Wikipedia:Catatan atas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Catatan atas (bahasa Inggris: hatnote, "catatan topi") adalah catatan pendek yang ditempatkan di bagian atas sebuah artikel, biasanya untuk memberikan pranala menuju artikel lain yang memiliki nama yang sama atau halaman disambiguasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang metode penciptaan artikel disambiguasi artikel, lihat Wikipedia: Disambiguasi.

Format

Dalam kebanyakan kasus, catatan atas harus dibuat menggunakan template disambiguasi standar (seperti yang dijelaskan di bawah). Hal ini memungkinkan bentuk dan strukturnya berubah secara seragam dari waktu ke waktu. Saat ini, masing-masing catatan harus dicetak miring dan menjorok, tanpa sebuah bullet sebelum item. Sebuah garis pemisah horisontal tidak boleh ditempatkan di bawah catatan, atau setelah item terakhir dalam daftar.

Letak

Catatan atas ditempatkan di bagian paling atas dari artikel, sebelum dari item-item lainnya seperti gambar, templat navigasi dan templat pemeliharaan (misalnya templat "rapikan", "unreferenced", dan "POV").

Catatan atas berposisi diatas tag/templat pemeliharaan

Selalu letakkan catatan atas/hatnote berada diatas apapun, termasuk templat pemeliharaan.

Contoh
{{disambiginfo|{{PAGENAME}}|Id (disambiguasi)}}
{{redirect|RI}}
{{refimprove|date=Juni 2018}}
'''Republik Indonesia''' ('''RI''') atau '''Negara Kesatuan Republik Indonesia''' ('''NKRI'''), atau lebih umum disebut '''Indonesia''', adalah negara di [[Asia Tenggara]] yang dilintasi garis [[khatulistiwa]] dan berada di antara daratan benua [[Asia]] dan [[Australia]], serta antara [[Samudra Pasifik]] dan [[Samudra Hindia]]..............................

Contoh penggunaan yang tepat

Dua artikel dengan judul yang sama

Bila dua artikel memiliki judul yang sama, kecuali yang satu adalah disambiguasi dan yang lainnya tidak, artikel non-disambiguasi harus memuat sebuah catatan atas dengan pranala ke artikel lain. Hal ini tidak perlu dibuat sebuah halaman disambiguasi terpisah. Templat {{tentang}} mungkin dapat digunakan dalam hal ini.

Pranala ke halaman disambiguasi

Bila sebuah istilah memiliki sebuah makna utama dan dua atau lebih makna tambahan, maka catatan atas pada halaman topik utama harus diberi pranala ke halaman disambiguasi. Dalam hal ini bisa gunakan templat {{disambiginfo}}.

Contoh penggunaan yang tidak tepat

Templat catatan atas

Penggunaan lua