Gereja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah gereja di Johor, Malaysia.

Gereja (bahasa Inggris: Church; bahasa Portugis: Igreja) adalah suatu kata bahasa Indonesia yang berarti suatu perkumpulan atau lembaga dari penganut iman Kristiani. Istilah Yunani ἐκκλησία, yang muncul dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen biasanya diterjemahkan sebagai "jemaat/umat". Istilah ini muncul dalam 2 ayat dari Injil Matius, 24 ayat dari Kisah Para Rasul, 58 ayat dari surat Rasul Paulus, 2 ayat dari Surat kepada Orang Ibrani, 1 ayat dari Surat Yakobus, 3 ayat dari Surat Yohanes yang Ketiga, dan 19 ayat dari Kitab Wahyu.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Gereja-gereja Kekristenan awal memiliki keyakinan yang berhubungan dengan politeisme dan astronomi. Dalam pengajaran gereja Kekristenan awal terdapat konsep bahwa spiritual merupakan suatu hubungan perdagangan dengan roh sejati. Pembangunan gereja-gereja Kekristenan awal selalu dilakukan di sekitar tempat-tempat spiritual kuno. Tempat-tempat ini antara lain sumur-sumur suci, gua-gua keramat, dan kuil-kuil atau sekolah-sekolah yang mengkaji tentang misteri. Semua tempat tersebut diaykini sebagai penghubung dunia roh melalui kontinum ruang dan waktu. Dalam astroarkeologi, penempatan tempat-tempat penghubung ini berkaitan dengan astronomi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Black, Jonathan (2015). Wiyati, Nunung, ed. Sejarah Dunia yang Disembunyikan [The Secret History of the World]. Diterjemahkan oleh Soekato, I. B., dan Toha, A. Jakarta: PT Pustaka Alvabet. hlm. 57–58. ISBN 978-602-9193-67-1.