Wikipedia:Kutip sumber tulisan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Artikel ini adalah panduan gaya penulisan, mendeskripsikan cara untuk menulis sumber kutipan dalam artikel. Memberikan sumber referensi suntingan adalah suatu persyaratan berdasarkan kebijakan Wikipedia. Hal ini berarti, semua tulisan yang diperdebatkan dan tidak mengandung sumber referensi yang kuat, boleh dihapus oleh siapa saja.

Artikel-artikel di Wikipedia seharusnya disertai rujukan/referensi yang dapat dipercaya. Bahan-bahan dalam artikel tidak boleh berisi tulisan yang belum pernah diterbitkan sebelumnya oleh sumber yang terpercaya. Ini termasuk teori, data, pernyataan, konsep, argumentasi, dan segala macam hal yang merupakan interpretasi sendiri dan belum diterima kalangan ahli dalam bidang tersebut.

Mengapa sumber diperlukan

  • Agar pengguna dapat mendapatkan informasi tambahan yang terpercaya mengenai topik tersebut
  • Memastikan isi artikel terpercaya dan dapat diperiksa pengguna/penyunting mana pun
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya pertentangan antarpenyunting
  • Menghindari klaim plagiarisme
  • Memperlihatkan bahwa suntingan pengguna bukan riset asli
  • Membantu pengguna untuk menemukan mendapatkan sumber tambahan tentang topik yang dibahas
Catatan: Artikel Wikipedia tidak dapat digunakan sebagai sumber untuk artikel Wikipedia lainnya

Lihat pula

Metode mencantumkan sumber

Ada beberapa metode mencantumkan sumber informasi di Wikipedia. Yang paling umum adalah dengan referensi lengkap, atau dengan referensi pendek beserta daftar pustaka.

Dalam referensi lengkap, catatan kaki berisi identifikasi lengkap mengenai sumber yang dikutip. Misal, Deliar Noer (1990). Mohammad Hatta: Biografi Politik. LP3ES. hlm. 100. ISBN 978-979-8015-57-1.  Dengan catatan kaki ini, kita dapat mengidentifikasi dengan persis buku apa yang dijadikan catatan dan di halaman mana pada buku itu. Dalam praktiknya, catatan kaki seperti ini bisa dibuat dengan bantuan templat seperti {{cite book}} atau {{cite news}}, untuk memudahkan dan mengkonsistenkan pemformatan.

Dalam referensi pendek beserta daftar pustaka, tiap catatan kaki hanya mengandung deskripsi pendek seperti Deliar Noer 1990, hlm. 5, atau Ricklefs 1991, hlm. 63–64. Untuk mengidentifikasi buku atau sumber apa yang dimaksud dengan "Ricklefs 1991", terdapat bagian "Daftar pustaka" yang mengidentifikasi dengan persis semua sumber yang disebutkan di referensi pendek. Pada praktiknya, referensi pendek sering ditulis dengan templat {{sfn}}, dan daftar pustaka ditulis mirip dengan referensi lengkap, plus parameter |ref=harv pada templat seperti {{cite book}} atau {{cite news}}.

Kapan harus memakai referensi lengkap dan kapan harus memakai referensi pendek? Wikipedia tidak memiliki aturan ketat, tapi masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa dijadikan pertimbangan. Referensi lengkap lebih sederhana karena cukup ditulis satu kali dan pembaca juga bisa langsung melihatnya di catatan kaki. Sedangkan dengan referensi pendek, ada dua hal yang harus ditambahkan, yaitu catatan kaki dan daftar pustaka. Kelebihan referensi pendek sering terlihat pada artikel-artikel panjang. Kadang suatu buku atau sumber dikutip berulang-ulang dengan halaman yang berbeda. Misal pada bagian A, digunakan sumber Deliar Noer 1990, hlm. 5, lalu di bagian berikutnya dikutip halaman 10 dari buku yang sama, dan seterusnya. Dengan referensi pendek, informasi lengkap buku ini hanya perlu ditulis satu kali di daftar pustaka, dan di catatan-catatan kaki cukup menggunakan deskripsi pendek yang amat mudah dilakukan dengan templat seperti {{sfn}}.

Gunakanlah metode yang dirasa cocok dengan artikel yang sedang Anda tulis. Selain itu, sebaiknya satu artikel konsisten dalam menggunakan metode. Misalnya, hindari mencampurkan referensi lengkap ke suatu artikel yang sudah menggunakan puluhan catatan kaki yang konsisten dengan metode referensi pendek.

Informasi yang perlu dicantumkan dalam referensi

Tujuan utama penulisan referensi adalah agar pembaca bisa mengidentifikasi sumber yang dimaksud. Informasi yang perlu dicantumkan berbeda-beda tergantung apakah sumber itu sebuah buku, situs web, jurnal, artikel koran, dan semacamnya. Perhatikan contoh berikut ini

Contoh

Buku

Referensi buku biasanya ditulis dengan {{cite book}} dan yang perlu ditulis biasanya:

Informasi Contoh Keterangan
Nama penulis Deliar Noer atau Noer, Deliar
Judul buku Mohammad Hatta: Biografi Politik ditulis miring
Nomor volume, Volume 2 Hanya perlu jika buku tersebut terdiri dari beberapa volume
Nama penerbit LP3ES
Kota penerbit Jakarta tidak wajib
Tahun 1990 Gunakan tahun edisi yang Anda gunakan.
Tahun asli 1972 Tidak wajib. Hanya berlaku untuk karya yang diterbitkan ulang.
Nomor halaman 3 atau 10–11 Jika perlu. Tidak diperlukan dalam daftar pustaka jika referensi pendek mencantumkan nomor halaman.
Edisi edisi ke-2 Jika perlu untuk membedakan dengan edisi sebelumnya.
ISBN ISBN 978-979-8015-57-1 Jika ada. Banyak buku lama (sebelum 1970) tidak memiliki ISBN.

Jika perlu, dapat juga ditambahkan informasi-informasi lain untuk membantu pembaca. Untuk lengkapnya silakan mengacu pada dokumentasi {{cite book}}

Referensi pendek

Dalam referensi pendek, yang diperlukan hanyalah deskripsi pendek untuk mengidentifikasi item daftar pustaka, serta lokasi persis (misal, nomor halaman) dalam item tersebut. Misalnya dengan {{Ricklefs 1991, hlm. 10}} pembaca dapat mencari item dengan penulis "Ricklefs", dan tahun 1991 di daftar pustaka dan menemukan buku apa yang dimaksud. Jika ia memiliki buku tersebut, ia dapat membuka halaman 10 untuk menemukan sumber dari pernyataan yang disebutkan di artikel Wikipedia. Jika Anda menggunakan {{sfn}} dalam referensi pendek dan |ref=harv dalam daftar pustaka, catatan pendek akan memiliki pranala otomatis yang mengacu pada item daftar pustaka yang dimaksud. Lihat Bantuan:Referensi pendek untuk lebih lengkapnya.

Gaya referensi

Ada beragam gaya dalam menuliskan referensi yang digunakan di Wikipedia, misalnya MLA, APA, Chicago, dan sebagainya. Gaya-gaya ini diterima luas oleh komunitas akademis atau jurnalisme. Alih-alih memaksakan salah satu gaya, Wikipedia menerima beragam gaya yang sudah digunakan dengan luas, asalkan satu artikel konsisten menggunakan gaya yang sama.

Contoh variasi antara berbagai gaya ini diantaranya:

  • Apakah nama ditulis terbalik Noer, Deliar atau dengan biasa Deliar Noer.
  • Apakah nama depan ditulis lengkap atau hanya singkatan (misal M. C. Ricklefs).
  • Apakah tanggal penerbitan ditulis lengkap 1 Januari 1990 atau hanya tahun 1990.
  • Apakah referensi pendek ditulis dengan penulis plus tahun Ricklefs 2005, hlm. 10 atau penulis plus judul Ricklefs, Sejarah Indonesia Modern, hlm. 10
  • dan lain sebagainya

Hindari

Jika sebuah artikel sudah konsisten, hindari:

  • Mencampurkan gaya referensi yang satu dengan yang lain
  • Memaksakan pemakaian gaya tertentu sebagai ganti gaya lain yang juga digunakan luas

Dianggap baik

Praktik yang dianggap baik di antaranya:

  • Mengkonsistenkan artikel yang memiliki gaya bercampur-campur
  • Menambahkan informasi yang berguna untuk mengidentifikasi sumber. Misal: mengubah URL mentah menjadi referensi lengkap, menambahkan ISBN atau DOI, dan sebagainya.
  • Menambahkan referensi yang lebih spesifik, sehingga pernyataan pada artikel tersebut jadi lebih mudah diverifikasi. Misalnya menambahkan referensi catatan kaki pada kalimat-kalimat di artikel yang hanya memiliki daftar pustaka umum di akhir.