Wikipedia:Kriteria isi nonbebas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sesuai dengan resolusi kebijakan Yayasan Wikimedia 23 Maret 2007, dokumen ini dijadikan sebagai Kebijakan Doktrin Eksempsi untuk Wikipedia bahasa Indonesia.

Alasan[sunting sumber]

  • Untuk mendukung misi Wikipedia untum memproduksi isi bebas untuk distribusi, modifikasi dan aplikasi tak terbatas oleh seluruh pengguna dalam seluruh media.
  • Untuk meminimalisasikan penindakan hukum dengan membatasi isi non-bebas
  • Untuk memfasilitasi penggunaan yudiksi isi non-bebas untuk mendukung pengembangan ensiklopedia berkualitas tinggi

Kebijakan umum[sunting sumber]

Artikel dan halaman lain di Wikipedia, berkaitan dengan pedoman umum nonbebas, dapat saja menggunakan materi berhak cipta yang tentunya harus diberikan atribusi atau dikutip sumber atau pengarang aslinya (seperti pada pedoman pengutipan), serta dapat berupa kutipan langsung (menggunakan tanda kutip), <blockquote>, {{Quote}}, atau cara yang sejenis. Isi nonbebas lainnya adalah gambar berhak cipta, audio dan video, atau berkas media lainnya yang jarang dilisensikan secara bebas—boleh digunakan Wikipedia bahasa Indonesia jika sepuluh kriteria ini dipenuhi.

  1. Tidak ada berkas bebas yang ekuivalen. Berkas hanya boleh digunakan bila tidak ada berkas bebas yang ekuivalen, atau dapat dibuat ulang dengan lisensi bebas, asalkan tujuan ensiklopedisnya ada.
  2. Menghormati tujuan komersial. Isi nonbebas tidak boleh digunakan dalam hal bahwa berkas itu mampu menggantikan materi asli yang berhak cipta.
  3. Penggunaan minimum:
    1. Jumlah minimum pemakaian. Terlalu banyak item nonbebas tidak dapat digunakan bila satu item sudah mampu menjelaskan informasi penting.
    2. Tingkat penggunaan minimum. Jika sebagian unsur nonbebas dirasa cukup menjelaskan sebuah informasi, seluruh porsi karya tidak dapat digunakan. Resolusi yang rendah patutlah digunakan daripada yang tinggi (meski versi aslinya dipilih agar tidak dianggap membajak). Aturan ini berlaku termasuk dalam salinannya di ruang nama Berkas:.
  4. Publikasi sebelumnya. Isi nonbebas harus berupa karya atau hasil pekerjaan yang sudah dipublikasi di luar Wikipedia ataupun seizin pemilik hak cipta, termasuk karya turunan yang aslinya dibuat oleh penulis Wikipedia.
  5. Isi. Harus memenuhi kebijakan konten Wikipedia dan ensiklopedis.
  6. Kebijakan penggunaan berkas tetap berlaku. Isi nonbebas harus memenuhi kebijakan penggunaan berkas Wikipedia secara umum.
  7. Minimum satu artikel. Isi nonbebas harus digunakan paling sedikit satu artikel.
  8. Kontekstual. Isi nonbebas dapat digunakan bila keberadaannya mampu meningkatkan pemahaman pembaca terhadap topik yang dibahas dalam artikel.
  9. Penempatannya dibatasi. Isi nonbebas hanya boleh digunakan dalam ruang nama utama/artikel (bukan halaman disambiguasi). (Untuk mencegah agar thumbnail berkas tidak muncul dalam kategori, tambahkan sintaksis ini: __NOGALLERY__; hal ini akan menampilkan pranala ke halaman deskripsi berkas tersebut.)
  10. Halaman deskripsi berkas. Halaman deskripsi berkas wajib memiliki:
    1. Identifikasi sumber asli materi yang berhak cipta, termasuk artis, penerbit, dan pemegang hak cipta dan tahun hak cipta; hal ini untuk membantu meningkatkan nilai pasar potensial dari materi tersebut. Lihat pula: Wikipedia:Kutip sumber tulisan § Multimedia.
    2. Tag hak cipta yang sesuai. Untuk daftarnya, silakan lihat Wikipedia:Tag hak cipta berkas/Nonbebas.
    3. Nama artikel (serta pranalanya) beserta alasan digunakannya berkas nonbebas tersebut. Alasan penggunaannya harus dijelaskan dengan bahasa yang singkat dan jelas, serta relevan dengan penggunaannya.

Penindakan[sunting sumber]

  • Berkas yang sudah valid alasan penggunaan nonbebasnya, yang digunakan dalam beberapa (namun tak semua) artikel tidak akan dihapus. Alih-alih, berkas itu harus dihilangkan dari artikel jika pemakaiannya tidak sesuai dengan tujuan, kecuali alasan penggunaannya sudah ditambahkan.
  • Berkas yang sudah ada klaim nonbebasnya, tetapi tidak digunakan dalam sekurang-kurangnya satu artikel (kriteria 7) dapat dihapus paling lama 1 minggu setelah pemberitahuan.
  • Berkas yang masih digunakan dan diunggah di atas 13 Juli 2006 serta tidak mematuhi ketentuan ini akan dihapus paling lama 48 jam setelah pengguna diberi tahu. Untuk menghindari penghapusan, Wikipediawan dapat melakukan pembelaan atas klaim penggunaan nonbebas asalkan sudah mematuhi 10 kriteria di atas. Untuk berkas yang diunggah sebelum 13 Juli 2006, masa 48 jam ini diperpanjang hingga satu minggu.
    • Memberi alasan yang valid dalam hal memasukkan atau mempertahankan isi nonbebas menjadi tanggung jawab pengunggah, bukan pengguna lain.

Kriteria penghapusan atas berkas nonbebas dapat dilihat di WP:KPC#B.