Oirat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Oirat
Mongolia XVI.png
Total populasi
638.372
Kawasan dengan populasi yang signifikan
 Mongolia205.000 (sensus 2010)
 Rusia183.372 (sensus 2010)
 Tiongkok250.000 (perkiraan 2013)
Bahasa
Oirat
Agama
Buddhisme Tibet, Shamanisme
Kelompok etnis terkait
Mongol

Oirats (bahasa Mongolia: "ойрад", "ойрд", Oird[needs IPA]; dulu juga disebut Eleuth[1]) adalah kelompok Mongol yang terletak di paling barat. Rumah nenek moyang mereka terletak di pegunungan Altai di Mongolia barat. Walaupun Oirat berasal dari wilayah timur Asia Tengah, kelompok mereka saat ini sebagian besar tinggal di Kalmykia yang merupakan bagian dari Rusia, di mana mereka disebut suku Kalmyk.

Secara historis, Oirat terbagi menjadi empat suku besar: Dzungar (Choros atau Olots), Torghut, Dörbet, dan Khoshut. Suku-suku kecil meliputi Khoid, Bayads, Myangad, Zakhchin, dan Baatud.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Owen Lattimore, The Desert Road to Turkestan. (Bagi Lattimore, Euleuths adalah "the great western group of tribes which marks in all probability a primitive racial cleavage" (hlm. 101 dalam edisi 1929). Lattimore lebih lanjut (hlm. 139 mengacu pada Samuel Couling, Encyclopaedia Sinica (1917), di mana ejaan "Eleuth" diakibatkan oleh misionaris Prancis yang mencoba menulis suara Ölöt. Ke dalam bahasa Tionghoa, nama yang sama ditranskripsikan menjadi 厄鲁特 (Pinyin: Elute; Mongolia: Olot).))