Bantuan:Pelepasan templat pemeliharaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Wikipedia help.png
Selamat datang! Halaman ini memberikan bantuan mengenai hal yang sering ditanyakan di Wikipedia. Untuk memulai, silakan mengeklik pranala yang Anda butuhkan di bawah ini, atau gunakan fitur pencari yang tersedia di sebelah kanan.
BantuanProyekWiki Bantuan:



Ada banyak halaman maupun artikel dalam Wikipedia Bahasa Indonesia yang menampilkan Templat pemeliharaan yang mengidentifikasi masalah tertentu dalam halaman maupun artikel. Dan Anda mungkin sampai kepada halaman bantuan ini setelah klik pranala/tautan pada templat pemeliharaan dengan pesan yang sejenis dengan : "Pelajari bagaimana dan kapan untuk menghapus pesan templat ini".

Templat pemeliharaan tersebut adalah ditambahkan atau dilepaskan oleh para kontributor. Beberapa dari templat-templat pemeliharaan yang disematkan pada suatu halaman ataupun artikel, akan mengarahkannya kepada berbagai kategori pelacakan ataupun kategori yang digunakan untuk pemeliharaan artikel Wikipedia Bahasa Indonesia. Anda dapat menemukannya seperti pada Kategori:Pemeliharaan Wikipedia, dan mungkin juga Anda dapat berkontribusi melakukan pemeliharaan artikel-artikel tersebut sehingga menjadi artikel-artikel yang lebih baik menurut dibawah kebijakan dan pedoman Wikipedia. Halaman bantuan ini berisi informasi yang menjelaskan proses untuk memeriksa dan menghapus templat tersebut.

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Templat pemeliharaan (atau "tag pemeliharaan") tidak akan terlepas/terhapus secara otomatis dari halaman ataupun artikel. Bahkan setelah Anda menyelesaikan hal yang perlu diperbaiki dari artikel atau halaman WBI ataupun mengembangkannya seperti yang terdapat dalam pesan pada templat pemeliharaan, tag akan tetap ada di artikel sampai Anda atau orang lain menghapusnya/melepaskannya secara manual. Mekanisme pelepasan/penghapusan biasanya sesederhana klik "sunting sumber" di bagian atas halaman atau pada bagian tertentu yang menampilkan templat pemeliharaan (jika Anda belum dalam mode sunting sumber), kemudian anda dapat membuang/melepaskan/menghapus kode templat yang menghasilkan tampilan templat pemeliharaan, dan lalu berikan keterangan/ringkasan suntingan, dan simpan halaman.

Tidak dianjurkan melakukan penghapusan/pelepasan/pembuangan templat pemeliharaan dari sebuah artikel yang menampilkannya, sehingga masalah yang terindikasi oleh templat itu telah diperbaiki terlebih dulu — yakni, sekalipun tag pemeliharaan tersebut sepertinya sudah tidak lagi berlaku lagi, kecuali apabila pesan yang ditampilkan tidak sesuai dengan tujuannya.

Wikipedia bekerja oleh upaya para kontributor seperti Anda, Jangan ragu menyunting artikel untuk membantu membangun ensiklopedia ini. Memperbaiki indikasi masalah dalam artikel dan kemudian menghapus templat pemeliharaan yang tertampilkan saat Anda selesai menyuntingnya adalah bagian penting dalam hal itu.

Perbaikan masalah dan galat dalam artikel[sunting | sunting sumber]

Ada banyak templat pemeliharaan dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, dan dari semua itu, mungkin salah satunya telah mengarahkan Anda kepada halaman ini, sekalipun tidak dapat diketahui secara pasti templat mana yang membawa Anda ke halaman bantuan ini. Namun demikian, sekalipun tidak diketahui masalah mana yang membawa anda ke halaman ini, anda dapat menemukan beberapa informasi umum terkait templat pemeliharaan dalam halaman ini.

Sewajarnya, setiap templat pemeliharaan akan berisi pranala/tautan yang mengarahkan pembaca ataupun yang melakukan klik pada pranala kepada halaman bantuan wikipedia, kebijakan, pedoman, atau halaman lainnya yang berhubungan untuk memberikan informasi tentang pesan masalah dalam templat disematkan sebagai tanda. Anda juga akan menemukan panduan tentang beberapa hal terkait templat pemeliharaan yang lebih umum di bawah ini.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Jika masalah yang ditandai oleh templat pemeliharaan adalah artikel tidak berisi referensi, salah satu templat sitasi yang dapat digunakan adalah {{Tanpa referensi}} – biasanya ditempatkan di samping kode yang akan Anda lihat ketika penyuntingan wikitext (sunting sumber): {{Tanpa referensi|date=September 2018}}.

Adalah suatu keharusan untuk mencoba memahami apa yang anda lihat pada saat membaca sebuah artikel, dan pula pada saat anda mulai menyunting sebuah artikel, sebab akan dua hal yang berbeda dengan satu tujuan akan terlihat dalam urusan templat pemeliharaan ini. Dengan demikian, kode yang ada diatas hanya akan terlihat pada saat sunting sumber, sedangkan tampilan hasilnya akan ditrakslusikan sebagaimana templat dibawah ini:

Contoh:

Templat ini mengandung beberapa buah Pranala, terindikasi dengan kata dan kalimat berwarna biru. Tiga pranala ini adalah halaman yang ketika ditelusuri, akan menyajikan konteks dan sumber bacaan bagi Anda untuk memahami mengapa templat pemeliharaan disematkan pada suatu halaman, serta petunjuk untuk mengatasi masalah artikel tanpa referensi:

Apapun jenis tag pemeliharaan yang telah mengarahkan Anda kepada halaman bantuan ini, seharusnya juga mengandung tautan penjelasan yang relevan yang mengarahkan kepada penjelasan untuk penyelesaian masalahnya . Bacalah halaman penjelasan dan kontekstual ini untuk mempelajari tentang beberapa masalah pada artikel dan hal apa yang perlu Anda lakukan untuk merawatnya. Sekali lagi, beberapa templat pemeliharaan yang umum ditampilkan dan sedikit dibahas pada bagian halaman bantuan ini.

Kapan harus melepaskannya ?[sunting | sunting sumber]

Template pemeliharaan tidak dimaksudkan untuk berada dalam artikel secara permanen. Setiap pengguna tanpa konflik kepentingan dapat menghapus templat pemeliharaan dalam keadaan berikut:

  • Ketika masalah dalam artikel telah selesai dan ditangani dengan baik;
  • Setelah menganggap/menentukan bahwa masalah telah terselesaikan (mungkin oleh pengguna lain);
  • Apabila templat terpasang secara wajar (bukan Vandalisme), namun faktanya adalah bahwa templat itu mungkin disematkan tidak sesuai dengan konteksnya, atau pesan dalam templat itu tidak sesuai dengan fakta yang terlihat dalam halaman/artikel, maka dalam kondisi ini, berdiskusi dengan pengguna/editor/pengurus yang pertama kali menempatkan templat itu pada halaman/artikel adalah hal yang disarankan sebagai langkah pertama, sekalipun pengguna yang menyematkannya tidak aktif lagi, sebab mungkin akan ada pengguna lain yang akan memberikan tanggapan/saran. Dalam kasus apa pun, jika masalah tampak kontroversial, cari Konsensus di halaman pembicaraan;
  • Apabila telah ada konsensus di halaman pembicaraan (atau di halaman lain) tentang bagaimana cara mengatasi masalah yang ditandai oleh templat, (sebaiknya catatkan pranala/tautan/lokasi konsensus pada ringkasan penyuntingan sebagai keterangan penghapusan Anda);
Kotak teks Ringkasan
  • Ketika dapat disimpulkan bahwa templat tidak lagi relevan, seperti penyematan templat {{Aktualitas}} yang muncul dalam artikel namun sudah kadaluarsa atau tidak lagi mewakili informasi tentang kejadian saat ini;
  • Apabila templat pemeliharaan yang disematkan adalah jenis templat yang memerlukan alasan/data dukung dalam penyematannya namun tidak sepenuhnya beralasan/memiliki data dukung dalam penyematannya. Seperti templat terkait netralitas, dengan contoh {{Konflik kepentingan}} (terkait dengan Konflik kepentingan dan {{Tak netral}} (terkait dengan Sudut pandang netral), sangat disarankan agar editor yang menyematkan templat itu memulai suatu diskusi (pada umumnya di halaman pembicaraan dari artikel itu sendiri), yang akan berfungsi sebagai alasan (data dukung) penyematan templat pemeliharaan tersebut. Jika dalam hal templat jenis ini tersematkan, namun editor yang menyematkannya tidak melakukan hal tersebut, maka templat pemeliharaan yang disematkannya ({{Konflik kepentingan}}) dapat saja dilepaskan/dihapus.
  • Saat ini belum ada konsensus yang berhubungan dengan penghapusan templat pemeliharaan terkait telah berapa lama templat itu telah disematkan, dan oleh karena itu penyematan templat itu terus saja berlanjut sampai masalahnya teratasi (misalnya, kurangnya sitasi). Kecuali untuk templat terkait WP:POV seperti yang disebutkan di atas. Dalam hal ini, beberapa templat yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat biner dan tidak ambigu — the problem the maintenance template flags secara jelas diperlukan untuk artikel yang sesuai, di bawah kebijakan dan pedoman Wikipedia, seperti halnya pengecualian WP:POV, lamanya templat itu disematkan sendiri mungkin relevan jika kurangnya pengeditan atau diskusi yang ditujukan untuk masalah ini dapat saja ditafsirkan sebagai bentuk "silent consensus", bahwa masalah ini tidak layak diperbaiki. Hal ini selalu melibatkan hal-hal yang berhubungan dengan latihan penilaian dan unsur-unsur subyektif;
  • Terakhir, ada kalanya seseorang yang mencoba untuk mengatasi hal yang disinggung oleh templat pemeliharaan yang memberikan tanda beberapa hal mendasar, mungkin saja menemukan bahwa masalah tersebut benar-benar tidak dapat diselesaikan. Misalnya, jika suatu artikel diberikan tanda bahwa kekurangan sitasi/referensi/catatan kaki/rujukan atas sumber sekunder yang dapat diandalkan, yang ditulis oleh pihak ketiga untuk topik tersebut, dan kemudian ketika pengguna yang melihat adanya sematan templat pemeliharaan menemukan bahwa sumber tersebut tampaknya tidak ada, dalam hal ini biasanya berarti artikel tersebut perlu dihapus. In such cases, it is not so much that the template does not belong and should be removed, but rather that flagging the page for maintenance will never address the more critical issue that the page itself does not belong on Wikipedia at all.

Tunda pelepasan, apabila:[sunting | sunting sumber]

Apabila salah satu dari hal-hal berlaku, sebaiknya Anda menunda proses penyuntingan untuk menghapus templat pemeliharaan, yakni:

  • Anda tidak memahami masalah yang ada dalam pesan tertentu pada templat;
  • Masalahnya belum teratasi;
  • Ada aktivitas atau diskusi yang sedang berlangsung terkait dengan masalah templat (dengan pengecualian POV - templat terkait);
  • Anda telah dibayar untuk mennyunting artikel atau memiliki konflik kepentingan lainnya.

Petunjuk terkhusus[sunting | sunting sumber]

Bagian ini memberikan panduan tentang cara mengatasi beberapa templat khusus yang lebih umum yang mungkin telah membawa Anda ke halaman bantuan ini. Informasi lebih rinci tentang templat dapat ditemukan dengan mengikuti pranala ke templat itu sendiri.

Klik "tampilkan" pada bagian kanan untuk menampilkan instruksinya.

Masalah umum[sunting | sunting sumber]

Masalah sumber[sunting | sunting sumber]

Dalam perubahan besar[sunting | sunting sumber]

Penggabungan artikel[sunting | sunting sumber]

Penggabungan templat[sunting | sunting sumber]

Transwiki[sunting | sunting sumber]

Meneliti masalah yang dikedepankan[sunting | sunting sumber]

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, sebagian besar templat berisi tautan ke halaman bantuan. Selain itu, banyak templat memiliki dokumentasi yang menyediakan lebih banyak informasi tentang masalah yang dikedepankan oleh templat pemeliharaan, yang ditampilkan ketika Anda mengunjungi halaman templat itu sendiri

Untuk mengakses templat dan berikut melihat isi dokumentasinya, ketikkan pada kolom pencarian Templat:, dengan diikuti nama templat, , perhatikan pada saat Anda melihat templat itu yang biasanya tersematkan di baris pertama pada sebuah artikel/halaman (tampilan sunting sumber). "Parameter" pertama adalah nama dari templat.

Sebagai contoh, apabila Anda menemukan tampilan suntingan sumber berikut ini, {{Tanpa referensi|date=September 2018}}, kemudian Anda ingin mencari dan melihat templat tersebut, ketikkan Templat:Tanpa referensi. Anda akan menemukan dokumentasi/tata cara penggunaan templat dengan cara ini, apabila halaman dokumentasi templat tersebut dibuat oleh kontributor lainnya.

Bantuan lanjutan?[sunting | sunting sumber]

Apabila Anda telah membaca halaman ini dan masih bingung tentang apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah pada halaman dan menghapus templat pemeliharaan, silahkan mulai berdiskusi untuk selanjutnya pada Warung Kopi Komunitas Wikipedia, kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia.

Templat pemeliharaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]