Bangsa Slavia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bangsa Slavia merujuk pada kelompok etnis dan bahasa yang tergolong di dalam keluarga Indo-Eropa, yang mayoritas tinggal di Eropa Timur. Mulai dari abad ke-6 lagi, mereka mulai berpindah dari tanah air mereka untuk tinggal di bagian paling timur di Eropa Tengah, area Eropa Timur lainnya dan juga sekitar Semenanjung Balkan. Banyak yang kemudian terus tinggal di wilayah yang kini dikenal sebagai Siberia dan juga Asia Tengah atau berhijrah ke area lain di seluruh dunia.

Negara-negara modern dan kelompok etnis dengan nama "Slavia" dianggap dari segi genetik dan budaya sebagai kelompok yang beragam dan hubungan di antara mereka adalah berbeda, dari perasaan yang akrab ke perasaan saling membenci. Kelompok etnis ini kini tinggal dan membentuk mayoritas di banyak negara seperti Rusia, Ukraina, Polandia (termasuk kelompok minoritas Kashubi), Ceko, Belarus , Slowakia, Slovenia, Kroasia, Serbia, Montenegro, Bulgaria, Republik Macedonia dan Bosnia-Herzegovina. Negara-negara lain seperti Kazakhstan, Libya, Moldova, Lithuania, Estonia dan Latvia juga memiliki bangsa Slavia dalam jumlah yang agak besar.

Di Jerman, orang Sorbia yang kebanyakan tinggal di Lausitz membentuk kelompok minoritas yang dilindungi. Selain itu, Austria turut melindungi yang sama ke grup etnis minoritas Slavia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • P.M. Barford, The Early Slavs: Culture and Society in Early Medieval Eastern Europe, British Museum Press, London 2001, ISBN 978-0-7141-2804-7
  • F. Curta, The Making of the Slavs: History and Archaeology of the Lower Danube Region, Cambridge University Press, Cambridge 2001, ISBN 0-521-80202-4.
  • P. Vlasto, The Entry of the Slavs into Christendom, An Introduction to the Medieval History of the Slavs, Cambridge University Press, Cambridge 1970, ISBN 978-0-521-07459-9, ISBN 978-0-521-10758-7