Yurt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yurt tradisional Kazakhstan sekitar tahun 1860 di Syr Darya Oblast. Perhatikan ketiadaan konstruksi cincin penahan di bagian atas.
Sebuah "yourte" Karakalpak dengan tipe kayu lekuk di Khwarezmia (Karakalpakstan), Uzbekistan
Wanita Turkmen di pintu masuk sebuah yurt di Turkestan; gambar bertanggal 1913 oleh Prokudin-Gorsky

Yurt (istilah bahasa-bahasa Turkik) atau ger (bahasa Mongolia) adalah sejenis tenda bundar portabel yang ditutupi dengan kulit atau bahan flanel dan digunakan sebagai tempat tinggal oleh bangsa-bangsa nomaden di padang stepa Asia Tengah. Strukturnya terdiri dari rangka atau kisi-kisi dari potongan-potongan kayu atau bambu untuk dinding, kusen pintu, tulang rusuk (tiang, kaso), dan semacam cerobong (mahkota, cincin penahan) yang bisa dibentuk dengan pelengkungan melalui penguapan. Struktur atap yurt dirancang dengan konstruksi yang saling menahan, namun yurt berukuran besar mungkin masih memerlukan tiang dalam untuk mendukung bagian mahkota. Bagian atas dinding yurt dikencangkan dengan sabuk yang menahan kekuatan rusuk atap. Yurt modern bisa dibangun secara permanen dengan platform kayu; dengan material modern seperti bingkai kayu atau logam, kanvas atau terpal, Plexiglas, tali kawat, dan penghalang cahaya.

Etimologi dan sinonim[sunting | sunting sumber]

Yurt di Shymkent, Kazakhstan, digunakan sebagai café
  • Yurt – berasal dari istilah Turkik yang mengacu pada jejak yang ditinggalkan di tanah dari bangunan tenda yang dipindahkan, secara luas juga dapat berarti tanah air, sanak saudara, atau apanase feodal. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada bangunan fisik serupa tenda hanya di bahasa lain. Dalam bahasa Turki modern kata "yurt" digunakan sebagai sinonim dari "tanah air" atau "asrama". Dalam bahasa Rusia struktur tenda ini disebut "yurta" (юрта), yang kemudian diserap oleh bahasa Inggris.
  • гэр (transliterasi: ger, [ˈɡɛr]) – dalam bahasa Mongolia yang berarti "rumah".[1][2]
  • тирмә (transliterasi: tirmä) adalah istilah Bashkir untuk yurt.
  • киіз үй (transliterasi: kıiz úy, [kɘjɘz ʉj]) – dari bahasa Kazakhtan, secara harfiah berarti "rumah flanel".
  • боз үй (transliterasi: boz üy, [bɔz yj]) – Kyrgyz istilah ini berarti "rumah abu-abu", merujuk pada warna bahan flanel yang umum digunakan.
  • ak öý dan gara öý ([ɑk œj, ɡɑˈrɑ œj]) – Di Turkmenistan kedua istilah ini berarti "rumah putih" dan "rumah hitam", dibedakan sesuai kemewahan dan elegansinya.
  • qara u'y atau otaw ([qɑrɑ ʉj, uʊtɑw]) – dalam bahasa Karakalpak berarti "rumah hitam", sedangkan yang kedua berarti "keluarga yang baru lahir" dan hanya digunakan untuk menyebut yurt milik keluarga muda.
  • Dalam bahasa Hongaria yurt disebut "jurta".
  • "Kherga"/"Jirga" – istilah Afghanistan untuk yurt.
  • "Kheyma" (خیمه/ख़ॆमा) adalah kata yang digunakan untuk yurt atau struktur serupa tenda lainnya di India dan Pakistan, dari Bahasa Arab:خیمه (bahasa Indonesia: kemah)
  • Dalam bahasa Persia yurt disebut "chador" (چادر), di Tajik istilah seperti "yurt", "khona-i siyoh", "khayma" (юрт, хонаи сиёҳ, хайма) digunakan.
  • өг (ög, pelafalan Tuva: [œɣ]) adalah istilah Tuva untuk yurt.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yurt telah menjadi ciri khas kehidupan di Asia Tengah selama setidaknya tiga ribu tahun. Deskripsi paling awal mengenai yurt sebagai tempat tinggal ditulis oleh sejarawan Yunani Kuno Herodotus. Dia menggambarkan tenda serupa yurt sebagai tempat tinggal bangsa Skithia, bangsa nomaden penunggang kuda yang tinggal di utara Laut Hitam dan kawasan Asia Tengah dari sekitar 600 SM hingga 300 M.[3]

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Sebuah ger Mongolia

Yurt tradisional terdiri dari kerangka kayu yang ditutup dengan bahan flanel. Kain flanel ini terbuat dari benang wol dari bulu domba yang digembalakan oleh para nomad. Batang kayu yang digunakan untuk struktur luar tidak tersedia di wilayah stepa yang gundul, sehingga harus diperoleh melalui perdagangan dengan pemukiman lembah di bawah yang lebih hijau.

Kerangka ini lalu dipasangkan dengan anyaman untuk dinding, bingkai pintu, rangka atap dan sebuah mahkota penahan. Untuk Ger Mongolia biasanya ditambahkan satu atau lebih tiang untuk mendukung mahkota, selain dari kerangka untuk menahan atap. Kerangka yang saling menahan ini lalu ditutupi dengan bahan flanel. Jika ada, kain terpal atau penahan cahaya matahari lain ditambahkan untuk melapisi bahan flanel. Lalu struktur ini direkatkan dengan satu atau lebih tali atau pita. Berat pelapis ini membantu menjaga struktur agar tidak longgar, terkadang ditambah pula dengan pemberat yang digantung di bagian tengah bangunan, dengan berbagai macam bentuk dan berat. Pelapis ini juga memiliki kualitas insulasi yang amat baik, melindungi dari dinginnya musim dingin, dan mudah diganti jika ingin menambah sejuk di musim panas.

Yurt dirancang agar mudah dibongkar dan dibawa bagian-bagiannya dengan unta atau yak untuk didirikan ulang di tempat lain. Perakitan yurt kurang lebih memakan waktu 2 jam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Australia, Project SafeCom, Western. "Mongolian Gers or Yurts: heritage of nomadic peoples". www.safecom.org.au. 
  2. ^ "ger (dwelling house) - Memidex dictionary/thesaurus". www.memidex.com. 
  3. ^
    Panduan lengkap untuk merakit Ger Mongolia, halaman web, diakses tanggal 23 oktober 2011