Bahasa Uzbek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Uzbek
Oʻzbekcha
Dituturkan di Uzbekistan, Kyrgyzstan, Afghanistan, Kazakhstan, Turkmenistan, Tajikistan, Russia, China
Etnis Etnis Uzbek
Penutur bahasa
27 juta  (2011–2014)[1]
Turkik
Latin, Huruf Sirilik, Huruf Arab, Uzbek Braille
(Alfabet Uzbek)
Status resmi
Bahasa resmi di
 Uzbekistan
Kode bahasa
ISO 639-1 uz
ISO 639-2 uzb
ISO 639-3 uzbkode inklusif
Kode individual:
uzn – Northern
uzs – Southern
Glottolog uzbe1247[2]
A map, showing that Uzbek is spoken throughout Uzbekistan, except the western third (where Karakalpak dominates), and northern Afghanistan.
Biru tua = mayoritas; biru muda = minoritas
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Uzbek atau dalam bahasa aslinya disebut O'zbek Tili merupakan anak cabang dari bahasa-bahasa Turki dengan jumlah penutur lebih kurang 20 juta jiwa. Lebih tepatnya masuk sub-kelompok bahasa-bahasa Chagatay yang termasuk di dalamnya adalah Uighur, dan Mogoli. Bahasa ini tersebar di berbagai wilayah di Asia Tengah, khususnya di Uzbekistan, Tajikistan, Kirgiztan, Kazakstan, Turkmenistan, Afganistan dan Tiongkok.

Merupakan bahasa resmi di Uzbekistan dan salah satu suku bangsa resmi di Tiongkok.

Sistem Penulisan[sunting | sunting sumber]

Pada masa kekuasaan Uni Soviet, bahasa ini ditulis dengan huruf Sirilik yang berbasis dari huruf Rusia. Mulanya bahasa Uzbek menggunakan huruf Arab hingga tahun 1929, namun kemudian dipaksakan Huruf Latin pada periode 1929-1940, dan pada masa pemerintahan Josef Stalin, huruf latin digantikan dengan huruf Sirilik.

Namun setelah Uzbekistan meraih kemerdekaannya pada tahun 1991, sistem penulisanpun mulai dialihkan ke huruf Latin dan secara bertahap menggantikan huruf Sirilik sebagai huruf resmi. Sedangkan masyarakat Uzbek yang bermukim di Xinjiang Uighur, Tiongkok menggunakan sistem huruf Arab Uighur.

Sedangkan Uzbek di Afganistan tidak mempunyai sistem penulisan yang baku, dan kalangan berpendidikan cenderung menggunakan huruf Arab.

Dialek Bahasa Uzbek[sunting | sunting sumber]

Bahasa Uzbek terdiri dari berbagai dialek yang berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun, ada satu dialek yang menjadi pemersatu para penutur dialek yang berlainan tersebut.

Suku Uzbek yang bermukim di utara Afganistan menggunakan dialek Uzbek yang berbeda dengan saudaranya di utara.

  1. ^ Uzbek at Ethnologue (18th ed., 2015)
    Northern at Ethnologue (18th ed., 2015)
    Southern at Ethnologue (18th ed., 2015)
  2. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Uzbek". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.