Bahasa Altay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Altai
Алтай тили
Altay tili
Dituturkan di
WilayahRepublik Altai, Krai Altai
EtnisAltai, Tubalar.
Penutur bahasa
[1]
Kiril
Status resmi
Bahasa resmi di
 Republik Altai
Kode bahasa
ISO 639-2alt
ISO 639-3Mencakup:
atv – Altai Utara
alt – Altai Selatan
Glottologalta1276[2]

Bahasa Altay adalah salah satu bahasa dalam rumpun bahasa Turkik.[3] Di Republik Altai, bahasa Altay menjadi bahasa resmi. Sesuai namanya, bahasa ini dituturkan di sekitar pegunungan Altai. Sebelum tahun 1948, bahasa ini disebut Oyrot.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Karena daerah sebar tuturnya di kawasan pegunungan yang terpencil dan terisolasi, penggolongan bahasa ini sering diperdebatkan. Karena alasan geografis, bahasa ini sering kali dimasukkan ke dalam kelompok Utara bersama dengan bahasa Khakas. Tetapi karena terdapat persamaan tertentu dengan bahasa Kirgiz, bahasa ini dimasukkan ke dalam kelompok Barat laut.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Altai Utara di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
    Altai Selatan di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Turkik Altai". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Sangkala, I., dan Samigov, B. (2019). Bahan Belajar Bahasa Asing Pendukung Diplomasi Kebahasaan: Bahasa Uzbek Bahasa Sahabatku (PDF). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 1–2. ISBN 978-602-437-937-7.