Scordisci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta wilayah Scordisci.

Scordisci (Yunani: Σκορδίσκοι, bahasa Serbia: Скордисци) adalah suku Galia dari Zaman Besi yang menetap di wilayah pertemuan Sungai Sava, Sungai Drava dan Donau, di wilayah Serbia saat ini. Suku Kelt ini dibentuk setelah invasi Galia ke Balkan[1] dan telah bercampur dengan orang-orang Trakia dan Iliria.[2] Mereka berada di wilayah tersebut dari abad ke-3 SM hingga permulaan abad ke-1 M. Suku-suku Scordisci terkonsolidasi menjadi suatu negara kesukuan dan pada puncak kejayaannya menguasai wilayah Serbia, Kroasia, Bulgaria dan Rumania. Namun, mereka ditaklukan oleh bangsa Romawi pada abad ke-1 M dan wilayah mereka menjadi bagian dari Provinsi Pannonia, Moesia dan Dacia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wilkes 1992, hlm. 84. "... Autariatae at the expense of the Triballi until, as Strabo remarks, they in their turn were overcome by the Celtic Scordisci ..."
  2. ^ Dáithí Ó hÓgáin (2002). The Celts: A History. Boydell Press. hlm. 60. ISBN 978-0-85115-923-2. ... element among the more numerous local populations of Thracians and Illyrians. The most powerful such new group of mixed Celts was the Scordisci... 

Referensi[sunting | sunting sumber]