otoritas menggunakan sebuah templat seperti di bawah ini. Templat ini dinamai {{Normdaten}} (bahasa Jerman: 'pengawasan otoritas') atau bahasa Inggrisnya authority control. Pada artikel Alexander Graham Bell, pengawasan otoritasnya ditunjukkan pada templat di bawah.

Berkas katalog yang didukung[sunting | sunting sumber]

Beberapa katalog perpustakaan yang bisa Anda gunakan untuk pengawasan otoritas antara lain sebagai berikut, yang didukung di Wikipedia bahasa Indonesia.

  1. Integrated Authority File (Gemeinsame Normdatei atau GND)
  2. Library of Congress Control Number (LCCN)
  3. Virtual International Authority File (VIAF)
  4. International Standard Name Identifier (ISNI)
  5. ORCID (Open Researcher and Contributor ID)