Wikipedia:Jangan menyerang pribadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.

Jangan pernah melakukan serangan pribadi di Wikipedia. Berkomentarlah untuk isi, bukan kontributor. Serangan pribadi tidak akan membantu menyelesaikan masalah, malahan akan merusak komunitas Wikipedia dan menyurutkan semangat untuk berkontribusi membangun ensiklopedia yang bagus.

Sama sekali tidak ada alasan untuk melakukan serangan personal terhadap seorang kontributor. Jangan lakukan.

Konsekuensi

Perselisihan di halaman diskusi akan bisa dilihat oleh siapapun yang dapat mengakses Internet. Perilaku Anda di Wikipedia akan berdampak pada Wikipedia dan Anda sendiri. Tetaplah tenang.

Sebagian besar wikiwan akan menghapus serangan pribadi yang mereka temukan. Walaupun ini bukanlah merupakan suatu kebijakan tertulis, hal ini dianggap sebagai suatu tindakan yang patut untuk suatu serangan yang keterlaluan. Banyak pengguna yang telah dicekal karena berulang kali melakukan serangan pribadi.

Berpikiran sehat

Para kontributor mungkin tidak sepakat mengenai suatu artikel. Anggota komunitas yang berseberangan mungkin ingin menyuarakan isi hati mereka. Menyatukan berbagai pandangan ini ke dalam satu artikel, akan menghasilkan suatu tulisan yang lebih baik dan lebih netral bagi semua orang. Ingatlah untuk menerima bahwa kita semua tergabung dalam satu komunitas besar, karena kita adalah semua adalah wikiwan dan wikiwati.

Contoh

Beberapa contoh dari serangan pribadi:

  • Komentar-komentar yang bersifat menuduh dan menyinggung seperti misalnya "Budi itu kampungan" atau "Wati adalah penyunting yang bodoh" dapat dianggap sebagai serangan terhadap pribadi bila dikatakan dengan niat buruk atau untuk menyulut pertengkaran.
  • Komentar-komentar pribadi seperti misalnya "Tulisan saya lebih baik daripada tulisan anda" atau "Apakah anda tidak ada kesibukan lain?".
  • Melontarkan julukan-julukan yang bersifat SARA yang ditujukan terhadap kontributor lain. Julukan yang menyinggung SARA tidak diperbolehkan walaupun jika yang melontarkan julukan itu adalah termasuk atau berasal dari kelompok yang dijulukinya sendiri.
  • Mengait-ngaitkan afiliasi seseorang sebagai cara untuk merendahkan atau menyalahkan pandangan yang diutarakannya, terlepas dari apakah afiliasi tersebut berkait dengan hal-hal yang lazim atau ekstrim.
  • Penggunaan kata-kata kasar terhadap kontributor lain.
  • Ancaman untuk mengajukan tuntutan hukum.
  • Ancaman pembunuhan.
  • Ancaman atau tindakan lain untuk mengadukan editor Wikipedia kepada lembaga pemerintah, kelompok politik, agama, dan lain sebagainya atau kepada individu/oknum yang berasal dari lembaga atau kelompok tersebut. Bila ditemukan pelanggaran seperti ini dapat mengakibatkan diblokirnya akun pengguna dalam jangka waktu tertentu oleh Pengurus Wikipedia (Sysops) dengan segera. Pengurus Wikipedia (Sysops) yang memberikan sanksi tersebut harus secara rahasia memberitahukan kepada anggota Komite Penengah dan Jimmy Wales mengenai tindakan tersebut beserta alasannya.

Alternatif

Lebih baik cobalah untuk:

  • Bahas fakta-faktanya secara obyektif dan pikirkan bagaimana cara untuk mengutarakannya dengan baik, bukan membicarakan hal-hal pribadi dari pihak lain. Hal ini bukan berarti bahwa anda harus selalu sepakat dengan orang lain, namun kita tentunya dapat pula sepakat untuk tidak sepakat secara beradab.
  • Jangan pernah mengatakan bahwa suatu pandangan adalah tidak benar hanya karena pendapat tersebut diutarakan oleh orang yang anda tidak sukai.
  • Gali lebih dalam permasalahan yang sedang dibahas pada forum yang lebih tertutup seperti misalnya e-mail jika pembahasan yang terjadi berpotensi menjadi perdebatan pribadi.
  • Baca lebih lanjut en:Wikipedia:Resolving disputes

Jalan keluar

Bila anda secara pribadi diserang, anda harus meminta si penyerang untuk menghentikan serangannya dan mengingatkannya mengenai kebijakan ini. Bila serangan terus berlanjut, pertimbangkan untuk menjalankan proses resolusi perselisihan. Anda dapat pula mempertimbangkan untuk menyelesaikan suatu serangan pribadi yang spesifik dengan mengikuti panduan yang ada ; walau demikian, anda harus sangat berhati-hati untuk tidak mengartikan "serangan pribadi" terlalu luas atau terlalu sering. Berikut ini adalah temuan yang didapatkan oleh komite penemu fakta:

  • Panduan penyelesaian serangan pribadi (dan penerapannya) adalah kontroversial. Panduan tersebut seringkali disalahgunakan oleh pengguna yang berniat buruk, dan mungkin tidak akan mendapatkan konsensus dari komunitas. Panduan tersebut sebaiknya digunakan secara ketat dan hanya bila sangat mendesak diperlukan.
  • Bila anda ternyata terlalu sering menggunakan cara penyelesaian seperti ini, maka anda harus mempertimbangkan kembali pengertian anda mengenai "serangan pribadi". Bila ragu-ragu, lebih baik ikuti proses resolusi perselisihan.
  • Pada kasus-kasus yang ekstrim, seorang penyerang dapat dikenakan pemblokiran berdasarkan klausa Kebijakan Pemblokiran. Walau demikian praktek seperti ini hampir selalu menjadi hal yang kontroversial. Serangan pribadi harus dilaporkan pada WP:PAIN.
  • Berikan saran dan masukan terhadap kebijakan yang berlaku melalui Warung Kopi.
  • "Hantam selagi lemah" anggapan yang menyesatkan.

Catatan: Ada beberapa orang pengguna Wikipedia yang tidak populer mungkin karena perilaku mereka sembrono atau kasar di waktu lalu. Para pengguna seperti mereka mungkin telah dikenai sanksi disipliner oleh Komite Penengah Sepertinya wajar-wajar saja bila mereka ini lantas "diserang" atau dicemooh karena masa lalunya. Anggapan ini sebenarnya menyesatkan; membuat kesalahan adalah hal yang manusiawi, kita justru dapat belajar dari mereka dan memperbaiki cara-cara yang merka lakukan. Oleh karena itu peraturan NPA berlaku untuk seluruh pengguna tanpa pandang bulu terlepas dari masa lalunya atau anggapan pengguna lain.

Semangat kebersamaan

Merupakan tanggung jawab kita bersama untuk membangun dan memelihara suatu komunitas online yang positif di Wikipedia. Serangan pribadi terhadap pengguna siapa pun — terlepas dari masa lalunya — adalah bertentangan dengan semangat kebersamaan ini.

Contoh kesopanan

Lihat pula