Mei 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Mei 2007 >
M S S R K J S
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, pakailah format berikut :

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Kamis, 31 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

31 Mei - Asia bersiaga menghadapi peningkatan kanker yang dramatis selama dasawarsa mendatang karena masyarakat hidup lebih panjang dan mengambil pola hidup Barat yang meningkatkan risiko kanker. (AP)

31 - Rencana terinci bangunan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Baghdad muncul di internet, membocorkan pengamanan ketat sekitar proyek yang sensitif ini. (AP)

31 - Sekitar 1000 pendukung gigih Thaksin Shinawatra berdemonstrasi menentang keputusan pengadilan yang memubarkan partainya dan melarang semua pemimpinnya terjun dalam politik selama lima tahun. (AP)

31 - Gordon Holmes mengaku berhasil memvideokan monster Loch Ness yang selama ini menjadi teka-teki karena belum ada yang berhasil membuktikan keberadaannya. (AP)

31 - Pemerintah Mesir meningkatkan penangkapan terhadap para anggota Ikhwanul Muslimin menjelang pemilihan anggota Majelis Tinggi Parlemen, demikian dikatakan oleh Human Rights Watch. (AFP)

31 - Valdis Zatlers dipilih oleh parlemen Latvia sebagai presiden baru negara itu. Zatlers adalah ahli bedah yang tak mempunyai pengalaman dalam politik. (AP)

{{{title}}}
Australia

31 - Gubernur Kota Jakarta Sutiyoso menyatakan bahwa duta besar Australia telah meminta maaf atas perlakuan yang diterimanya dalam kunjungannya ke Sydney. (AFP)

31 - Pengadilan Tinggi Nagoya, Jepang, menolak banding oleh 7 perempuan Korea Selatan yang menuntut ganti rugi atas pekerjaan seperti budak yang mereka harus lakukan di sebuah pabrik Jepang selama Perang Dunia II. (AP)

31 - Ekonomi India bertumbuh 9,4%, lebih cepat daripada yang diramalkan oleh pemerintah negara itu sendiri, yaitu 9,2%. Pertumbuhan industri yang kuat serta ledakan dalam bidang jasa seperti pelayanan telekomunikasi, telah menjadi kekuatan pendorong utamanya. (AFP)

31 - Pengadilan federal Malaysia menolak permohonan seorang perempuan Malaysia untuk mengakui haknya secara legal setelah ia beralih ke agama lain. (AFP)

Rabu, 30 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

30 - Empat warga Desa Alas Tlogo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur tewas dan delapan orang mengalami luka tembak (termasuk seorang bocah berusia 4 tahun) setelah ditembak Marinir TNI AL. Peristiwa ini dipicu sengketa tanah. Setelah kejadian ini, warga marah dan bergerak ke jalan utama penghubung Probolinggo-Pasuruan. Beberapa pohon yang ada di pinggir jalan kemudian ditebang warga. Ratusan warga menduduki jalan dan melarang kendaraan lewat. (Kompas) (Indymedia Jakarta)

30 - Pengadilan Thailand membubarkan Partai Thai Rak Thai mantan PM Thaksin Shinawatra yang dituduh membiayai partai-partai gurem untuk menghadapinya dalam pemilu tahun lalu. (AP)

30 - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menuduh bahwa Amerika Serikat membuka perlombaan senjata yang baru. Hal ini dikatakannya berkaitan dengan rencana AS untuk membangun sistem pertahanan rudal di negara-negara yang dulu berada di bawah pengaruh Moskwa. (AP)

30 - Polisi Bolivia menemukan sebuah laboratorium kokain di hutan Bolivia selatan yang mampu menghasilkan sekitar 111 kg obat bius setiap harinya. Ini adalah salah satu laboratorium terbesar yang pernah ditemukan di wilayah Andes ini. (AP)

{{{title}}}
Indonesia

30 - Pemimpin-pemimpin Indonesia memainkan pemerintah Australia di bawah Gough Whitlam "seperti bidak" dalam invasi terselubung mereka atas Timor Timur pada 1975, ujar Mark Tedeschi, QC, penasihat hukum yang membantu penyelidikan tentang kematian lima wartawan di Balibó, Timor Timur pada tahun itu. (SHM)

Selasa, 29 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

29 - Robert Zoellick, seorang perunding ulung, dicalonkan oleh Presiden Bush sebagai presiden Bank Dunia berikutnya menggantikan Paul Wolfowitz. (AP)

29 - Tiga orang warga Iran-Amerika, termasuk akademikus Haleh Esfandiari, dituduh mengancam keamanan nasional dan melakukan spionase di Iran. Tuduhan ini disangkal oleh sanak keluarga dan rekan kerja mereka. (AP)

29 - Dokter-dokter di Tiongkok mengeluarkan sebutir peluru sekitar 3 cm dari tengkorak seorang perempuan, 64 tahun setelah ia ditembak oleh Tentara Kerajaan Jepang. (AP)

29 - Mark McGowan, seorang seniman Britania, memakan anjing corgi, yang terkenal sebagai jenis anjing favorit Ratu Elizabeth II sebagai bagian dari protesnya setelah sebuah kelompok, yang anggotanya antara lain Pangeran Philip, dituduh membunuh seekor rubah tahun ini. (AP)

29 - Paus Benediktus XVI berencana akan memulihkan kantor khusus Vatikan yang menangani hubungan dengan umat Muslim, setahun setelah ia dikritik karena membubarkan kantor tersebut. (AFP)

29 - Bayi-bayi yang lahir terlalu berat dan bertumbuh dengan cepat, mempunyai 150% kemungkinan untuk menjadi kegemukan saat mereka mencapai usia 7 tahun, demikian diperlihatkan oleh sebuah survei yang dilakukan atas 8.000 anak di Hong Kong. (Reuters)

{{{title}}}
Indonesia

29 - Lima wartawan yang terbunuh pada tahun 1975 di Balibó, Timor Timur, "diselesaikan" oleh tentara Indonesia, demikian kesaksian seorang mantan perwira TNI-AL (SMH)

29 - Ehud Barak harus menghadapi Ami Ayalon dalam putaran kedua pemilihan ketua Partai Buruh, karena tak satupun dari keduanya yang berhasil mengumpulkan 40% suara minimum. (AP)

Senin, 28 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

28 - Cigar Aficionado, majalah penggemar cerutu mahal, mengkritik Departemen Keuangan AS yang terus mengejar-ngejar orang yang membeli cerutu Kuba. (Reuters)

28 - AS dan Iran mencairkan hubungan diplomatik yang telah membeku selama 27 tahun dengan pertemuan empat jam tentang keamanan Irak. (AP)

28 - Oxfam, LSM yang bertujuan memerangi kemiskinan, menyatakan bahwa negara-negara kaya sebagai penyebab utama polusi, harus memikul biaya terbesar dalam mengatasi pemanasan global. (Reuters)

28 - Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang Toshikatsu Matsuoka bunuh diri karena terlibat skandal dana politik dan manipulasi kontrak bisnis. (Kompas)

28 - Sebuah hotel di Melbourne, Australia, yang disukai kaum homoseksual memenangi hak untuk menolak memberikan pelayanan kepada kaum heteroseksual. Hak ini diberikan pemerintah untuk mencegah ejekan dan pelecehan terhadap pelanggan mereka. (AFP)

28 - Amien Rais memberikan keterangan pers soal aliran dana non bujeter Departemen Kelautan dan Perikanan dan dana asing ke pasangan calon presiden dalam Pemilu 2004. (Media Indonesia Online)

Minggu, 27 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

27 - Sekitar 2.000 warga Hindu India dari kasta rendah beralih memeluk agama Buddha dalam sebuah upacara massal yang menurut mereka akan memberikan martabat dalam masyarakat yang menganggap mereka "haram disentuh". (AP)

27 - Hakim-hakim senior Thailand akan memutuskan minggu ini apakah akan membubarkan dua partai politik terbesar negara itu. Thai Rak Thai yang dibentuk oleh Thaksin Shinawatra dan Partai Demokrat, partai tertua di Thailand, menghadapi serangkaian tuduhan penipuan dalam pemilu April tahun lalu. (AFP)

27 - Mesir mengecam AS setelah empat anggota Kongres berjumpa dengan seorang anggota parlemen dari Ikhwanul Muslimin yang dilarang di negara itu, kurang dari dua bulan setelah Steny Hoyer, pemimpin Mayoritas di Dewan Perwakilan bertemu dengan orang yang sama. (AP)

27 - Ribuan warga Ethiopia berkumpul untuk memperingati para korban junta Marxis yang brutal di bawah pimpinan Mengistu Haile Mariam. Diperkirakan sekitar 150.000 mahasiswa, intelektual, dan politikus, dibunuh dalam program pembersihan oleh rezim itu. (AP)

Sabtu, 26 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Kamera kuno

26 - Sebuah kamera daguerreotype buatan 1839 terjual dalam lelang di Wina dengan harga hampir AS$800.000. (AFP)

26 - Kaum homoseksual Rusia akan tetap meneruskan rencana parade kebanggaan mereka di Moskwa pada hari Minggu, meskipun ditentang oleh pemerintah kota dan kaum ekstremis ultra kanan. (AFP)

26 - Greenpeace menerbitkan bocoran dokumen yang menunjukkan bahwa Amerika Serikat sangat keberatan terhadap usul deklarasi pemanasan global dalam pertemuan puncak Kelompok Delapan bulan depan. (AFP)

26 - Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev memecat menantu lelakinya, Rakhat Aliyev, duta besar negaranya di Austria setelah ia menyatakan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden. (Reuters)

26 - Sekitar 25.000 pemohon suaka, yang permohonannya telah ditolak, akan diizinkan tinggal oleh pemerintah baru Belanda. Keputusan ini membatalkan kebijakan keras pemerintah sebelumnya. (AP)

26 - Hamas menyatakan tidak akan mengadakan gencatan senjata dengan Israel dan menyerukan lebih banyak serangan terhadap lawannya itu. (AP)

26 - Presiden Ukraina Viktor Yushchenko mengirim ribuan pasukan ke Kiev, namun pasukan yang setia kepada perdana menteri menahan mereka di luar kota. (AP)

Jumat, 25 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Para pejabat Universitas Stanford sedang menyelidiki klaim bahwa seorang perempuan berhasil mengaku sebagai mahasiswa, mengambil kelas, dan tinggal di asrama kampus selama 8 bulan. (AP)

{{{title}}}
Nigeria

25 - 49 penerima Penghargaan Perdamaian Nobel, antaranya Wole Soyinka, Dalai Lama, Uskup Agung Desmond Tutu, dan Elie Wiesel, menyerukan diulanginya pemilihan umum di Nigeria yang dianggap cacat. (Pravda)

Kamis, 24 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Regu penyelamat mengeluarkan 38 jenazah buruh tambang di sebuah tambang batu bara di Siberia selatan yang meledak. Sanak keluarga mereka menunggu para petugas mengidentifikasikan para korban. (AP)

24 - PM Jepang, Shinzo Abe, mengatakan dunia harus mengurangi gas rumah kaca hingga setengah pada 2050. Ini pertama kalinya Jepang menetapkan target konkret pengganti Protokol Kyoto yang berakhir 2012. (BBC News)

24 - Perundingan antara dua kelompok bermusuhan Bosnia, Serbia dan Muslim, mengalami hambatan karena kaum Serbia-Bosnia menolak persyaratan yang dituntut Uni Eropa. (Reuters)

24 - Krisis sampah di Napoli, Italia, semakin parah dengan rencana ditutupnya satu-satunya pembuangan sampah yang berfungsi di wilayah itu, sementara tumpukan sampah kian meninggi. (AP)

24 - PM Recep Tayyip Erdogan akan mendukung para jenderal Turki bila mereka melakukan serangan balasan terhadap para pemberontak Kurdi di utara Irak atas serangan bom bunuh diri di Ankara Selasa lalu. (AP)

{{{title}}}
Jepang

24 - Sekitar 40% roller coaster dan wahana serupa di Jepang tidak diinspeksi tahunan untuk memeriksa kemungkinan retak dan keausan metal, seperti yang diwajibkan oleh Standar Industri Jepang, demikian dilaporkan oleh survei Departemen Transportasi Jepang. (Asahi Shimbun)

24 - Penduduk pribumi Taiwan memprotes pemerintah kota Taipei atas rencana perubahan nama daerah sekitar Ketagalan Boulevard menjadi "Lapangan Demokrasi Anti Korupsi". (Taiwan News Online)

Rabu, 23 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

23 - Menteri Pertahanan Lebanon menerbitkan ultimatum kepada kaum militan yang berlindung di kamp pengungsi Palestina agar menyerah atau menghadapi serangan militer. (AP)

23 - Turki menuduh kaum pemberontak Kurdi sebagai pelaku pengeboman yang menewaskan 6 orang dan melukai sekitar 100 lainnya di Ankara. Pelaku bom bunuh diri ini adalah Guven Akkus, seorang suku Kurdi. (AP)

23 - "Perang melawan teror" yang dipicu rasa takut setelah Serangan 11 September, semakin memecah-belah dunia, demikian dinyatakan oleh Amnesty International dalam laporan tahunannya. (AFP)

23 - AC Milan mengalahkan Liverpool F.C. 2-1 (1-0) dalam Final Liga Champions 2006-07 di Athena untuk meraih gelar juara ketujuh kalinya. (UEFA)

23 - Ribuan warga Palestina meninggalkan sebuah kamp pengungsi di Lebanon utara setelah pertempuran hebat berkecamuk selama tiga hari. (AFP)

Selasa, 22 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

22 - Sebuah bom meledak di sebuah mal yang ramai di Ankara, Turki, merusakkan toko-toko dan menyebabkan setidaknya 6 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka. Tak satu pihak pun yang menyatakan dirinya bertanggung jawab. (Reuters)

22 - Britania Raya mengajukan permohonan ekstradisi kepada Rusia atas diri Andrei Lugovoi, bekas pengawal KGB, dalam kasus peracunan Alexander Litvinenko, mantan agen KGB. (AP)

22 - V. Gene Robinson, uskup Episkopal pertama yang menyatakan dirinya homoseksual maupun Uskup Martyn Minns yang memimpin kelompok konservatif dari Gereja yang sama tak akan diundang dalam Konferensi Lambeth tahun depan. (AP)

22 - Mahkamah Kriminal Internasional menyelidiki tuduhan-tuduhan pemerkosaan massal dan kejahatan-kejahatan perang lainnya di Republik Afrika Tengah. (AP)

22 - Komisi Menentang Penyiksaan PBB menuduh Jepang berusaha menyembunyikan praktiknya pada masa lampau dalam memaksa perempuan menjadi budak seks untuk melayani tentara Kekaisaran Jepang. (AP)

{{{title}}}
Kazakhstan

22 - Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev menandatangani amandemen konstitusional yang memungkinkannya menjadi presiden seumur hidup. (Reuters)

22 - Berbagai kasus pembunuhan, penculikan, penghilangan paksa dan intimidasi muncul hampir setiap hari di Sri Lanka dan membuat negara itu terjerumus ke dalam anarki dan perang. (AFP)

Senin, 21 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

21 - Bentrokan Israel-Palestina kian meningkat setelah Israel menewaskan 5 pejuang militan dalam serangan udara dan memberikan kesan bahwa para pemimpin politik Hamas dapat menjadi sasaran mereka berikutnya. (AP)

21 - Majelis Rendah parlemen Afganistan sepakat memecat Malalai Joya, seorang perempuan anggotanya, yang membangkitkan amarah para bekas pejuang mujahidin yang duduk di pemerintahan Presiden Hamid Karzai. Joya pernah membandingkan parlemen dengan kandang yang penuh hewan. (AP)

21 - Brice Hortefeux, Menteri Imigrasi dan Identitas Nasional yang baru dibentuk di Perancis menolak kemungkinan legalisasi para imigran gelap secara massal. Pemerintah akan mengambil kebijakan yang tegas dan pragmatis, katanya. (AP)

21 - Ribuan petani di Tiongkok barat daya melakukan kerusuhan di sebuah kantor pemerintah setelah denda yang berat dijatuhkan kepada keluarga-keluarga yang mempunyai anak melebihi jumlah yang diizinkan oleh kebijakan keluarga berencana negara itu. (AP)

{{{title}}}
Sri Lanka

21 - Kaum pemberontak separatis Macan Tamil bersumpah untuk tidak kembali ke meja perundingan damai kecuali bila pemerintah menghentikan kampanye militernya atas mereka. (AFP)

21 - Raksasa perangkat lunak komputer Microsoft menandatangani kesepakatan dengan Perdana Menteri Vietnam PM Nguyen Tan Dung dari Vietnam untuk menggunakan program asli untuk mengurangi pembajakan yang meluas di negara itu. (AFP)

21 - Seorang nelayan Indonesia menangkap seekor coelacanth, ikan purba yang diduga telah punah pada zaman dinosaurus. Ikan sepanjang 131 centimeter dengan berat 51 kg ini ditangkap di lepas pantai Provinsi Sulawesi Utara. (Reuters)

21 - Ratusan orang berdatangan ke sebuah desa terpencil di Nepal timur untuk menyaksikan sebuah patung dewa Hindu yang berkeringat. Hal ini dianggap sebagai tanda akan datangnya bencana di negara itu. (Reuters)

Minggu, 20 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

20 - Polisi Pakistan menahan sepasang suami-istri dengan tuduhan berbohong kepada sebuah pengadilan negara itu tentang gender sang suami yang mengalami operasi pergantian kelamin 16 tahun lalu. (AP)

20 - Dinas Pos Kerajaan Britania Raya akan menerbitkan sebuah seri perangko yang menggambarkan sampul buku-buku Harry Potter pada 17 Juli sebelum jilid terakhir buku itu beredar. (AP)

20 - Guram Sharadze, tokoh oposisi Georgia ditembak mati di sebuah jalan di tengah ibu kota negara itu, Tbilisi. Sharadze (67), ditembak lima kali dan tewas di tempat. (AP)

{{{title}}}
Lebanon

20 - Pasukan-pasukan Lebanon bertempur dengan kelompok militan yang dituduh mempunyai hubungan dengan Al-Qaeda di Tripoli dan kamp pengungsi Palestina yang terletak di sisinya. (AP)

20 - Asia telah mengalahkan Eropa sebagai pilihan utama para investor yang tinggal di luar negara asal mereka. Di antara pasar yang sedang berkembang, 42% investor memandang Tiongkok paling positif, sementara 32% memilih India. (NYT)

20 - Jose Ramos Horta diambil sumpahnya sebagai presiden kedua Timor Timur. Beberapa jam sesudah itu, pecah bentrokan di Dili yang menewaskan satu orang dan melukai beberapa lainnya. (AP)

Sabtu, 19 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Dalam sebuah referendum mayoritas rakyat Rumania menentang rencana pemecatan presiden mereka Traian Basescu yang dituduh menyalahgunakan kekuasaannya. (AP)

19 - Mantan Presiden Jimmy Carter mengkritik dukungan Tony Blair terhadap Presiden Bush dalam Perang Irak yang disebutnya sebagai "tragedi besar" dunia. (AP)

19 - Syeikh Mohammad bin Rasyid Al Maktoum meresmikan sebuah yayasan dengan dana AS$10 milyar untuk menyediakan beasiswa dan meningkatkan penelitian di Timur Tengah. (AP)

{{{title}}}
India

19 - Ratusan polisi dengan perlengkapan anti huru-hara dikerahkan di jalan-jalan di Hyderabad, India, mencegah kemarahan setelah sebuah masjid tua dari abad ke-17 di kota itu dibom sehari sebelumnya. (AP)

19 - Estanislau Aleixo da Silva diambil sumpahnya sebagai Perdana Menteri sementara Timor Timur menggantikan Jose Ramos Horta yang terpilih sebagai presiden awal bulan ini. (AFP)

Jumat, 18 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

18 - Presiden Haiti Rene Preval mengumumkan "perang tanpa akhir" terhadap korupsi. Ia menyebut para pejabat yang tidak jujur sebagai pengkhianat yang merampok investasi dan lapangan kerja di negara yang miskin itu.

18 - Tiga partai sekutu Presiden Abdelaziz Bouteflika berhasil mempertahankan mayoritasnya di parlemen Aljazair. Ketiganya memperoleh 249 dari 389 kursi yang diperebutkan untuk Majelis Rakyat Nasional. (AFP)

18 - Universitas Teramo di Italia tengah, ditutup terhadap Robert Faurisson, seorang profesor Perancis yang dikenal sebagai penyangkal Holocaust. (AP)

Kamis, 17 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Paul Wolfowitz

17 - Setelah berjuang mempertahankan kedudukannya, Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz akan mengundurkan diri pada akhir Juni karena konflik kepentingan menyangkut kompensasi yang sangat besar untuk pacarnya. (AP)

17 - Nasib Jaksa Agung Amerika Serikat Alberto Gonzales semakin suram setelah senator Demokrat mengusulkan mosi tidak percaya, senator Republikan kelima mendesaknya mundur dan seorang lainnya meramalkan bahwa ia tidak akan selamat dalam investigasi Kongres. (AP)

17 - 20 pemberontak Macan Tamil terbunuh oleh tentara Sri Lanka. Dilaporkan pihak pemberontak sebelumnya telah menembaki posisi-posisi militer sepanjang perbatasan de facto di utara negara itu. (AFP)

17 - Parlemen Afganistan menuntut agar Presiden Hamid Karzai menerima keputusannya untuk memberhentikan menteri luar negerinya menyangkut pemulangan paksa ribuan rakyat dari Iran. (AFP)

17 - Presiden Nicolas Sarkozy menunjuk temannya sesama tokoh konservatif yang setia François Fillon, sebagai perdana menteri untuk memimpin program sosial dan ekonominya yang ambisius. (AFP)

17 - Kuba akan mengeluarkan AS$185 juta untuk memperbaiki lebih dari 200 resort, lapangan golf, marina dan berbagai fasilitas lainnya untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkurang tahun ini. (AP)

{{{title}}}
Korea Utara
{{{title}}}
Korea Selatan

17 - Lembaran sejarah baru dibuka oleh Korea Utara dan Selatan ketika untuk pertama kalinya dua kereta api diberangkatkan dari kedua negara melintasi perbatasan yang dijaga ketat. (AFP)

Rabu, 16 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

16 - Pangeran Harry batal dikirim ke Irak bersama resimennya karena adanya "ancaman yang spesifik" dari pihak pemberontak. (AP)

16 - Gordon Brown dipastikan menjadi pemimpin Partai Buruh setelah mengumpulkan cukup nominasi untuk memperebutkan jabatan itu tanpa menghadapi saingan berarti. (AFP)

16 - Polisi Myanmar menahan lalu membebaskan kembali 15 aktivis yang menuntut pembebasan pemimpin oposisi negara itu, Aung San Suu Kyi, (AP)

16 - Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz yang dituntut mundur oleh banyak pihak karena kasus konflik kepentingan dengan pacarnya, berusaha mencari penyelesaian yang menyelamatkan mukanya dengan dewan direktur Bank tersebut. (AP)

16 - Para ilmuwan menemukan bukti bahwa paparan tingkat rendah dengan gas sarin yang dialami oleh lebih dari 100.000 pasukan Amerika Serikat dalam Perang Teluk I dapat menyebabkan "kerusakan otak yang berkepanjangan." (Reuters)

{{{title}}}
Filipina

16 - Pihak oposisi menuduh pemerintah Filipina berusaha memanipulasi hasil pemilihan kongres dengan mempertanyakan hasil penghitungan cepat yang memperlihatkan bahwa oposisi kemungkinan akan tetap menguasai Senat. (AP)

16 - Korea Utara dan Selatan akan mengirim kereta api melintasi perbatasan mereka yang dijaga ketat. Ini adalah langkah penting dalam upaya rekonsiliasi kedua negara yang terbagi sejak Perang Korea lebih dari 50 tahun lalu. (Reuters)

Selasa, 15 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Presiden Bush memilih Letjen. Douglas Lute untuk mengawasi pertempuran di Irak dan Afganistan sebagai "czar perang". (AP)

15 - Venezuela akan memberlakukan pembatasan merokok di bar dan restoran, namun tak ada rencana untuk menghentikan produksi sigaret dan tembakau. (AP)

15 - Seorang lelaki Spanyol menemukan jenazah bekas pemilik rumah yang baru dibelinya sedang duduk di sofa di ruang tamu rumah tersebut. Bukannya membusuk, jenazah itu terawetkan oleh udara tepi pantai yang asin di Roses. (AP)

15 - Yuko Tojo, cucu perempuan Hideki Tojo, perdana menteri Jepang selama Perang Dunia II, akan mencalonkan diri untuk sebuah kursi di parlemen, untuk "memulihkan kehormatan" mereka yang berkorban nyawa untuk Jepang. (AP)

15 - Pdt. Jerry Falwell (73), tokoh sayap kanan pendiri Moral Majority di AS, meninggal dunia setelah ditemukan tidak sadar di kantornya di Universitas Liberty, Virginia, (AP)

{{{title}}}
Timor Timur

15 - Timor Timur kembali dilanda kerusuhan yang melukai 14 orang setelah pemilihan presiden di negara itu. Selain korban manusia, 7 rumah dibakar dan 9 lainnya dihancurkan di Viqueque dan Ermera (AP)

15 - 126 orang tewas dalam kerusuhan yang terkait dengan pemilihan umum di Filipina, sementara para petugas menghitung kertas suara. (AFP)

Senin, 14 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

14 - Orang nomor dua di Departemen Kehakiman AS, Paul McNulty menjadi korban terbaru dalam kehebohan menyangkut pemecatan 9 jaksa Amerika Serikat. McNulty mengundurkan diri dengan alasan keluarga. (AP)

14 - Sebuah panel khusus Bank Dunia menyimpulkan bahwa Paul Wolfowitz telah melanggar peraturan bank dengan mengatur paket kompensasi untuk pacarnya yang menyebabkan "krisis kepemimpinan" di lembaga itu. (AP)

14 - Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad dirawat intensif setelah dirumahsakitkan karena gangguan pernapasan. (BBC News)

14 - Presiden Taiwan Chen Shui-bian menunjuk Chang Chun-hsiung sebagai perdana menteri baru negara itu menggantikan Su Tseng-chang yang mengundurkan diri Sabtu lalu karena tidak dipilih partainya sebagai kandidat presiden. (BBC News)

14 - Seorang remaja lelaki masuk ke kantor polisi di Aizuwakamatsu, Jepang, sambil menjinjing sebuah kantong berisi kepala manusia dan mengaku bahwa ia telah membunuh ibunya sendiri. (BBC News)

Minggu, 13 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Serbia

13 - Tomislav Nikolić, ketua parlemen Serbia yang ultra-nasionalis, mengundurkan diri hanya lima hari setelah memegang jabatan itu. Hal ini menghilangkan rasa kuatir bahwa negara itu akan kembali ke masa haus perangnya pada masa lalu. (AP)

13 - Serikat buruh pusat Nigeria menyerukan protes massal selama dua hari atas pemilihan umum bulan lalu yang banyak dikritik oleh para pengamat setempat maupun asing karena curang. (AFP)

13 - Satu setengah juta pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Izmir untuk menunjukkan dukungannya terhadap sekularisme sebagai dasar negara Turki yang didirikan oleh Mustafa Kemal Ataturk pada 1923. (AP)

13 - PM John Howard menyatakan bahwa pemerintah Australia melarang tim kriket negara itu mengadakan tur di Zimbabwe September mendatang, karena ia tidak ingin mendukung rezim seorang "diktator yang menjijikkan." (AP)

13 - Menlu AS Condoleezza Rice tiba di Rusia dalam rangka memperbaiki hubungan yang tegang antara kedua negara karena perbedaan pendapat mengenai Kosovo dan pertahanan rudal yang mengkhawatirkan sebagian pihak akan menimbulkan Perang Dingin yang baru. (The Washington Post)

Sabtu, 12 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Pervez Musharraf

12 - Presiden Pakistan Pervez Musharraf menghadapi krisis dalam pemerintahannya ketika sekelompok orang bersenjata pro-pemerintah bentrokan dengan pihak oposisi dan menewaskan 36 orang di Karachi. (AP)

12 - Maya Soetoro-Ng memulai debutnya sebagai juru kampanye kakak tirinya, Barack Obama. Soetoro-Ng lahir di Indonesia dan beribu yang sama dengan kakaknya, Barack. Ayahnya, Lolo Soetoro, adalah seorang Indonesia. (AP)

12 - Mullah Dadullah, panglima militer Taliban paling terkemuka dilaporkan tewas dalam pertempuran di Afganistan selatan melawan pasukan-pasukan Afghanistan dan NATO. (AP)

12 - Presiden Bolivia, Evo Morales akan mewujudkan janji kampanyenya untuk menasionalisasikan industri minyak bumi dan gas alam negaranya. (AP)

12 - Sehari setelah mengumumkan pencalonannya, Gilles Duceppe, politikus veteran Quebec, Kanada, membatalkan rencananya untuk ikut memperebutkan jabatan pemimpin Parti Quebecois. Sebaliknya, ia akan memberikan dukungannya kepada Pauline Marois, satu-satunya kandidat untuk ketua partai tersebut. (Reuters)

Jumat, 11 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Steven Spielberg

11 Mei 2007 - Steven Spielberg bergabung dengan bintang-bintang Hollywood lainnya dalam seruannya kepada Tiongkok agar menekan Sudan menerima pasukan pemelihara perdamaian PBB. (Reuters)

11 - Para imigran Haiti marah atas tuduhan bahwa sebuah kapal patroli Kepulauan Turks dan Caicos diduga telah menyebabkan kapal yang penuh sesak dengan penumpang bangsa Haiti terbalik dan menewaskan setidaknya 61 orang saudara sebangsa mereka. (AP)

11 - Menteri Keuangan Britania Raya, Gordon Brown memulai kampanyenya untuk menjadi pemimpin baru Partai Buruh—dan perdana menteri baru—negara itu. Ia menjanjikan gaya kepemimpinan yang berbeda dengan Tony Blair. (AFP)

11 - Gilles Duceppe, ketua Bloc Quebecois di Parlemen Kanada, mengumumkan bahwa ia akan ikut serta dalam pemilihan pemimpin Parti Quebecois yang separatis di Quebec, Kanada, setelah partai itu mengalami kekalahan besar pada pemilihan 26 Maret lalu. (Reuters)

11 - Tujuh mantan duta besar AS meminta Presiden Bush untuk menarik Sam Fox, duta besar AS untuk Belgia yang ditunjuk pada masa reses. Fox adalah pengusaha yang merupakan donor Partai Republik. (AP)

Kamis, 10 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Amerika Serikat

10 - Jenderal David Petraeus mengingatkan pasukannya agar menaati peraturan, setelah Pentagon menemukan bahwa banyak tentara dan Marinir Amerika Serikat mendukung praktik penyiksaan untuk membela teman dan tak melaporkan bila anggota satuannya membunuh atau melukai warga sipil Irak. (AP)

10 - Ali Hassan al-Majid, yang dijuluki "Ali Kimia", sepupu Saddam Hussein, membantah bahwa ia bertanggung jawab atas penggunaan senjata kimia terhadap suku Kurdi pada akhir 1980-an. (AP)

10 - Kasus eutanasia di Belanda menurun tajam setelah praktik itu dilegalisasikan enam tahun yang lalu. Para pasien yang tak punya harapan sembuh banyak memilih untuk dibius hingga mereka meninggal secara alami. (AP)

10 - Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa para anggota parlemen Meksiko yang Katolik harus diekskomunikasikan karena menyetujui legalisasi aborsi di Mexico City. (AP)

10 - Sebuah rumah sakit Katolik di Kumamoto, Jepang, menyediakan pelayanan penerimaan bayi yang tidak diingini oleh orangtuanya, hingga janin tak perlu diaborsi atau si bayi ditinggalkan begitu saja di tempat yang tidak aman. (AP)

[[Berkas:|80px||Tony Blair|alt={{{title}}}]]
Tony Blair

10 - PM Britania Raya Tony Blair mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri dari jabatannya pada 27 Juni. (BBC)

10 - José Ramos Horta dinyatakan unggul oleh Komisi Pemilihan Umum Timor Timur dalam putaran kedua pemilihan presiden negara itu, sementara kertas suara masih dihitung. (AP)

Rabu, 9 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Gereja-gereja di lima kota besar Amerika Serikat akan melindungi para imigran gelap dengan menyediakan gedungnya sebagai tempat perlindungan bila diperlukan. Sementara itu, mereka mendesak para anggota legistlatif untuk membuka kemungkinan menjadi warga negara bagi para imigran itu. (AP)

9 - Para arkeolog menemukan sepotong kain berusia 2700 tahun dalam sebuah wadah tembaga di makam yang mereka duga meniru kremasi para tentara yang dilukiskan dalam Iliad karya Homerus. (AP)

9 - Menteri Informasi Palestina, Mustafa Barghouti, menyatakan bahwa Hamas telah menunda acara televisi yang menampilkan tokoh mirip Miki Tikus yang menganjurkan anak-anak Palestina untuk melawan Israel dan mengusahakan dominasi Islam di dunia. (AP)

9 - Chad berjanji mendemobilisasi tentara anak-anak yang berperang di pihak pemerintah maupun kelompok pemberontak. (Reuters)

Selasa, 8 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Iran

8 - Iran menyetujui kompromi untuk agenda perundingan global untuk menunjang perjanjian non pengembangan nuklir dan dengan demikian menyelamatkan pertemuan yang telah macet selama seminggu. (Reuters)

8 - Mantan Presiden Bill Clinton mengumumkan kesepakatan dengan dua perusahaan farmasi generik India untuk memproduksi obat-obatan HIV/AIDS yang murah untuk 66 negara berkembang. (BBC News)

8 - Britania Raya menyelamatkan gadis 11 tahun kelahiran negara itu yang dipaksa menikah di Bangladesh. (BBC News)

8 - Tomislav Nikolić, pemimpin Partai Radikal Serbia yang nasionalis, terpilih menjadi ketua parlemen negara itu dengan dukungan kaum konservatif pendukung PM Vojislav Kostunica yang habis masa jabatannya. (BBC News)

8 - Irlandia Utara memasuki era baru ketika dua musuh bebuyutan Protestan dan Katolik diambil sumpahnya untuk berbagi kekuasaan dan memulihkan pemerintahan sendiri di provinsi yang telah lama dirundung masalah. (AFP)

Senin, 7 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
SN 2006gy

7 - Sebuah supernova yang dinamai SN 2006gy dengan ledakan yang sangat hebat dalam jarak yang sangat jauh telah membuat takjub para astronom yang menyaksikan sisa-sisa ledakannya lewat teleskop mereka. Ledakan ini pertama kali dilihat pada musim gugur yang lalu. (AP)

7 - Kevin Kellems, seorang pembantu dekat Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz, mengundurkan diri dengan alasan bahwa pimpinan bank sekarang membuatnya sulit melaksanakan tugasnya. Ini merupakan pukulan bagi Wolfowitz yang menghadapi tuntutan agar mundur. (Reuters)

7 - Salah satu pipa utama yang menyalurkan gas Rusia untuk Uni Eropa meledak di Ukraina, namun para pejabat mengatakan pasokannya tidak akan terpengaruhi. (AFP)

7 - Tim penyelamat melakukan operasi pengambilan jenazah 114 awak dan penumpang pesawat Kenya Airways yang jatuh Sabtu lalu di Kamerun selatan. Tak seorang korban pun yang selamat. (AFP)

7 - Parlemen Turki menyetujui usulan untuk mengadakan pemilihan presiden langsung empat tahun sekali. Kini parlemen harus menyetujui usul itu dengan 2/3 mayoritas dalam pemungutan suara putaran kedua. (AP)

7 - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan (reshuffle) kedua Kabinet Indonesia Bersatu. Lima menteri adalah wajah baru di kabinet, dua menteri dirotasi, dan lima menteri diberhentikan. (Kompas)

{{{title}}}
Tiongkok

7 - Badan keluarga berencana penting Tiongkok memperingatkan bahwa tingkat populasi di negara itu dapat kembali melonjak karena orang-orang kaya mengabaikan undang-undang pengendalian populasi dan karena pernikahan pada usia muda di pedesaan. (AP)

Minggu, 6 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

6 - Sebuah pesawat terbang yang membawa 9 pasukan pemelihara perdamaian jatuh di Sinai, sekitar 80 km dari kota terdekat El-Nakhl. (AP)

6 - Partai Demokrat Liberal menolak tawaran koalisi dengan Partai Nasional Skotlandia untuk membentuk pemerintahan baru Skotlandia. (BBC News)

6 - Nicolas Sarkozy, tokoh konservatif pro Amerika terpilih sebagai presiden baru Perancis untuk masa jabatan lima tahun. (AP)

6 - Kamerun menemukan pesawat Kenya Airways yang jatuh bersama 114 penumpangnya di sebuah rawa tak begitu jauh dari bandar udara Douala. Tak diketahui apakah ada yang selamat dalam musibah itu. (Reuters)

6 - Pengembangan ilmu pengetahuan di Rusia di bawah Presiden Vladimir Putin didorong semata-mata oleh keuntungan. Bahkan pada masa Josef Stalin sekalipun campur tangan pemerintah tidak sedemikian besar, kata Vitaly Ginzburg, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisika asal Rusia. (Reuters)

{{{title}}}
Turki

6 - Abdullah Gul, kandidat presiden dari partai yang berkuasa di Turki menarik diri setelah para anggota parlemen oposisi memboikot pemungutan suara kedua untuk pencalonannya. (AP)

6 - Popularitas Presiden Bush mencapai tingkat terendah. Sekitar 62% rakyat Amerika percaya bahwa Bush "keras kepala dan tak mau mengakui bahwa ia melakukan kesalahan." (Reuters)

Sabtu, 5 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Israel

5 - Menteri Pertahanan Israel Amir Peretz akan mengundurkan diri setelah sebuah komisi penyelidik mengkritik caranya menangani perang di Lebanon musim panas lalu. Komisi itu menemukan bahwa Peretz tidak menjalankan tugasnya dengan baik antara lain karena ia tak berpengalaman dalam masalah kemiliteran. (AP)

5 - Pangeran Abdul-Majid bin Abdul-Aziz, gubernur kota suci Mekkah, meninggal dunia setelah lama menderita sakit. (AP)

5 - Tim-tim forensik menggali 211 tulang-belulang dari lusinan kuburan massal dekat sebuah kota di Kolombia selatan dalam 10 bulan terakhir ini. Kebanyakan korban, yang diduga dibunuh antara 1999-2001, telah dipotong-potong sebelum dikuburkan. (AP)

5 - Pengawal Pantai AS telah menghentikan pencarian atas lebih dari 40 imigran Haiti yang kapalnya tenggelam sehari sebelumnya setelah pejabat setempat menyatakan bahwa harapan untuk menyelamatkan lebih banyak korban telah lenyap. (AP)

5 - Abimael Guzmán, pendiri gerakan gerilya Jalan Terang di Peru akan menikahi bawahannya, Elena Iparraguirre pada tanggal yang tak diumumkan. Guzman dan Iparraguirre ditahan seumur hidup atas tuduhan terorisme di penjara yang terpisah. (AP)

5 - Ayman al-Zawahiri, wakil Osama bin Laden, orang nomor 2 di Al-Qaeda, mengejek Presiden Bush dan Kongres yang menuntut penarikan mundur pasukan AS dari Irak. Rancangan Undang-Undang itu, katanya, akan merampas kesempatan kelompok ini untuk membunuh lebih banyak orang Amerika. (AP)

5 - Boeing 737-800 Kenya Airways dengan nomor penerbangan 507 jatuh setelah lepas landas di Kamerun. Nasib pesawat dan 114 penumpangnya belum diketahui. (Kompas)

Jumat, 4 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Skotlandia

4 - Partai Nasional Skotlandia berhasil mengalahkan Partai Buruh yang telah mendominasi politik Skotlandia selama 50 tahun. Kekalahan ini menimbulkan masalah bagi Gordon Brown, menteri keuangan Britania Raya yang hampir dipastikan akan menggantikan PM Tony Blair. (Reuters)

4 - Paul Wolfowitz dituduh gagal mengangkat masalah korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia saat menjadi duta besar di Indonesia. (AP)

4 - Dua wartawan Azerbaijan dinyatakan bersalah dan dijebloskan ke penjara, masing-masing empat dan tiga tahun, karena dituduh membangkitkan kebencian melalui artikel mereka yang mengkritik Islam. (AP)

4 - Pemerintah kiri yang baru di Ekuador telah membentuk komisi kebenaran untuk menyelidiki tuduhan-tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan pada 27 tahun terakhir, khususnya selama pemerintahan sayap kanan Presiden León Febres Cordero Rivadeneira. (AP)

4 - Sebuah kapal dengan sekitar 160 penumpang bangsa Haiti terbalik di perairan Kepulauan Turks dan Caicos. 78 orang selamat, 16 jenazah dengan gigitan hiu berhasil ditemukan, 60 orang lainnya masih dicari. (AP)

4 - Presiden Robert Mugabe memperingatkan para uskup Katolik Roma negaranya bahwa mereka telah memilih "jalan yang berbahaya" dengan mempersalahkan dirinya atas kekacauan politik dan ekonomi negara itu. (AP)

4 - Sebuah lukisan dinding Buddhis sepanjang 7 meter dari abad ke-14 ditemukan di sebuah gua di Nepal utara ketika seorang gembala beristirahat di sana. Gua itu diduga telah digunakan untuk maksud-maksud keagamaan. (AP)

Kamis, 3 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Kuba

3 - Beberapa anggota tentara Kuba yang mencoba melarikan diri dari negara itu dengan membajak pesawat yang akan berangkat ke Miami, Florida, Amerika Serikat, berhasil membunuh seorang letnan kolonel yang mereka sandera, namun upaya pelarian itu sendiri gagal. (AP)

3 - Sejak tahun 2000 lebih banyak rakyat Meksiko yang pindah ke Amerika Serikat daripada jumlah mereka yang meninggal dunia. Saat ini diperkirakan 11 juta orang Meksiko yang tinggal di Amerika Serikat baik secara legal maupun ilegal. (AP)

3 - Sudan menolak kerja sama dengan Mahkamah Kriminal Internasional mengenai Darfur dan dengan demikian kemungkinan akan menghadapi sanksi dan isolasi lebih jauh dari negara-negara lain. (AFP)

3 - Skotlandia memperingati 300 tahun penyatuannya dengan Inggris untuk membentuk Britania Raya. Namun rakyat wilayah itu siap memberikan kemenangan kepada partai yang berusaha membubarkan penyatuan tersebut. (AP)

3 - Partai yang berkuasa di Turki dan pihak oposisi sepakat untuk mempercepat pemilihan umum menjadi 22 Juli sebagai jalan satu-satunya untuk mengatasi konfrontasi mereka tentang Islam politik. (AP)

3 - PM Myanmar Jenderal Soe Win kembali ke tanah air setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura. Soe Win, yang dilaporkan menderita leukemia, segera dibawa ke sebuah rumah sakit militer di Yangon setibanya ia di Myanmar. (BBC News)

Rabu, 2 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Rusia

2 - Pemuda-pemuda Rusia melakukan protes di Moskwa mengecam Estonia yang memindahkan tugu peringatan perang Soviet dari ibukotanya. (AP)

2 - Jaksa Agung Alberto Gonzales dipanggil paksa untuk menyerahkan surat-e apapun yang mungkin dimilikinya dari penasehat politik Gedung Putih, Karl Rove, sehubungan dengan penyelidikan Kongres tentang pemecatan 8 jaksa federal. (Reuters)

2 - PM Ehud Olmert bersikeras untuk bertahan dalam jabatannya meskipun Menlu Tzipi Livni mendesaknya agar mundur. Tindakan Olmert ini mendapat dukungan dari partainya, Kadima. (AP)

2 - Bekas Presiden Peru Alberto Fujimori yang ditahan di Chili menyangkal bahwa ia berencana meminta suaka politik di Kedutaan Besar Jepang di Santiago untuk menghindari ekstradisi ke Lima. (Reuters)

2 - Ratusan perwira militer Argentina dari semua angkatan menjalani latihan dasar dalam hak asasi manusia. Inisiatif ini diambil oleh Menteri Pertahanan Nilda Garré, politikus kiri veteran dan pengritik junta militer 1970-an. (AP)

2 - Makam pemimpin komunis terakhir Hongaria, János Kádár, divandal dan tulang-belulangnya kemungkinan telah dicuri. Di dekat makam itu juga terdapat grafiti yang berbunyi "pembunuh dan pengkhianat tak boleh beristirahat di tanah yang suci." (BBC News)

Selasa, 1 Mei 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Irak

1 - Pejabat-pejabat Amerika Serikat dan Irak berusaha memastikan kematian Abu Ayyub al-Masri, tokoh Al-Qaeda yang dilaporkan tewas di tangan lawan-lawannya. (AP)

1 - Puncak es di Arktik mencair 30 tahun lebih awal daripada yang diperhitungkan sebelumnya. Hal ini akan mempercepat peningkatan suhu di bumi. (Reuters)

1 - Pemimpin ekstrem kanan Perancis, Jean-Marie Le Pen, menganjurkan para pendukungnya agar tidak memberikan suara baik kepada Nicolas Sarkozy maupun Ségolène Royal dalam putaran kedua pemilihan presiden Minggu mendatang. (AP)

1 - Pemimpin Kuba Fidel Castro tidak muncul di depan rakyatnya untuk merayakan Hari Buruh, membangkitkan keraguan baru tentang kepulihan kesehatannya dan spekulasi tentang kembalinya ke tampuk kekuasaan. (AP)

1 - Mahkamah Konstitusi Turki membatalkan pemungutan suara di parlemen untuk kandidat presiden negara itu. Karena itu, pemerintah menyatakan akan mempertimbangkan kemungkinan untuk mengadakan "secepat mungkin" pemilihan umum yang lebih awal. (AP)

1 - Pasukan pemelihara perdamaian Uni Afrika mulai mematroli jalan-jalan di Mogadishu, Somalia, setelah pemerintah setempat menyatakan kemenangannya atas para pemberontak. (AP)

1 - Liberia membuka kembali perdagangan intannya setelah PBB mencabut embargo, dengan harapan bahwa industri itu akan mendanai pembangunan kembali negara tersebut dan bukannya malah menimbulkan pertumpahan darah lebih jauh. (Reuters)