Bahasa Nogai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nogai
ногай тили (nogay tili)
Dituturkan di
WilayahKaukasus
EtnisNogai
Penutur bahasa
[1]
Turkik
Kiril
Status resmi
Bahasa resmi di
 Rusia
Kode bahasa
ISO 639-2nog
ISO 639-3nog
Glottolognoga1249[2]

Bahasa Nogai merupakan salah satu bahasa yang termasuk dalam rumpun bahasa Turkik.[3] Penuturnya adalah penduduk di bagian barat daya Rusia. Bahasa ini memiliki tiga dialek yaitu Qara-Nogai (Nogai Hitam atau utara) yang dituturkan di Dagestan, Nogai Standar yang dituturkan di Krai Stavropol, dan Ak Nogai (Nogai Putih atau timur) yang dituturkan di Karachai-Cherkessia. Kedua dialek yang pertama kali disebutkan memiliki banyak kesamaan dan kemiripan. Sedangkan dialek timur memiliki sejumlah perbedaan.

Abjad Arab[sunting | sunting sumber]

Bahasa ini menggunakan abjad Arab sebelum tahun 1928. Abjad Arab yang digunakan telah mengalami modifikasi berupa penambahan fonem yang tidak terdapat pada bahasa Arab. Berikut adalah hasil modifikasi abjad Arab pada bahasa ini.
ڮ ۇ ۋ پ ںُ چ ژ گ

Alfabet Latin[sunting | sunting sumber]

Romanisasi bahasa ini diperkenalkan tahun 1928 oleh seorang yang bernama A. Dzhanibekov

A a B в Ç ç D d E e Ә ә G g Ƣ ƣ
I i K k L l M m N n Ꞑ ꞑ O o Ө ө
P p Q q R r S s Ş ş T t U u Y y
J j Ь ь Z z V v

Huruf C c, I̡ ı̡, F f, H h, X x, Ƶ ƶ ditambahkan pada tahun 1931, huruf S̷ s̷ ditambahkan pada tahun 1933, Pada tahun 1936 huruf CC, Ә ә, H h, i i dikeluarkan dari alfabet bahasa ini.

Alfabet Kiril[sunting | sunting sumber]

Alfabet Nogai yang berbasis Kiril diperkenalkan tahun 1938. Alfabetnya terdiri dari semua alfabet Rusia (kecuali Ё ё), termasuk juga beberapa digraf seperti Гъ гъ, Къ къ, Нъ нъ. Digraf Оь оь, Уь уь ditambahkan pada tahun yang sama dengan pegadopsian alfabet Kiril. Pada tahun Гъ гъ, Къ къ dikeluarkan dari alfabet. Perubahan terakhir alfabet bahasa ini dilakukan pada tahun 1950 yang menghasilkan bentuk alfabet yang digunakan sampai sekarang.

Kiril Transliterasi Kiril Transliterasi
А а A a П п P p
Аь аь A‘ a‘ (Ä ä) Р р R r
Б б B b С с S s
В в V v (W w) Т т T t
Г г G g У у U u
Д д D d Уь уь U‘ u‘ (Ü ü)
Е е E e Ф ф F f
Ж ж J j Х х X x
З з Z z Ц ц Ts ts
И и İ i Ч ч Ch ch (Ç ç)
Й й Y y Ш ш Sh sh (Ş ş)
К к K k (Q q) Ъ ъ -
Л л L l Ы ы I ı
М м M m Ь ь -
Н н N n Э э E e
Нъ нъ Ng ng Ю ю Yu yu
О о O o Я я Ya ya
Оь оь O‘ o‘ (Ö ö)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nogai di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Nogai". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Sangkala, I., dan Samigov, B. (2019). Bahan Belajar Bahasa Asing Pendukung Diplomasi Kebahasaan: Bahasa Uzbek Bahasa Sahabatku (PDF). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 1–2. ISBN 978-602-437-937-7.