Trinidad dan Tobago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republic of Trinidad and Tobago
Bendera
MottoTogether we aspire, together we achieve
(Inggris: "Bersama-sama kita berangan-angan, bersama-sama kita mencapai")
Lagu kebangsaanForged From The Love of Liberty
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Port-of-Spain
Bahasa resmi Inggris
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Anthony Carmona
 -  Perdana Menteri Kamla Persad-Bissessar
Kemerdekaan
 -  - Dari Britania Raya
31 Agustus 1962 
Luas
 -  Total 5,131 km2 (171)
 -  Perairan (%) dapat dihiraukan
Penduduk
 -  Perkiraan 2011 1.346.350 (152)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 254,4/km2 (48)
PDB (KKB) Perkiraan 2013
 -  Total US$28,414 miliar 
 -  Per kapita US$21.287 
Mata uang Dolar (TTD)
Zona waktu (UTC-4)
 -  Musim panas (DST)  (UTC-4)
Ranah Internet .tt
Kode telepon 868

Trinidad dan Tobago adalah negara kepulauan yang terletak di laut Karibia bagian selatan, seberang laut Utara Venezuela dan di sebelah selatan Grenada di gugus kepulauan Antilles kecil. Negara kecil ini hanya terdiri dari dua pulau utama yakni pulau Trinidad dan Pulau Tobago ditambah dengan beberapa pulau pulau berukuran mini. Negara ini beribukota di Port of Spain.

Trinidad ditemukan pertama kali oleh Columbus pada tahun 1498 dan berada di bawah penguasaan Spanyol sampai dikuasai Inggris pada tahun 1797 semasa Terjadinya Perang Spanyol-Inggris.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Trinidad atau nama asli “La Isla de la Trinidad” atau ‘The Island of the Trinity’ diberikan oleh Christopher Columbus yang tiba disana pada tanggal 31 Juli 1498 dan mengklaim pulau tersebut sebagai milik Spanyol dengan penguasa pertama-nya gubernur spanyol Don José Maria Chacón yang tiba disana bersama kedatangan kapal laut inggris pada tahun 1797.

Disaat yang sama pulau Tobago (diambil dari kata Tobacco – tembakau) mengalami peralihan kekuasaan dari Spanyol, Inggris, Prancis Belanda dan kolonialisasi oleh Courlander. Trinidad & Tobago menjadi milik Inggris sejak ditandatanganinya perjanjian Armiens tahun 1802. Trinidad & Tobago memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tanggal 31 Agustus 1962 dan berubah menjadi Republik pada tanggal 1 Agustus 1976. Trinidad & Tobago mengandalkan sektor industri sebagai sumber pendapatannya terutama dari sektor perminyakan dan petrokimia.

Trinidad & Tobago merupakan anggota terkemuka Komunitas negara negara Karibia atau Caribbean Community (CARICOM). Juga menjadi anggota dari Mahkamah Karibia atau the Caribbean Court of Justice (CCJ), yang dibentuk pada 16 April 2005 dengan tujuan untuk mengganti Komisi Yudisial Inggris.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Trinidad & Tobago berbagi wilayah laut dengan beberapa Negara tetangganya termasuk Barbados di sebelah timur laut, Guyana di sebelah tenggara dan Venezuela di sebelah selatan dan barat. Keseluruhan wilayah Negara Trinidad & Tobago hanya seluas 5128 km2, kira kira setara dengan 89% luas Provinsi Bali (5780 km2). Trinidad merupakan pulau terbesar setara dengan 94% dari keseluruhan wilayahnya dan 96% penduduknya tinggal di pulau Trinidad.

Pulau Trinidad pada umumnya berbukit kering dan di sebelah utara terdapat gunung yang tingginya 940 meter, sedangkan Pulau Tobagor ditumbuhi hutan dengan pohon-pohon kayu keras.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Trinidad dan Tobago dibagi menjadi 9 Regional Corporation dan 5 munisipalitas di Trinidad serta sebuah Majelis Dewan di Tobago. Kelima munisipalitas itu ialah Borough Arima, Chaguanas dan Point Fortin serta Kota Port-of-Spain dan San Fernando. Kesembilan Regional Corporation ialah Couva-Tabaquite-Talparo, Diego Martin, Penal-Debe, Princes Town, Rio Claro-Mayaro, San Juan-Laventille, Sangre Grande, Siparia dan Tunapuna-Piarco.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Trinidad & Tobago pernah di duduki Spanyol, Prancis dan terahir oleh Inggris. Itu sebabnya bahasa Inggris merupakan bahasa Nasional di Trinidad & Tobago. Merujuk kepada world fact book, penduduk Trinidad & Tobago berasal dari berbagai bangsa yang dibawa kesana oleh penjajah Eropa. 40% penduduk negaranya berasal dari India atau Asia selatan lainnya, 37.5% dari benua Afrika, 20.5% merupakan campuran dari berbagai bangsa, 2% sisanya adalah penduduk asli dan lain lain yang tidak didata 2%.

Trinidad & Tobago merupakan negara multi etnis. 6.6% penduduk-nya beragama Islam atau kira kira setara dengan 81 ribu jiwa dari total 1.226.383 jiwa penduduk. Tidak ada agama mayoritas mutlak disana. Rasio pemeluk Agama di Trinidad & Tobago adalah 26% penganut agama Katolik Roma, 25.8% nya menganut berbagai aliran Protestan, disusul Hindu 5.8%, penganut Kristen lainnya 5,8% serta penganut ajaran lain lain dan yang tidak disebutkan dengan jelas sebesar 1.9%.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]