Bahasa Kazakh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Kazakh
қазақ тілі, qazaq tili, قازاق تىلى
Dituturkan di
Penutur bahasa
23 juta (tidak tercantum tanggal)ne2022
Turkik
  • Kipchak
    • Kipchak–Nogay
      • Bahasa Kazakh
Alfabet Kazakh (Kiril, Latin, Perso-Arabic, Kazakh Braille)
Status resmi
Bahasa resmi di
Kazakhstan
Diatur olehKazakh language agency
Kode bahasa
ISO 639-1kk
ISO 639-2kaz
ISO 639-3kaz
Glottologkaza1248[1]
{{{mapalt}}}
Daerah tutur bahasa Kazak:
  daerah dimana penutur bahasa Kazak adalah mayoritas
  daerah dimana penutur bahasa Kazak adalah minoritas
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA

Bahasa Kazakh adalah salah satu bahasa dalam rumpun bahasa Turkik.[2] Penuturnya adalah bangsa Kazakh dan jumlahnya mencapai kira-kira 23 juta jiwa, yang tersebar masing-masing di Kazakhstan, 1 juta jiwa di Republik Rakyat Tiongkok khususnya Daerah Otonomi Xinjiang di mana mereka berkonsentrasi di 3 prefektur otonom yakni: Ili Kazakh, Mori Kazakh dan Barkol Kazakh. Sedangkan dalam jumlah kecil, bahasa Kazakh dituturkan di kawasan Badakhshan, Afganistan, dan kota Gorgan, provinsi Golestan, Iran.

Bahasa Kazakh ditulis dengan huruf Kiril, kecuali di Tiongkok yang menggunakan huruf Arab Kazakh dan di kawasan lain yang menggunakan huruf Arab sesuai dengan kondisi setempat. Sejak 2018, abjad Latin mulai digunakan dalam penulisan bahasa Kazakh.


Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Kazakh". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Sangkala, I., dan Samigov, B. (2019). Bahan Belajar Bahasa Asing Pendukung Diplomasi Kebahasaan: Bahasa Uzbek Bahasa Sahabatku (PDF). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 1–2. ISBN 978-602-437-937-7.