Juni 2005

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Kamis, 30 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

30 - Seorang keturunan Indonesia bernama Paul Salam Soemohardjo, diangkat sebagai ketua parlemen Suriname.

30 - Dua kereta rel listrik kelas ekonomi bertabrakan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta. Sedikitnya dua orang meninggal dan 50 orang luka-luka.

30 - Pemerintah Indonesia tidak menaikkan harga BBM (bahan bakar minyak) meski harga minyak mentah di pasar internasional membubung tinggi. Pemerintah saat ini berkonsentrasi dalam mengamankan stok BBM di dalam Negeri.

30 - Seorang pelajar cerdas Inggris divonis seumur hidup karena membunuh kedua orang tuanya dan menggunakan kartu kredit mereka sampai senilai 30.000 Pound sterling.

Rabu, 29 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

29 - Roeslan Abdulgani, pejuang, diplomat ulung Indonesia, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto pada usia 91 tahun karena usia lanjut. Sebelum meninggal, dirinya berwasiat agar bangsa Indonesia segera melakukan rekonsiliasi dengan mantan Presiden Soeharto. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

29 - Menjelang pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Poso, sebuah bom meledak di tengah keramaian Pasar Sentral Poso. Ini adalah ledakan bom kedua dalam kurun kurang dari 24 jam setelah Selasa malam (28/6) sebuah bom meledak di teras bekas Kantor DPC PDIP Poso. Ledakan ini tidak mengakibatkan korban jiwa.

Selasa, 28 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

28 - Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada Eki Syachrudin dan mantan Menteri Ekuin/Kepala Bappenas Saleh Afif meninggal dunia.

Sabtu, 25 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

25 - Mahmoud Ahmadinejad, tokoh konservatif dan Wali Kota Teheran terpilih sebagai presiden setelah mengalahkan Ayatollah Hashemi Rafsanjani, tokoh moderat dalam pemilu putaran kedua di Iran. Kemenangan Ahmadinejad membuat banyak kalangan mempertanyakan kelanjutan nasib reformasi sosial, serta masalah negosiasi nuklir Iran.

25 - Mahkamah Agung Republik Indonesia mengeluarkan keputusan peninjauan kembali (PK) yang memperingan vonis Tommy Soeharto dari 15 menjadi 10 tahun penjara, sehingga diperkirakan Tommy Soeharto yang ditahan di Lembaga Permasyarakatan Batu, Nusakambangan bebas pada tahun 2007.

25 - Annike Nelce Bowaire, Siswi SMAN I Serui, meraih medali emas di lomba fisika dunia, The First Step to Nobel Prize in Physics (FS) yang berpusat di Warsawa, Polandia. Dia adalah orang kedua dari Papua yang memperoleh prestasi itu setelah Septinus George Saa pada tahun 2004.

25 - Sedikitnya 567 tewas dan 165 lainnya hilang karena bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Cina Selatan selama dua minggu terakhir. Pada saat yang sama, wilayah China Utara mengalami kekeringan dahsyat dengan suhu hingga mencapai 40 derajat Celsius. Di Asia Selatan, hawa panas menelan korban jiwa mencapai 390 orang.

Jumat, 24 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

24 - Hakim Pengadilan Italia, Chiara Nobile memerintahkan penahanan 13 petugas CIA karena menculik seorang imam, Osama Moustafa Hassan Nasr di Milan, yang kemudian dikirim ke Mesir.

24 - Arwin Rasyid terpilih sebagai Direktur Utama PT Telkom dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Telkom di Jakarta.

24 - Donald Tsang dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai kepala eksekutif Hongkong, di hadapan anggota parlemen Cina, Presiden Hu Jintao, dan Perdana Menteri Wen Jiabao di Balai Agung Rakyat, Beijing.

24 - Pemerintah Indonesia meminta agar para relawan asing tidak keluar malam di Aceh, setelah peristiwa tertembaknya Eva Yeung, salah seorang relawan dari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Saat ini kondisi Eva Yeung telah membaik setelah dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura

24 - Eksekusi hukuman cambuk, untuk pertama kalinya dilakukan terhadap 26 orang terpidana yang dijatuhi hukuman oleh Mahkamah Syar’iyah Bireuen berlangsung di depan publik di halaman Masjid Agung Bireuen, Aceh seusai salat Jumat yang melibatkan 12 eksekutor dari wilayatul hisbah atau polisi syariat.

24 - Lima anggota parlemen Afrika Selatan dari Kongres Nasional Afrika (ANC) mengundurkan diri setelah mengakui telah melakukan tindakan korupsi senilai jutaan dolar.

Kamis, 23 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

23 - Mantan Menteri Agama Republik Indonesia Said Agil Husin Al Munawar, resmi ditahan di Rumah Tahanan Mabes Polri dalam kasus penyelewengan Dana Alokasi Ummat (DAU) Departemen Agama.

Rabu, 22 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

22 - Tiga mantan direktur Bank Indonesia, yaitu Heru Supraptomo, Hendro Budiyanto, dan Paul Sutopo, diakhirnya dijebloskan ke penjara setelah Mahkamah Agung memutuskan bahwa mereka bersalah dalam kasus korupsi BLBI. Dalam kasus yang merugikan negara lebih dari 2 trilyun ini, mereka bertiga hanya dihukum 1,5 tahun penjara.

22 - Edgar Ray Killen, mantan pimpinan kelompok rasis Ku Klux Klan dinyatakan bersalah dan terancam hukuman lebih dari 20 tahun penjara oleh pengadilan Mississippi, atas pembunuhan yang dilakukannya pada 21 Juni 1964. Peristiwa pembunuhan ini mengilhami film Mississippi Burning pada tahun 1988.

22 - Letjen TNI (pur) H. Mashudi, mantan kepala Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 1978-1993, meninggal dunia pukul 11.10 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dalam usia 85 karena terkena serangan jantung dan stroke.

22 - Merangka Peringati Hari Ulang Tahun Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang ke-478

Selasa, 21 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

21 - Kardinal Jaime Sin, tokoh kunci dalam People Power di Filipina, meninggal di rumah sakit Santos Medical Center pukul 06.15 waktu setempat (pukul 05.15 WIB) dalam usia 76 tahun karena komplikasi dan kegagalan sejumlah organ setelah lama menderita penyakit ginjal dan diabetes.

21 - Donald Tsang ditetapkan sebagai kepala eksekutif Hongkong yang baru dengan masa jabatan 21 Juni 2005-30 Juni 2007.

Sabtu, 18 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

18 - Yamin Labuso, (26), dan Erikson Hutagaol, (23), dua dari tiga warga Indonesia yang diculik gerilyawan di wilayah Mindanao, Filipina, tiba di Indonesia. Namun Ahmad Resmiadi, warga Indonesia lainnya masih disandera para gerilyawan.

18 - Kelangkaan BBM dalam dua hari terakhir menyebabkan sebagian besar SPBU di Malang, Jawa Timur, terpaksa tutup. Di Mataram, BBM juga langka karena keterlambatan pasokan dari Stasiun Manggis, Bali.

Jumat, 17 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

17 - Sembilan nelayan Indonesia kabur dari pelabuhan Nhulunbuy dengan menggunakan kapal nelayan mereka. Saat ini Australia telah mengirimkan pasukannya untuk mengejar mereka.

17 - Nia, atau dikenal dengan Nurlela II, salah seorang bayi kembar siam yang telah menjalani operasi pemisahan di RSCM, meninggal dunia pukul 09.00 WIB karena kebocoran jantung.

Kamis, 16 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

16 - Kawanan pria bersenjata menyandera belasan murid sekolah internasional di Siem Reap, Kamboja. Kendati drama penyanderaan berhasil diatasi, seorang siswa berusia tiga tahun asal Kanada tewas di tangan penyandera.

16 - Arab Saudi dan IAEA menandatangani persetujuan pembebasan dari inspeksi fasilitas nuklir terbatas. Sementara Amerika Serikat, Uni Eropa dan Australia menolak.

16 - Donald Tsang menjadi calon tunggal dalam pemilihan Gubernur Hongkong pada tanggal 10 Juli 2005 mendatang setelah dua rivalnya, Lee Wing-tat dan Chim Pui-chung, gagal maju karena tidak berhasil mendapatkan dukungan minimal 100 suara anggota komite pemilihan.

16 - Nurdin Halid, ketua PSSI, dinyatakan tidak bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dalam kasus korupsi distribusi minyak goreng. Sementara tim Jaksa Penuntut Umum mengajukan kasasi kasus ini ke Mahkamah Agung.

16 - Pertemuan OPEC di Wina, Austria mengumumkan rencana menaikkan produksi minyak mentah hingga setengah juta barel per hari yang dimulai pada 1 Juli mendatang. Langkah ini diambil untuk menurunkan harga minyak dunia yang cenderung melonjak.

16 - Sekelompok peneliti dari Universitas Bar Ilan, Israel, berhasil menciptakan sebuah helm yang diklaim dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Mereka mengklaim bahwa helm tersebut bisa mendongkrak kecerdasan hingga 20 persen dengan penggunaan selama 10-15 menit per hari selama tiga hingga enam bulan.

Rabu, 15 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

15 - Perdana Menteri Perancis Dominique de Villepin mengecam keputusan Inggris yang memangkas kontribusi tahunan untuk Uni Eropa sejak 1984 yang nilainya mencapai 3,1 miliar dolar Amerika Serikat per tahun. Namun, PM Inggris Tony Blair bertekad mempertahankan kebijakan itu.

Selasa, 14 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

14 - Pelari Jamaika, Asafa Powell, menciptakan rekor dunia lari 100m yang baru dengan kecepatan 9,77 detik.

14 - Presiden Afrika Selatan, Thabo Mbeki memberhentikan wakil presidennya, Jacob Zuma karena terlibat skandal korupsi. Pemberhentian Zuma secara resmi dinyatakan Mbeki dalam pidato parlemen di Cape Town, ibu kota Afrika Selatan.

14 - Mantan pimpinan perusahaan Korea Selatan, Daewoo, Kim Woo-choong yang sempat buron enam tahun, akhirnya menyerahkan diri. Kim Woo-choong tiba di Seoul setelah menyembunyikan diri selama enam tahun di Eropa dan Vietnam.

Senin, 13 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

13 - Ilmuwan Israel berhasil menanam dan menghidupkan sebuah biji pohon kurma berusia 2.000 tahun yang telah punah. (BBC)

13 - Diplomat Swedia Jan Eliasson terpilih menjadi Presiden Majelis Umum PBB berikutnya.

13 - Penyanyi ternama Michael Jackson dari Amerika Serikat, dinyatakan bebas dari segala tuduhan pemerkosaan anak-anak oleh sebuah juri dalam sidang pengadilan.

Minggu, 12 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

12 - Petinju legendaris Mike Tyson menyatakan mundur dari dunia tinju, setelah kekalahan yang memalukan dari petinju tak terkenal asal Irlandia, Kevin McBride.

12 - Sebuah kereta penumpang Rusia lepas jalur oleh sebuah bom yang meledak dalam perjalanan dari Grozny, ibukota Chechnya, ke Moskwa, melukai seorang penumpang. (Bloomberg)

Sabtu, 11 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

11 - Kelompok G8 menghapuskan utang multilateral kedelapan belas negara termiskin di dunia. (BBC)

11 - Bayi kembar siam Nia dan Mia mulai dioperasi di RS Cipto Mangunkusumo oleh sebuah tim dokter yang terdiri dari dua dokter anestesi dan enam dokter bedah. Walaupun kondisi dada dan perut menyatu, masing-masing bayi memiliki satu jantung yang hanya dipisahkan oleh selaput. Nia Ayu Lestari dan Mia Ayu Lestari lahir pada 22 Maret 2005 dari pasangan Nurlela dan Mulyadi.

Rabu, 8 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

8 - Sekurangnya 22 orang tewas di Addis Ababa, Ethiopia, dalam demonstrasi antara polisi dan pelajar yang sedang memprotes dugaan adanya kecurangan dalam pemilu Mei.

Sabtu, 4 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

4 - Amerika Serikat mengaku tentaranya di Teluk Guantanamo pernah melakukan penghinaan terhadap kitab suci Islam, Al-Qur'an, termasuk menendangnya dan mengguyurnya dengan air seni. (BBC) (Reuters)

Kamis, 2 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

2 - Sebuah video dari Pembantaian Srebrenica yang memperlihatkan pembunuhan pria-pria dan anak-anak lelaki Bosnia ditunjukan di Pengadilan Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY), menyulut kemarahan publik di Serbia.

Rabu, 1 Juni 2005[sunting | sunting sumber]

1 - Menyusul di Perancis, di Belanda dilaksanakan sebuah referendum yang hasilnya ialah juga penolakan pemberlakuan Konstitusi Uni Eropa.

1 - Perusahan pesawat terbang Airbus tidak bisa memenuhi janjinya untuk menyelesaikan pesawat Airbus A380 tepat pada waktunya, sehingga penerbangan perdana yang direncanakan oleh maskapai penerbangan Singapore Airlines dan Qantas pada pertengahan dan akhir 2006 akan mundur selama beberapa bulan.

1 - Kedutaan Indonesia di Australia menerima kiriman surat yang diduga berisi antraks yang diduga terkait dengan putusan pengadilan Schapelle Corby, seorang penyelundup obat-obatan asal Australia yang tertangkap di Bali. (Kompas) (The Age) (Reuters AlertNet)