Hari Republik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hari Republik adalah salah satu hari penting di suatu negara yang dengan hari itu, negara tersebut dinyatakan sebagai negara dengan bentuk republik. Di beberapa negara, hari republik dijadikan sebagai hari libur.

Januari[sunting | sunting sumber]

1 Januari di Slovakia[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Pembubaran Cekoslowakia

Hari Pembentukan Republik Slowakia menandai kemerdekaan Slowakia dari Cekoslowakia, yang terjadi pada 1 Januari 1993, sehari setelah pembubaran Republik Federal Ceko dan Slowakia.

26 Januari di India[sunting | sunting sumber]

India mendapatkan kemerdekaan pada 15 Agustus 1947 setelah undang-undang dasar dibuat. Undang-undang dasar India disahkan pada 26 November 1949 oleh Badan Konstituante. UUD tersebut mulai digunakan pada 26 Januari 1950 dengan sistem pemerintahan yang demokratis, ketika negara ini benar-benar menjadi republik. Pemilihan tanggal 26 Januari didasarkan pada hari yang sama pada 1930 ketika Proklamasi Kemerdekaan India disetujui.

Untuk memperingati hari ini, sebuah pawai besar diadakan di sepanjang Rajpath di New Delhi, dimulai dari Lembah Raisina dekat Rashtrapati Bhavan (Istana Kepresidenan).

Februari[sunting | sunting sumber]

1 Februari di Hungaria[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Februari 1946, Hungaria memperingati hari proklamasi Republik Hungaria. Sejak 2004, ini adalah hari kebangsaan, bukan hari libur nasional.

15 Februari di Serbia[sunting | sunting sumber]

Hari Nasional Serbia ("Dan Državnosti Republike Srbije") memperingati setiap tahun untuk mengenang dua peristiwa bersejarah utama: Awal Pemberontakan Serbia Pertama pada 1804. dan Konstitusi Serbia Pertama pada 1835.

23 Februari di Guyana[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Mashramani

Pada 23 Februari 1970, Guyana dinyatakan sebagai "republik kooperatif" dalam Persemakmuran Bangsa-Bangsa.

Maret[sunting | sunting sumber]

23 Maret di Pakistan[sunting | sunting sumber]

Di Pakistan, 23 Maret dikaitkan dengan dua peristiwa penting; peresmian Keputusan Lahore pada 1940, oleh para imam Liga Muslim, yang menyatakan pemisahan negara India untuk umat Islam, dan dianggap sebagai langkah awal menuju kemerdekaan Pakistan pada 1947. Peristiwa lainnya adalah pernyataan secara resmi bahwa Pakistan adalah negara republik Islam pada 1956. Kegiatan utama yang diadakan hari ini adalah pawai kemiliteran dan pemberian penghargaan untuk Istana Kepresidenan oleh Presiden.

April[sunting | sunting sumber]

1 April di Iran[sunting | sunting sumber]

Di Iran, hari ini diperingati sebagai hari diresmikannya undang-undang dasar, yang menjadikan negara ini sebagai negara Republik Islam.

24 April di Gambia[sunting | sunting sumber]

Pada 24 April 1970, Gambia menjadi republik di dalam Persemakmuran Bangsa-Bangsa.

Mei[sunting | sunting sumber]

15 Mei di Lituania[sunting | sunting sumber]

Majelis Konstituante Lithuania bertemu untuk pertama kalinya pada 15 Mei 1920. Hari itu diperingati sebagai Hari Majelis Konstituante.

22 Mei di Sri Lanka[sunting | sunting sumber]

Pada 22 Mei 1972, Ceylon mengganti namanya menjadi Sri Lanka, mengadopsi konstitusi baru, dan secara resmi menjadi republik.

28 Mei di Armenia, Azerbaijan dan Nepal[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Mei 1918, Armenia dan Azerbaijan memproklamirkan kemerdekaan mereka dari Republik Federatif Demokratik Transkaukasus dan membentuk Republik Demokratik Armenia dan Republik Demokratik Azerbaijan. Itu adalah republik pertama yang terbentuk di antara kedua negara tersebut dan Azerbaijan adalah negara pertama dalam dunia Islam yang menganut republik parlementer. Namun, hari penting itu tidak diperingati pada masa pendudukan Uni Soviet dan kembali dirayakan setelah pembubaran Uni Soviet.

Revolusi Rakyat selama beberapa dasawarsa oleh Partai Komunis Nepal (Maois) bersama dengan beberapa minggu protes massa oleh semua partai besar politik Nepal pada tahun 2006, memuncak dalam kesepakatan damai dan pemilu berikutnya untuk majelis konstituante sebagai sangat mendukung dengan pelepasan raja terakhir Nepal Gyanendra Shah dan pembentukan republik federatif demokratik pada 28 Mei 2008.

31 Mei di Afrika Selatan (1961–1994)[sunting | sunting sumber]

Antara 1961 dan 1994, 31 Mei diperingati di Afrika Selatan sebagai Hari Republik. Peringatan tersebut dihentikan pada 1995 menyusul pencapaian suara mayoritas dan penataan kembali hari libur sebagai akibatnya.

Juni[sunting | sunting sumber]

2 Juni di Italia[sunting | sunting sumber]

Festa della Repubblica adalah hari yang diperingati pada hari kedua bulan Juni dan memperingati jajak pendapat kelembagaan pada 1946 ketika rakyat bersuara untuk menentukan bentuk negara (kerajaan atau republik) setelah Perang Dunia II dan runtuhnya Fasisme.

Sebanyak 12.717.923 suara mendukung pembentukan Republik Italia dan 10.719.284 lainnya tetap setia dengan Kerajaan Italia. Berdasarkan hasil jajak pendapat tersebut, Italia menjadi negara republik dan keluarga kerajaan digulingkan dan diasingkan. Ini adalah salah satu hari terpenting di Italia. Pawai militer agung diadakan di pusat kota Roma untuk memperingati hari ini.

17 Juni di Islandia[sunting | sunting sumber]

Lýðveldisdagurinn (secara harfiah, "Hari Republik") adalah hari untuk memperingati kemerdekaan Islandia pada 17 Juni 1944.

Juli[sunting | sunting sumber]

1 Juli di Ghana[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Juli 1960, Perdana Menteri Patapaa Amisty dari Ghana memproklamirkan negara republik Ghana dan menjadi presiden pertama di Ghana.

4 Juli di Filipina[sunting | sunting sumber]

Dari 1946 sampai 1961, hari ini diperingati sebagai hari kemerdekaan dari Amerika Serikat dan pembentukan Republik Ketiga pada 1946. Pada 1962, Presiden Diosdado Macapagal mengubah hari kemerdekaan menjadi 12 Juni "untuk menghormati pernyataan rakyat kita untuk mendapatkan hak yang melekat dan mutlak untuk bebas dan merdeka", dan menjadikan 4 Juli sebagai "Hari Republik Filipina" berdasarkan undang-undang republik № 4166. Sekarang, 12 Juni diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Filipina Pertama dari Kekaisaran Spanyol pada 1898.

Sekarang, 4 Juli tidak dijadikan hari libur dan sering dikaitkan dengan "Hari Persahabatan Filipina dengan Amerika Serikat".

14 Juli di Irak[sunting | sunting sumber]

14 Juli 1958 adalah hari ketika Kerajaan Hashemite diruntuhkan oleh gerakan Irak yang dipimpin oleh Abdul Karim Kassem, yang kemudian menjadi pemimpin baru bagi bangsa tersebut. Peristiwa itu dirayakan di Baghdad, tepatnya di Lapangan 14 Juli.

25 Juli di Tunisia[sunting | sunting sumber]

Hari Republik di Tunisia dirayakan sebagai hari dimana sistem kerajaan dihapus oleh DPR, yang menghasilkan proklamasi Republik Tunisia. Habib Bourguiba adalah Presiden Tunisia pertama.

Agustus[sunting | sunting sumber]

2 Agustus di Makedonia Utara[sunting | sunting sumber]

Di Makedonia Utara , 2 Agustus diperingati sebagai Hari Republik (Makedonia: Ден на Републиката, 'Den na Republikata'). Ini memperingati Pemberontakan Ilinden–Preobrazhenie pada 2 Agustus 1903, dan pertemuan pertama Majelis Anti-fasis untuk Pembebasan Nasional Makedonia pada 2 Agustus 1944. Hari itu juga diperingati sebagai Hari St. Elijah, atau Ilinden .

17 Agustus di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Hari Republik di Indonesia dikenal sebagai hari kemerdekaan, dimana pada hari ini Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Keesokan harinya, dia dipilih sebagai presiden Indonesia pertama.

September[sunting | sunting sumber]

9 September di Korea Utara[sunting | sunting sumber]

Republik Rakyat Demokratik Korea didirikan pada 9 September 1948 setelah pembebasannya dari pendudukan Uni Soviet dan pemerintahan sementara. Hari libur nasional dikenal secara lokal sebagai Hari Yayasan Republik (Korea: 인민 정권 창건 일) dan dirayakan setiap tahun.

24 September di Trinidad dan Tobago[sunting | sunting sumber]

Trinidad dan Tobago awalnya termasuk dalam negara persemakmuran pada 1 Agustus 1976 dengan UUD republikan. Hari Republik diperingati sebagai hari libur kebangsaan pada 24 September, hari dimana DPR pertama kali dibentuk.

Oktober[sunting | sunting sumber]

5 Oktober di Portugal[sunting | sunting sumber]

5 Oktober di Portugal dikenal sebagai Implantação da República. Hari tersebut diperingati sebagai hari dibentuknya Republik Portugal Pertama pada 1910.

7 Oktober di Jerman Timur (1949–1989)[sunting | sunting sumber]

Tag der Republik (Hari Republik) adalah hari untuk memperingati berdirinya Republik Demokratik Jerman pada 7 Oktober 1949. Jerman Timur dibubarkan pada 3 Oktober 1990 yang bergabung dengan Jerman Barat dan berubah nama menjadi Republik Federal Jerman.

10 Oktober di Taiwan[sunting | sunting sumber]

10 Oktober di Taiwan adalah hari yang diperingati sebagai hari terbentuknya Republik Tiongkok pada tahun 1911.

Pekan kedua sampai pekan terakhir Oktober di Rhodesia (1970–1979)[sunting | sunting sumber]

Walaupun Ian Smith memproklamirkan Rhodesia (sekarang Zimbabwe) sebagai sebuah negara republik pada 2 Maret 1970, hari libur tahunan untuk peringatan Hari Republik dilaksanakan pada pekan kedua sampai pekan terakhir Oktober. Kebijakan itu dihapus pada Oktober 1979 oleh pemerintahan sementara Zimbabwe Rhodesia.

25 Oktober di Kazakhstan[sunting | sunting sumber]

25 Oktober adalah hari peringatan "Proklamasi Negara Kedaulatan Kazakh SSR" oleh DPR Kazakhstan pada 1990. Sekarang diperingati sebagai Hari Republik (bahasa Kazakh: Республика күні, Respwblïka küni').

29 Oktober di Turki[sunting | sunting sumber]

Pada 29 Oktober 1923, UUD Turki diubah dan Turki menjadi sebuah negara republik. Hal ini menandakan pembubaran Kesultanan Utsmaniyah. Hari Republik (Bahasa Turki: Cumhuriyet Bayramı) dirayakan di seluruh penjuru Turki setiap tahun. Biasanya, perayaan-perayaan tersebut dimulai pada siang hari 20 Oktober. Lembaga-lembaga pemerintahan dan pendidikan juga diliburkan pada 29 Oktober. Ada juga penyalaan kembang api serentak di seluruh kota-kota di Turki.

November[sunting | sunting sumber]

11 November di Maladewa[sunting | sunting sumber]

Pada 11 November 1968, Kerajaan Maladewa dibubarkan dan dibentuklah Republik Maladewa.

15 November di Brazil[sunting | sunting sumber]

Pada 15 November 1889, di kota Rio de Janeiro, pasukan militer di bawah pimpinan Field Marshal Deodoro da Fonseca menjatuhkan Kaisar Pedro II dan mengubah Brasil menjadi sebuah republik.

15 November di Siprus Utara[sunting | sunting sumber]

Pada 15 November 1983, Siprus Utara dibentuk.

28 November di Chad[sunting | sunting sumber]

Pada 28 November 1958, Chad menjadi negara otonom di dalam Komunitas Prancis.

29 November di Yugoslavia (1945–1990)[sunting | sunting sumber]

Pada 29 November 1943, Dewan Negara Anti Fasisme Pembebasan Yugoslavia membentuk Yugoslavia sebagai sebuah republik federal, yang diresmikan pada hari yang sama tahun 1945. Hari Republik (Serbo-Kroasia: Dan Republike atau Дан Републике) adalah hari terpenting di negara tersebut.

Desember[sunting | sunting sumber]

1 Desember di Republik Afrika Tengah[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Desember 1958, Ubangi-Shari menjadi wilayah otonom di dalam Komunitas Prancis sebagai Republik Afrika Tengah.

11 Desember di Burkina Faso[sunting | sunting sumber]

Pada 11 Desember 1958, Republik Volta Hulu menjadi republik otonom di Komunitas Prancis. Hari ini diperingati di Burkina Faso sebagai Proklamasi Republik.

12 Desember di Kenya[sunting | sunting sumber]

Kenya memperoleh kemerdekaan dari Britania Raya pada 12 Desember 1963. Selama satu tahun, kepala negaranya adalah Elizabeth II sebagai Ratu Kenya. Kenya kemudian menjadi negara republik dan Jomo Kenyatta menjadi presiden pertamanya.

13 Desember di Malta[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Desember 1974, UUD Malta diubah dan menyebabkan negara ini berubah menjadi republik (sebelumnya termasuk anggota persemakmuran Britania). Sekarang, Ratu Britania bukanlah lagi sebagai Reġina ta' Malta (Ratu Malta) dan kepala negara yang baru adalah Presiden Anthony Mamo. Hari ini diperingati setiap tahun sebagai Hari Republik (bahasa Malta: Jum ir-Repubblika) di Malta. Untuk itu, dibangunlah sebuah tugu republik di kota Marsa.

18 Desember di Niger[sunting | sunting sumber]

18 Desember 1958 adalah Hari Republik di Niger.[1] Meskipun bukan tanggal kemerdekaan resmi dari Prancis, 18 Desember menandai berdirinya Republik dan pembentukan Kepresidenan Republik Niger , mengikuti perubahan konstitusional Republik Kelima Perancis.

Hari Republik di negara lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

2. NALIS - Trinidad dan Tobago, ^ http://www2.nalis.gov.tt/Research/SubjectGuide/RepublicDay/tabid/250/Default.aspx