Pantai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pantai di Australia.

Pantai atau pesisir (Inggris: beach) adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.

Menurut koreksi PBB tahun 2008, Indonesia merupakan negara dengan garis Pantai terpanjang keempat di dunia setelah Amerika Serikat (USA), Kanada dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sebesar 95.181 km.

Garis pantai[sunting | sunting sumber]

Suasana garis pantai di Tanjung Benoa, Bali.

Garis pantai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi. Garis laut dapat berubah karena adanya abrasi, yaitu pengikisan pantai oleh hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan.

Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan dalam mengamankan garis pantai seperti pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi di pantai.

Untuk mengatasi abrasi/penggerusan garis pantai dari gelombang/ombak dapat digunakan pemecah gelombang yang berfungsi untuk memantulkan kembali energi gelombang. Berbagai cara yang ditempuh untuk memecahkan gelombang di antaranya dengan menggunakan tumpukan tetrapod yang terbuat dari beton pada jarak tertentu dari garis pantai.

Hutan bakau dapat membantu mengatasi gelombang serta sekaligus bermanfaat untuk kehidupan binatang serta tempat berkembang biak ikan-ikan tertentu. Hutan bakau disebagian besar pantai Utara sudah hilang karena ulah manusia, yang pada gilirannya akan menggerus pantai.

Terumbu karang juga merupakan pemecah gelombang alami, sehingga sangat perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan dalam mempertahankan garis pantai.

Jenis jenis pantai[sunting | sunting sumber]

Menurut suatu penelitian, bahwa setiap pantai di berbagai daerah dunia memiliki jenis dan ciri khas tersendiri.

Ada sekitar empat jenis pantai menurut bentuknya, yaitu sebagai Berikut:

  • Pantai Landai, yaitu Pantai yang memiliki ciri khas yang permukaannya relatif datar. Pantai jenis ini biasanya adalah Hutan Mangrove, Pantai Bukit Pasir, Pantai Delta, dan Pantai Estuari.
  • Pantai Curam, yaitu Pantai yang bergunung gunung. Pantai ini bisa terbentuk disebabkan peretakan yang memanjang sejajar Pantai yang terkikis oleh ombak besar, sehingga menciptakan tebing tebing curam dan laut dalam.
  • Pantai Bertebing, yaitu Pantai yang curam Di muka tebing karena adanya pegunungan melintang agak lurus terhadap Pantai.
  • Pantai Karang, yaitu Pantai yang disepanjang Dasar lautnya terdapat karang.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]