Pembicaraan:Kirgizstan

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tampaknya nama Kirgizstan lebih umum digunakan daripada Kirgizia. usul saya agar dialihkan menjadi Kirgizstan. --Stephensuleeman 18:30, 11 November 2005 (UTC)

Saya setuju. Tapi sebelum dipindah, ada beberapa nama/ejaan lain yg perlu dipertimbangkan:
  • Kirgiztan
  • Kirgistan
  • Kirghiztan
  • Kirghistan
Saya cenderung memilih yg tanpa 'h' dan menggunakan 's', seperti Uzbekistan dan Afganistan. Setuju? Hayabusa future (bicara) 02:35, 12 November 2005 (UTC)

Saya setuju Kirgizstan, karena nama bangsa itu adalah "Kirgiz", sedangkan kata stan umumnya dipakai oleh negara-negara (berlatar) Islam di daerah itu - seperti Afganistan, Pakistan, Turkmenistan. --Stephensuleeman 02:40, 12 November 2005 (UTC)

Saya setuju Kirgistan. Tapi otoritas tertinggi kan KBBI? Gimana menurut kamus itu? --Barfoos 02:43, 12 November 2005 (UTC)
Menurut KBBI 2001, Kirghizia (bahasa: bahasa Kirghiz). Selain itu, ada beberapa nama negara dalam KBBI yang kurang lazim ejaannya atau berbeda, seperti Cheska (Ceko; sedangkan tabloid BOLA dan KOMPAS kini sepertinya menggunakan 'Ceska'), Afghanistan (dengan 'h'), Prancis (tanpa 'e'), Cile (Chili), Cad (Chad), Uzbekistan, Jibuti.
Kemudian utk nama kota: Jerusalem (Yerusalem menurut WP:PPNA), 'c' digantikan 'k', misalnya Kolombo, Kopenhagen, Karakas, dll.
Jika melihat daftar negara dari KBBI ini, maka bisa terlihat bahwa ada inkonsistensi dalam penyesuaian nama. Ada yg 'h'-nya hilang, namun ada pula yang tetap ada.
Catatan lain: Lampiran KBBI ini sepertinya tidak benar2 baku, sebab saya lihat dalam lampiran mata uang, ditulisi 'dollar', padahal dalam bagian kamus yang baku adalah 'dolar'.
Jadi pilih yang mana? Hayabusa future (bicara) 04:47, 14 November 2005 (UTC)
Wah benar-benar membingungkan, kalau KBBI sendiri ngga bisa ngasih panduan yang jelas. Ya usul saya sih kita vote saja. Nama yang mendapat suara paling banyak, itu yang dipakai. --Barfoos 12:52, 14 November 2005 (UTC)
Pada lampiran KBBI edisi keeempat, disebutkan nama negaranya "Kirghizia atau Kirgistan". Karena Kirghizia identik dengan nama negara itu saat bergabung di dalam Uni Soviet, jadi saya usulkan gunakan nama Kirgistan saja, bukan Kirgizstan. 01:18, 30 September 2011 (UTC)

Saya lihat negara ini belum Anggota_Perserikatan_Bangsa-Bangsa ya?
Atau sayanya yang salah? bennylin 19:44, 29 September 2007 (UTC)

nvm, disebut Kirgizia bennylin

data tentang pemelukagama belum tercantumcoba untuk dicantumkan. kelihatannya lebih baik.

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kirgizstan that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 4 Oktober 2023 07.05 (UTC)[balas]