Wikipedia:Asumsikan niat baik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mengasumsikan niat baik adalah prinsip fundamental di Wikipedia. Dengan mengizinkan setiap orang untuk menyunting kita harus menganggap bahwa kebanyakan orang yang berkontribusi di proyek ini berniat baik untuk membantu mengembangkannya, bukan merusaknya. Jika prinsip ini tidak bekerja, proyek semacam Wikipedia pasti sudah mati dari awalnya.

Ketika Anda menemukan suatu kesalahan dari seorang pengguna, dan kesalahan itu dapat diasumsikan merupakan ketidaksengajaan dari penyuntingan yang bertujuan baik, maka lakukanlah koreksi tanpa mengkritik. Ketika Anda tidak setuju dengan seseorang, ingatlah bahwa mereka mungkin justru percaya bahwa apa yang mereka lakukan adalah baik untuk proyek ini. Pertimbangkanlah untuk menggunakan halaman-halaman pembicaraan untuk menjelaskan pendapat Anda sendiri, dan berikan kesempatan pada orang lain juga untuk menjelaskan pendapat mereka. Hal ini dapat menghindarkan kesalahpahaman dan mencegah supaya masalah itu tidak merambat.

Bersabarlah dengan pendatang baru. Pengguna baru mungkin belum mengerti akan kebiasaan unik Wikipedia dan bagaimana cara menyunting di Wikipedia. Mereka mungkin akan sering melakukan kesalahan atau malah tidak menghormati norma-norma komunitas. Seorang pengguna baru seringkali justru merasa bahwa sebuah kebijakan harus diubah untuk menyesuaikan dengan pengalaman mereka di tempat lain. Perilaku pengguna baru mungkin dapat berubah seiring dengan waktu. Bersabarlah terhadap mereka dan beritahu mereka jika mereka melakukan kesalahan.

Asumsikan niat baik adalah mengenai niatnya, bukan tindak-tanduknya. Mereka yang berniat baik mungkin melakukan kesalahan-kesalahan, dan Anda harus memperbaikinya bila terjadi. Jangan beranggapan bahwa mereka melakukannya dengan sengaja. Perbaiki tanpa mengomel. Akan ada orang-orang di Wikipedia yang mungkin Anda tidak setuju. Bahkan jika mereka salah, bukan berarti mereka hendak merusak proyek ini. Akan ada orang-orang yang sulit bekerja sama dengan Anda. Juga bukan berarti mereka hendak merusak proyek ini. Kita tidak perlu menghubungkan tindak-tanduk seorang penyunting sebagai niat buruk, bahkan jika niat buruk itu seakan terang-terangan, karena kita dapat melakukan dengan mudah melakukan tindakan pencegahan (misal, pembalikan, pemblokiran) dapat dilakukan dengan mudah.

Pedoman ini tidak mengharuskan para pengguna untuk terus mengasumsikan niat baik jika ada bukti yang menyatakan sebaliknya. Tindak-tanduk yang berlawanan dengan niat baik di antaranya adalah vandalisme, pengguna siluman, dan kebohongan. Mengasumsikan niat baik juga bukan berarti bahwa kita tidak boleh melakukan kritik. Kritik selalu dapat dilakukan tanpa menyerang pribadi. Dalam sebuah konflik, menuduh bahwa pihak lain tidak mengasumsikan niat baik (tanpa ada bukti yang layak), justru merupakan bentuk yang tidak mengasumsikan niat baik.