Kirgizstan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Кыргыз Республикасы
Kyrgyz Respublikasy
Кыргызская республика
Kyrgyzskaya respublika
Bendera
Motto
Lagu kebangsaanLagu Kebangsaan Kirgizstan
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Bishkek
Bahasa resmi Kirgiz, Rusia
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Almazbek Atambayev
 -  Perdana Menteri Zhantoro Satybaldiyev
Kemerdekaan
 -   - Deklarasi
 - Diakui
Dari Uni Soviet
31 Agustus 1991
25 Desember 1991 
Luas
 -  Total 199,951 km2 (86)
 -  Perairan (%) 3,6%
Penduduk
 -  Perkiraan 2010 5.550.239 (110)
 -  Sensus 2009 5.362.800 
 -  Kepadatan 27,4/km2 (176)
PDB (KKB) Perkiraan 2011
 -  Total $13,125 miliar 
 -  Per kapita $2.372 
Mata uang Som (KGS)
Zona waktu (UTC+6)
 -  Musim panas (DST) tidak ada (UTC+6)
Ranah Internet .kg
Kode telepon 996

Kirgizstan (Bahasa Kirgiz: Кыргызстан) yang dulu, sebelum berpisah dari Uni Soviet dikenal sebagai Kirgisia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, Kazakhstan, Tajikistan, dan Uzbekistan. Ibu kotanya berada di Bishkek (dahulu bernama Frunze).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kirgizstan dianeksasi oleh Kekaisaran Rusia pada 1864; negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 1991. Di bawah Uni Soviet, Kirgizstan menjadi Republik Sosialis Soviet pada 1937 dengan nama lengkap Republik Sosialis Soviet Kirgizia (atau RSS Kirgizia).

Pada tahun 2005, terjadi kerusuhan di Kirgizstan yang berujung pada jatuhnya presiden Askar Akayevich Akayev.

Politik[sunting | sunting sumber]

Dalam tahun-tahun pertama kemerdekaan penuh Kirgizstan, Presiden Akayev kelihatan bersungguh-sungguh mempunyai komitmen kepada proses reformasi. Namun meskipun mendapatkan bantuan dana dari pihak Barat, termasuk Dana Moneter Internasional, Kirgizstan telah mengalami kesulitan ekonomi dari awalnya. Ini disebabkan pemisahan dari blok perdagangan Soviet, yang menghalangi transisi Kirgizstan yang mulus menuju ekonomi pasar bebas.

Revolusi Tulip (tidak bardarah) telah berhasil menurunkan presiden Akayev pada tahun 2005 dikarenakan adanya ketimpangan perkembangan ekonomi wilayah antara utara dan selatan. Hal ini terjadi karena Akayev dan keluarga berasal dari wilayah utara yang menyebabkan wilayah selatan makin terpuruk secara ekonomi. Posisi Presiden kemudian diambil alih oleh Kurmanbek S. Bakiyev yang menawarkan Revolusi Warna yaitu mengharapkan pemerintahan yang demokratis.

Bakiyev menutup basis militer Amerika Serikat di Kirgizstan tahun 2009. 7 April 2010, posisi Bakiyev diturunkan dan diambil alih oleh Roza Otunbayeva, yang sebelumnya adalah menteri luar negeri Kyrgistan. Pada peralihan kepemimpinan kali ini telah menelan korban 68 orang meninggal dan 400 orang terluka di provinsi Osh. Pertikaian bertambah parah karena terdapat unsur etnis yaitu etnis Uzbekistan dengan Kirgizstan. Evakuasi massal oleh etnis Uzbekistan menandakan ketidakberhasilan pemerintah dalam keamanan dan stabilitas dalam negeri. Roza sempat meminta bantuan kepada Rusia yang ditanggapi dingin dan hanya akan mengirim bantuan kemanusiaan saja.

Roza bersedia negoisasi dengan Bakiyev dalam menangani masalah ini, hingga saat ini Bakiyev mengasingkan diri di Belarusia.

Oblasttar (Daerah-daerah)[sunting | sunting sumber]

Kirgizstan dibagi kepada 7 oblast (jamak: oblasttar; dari bahasa Rusia yang berarti wilayah atau provinsi) dan 1 kota (shaar). Selain Bishkek, ibu kota provinsi Osh, Osh, juga mempunyai status shaar. Ketujuh oblast dan dua shaar tersebut adalah (disertai nama ibu kota dalam kurung):

Oblast kemudian dibagi lagi kepada raions (distrik), yang diperintah para pejabat yang dilantik oleh pemerintah pusat. Komunitas luar kota, yang berjumlah hingga 20 pemukiman kecil, mempunyai kekuasaan sendiri dengan wali kota dan dewan kota.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kirgizstan ialah negara kecil, miskin, bergunung dengan ekonomi utamanya pertanian. Gandum, kentang, gula bit, kapas, wol, tembakau, buah, daging sapi dan daging domba merupakan produk pertanian yang utama, dengan kapas, wol dan daging ekspor utama. Ekspor industri termasuk emas, merkuri, uranium, dan listrik. Kirgizstan telah merupakan salah satu negara paling progresif dari bekas Uni Soviet dalam melaksanakan reformasi pasar. Menyusul kesuksesan program stabilisasi, yang menurunkan inflasi dari 88% pada 1994 menjadi 15% pada 1997, perhatian telah sejak saat itu berbalik terhadap perkembangan yang menimbulkan semangat. Banyak saham perusahaan pemerintah telah terjual. Penurunan dalam produksi telah menjadi keras sejak ambruknya Uni Soviet pada Desember 1991, namun dari pertengahan 1995 produksi mulai pulih dan ekspor mulai bertambah. Pensiunan, pengangguran, dan pekerja pemerintah dengan tunggakan pajak terus diderita. Bantuan luar negeri memainkan peran besar dalam perubahan haluan ekonomi negara. Pemerintah telah mengambil serangkaian langkah untuk memberantas berbagai masalah berat seperti utang luar negeri yang berlebihan, inflasi, pungutan pajak yang tak cukup, dan jatuhan dari kekacauan ekonomi Rusia. Kirgizstan telah menikmati perkembangan tegap tiap tahun sejak 1999.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta Kirgizstan

Kirgizstan terletak di rangkaian pegunungan Tian Shan. Issyk Kul adalah danau terbesar di Kirgizstan dan danau pegunungan terbesar kedua di dunia setelah Danau Titicaca.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]