Oktober 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, pakailah format berikut :

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Selasa, 31 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

31 - Rusia mengatakan bahwa negara itu percaya, program nuklir Iran mempunyai tujuan damai, dan dialog politik, bukannya sanksi, yang harus digunakan dalam perundingan dengan Teheran. (Reuters)

31 - Pasukan-pasukan yang dipimpin Amerika Serikat harus tetap berada di Irak hingga pasukan keamanan Irak sendiri mampu menjaga keamanan, kata Presiden Irak, Jalal Talabani. (Reuters)

31 - Pesawat-pesawat tempur Israel terbang dalam ketinggian yang rendah di atas Beirut, yang merupakan pelanggaran terhadap Resolusi 1701 Dewan Keamanan PBB yang mengakhiri perang 34 hari antara Israel dengan gerilyawan Hizbullah, bulan Agustus lalu. (Reuters)

31 - Para saksi dalam pengadilan Saddam Hussein atas tuduhan melakukan genosida mengisahkan bagaimana tentara-tentara Irak mengeksekusi tahanan-tahanan Kurdi dengan senapan mesin dan membuang jenazah mereka ke kuburan-kuburan massal. (AP)

31 - Sebuah saluran televisi berita internasional 24 jam Perancis akan mengudara pada 6 Desember mendatang untuk menandingi BBC dan CNN. Siaran-siarannya akan menggunakan saluran internet dan dua hari kemudian satelit, dalam bahasa Perancis dan Inggris. (AFP)

Senin, 30 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

30 - Tommy Soeharto dibebaskan bersyarat dari penjara setelah mendapatkan remisi enam minggu pada perayaan Idul Fitri. (Kompas)

Minggu, 29 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

29 - Sebuah pesawat terbang Nigeria dengan 105 penumpangnya jatuh beberapa saat setelah lepas landas. Sembilan orang selamat dan sisanya dikhawatirkan tewas, termasuk seorang pemimpin spiritual Muslim Nigeria, Muhammadu Maccido, Sultan Sokoto. (AP)

29 - Presiden Luiz Inacio Lula da Silva menang besar dan terpilih kembali untuk periode kedua dalam pemilu kepresidenan di Brasil. Dengan terhitungnya 99% suara masuk, ia telah mengumpulkan 61% suara para pemilih dan menyisihkan saingannya Geraldo Alckmin dari pihak kanan-tengah, yang hanya memperoleh 39% suara. (AP)

29 - Sebagian besar staf konsulat Britania Raya di Basra, Irak selatan, akan dievakuasi karena keselamatannya dikhawatirkan. Di konsulat ini terdapat sektiar 200 staf, termasuk pengawal dan pasukan Gurkha. (AFP)

29 - Perundingan damai yang diperantarai Norwegia di Jenewa antara pihak-pihak yang berseteru di Sri Lanka gagal mencapai kata sepakat dalam memecahkan masalah kebutuhan kemanusiaan, masalah politik, serta jadwal pertemuan selanjutnya untuk tetap menghidupkan proses perundingannya. (AFP)

Sabtu, 28 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

28 - Kelompok-kelompok remaja di Perancis membakari ratusan mobil pada hari Jumat dan Sabtu dalam kekerasan yang terkait dengan peringatan setahun kerusuhan yang mengungkapkan jurang yang dalam antara para imigran Afrika Utara dengan masyarakat Perancis umumnya. (AP)

28 - Dokumen-dokumen kabinet Britania yang bocor memperlihatkan bahwa pengiriman pasukan-pasukan negara itu di Irak maupun Afganistan telah menyulut terorisme di Britania. Sementara itu, seorang jenderal favorit Tony Blair menyebut perang di Afganistan sebagai sesuatu yang "bodoh". (AFP)

28 - PM Jose Ramos Horta membela keputusan pemerintah Timor Timur untuk menolak kehadiran Pasukan Penjaga Perdamaian PBB, dan sebaliknya tetap mempertahankan pasukan-pasukan Australia dan Selandia Baru. (AFP)

28 - Chad menuduh angkatan udara Sudan mengebom empat kota di sepanjang perbatasan timurnya, namun Khartoum menepis tuduhan itu sebagai propaganda yang dimaksudkan untuk menggoyahkan hubungan yang rapuh antara kedua negara yang bertetangga itu. (Reuters)

Jumat, 27 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

27 - Presiden Bush menyatakan bahwa AS tidak menyiksa tahanannya. Hal ini disampaikan untuk menepis kontroversi yang timbul setelah Wakil Presiden Dick Cheney menyatakan bahwa "celupan di air" mungkin berguna untuk memaksa tersangka teroris mengaku. (AP)

27 - Hakim Alejandro Solis mengeluarkan perintah penahanan atas Augusto Pinochet, mantan diktator Chili untuk 36 kasus penculikan, satu pembunuhan, dan 23 kasus penyiksaan di Villa Grimaldi, pusat penahanan rahasia yang digunakannya antara 1974-1977. (Reuters)

27 - Ethiopia mengakui bahwa pasukan keamanannya membunuh 193 warga sipil yang memprotes penipuan dalam pemilu tahun lalu. Angka ini adalah tiga kali jumlah resmi yang disebutkan sebelumnya. (AP)

27 - Republik Dominika tampaknya berpotensi untuk mewakili Amerika Latin di Dewan Keamanan PBB setelah Venezuela dan Guatemala gagal mendapatkan jumlah suara mendukung yang dibutuhkan. Dominika mendukung perdagangan bebas dengan Amerika Serikat, dan mendapatkan bantuan minyak dari kebijakan Presiden Venezuela Hugo Chavez. (AP)

27 - Jembatan gantung yang berada di lokasi wisata Kebun Raya Bogor, Jawa Barat nyaris ambruk akibat baut di salah satu penyangganya lepas. Untuk mengamankan keseimbangan, petugas menopang jembatan dengan bambu. (Metro TV)

Kamis, 26 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

26 - Pasukan keamanan di Timor Timur mengkhawatirkan kekerasan akan kembali merebak di Dili setelah Assis Hendrique da Silva, pemimpin salah satu gang terbesar di negara itu, ditembak di kepalanya di jalan dekat bandara Dili. (SMH)

Rabu, 25 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

25 - PM Nouri al-Maliki mengecam serangan bersama AS-Irak ke Kota Sadr di Baghdad, dan mengkritik pernyataan pimpinan militer AS dan wakil diplomatiknya di Irak bahwa pemerintah perlu menetapkan jadwal untuk menghentikan kekerasan di Irak. (AP)

25 - Pertempuran antara sesama milisi Syi'ah, Tentara Mahdi dengan Brigade Badar di selatan Irak dapat menggoyahkan wilayah yang kaya minyak itu dan semakin mengacaukan Baghdad. Hal ini pun dapat menentukan apakah Irak akan tetap bersatu atau terpecah-belah. (AP)

25 - Presiden George W. Bush menyatakan tak puas dengan jalannya perang di Irak, namun AS tetap menang, katanya, dan tak boleh menarik diri dari medan perang itu. (AP)

25 - Mulai tahun depan, pemerintah Azerbaijan melarang stasiun-stasiun radio di negara itu menyiarkan program-program dari Voice of America, BBC dan Radio Liberty. (AP)

Selasa, 24 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

24 - Presiden Hugo Chavez jauh diunggulkan atas saingannya menjelang pemilihan presiden di negara itu. Jajak pendapat oleh Zogby International menunjukkan Chavez didukung oleh 59% para pemilih, sementara Manuel Rosales, saingannya, hanya mendapatkan 24% suara. (AP)

24 - Karena gagal mendapatkan dukungan mayoritas untuk menduduki kursi di Dewan Keamanan PBB, Venezuela memutuskan untuk menarik pencalonannya dan sebaliknya mendukung Bolivia sebagai calon yang mewakili benua Amerika. (Reuters)

24 - Kelompok pengamat hak-hak asasi manusia, Human Rights Watch dan Amnesty International mendesak pemerintah Thailand yang didukung pihak militer agar mengajukan ke pengadilan mereka yang bertanggung jawab atas tewasnya lebih dari 80 pengunjuk rasa dua tahun lalu di kota Tak Bai, di Provinsi Narathiwat, di selatan, yang mayoritas penduduknya beragama Islam. AFP)

Senin, 23 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

23 - Dalam pesan Idul Fitrinya, Presiden Hamid Karzai menyerukan kepada umat Muslim sedunia agar menolong Afganistan dalam menghadapi pihak Taliban. (AFP)

23 - Perundingan ronde keenam antara pemerintah Bangladesh dengan pihak oposisi untuk menghindari rencana boikot atas pemilihan umum Januari mendatang telah gagal karena kedua pihak bersikeras dengan pendirian masing-masing. Pihak oposisi menolak ikut serta dalam pemilu itu bila pemerintah tidak mencari kepala administrasi sementara yang baru untuk mengawasi pelaksanaan pemilu. (AFP)

23 - Pemerintah Thailand yang diangkat pihak militer mengatakan bahwa undang-undang keadaan darurat belum akan dicabut karena para pendukung mantan PM Thaksin Shinawatra masih berusaha mengacaukan suasana politik negara itu. (AP)

Sabtu, 21 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

21 - Alberto Fernandez, seorang diplomat senior A.S. mengatakan di stasiun televisi Al Jazeera, negaranya telah memperlihatkan "arogansi" dan "kebodohan" di Irak namun kini siap berunding dengan kelompok manapun, kecuali Al Qaeda untuk menciptakan rekonsiliasi nasional. (AP)

21 - Presiden Mikhail Saakashvili menolak untuk menggunakan kekerasan untuk menguasai dua wilayah separatis pro-Rusia di Georgia. Katanya, negaranya siap berdialog dengan Moskwa untuk meredakan ketegangan antara kedua negara setelah ditahannya empat orang yang dituduh sebagai mata-mata Rusia bulan lalu. (AP)

21 - New York City menyatakan akan melakukan pencarian lagi atas sisa-sisa korban Serangan 11 September di situs World Trade Center, setelah ditemukannya sejumlah tulang-belulang yang mengejutkan para anggota keluarga korban baru-baru ini. (AP)

21 - Penasihat politik senior PM Palestina Ismail Haniyeh mengatakan bahwa Israel setuju untuk membebaskan tahanan-tahanan Palestina, termasuk para aktivis senior Hamas, sebagai bagian dari persetujuan untuk membebaskan tentara IDF Israel, Gilad Shalit. (Haaretz)]

Jumat, 20 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

20 - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il mengungkapkan penyesalannya atas uji coba nuklirnya kepada sebuah delegasi Tiongkok yang berkunjung ke Pyongyang. Negaranya siap kembali ke perundingan nuklir internasional bila Washington menghentikan kampanyenya untuk mengisolasi negaranya, katanya. (AP)

Kamis, 19 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

19 - Militer Amerika Serikat mengakui bahwa upayanya selama dua bulan untuk menghentikan kekerasan di Baghdad telah gagal, dan karenanya merasa perlu memikirkan kembali strateginya untuk mengendalikan para pemberontak dan pelaku bom bunuh diri. (AP)

19 - Kaum royalis Kamboja memutuskan untuk menyingkirkan Pangeran Norodom Ranariddh sebagai pemimpinnya karena terlalu sering tidak berada di negaranya. Partai Funcinpec memilih Keo Puth Rasmey, duta besar Kamboja di Jerman dan ipar Ranariddh, sebagai penggantinya. (AP)

19 - Raja Gyanendra telah mengabaikan tenggat waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai penyalahgunaan kekuasaan selama protes-protes massal yang memaksanya untuk melepaskan kekuasaan mutlaknya pada bulan April lalu. Sebuah komite yang terdiri dari koalisi tujuh partai yang berkuasa dibentuk untuk menyelidiki tuduhan ini mengirimkan sebuah daftar pertanyaan kepada raja pada 12 Oktober. (AFP)

19 - Biaya menghentikan banjir lumpur di Sidoarjo dan membersihkannya diperkirakan akan mencapai setidaknya AS$180 juta, sementara biaya akhirnya diduga akan jauh lebih besar lagi. (AP)

Rabu, 18 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

18 - PM Surayud Chulanont berjanji untuk berusaha memecahkan dengan cara damai masalah pemberontakan kaum Muslim di provinsi selatan Thailand. Pendekatan ini merupakan kebalikan dari strategi tangan besi pemerintahan sebelumnya. (AP)

Selasa, 17 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

17 Oktober 2006 - Latifa al-Geood menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai anggota parlemen Bahrain, meskipun pemilu baru akan diadakan 25 November mendatang. Latifa adalah satu-satunya kandidat yang terdaftar untuk wilayahnya, sehingga praktis ia sudah memenangkan sebuah kursi. (AP)

17 - Pdt. Pritchard Adams III, misionaris Amerika, diculik hari Minggu di Cap-Haitien, Haiti, dan penculiknya menuntut tebusan sebesar $5.000. Ia dilepaskan dua hari kemudian. (AP) (AP)

17 - PBB menyerukan diadakannya pemeriksaan terhadap mantan PM Mari Alkatiri dan sejumlah pejabat senior pemerintahan Timor Timur atas kekerasan yang mengguncangkan negara itu awal tahun ini. (AFP)

17 - Bom bunuh diri yang diledakkan gerilyawan Macan Tamil dekat sebuah konvoi pelaut di Sri Lanka menewaskan setidaknya 103 orang dan melukai 150 orang lainnya. Ini adalah serangan yang paling hebat selama ini. (AFP)

17 - Uni Eropa dan Turki akhirnya mencapai kata sepakat dalam pembukaan akses pelabuhan Famagusta bagi kapal-kapal asal Siprus-Yunani, yang selama ini ditolak karena embargo ekonomi atas wilayah Siprus-Turki. Metrotvnews.com

Senin, 16 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

16 - Pdt. Irianto Kongkoli, MTh, Sekretaris Umum Majelis Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) tewas ditembak orang tidak dikenal di Palu. (SP)

16 - Belgia, Indonesia, Italia dan Afrika Selatan terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2 tahun dan mulai bertugas sejak 1 Januari 2007.

Minggu, 15 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

15 - Sejumlah vandal aktivis lingkungan hidup di Spanyol menerobos masuk ke tiga peternakan mink di tiga kota di Galicia dan melepaskan lebih dari 15.000 ekor binatang berbulu yang sangat mahal itu. (AP)

15 - Gempa bumi dengan kekuatan 6,6 pada skala Richter mengguncang Hawaii pagi ini, sehingga ratusan tamu hotel dan pasien rumah sakit terpaksa diungsikan. (AP)

15 - Venezuela mencalonkan diri sebagai wakil Amerika Latin untuk mengisi salah satu kursi Dewan Keamanan PBB. Sementara itu, Indonesia bersaing dengan Nepal untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Jepang. (Reuters)

15 - Alvaro Noboa, orang terkaya di Ekuador, dan Rafael Correa maju ke babak kedua dalam pemilihan umum presiden setelah masing-masing memperoleh 26,8% dan 22,3% suara. (AP)

15 - Dua senator Republikan terkemuka, Chuck Hagel dari Nebraska dan John Warner dari Virginia, melaporkan bahwa situasi di Irak semakin memburuk dan menyerukan agar pemerintah Amerika Serikat mencari strategi baru. (AP)

Sabtu, 14 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

14 - Ilmuwan Rusia dan AS melaporkan telah berhasil mensintesis unsur kimia bernomor atom 118. Unsur terberat ini untuk sementara diberi nama Ununoktium.

14 - Menteri Perdagangan Swedia, Maria Borelius, mengundurkan diri setelah menghadapi berbagai tuduhan bahwa ia telah menghindari pajak. Pengunduran diri ini terjadi hanya delapan hari setelah ia bergabung dengan pemerintahan kanan-tengah. (AP)

14 - Dewan Keamanan PBB setuju untuk menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara karena uji coba bom nuklirnya baru-baru ini. (AP)

14 - Pemerintah Mesir menangkap 8 orang anggota Ikhwanul Muslimin yang dilarang di negara itu, di utara Kairo. Penangkapan ini adalah langkah terbaru pemerintah yang mengincar para anggota kelompok ini, yang menduduki 88 dari 454 kursi parlemen. (Reuters)

Jumat, 13 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

13 - Vladimir Kramnik mengalahkan Veselin Topalov dalam Kejuaraan Dunia Catur FIDE dan menjadi juara dunia mutlak pertama dalam 13 tahun.

Kamis, 12 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

12 - Muhammad Yunus dan Grameen Bank terpilih sebagai penerima Penghargaan Perdamaian Nobel.

12 - Wabah penyakit chikungunya di Kelurahan Cinere, Kecamatan Limo, Kota Depok telah menjangkiti sedikitnya 117 orang. Sebagian besar penderita adalah warga RT 02/RW 04, yang berjumlah 56 orang. (Kompas)

12 - Tiga bom rakitan yang meledak pekan ini di daerah Filipina selatan ternyata diledakkan dengan telepon seluler sehingga tudingan langsung mengarah pada Dulmatin, salah satu tersangka teroris paling dicari di Asia. Dulmatin disebut kerap menggunakan metode seperti itu. (Kompas)

12 - Indonesia melunasi seluruh sisa utangnya sebesar US$3,2 miliar kepada IMF, empat tahun lebih awal dari jadwal. (Kompas)

12 - Novelis Turki, Orhan Pamuk dianugerahi Penghargaan Kesusastraan Nobel.

12 - Pemerintah Indonesia berjanji akan segera meratifikasi Persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas-Batas menyusul kabut asap tahunan dari Indonesia yang kembali menyelimuti negara tersebut dan tetangganya, Malaysia dan Singapura. (Detik)

Rabu, 11 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

11 - Parlemen Turki mendiskusikan RUU tentang pengakuan pembasmian bangsa Aljazair oleh Perancis. Hal ini merupakan langkah balasan atas usulan Perancis untuk mengesahkan RUU di Perancis tentang tindakan genosida atas bangsa Armenia oleh Turki. (Kompas)

11 - Sebuah guncangan kuat di Jepang utara membuat pemerintah Jepang mencurigai bahwa Korea Utara telah melakukan uji coba nuklirnya yang kedua, sementara negara-negara besar dunia mempertimbangkan kemungkan sanksi terhadap negara komunis itu untuk ledakan nuklirnya yang pertama. (AP)

11 - Sekurang-kurangnya 11.000 anak-anak di Republik Demokratis Kongo masih berada di tangan kelompok-kelompok bersenjata, tiga tahun setelah berakhirnya perang di mana mereka ditangkap dan dipaksa berperang, demikian dinyatakan oleh Amnesty International. (Reuters)

Selasa, 10 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

10 - Komisi Kebenaran Liberia mulai menerima kesaksian publik dari seorang lelaki yang mengaku bahwa ayahnya dibunuh dalam suatu pembalasan politik dan seseorang lainnya yang mengatakan ia bergabung dengan pasukan pemberontak pada masa kanak-kanak, dan membantu mereka meneror rakyat di negara itu. Komisi ini dibentuk mengikuti model yang ada di Afrika Selatan. (AP)

10 - Dr. Katherine L. Tucker dari Universitas Tufts di Boston, Amerika Serikat dan rekan-rekannya menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi minuman ringan kola mengalami penurunan kepadatan mineral pada tulang pinggulnya daripada merka yang minum minuman yang sama kurang dari satu kali sebulannya. (Reuters)

Senin, 9 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

9 - Diplomat Korea Selatan, Ban Ki-Moon resmi dinominasikan sebagai Sekretaris Jenderal PBB yang baru menggantikan Kofi Annan yang masa jabatannya berakhir pada akhir tahun ini. Ban masih harus dikukuhkan oleh Sidang Umum PBB. (AP)

9 - Pemerintah Sudan dan para pemberontak di wilayah timur menandatangani perjanjian pembagian kekuasaan di Asmara, Eritrea setelah perundingan selama berbulan-bulan. Kedua pihak sepakat dalam masalah-masalah keamanan dan pembagian sumber-sumber alam. (AFP)

9 - Harga saham Korea Selatan jatuh setelah Korea Utara mengumumkan keberhasilan uji coba nuklirnya. Won Korea pun jatuh tajam nilainya. (AP)

9 - Korea Utara menyatakan bahwa uji coba senjata nuklirnya berupa ledakan di bawah tanah, telah berjalan baik. Korea Utara tak peduli terhadap ungkapan keberatan negara-negara tetangganya seperti Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok. (AP)

Minggu, 8 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

8 - Jenderal David Richards, seorang perwira Britania, panglima NATO di Afganistan, memperingatkan bahwa mayoritas rakyat Afganistan mungkin akan beralih mendukung kaum militan Taliban yang bangkit kembali bila hidup mereka tidak mengalami perbaikan dalam enam bulan mendatang. (AP)

8 - Puluhan ribu pengunjuk rasa anti pemerintah menyerukan disingkirkannya Perdana Menteri Sosialis Hongaria, Ferenc Gyurcsány karena pengakuannya bahwa ia telah membohongi rakyat mengenai keadaan ekonomi negara itu. (AP)

8 - Bill Gates, pendiri Microsoft Corp. bertemu dengan Presiden Olusegun Obasanjo dari Nigeria untuk membahas cara-cara memerangi kemiskinan dan penyakit di benua termiskin di dunia ini. (AP)

Sabtu, 7 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

7 - Salah satu juru bicara PBB menyebutkan mantan Menlu Korea Selatan, Ban Ki-Moon dipastikan akan menggantikan Kofi Annan sebagai Sekretaris Jendral PBB secara resmi pada 9 Oktober 2006. (detik.com)

7 - Pemerintah Jepang memperingatkan pemerintah Korea Utara bahwa negara itu bersama Korea Selatan akan memberlakukan sanksi yang keras bila Pyongyang tetap melanjutkan rencananya untuk melakukan uji coba bom atomnya. (AP)

7 - Ribuan warga Caracas, Venezuela turun ke jalanan untuk memperlihatkan dukungan mereka kepada kandidat presiden dari pihak oposisi yang berjanji untuk membatalkan apa yang disebutnya sebagai penyakit pemerintahan Presiden Hugo Chavez. (AP)

7 - Lusinan warga Amish memberikan pengampunan mereka dan ikut berkabung serta menghadiri pemakaman Charles Carl Roberts IV yang hari Senin lalu menembaki murid-murid di sekolah Amish di West Nickel Mines, Pennsylvania, Amerika Serikat dan menewaskan 5 anak perempuan. Lima anak lainnya masih dalam keadaan kritis. (AP)

7 - Penyelidikan Komisi Etika Dewan Perwakilan Amerika Serikat atas skandal e-mail panas mantan anggota Dewan, Mark Foley kemungkinan akan memakan korban sejumlah pihak, apabila terbukti bahwa Partai Republik berusaha menutup-nutupi aib anggotanya.

Jumat, 6 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

6 - Beberapa helikopter angkatan bersenjata Nigeria memerangi kapal-kapal motor yang penuh dengan pasukan bersenjata dalam upaya mempertahankan instalasi-instalasi minyak penting di Nigeria. Kaum militan mengklaim bahwa mereka berhasil membunuh belasan tentara dan menculik tujuh warga negara asing, termasuk seorang warga Indonesia. (AP)

6 - Hamas tidak akan mengakui Israel ataupun menyerah kepada tekanan internasional yang telah melumpuhkan pemerintah Palestina, demikian dinyatakan oleh PM Ismail Haniyeh. (AP)

6 - Meningkatnya kekerasan di Irak telah mendorong suku Kurdi untuk mempertimbangkan kemungkinan memisahkan diri dari Irak. (AP)

Kamis, 5 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

5 - Perusahaan gas Rusia, Gazprom, menaikan harga gas dari 110 dolar AS per 1.000 meter kubik menjadi 170 hingga 250 dolar AS pada tahun 2007 sebagai bentuk tekanan Rusia terhadap negara tetangganya, Georgia.

Rabu, 4 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

4 - Mahkamah Agung menyatakan Pollycarpus Budihari Priyanto tidak terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap Munir. Dalam putusan kasasinya, MA hanya menghukum Pollycarpus dua tahun penjara karena terbukti menggunakan surat palsu. (IMC Jakarta)

4 - Roger D. Kornberg, kimiawan asal Amerika Serikat, diumumkan sebagai pemenang Penghargaan Nobel dalam Kimia untuk studinya tentang bagaimana sel-sel memperoleh informasi dari gen untuk menghasilkan protein. Ayah Kornberg juga memperoleh Hadiah Nobel 50 tahun lalu. (AP)

Selasa, 3 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

3 - Korea Utara memicu kegemparan global ketika negara itu mengumumkan akan melakukan uji coba nuklir, sebuah langkah penting dalam pembuatan bom nuklir yang disebutnya sebagai penangkal terhadap setiap serangan Amerika Serikat. (AP)

3 - Sejumlah pasukan bersenjata yang terkait dengan gerakan Al Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas, mengancam akan membunuh para pemimpin Hamas. Semua ini menunjukkan semakin hebatnya ketegangan antara kedua kelompok setelah 10 orang Palestina terbunuh dalam konflik antara Hamas-Fatah. (AP)

3 - Pemerintah Paraguay menolak memberikan kekebalan diplomatik kepada pasukan-pasukan Amerika Serikat dan memperbarui perjanjian kerja sama militer dengan negara itu. Ini merupakan pukulan telak bagi AS yang berusaha memperbaiki hubungannya di Amerika Latin. (AP)

3 - Taifun Xangsane menelan 59 korban tewas di Vietnam yang diakibatkan oleh banjir yang menenggelamkan puluhan ribu rumah. Sementara itu, di Filipina taifun yang sama menewaskan 78 orang dan 69 lainnya hilang. (AP)

Senin, 2 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

2 - John C. Mather dan George F. Smoot diumumkan sebagai peraih Penghargaan Nobel dalam Fisika 2006 untuk usaha mereka yang telah membantu membuktikan teori big bang.

2 - Milisi Hamas menarik diri dari jalan-jalan di Jalur Gaza untuk mencegah kekerasan baru setelah sehari sebelumnya meletus konflik dengan pihak PLO. Pada hari Minggu, konflik paling hebat sejak Hamas merebut kekuasaan Maret lalu menewaskan delapan orang dan 130 lainnya luka-luka. (AP)

2 - Asap dan abu dari hutan-hutan yang dibakar di Indonesia menutupi bagian barat negara itu, dan menyebabkan memburuknya kualitas udara di Singapura dan Malaysia. (AP)

2 - Dua ilmuwan Amerika, Andrew Z. Fire dan Craig C. Mello mendapatkan Penghargaan Nobel dalam Kedokteran karena temuan mereka, RNA interference, yang dapat menghilangkan dampak gen tertentu, dan memungkinkan manusia memerangi penyakit seperti AIDS dan kanker. (AP) (Kompas)

2 - Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva yang diduga pasti menang dalam pemilihan umum, ternyata harus mengikuti putaran kedua menghadapi Geraldo Alckmin, bekas gubernur Sao Paulo. Skandal kampanye menyebabkan Lula mendapatkan lebih sedikit suara dari yang semula diharapkan. (AFP)

Minggu, 1 Oktober 2006[sunting | sunting sumber]

1 - Raja Bhumibol Adulyadej melantik Jend. Surayud Chulanont menjadi perdana menteri ad interim Thailand (AP) (AP)

1 - Junta militer Thailand mengumumkan Konstitusi sementara yang akan segera diikuti dengan penunjukan seorang perdana menteri untuk memimpin negara itu hingga tahun depan. Raja Bhumibol Adulyadej yang sangat dihormati rakyatnya, menyetujui dokumen pihak militer.

1 - Israel menarik seluruh pasukannya dari Lebanon, sebagai prasyarat utama gencatan senjata yang mengakhiri perang selama satu bulan melawan gerilyawan Hizbullah. (AP)