Wikipedia:Memindahkan berkas ke Commons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ayo pindahkan!

Banyak berkas yang telah diunggah ke Wikipedia. Sebuah proyek jangka panjang sedang berlangsung untuk memindahkan berkas konten bebas—termasuk gambar dan audio—ke Wikimedia Commons. Commons menyediakan lokasi sentral untuk berkas untuk digunakan pada semua proyek Wikimedia Foundation, jadi ketika berkas lokal Anda dipindahkan ke sana, berkas itu menjadi tersedia untuk ratusan wiki lainnya, sebagaimana juga tersedia untuk Wikipedia berbahasa Indonesia. Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan pemindahan ke Commons.

Mengapa memindahkan berkas ke Commons?

  • Berkas Commons dapat digunakan oleh siapa pun, termasuk proyek Wikimedia Foundation seperti Wikipedia, dalam bahasa apapun. Ini berarti berkas dapat diunggah dan dipelihara satu kali, bukan puluhan atau ratusan kali. Faktanya, beberapa proyek, seperti Wikipedia Simple English, hanya menggunakan berkas yang diunggah di Commons, dan tidak menyimpan berkas secara lokal.
  • Commons mengatur berkas secara menyeluruh; menempatkan semuanya dalam satu tempat yang membantu untuk menjaganya tetap rapi.
  • Berkas akan tetap berada di Commons, baik berkas itu digunakan atau tidak untuk mengilustrasikan sebuah artikel. Wikipedia, tidak seperti Commons, tidak seharusnya menyimpan secara lokal setiap berkas yang tidak digunakan.

Instruksi

Apa yang tidak boleh dipindahkan

Commons menggunakan kebijakan yang lebih ketat atas masalah hak cipta daripada Wikipedia bahasa Indonesia; contohnya, gambar penggunaan wajar seperti sebagian besar gambar sampul album tidak dapat diunggah ke Commons. Commons hanya menerima konten bebas. Perhatikan bahwa tidak seperti Wikipedia, yang hanya memerlukan berkas yang akan digunakan bebas di Amerika Serikat, Commons membutuhkan berkas yang digunakan bebas baik di Amerika Serikat dan negara di mana berkas tersebut berasal (sehingga lukisan Perancis harus bebas digunakan di Prancis dan Amerika Serikat).

  • Jangan memindahkan berkas tanpa sumber yang jelas dan dapat diverifikasi.
    • "Karya sendiri" merupakan sumber yang dapat diterima, namun Anda harus menyadari bahwa banyak berkas berlabel sebagai karya sendiri, mungkin mencapai seperempat dari berkas-berkas tersebut diidentifikasi sebagai label tersebut, tidak benar-benar karya pengunggah. Beberapa hal berkontribusi untuk ini, termasuk kurangnya keakraban dengan hak cipta dan bahwa "Karya sendiri" merupakan standar termudah yang dijangkau di upload wizard.
      • Kesalahan paling umum yang melibatkan klaim sebagai karya sendiri adalah melibatkan orang yang memotret karya seni orang lain. Pengguna berpikir 'Saya mengambil foto dari lukisan itu, foto itu adalah karya saya sendiri', tidak mengetahui bahwa lukisan itu sendiri juga berhak cipta, dan yang mengatakan hak cipta juga mulai berperan ketika mereka mengunggah. Jika Anda menemukan situasi seperti ini, periksalah untuk melihat apakah hak cipta seni itu telah berakhir. Jika demikian, Anda dapat menambahkan templat kedua, biasanya PD-old-100, dan tandai templat mana yang berlaku untuk lukisan itu dan mana yang berlaku untuk foto lukisan itu. Halaman deskripsi berkas ini menggambarkan bagaimana untuk melakukan hal tersebut.
    • Jika sumber adalah sebuah situs web, periksalah untuk melihat apakah pranala masih aktif. Jika tidak, mungkin sederhana untuk mengaktifkan kembali pranala, tetapi jika tidak ada pranala yang dapat ditemukan, itu mungkin bukan ide yang baik untuk memindahkan berkas tersebut.
    • Jika ada beberapa penulis, masing-masing harus dikutip. Jika berkas ini merupakan turunan dari berkas lain pada sebuah proyek WMF, berkas tersebut harus bersumber, lisensi berkas baru harus mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh lisensi berkas lama (yaitu jika berkas dirilis di bawah lisensi Creative Commons Share Alike, turunan dari berkas itu juga harus berlisensi setidaknya dengan lisensi Creative Commons Share Alike).
    • Proyek WMF lainnya tidak dapat digunakan sebagai sumber. Melacak sumber dari unggahan pada proyek lain, dan menggunakannya.
    • Kadang-kadang Anda akan dapat melihat klaim bahwa suatu karya adalah karya sendiri dan tahu bahwa itu adalah salah, atau setidaknya dipertanyakan. Jika firasat Anda mengatakan bahwa sesuatu itu tidak benar, ada kemungkinan besar bahwa sesuatu itu tidak benar.
  • Jangan memindahkan berkas dengan templat hak cipta yang tidak jelas atau tidak tidak akurat.
    • Jika tidak ada templat status hak cipta pada halaman tersebut, jangan pindahkan. Pada waktunya, Anda akan dapat mencari tahu apa templat yang harus digunakan dengan membaca teks pada halaman deskripsi berkas, dalam hal ini Anda dapat memasukkan templat yang tepat dan kemudian memindahkannya. Itu benar-benar oke.
  • Jangan pindahkan berkas penggunaan wajar. Penggunaan wajar bukanlah penggunaan bebas.
  • JANGAN HAPUS GAMBAR YANG DIPROTEKSI. Tapi Anda dapat menambahkan salinan di Commons sehingga gambar menjadi tersedia untuk proyek-proyek Wikimedia lainnya. Gambar biasanya diunggah secara lokal dan dilindungi di sini di Wikipedia sejak mereka digunakan dalam antarmuka atau dalam beberapa templat yang banyak digunakan. Menghapus salinan lokal dari suatu gambar yang digunakan dalam antarmuka akan mematahkan atribusi.
  • Jika Anda tidak mengerti kebebasan panorama, jangan memindahkan sebuah gambar bangunan atau patung ke Commons.
  • Jika Anda tidak memahami ketentuan lisensi atau tidak dapat mengidentifikasi penyalahgunaan atas lisensi itu, Anda sebaiknya tidak memindahkan berkas apapun menggunakan lisensi itu.
  • Akhirnya, jika sebuah berkas saat ini dalam pengajuan penghapusan, jangan memindahkannya (kecuali satu-satunya alasan untuk penghapusan adalah bahwa gambar tidak sedang digunakan Wikipedia Indonesia, tetapi dinyatakan ensiklopedis dan domain publiknya tidak diragukan lagi atau berlisensi tepat). Jika Anda memindahkan gambar dengan templat penghapusan padanya ke Commons, pastikan untuk menghapus templat dari halaman Commons setelah Anda memindahkannya.
  • Jangan memindahkan berkas ketika pengunggah secara khusus meminta agar berkas mereka tidak dipindahkan ke Commons.
    • Beberapa pengguna meminta bahwa karya mereka tetap berada di Wikipedia, dan tidak dipindahkan ke Commons. Jangan melawan mereka atas hal itu; dengan puluhan ribu berkas untuk dipindahkan, itu tidak layak. Tidak ada templat yang umum digunakan untuk menunjukkan keinginan untuk menjaga berkas seseorang tidak dipindah ke Commons, namun banyak pengguna yang ingin menjaga karya mereka tidak dipindah ke Commons menggunakan templat kustom atau templat {{PertahankanLokal}} atau {{Jangan pindahkan ke Commons}}, keduanya tidak dirancang untuk tujuan itu. Templat {{Berkas esoteris}} dapat digunakan untuk berkas yang tidak ada kepentingan di luar Wikipedia, misalnya potret diri yang murni diunggah untuk digunakan pada halaman pengguna Wikipedia.
    • Perhatikan bahwa Anda mungkin masih bisa menyalin berkas ke Commons, tanpa meminta penghapusan salinan lokal.

Berurusan dengan berkas yang Anda tidak dapat atau seharusnya tidak dipindahkan

  • Sederhananya, berkas yang tidak boleh dipindahkan ke Commons seharusnya tidak ditandai sebagai menunggu dipindahkan. Bagaimanapun, ketika mudahnya menghapus templat permintaan pemindahan merupakan suatu pilihan, ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan:
    • Ketika berurusan dengan berkas yang tidak siap untuk dipindahkan, tapi semua masalah berkas itu bisa diperbaiki, Anda harus mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya tetapi merasa bahwa itu memungkinkan bahwa orang lain mungkin bisa, jangan hapus templat permintaan pemindahannya, lewatkan berkas itu dan pindah ke yang berikutnya.
    • Jika berkas harus dihapus, jangan hapus templat permintaan pemindahannya, tempatkan berkas itu untuk penghapusan oleh Anda sendiri. Ingat bahwa ketika secara teori persyaratan yang berlaku untuk semua berkas yang diunggah secara lokal, persyaratan itu tidak ada di Commons; berkas yang tidak terpaut tetapi sebaliknya dapat digunakan seharusnya tidak dicalonkan untuk penghapusan.
  • Jika Anda tidak merasa nyaman memindahkan berkas tertentu atau tidak yakin tentang bagaimana untuk menanganinya, lewatkan. Lebih baik pilih kasus-kasus yang mudah daripada mencoba menebak salah satu yang Anda tidak tahu jawabannya. Tidak semua orang memiliki tingkat pengalaman yang sama dengan berkas atau hak cipta, dan tidak perlu malu menghindari kasus yang terlalu sulit bagi Anda. Juga tidak perlu malu dalam meminta bantuan.

Cara memindahkan berkas ke Commons

Sebelum Anda mulai memindahkan berkas, pastikan Anda membaca seluruh halaman ini.

  • CommonsHelper adalah alat daring yang memindahkan satu gambar dalam satu waktu. Ini secara otomatis menghasilkan semua informasi yang diperlukan yang Anda butuhkan untuk melakukan pemindahan. Jika Anda mengotentikasi akun Commons Anda dengan OAuth (dengan mengikuti pranala dari antarmuka CommonsHelper), alat itu bahkan akan memindahkan berkasnya sendiri untuk Anda, yang berarti Anda tidak perlu menyimpannya di komputer Anda dan mengunggahnya kembali. Anda dapat mengimpor skrip pengguna en:User:Mattflaschen/CommonsHelper Labs.js. Ia menawarkan sebuah tombol pada setiap halaman sunting gambar, memungkinkan Anda untuk memulai proses pemindahan Commons (skrip pengguna tidak memeriksa apakah berkas lisensi memenuhi syarat Commons, sehingga Anda harus mengkonfirmasi hal ini sebelum mengunggah Commons).
  • Ketika Anda selesai memindahkan berkas ke Commons, pastikan Anda menggunakan templat {{Now Commons}} pada berkas Wikipedia lokal, yang menempatkan berkas versi lokal untuk penghapusan. Untuk gambar dengan nama yang sama di sini dan di Commons, gunakan sintaks {{Now Commons}}. Untuk gambar di mana nama di sini dan nama di Commons berbeda, gunakan sintaks {{Now Commons|Nama berkas baru}}. CommonsHelper menawarkan tombol untuk secara otomatis menambahkan templat (atau menghapus berkas dengan segera, jika Anda memiliki hak istimewa yang diperlukan). Cara yang berguna untuk memindahkan berkas secara efisien ke Commons adalah dengan menggunakan bookmarklet. Di bagian bawah halaman ini adalah bookmarklet yang dapat Anda gunakan, pada bagian "Tools".
  • Ingatlah untuk membersihkan info yang tidak membantu atau templat rusak di pemindahannya (misalnya red {{{1}}} sekarang common).

Pemindahan secara manual

  • Sebagai usaha terakhir, Anda dapat menyimpan berkas yang ingin Anda pindahkan ke komputer Anda dan kemudian mengunggahnya kembali ke Commons upload page. Pastikan untuk menggunakan format berkas yang sama (misalnya .jpg atau .PNG) untuk berkas Commons yang baru atau apapun yang berkas WP lama tidak akan terkena Wikipedia:Penghapusan cepat. Pastikan bahwa Anda menyertakan…
    • …templat lisensi. Beberapa templat yang digunakan secara lokal tersedia dengan nama lain di Commons. (Contoh, templat lokal {{PD-old}} adalah {{PD-old-100}} pada Commons, dan {{PD-old}} pada Commons adalah {{PD-old-70}} secara lokal. Ada banyak contoh lain, tetapi kebanyakan tidak semembingungkan contoh tadi.)
    • …informasi unggahan lokal. Siapa yang mengunggah gambar secara lokal, dan kapan waktunya? Jika ada beberapa revisi secara lokal, Anda harus memastikan untuk menuliskan mereka semua di Commons. Ini adalah sebuah persyaratan yang ketat untuk lisensi GFDL dan CC-BY. Anda tidak harus mengunggah versi sebelumnya dari berkas tersebut, hanya rincian yang ada, lengkap dengan nama pengguna dan waktu penyuntingannya. Anda juga tidak perlu menyebutkan vandalisme atau perebutan kuasa yang kemudian dibatalkan.
  • Bahkan jika Anda tidak menggunakannya untuk memindahkan berkas itu sendiri, Commons Helper masih akan membuat ringkasan penuh untuk Anda yang dapat Anda salin dan tempelkan ke halaman pengunggahan Commons. Silakan baca bagian atas untuk informasi mengenai CommonsHelper dan bagaimana untuk membersihkan setelah itu.
  • Ketika Anda selesai memindahkan berkas ke Commons, tambahkan baik templat {{Now Commons}} atau {{TetapLokal}} pada berkas Wikipedia lokal. ({{Now Commons}} juga menempatkan versi lokal untuk penghapusan). Untuk gambar dengan nama yang sama di sini dan di Commons, gunakan sintaks {{Now Commons}} atau {{TetapLokal}}. Untuk gambar di mana nama di sini dan nama pada Commons berbeda, gunakan sintaks {{Now Commons|Nama berkas baru}} atau {{TetapLokal|Nama berkas baru}} .

Memindahkan karya Anda sendiri ke Commons

Ketika memindahkan karya Anda sendiri ke Commons, Anda dapat mengikuti salah satu jalur pemindahan di atas. Kecuali orang lain telah menyunting berkas Anda, bagaimanapun, tidak perlu bagi Anda untuk memberikan sejarah lokal dari berkas tersebut di Commons, meskipun masih direkomendasikan untuk Anda melakukannya.

Memindahkan gambar dari Geograph

Ketika memindahkan gambar yang disalin dari proyek Geograph Britain and Ireland, Anda dapat mengikuti salah satu jalur pemindahan di atas. Kecuali orang lain telah menyunting berkas Anda, bagaimanapun, tidak perlu bagi Anda untuk memberikan sejarah lokal dari berkas tersebut di Commons, meskipun masih direkomendasikan untuk Anda melakukannya. Pastikan untuk menggunakan tag {{Geograph}} sehingga gambar akan ditempatkan di Category:Geograph images.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan

Penggantian nama berkas

  • Ketika itu diizinkan, tidak disarankan bahwa Anda mengubah nama berkas selama pemindahan ke Commons. Hal ini lebih baik dilakukan sebelum atau setelah pemindahan, karena dengan demikian mengubah nama direfleksikan dalam sejarah berkas, dan dapat ditelusuri dengan baik jika terjadi suatu kesalahan.
    • Sebelum Anda mengubah nama silakan baca panduan kapan harus mengubah nama.
    • Ketika Anda mengubah nama berkas, terlepas dari lokasinya, sangat penting bahwa Anda memperbarui halaman apapun di Wikipedia yang menggunakan berkas itu. Kotak perkakas di sebelah kiri layar merupakan pranala untuk Istimewa:Pranala balik, yang memungkinkan Anda untuk melihat di mana berkas Wikipedia sedang digunakan. Jika nama berkas di Commons berbeda dari nama lokal, Anda juga harus ingat untuk menggunakan {{Now Commons|Nama berkas baru}} untuk sintaksnya. Harap dicatat bahwa halaman di luar Wikipedia tidak akan bekerja jika Anda mengubah nama, kecuali jika Anda memberikan pengalihan.

Saran umum

  • Pastikan Anda mengunggah gambar resolusi tertinggi yang tersedia. Jika gambar itu diambil dari sebuah situs web, mungkin ada baiknya untuk memeriksa sumber itu. Hampir tidak ada kasus di mana mengurangi ukuran gambar penggunaan bebas adalah lebih baik. CommonsHelper tidak akan menyusutkan atau mengedit gambar yang membantu Anda dalam pemindahan.
  • Silakan coba untuk menempatkan gambar yang Anda pindahkan ke Commons ke dalam setidaknya satu kategori di Commons. Banyak kategori yang ada secara lokal ada di Commons. Ini membantu orang lain menemukan gambar nantinya, dan sangat dihargai.
  • Ada 100 lisensi yang dimulai dengan "PD-USGov". Dalam beberapa kasus, halaman deskripsi berkas akan menunjukkan bahwa lisensi lebih spesifik (seperti PD-USGov-DHS-CG atau PD-USGov-DOC-Census) yang bisa digunakan. Jika Anda yakin bahwa lisensi spesifik itu seakurat lisensi umum, Anda harus menggunakan lisensi yang spesifik.

Alat

  • CommonsHelper dari Wikimedia Labs
  • For the Common Good, alat pemindahan Commons yang dapat diunduh untuk Windows, dirancang dengan backlog-clearing
  • imagecopy.py sebuah skrip Python untuk menyalin gambar ke Commons.
  • Magog's fileinfo menghasilkan informasi unggahan asli dan teks lisensi untuk pemindahan secara manual
  • MTC!, suatu alat sederhana, lintas platform, dan dapat diunduh yang membuatnya semudah mungkin untuk Commons.
  • Commonist dan Nichalp's Upload script, yang membantu dengan pengunggahan massal.
  • Bookmarklet yang dibahas di atas adalah sebagai berikut (ini menggunakan alat yang lebih tua, berdasarkan TUSC daripada OAuth):[butuh klarifikasi]
    • javascript:window.location='//tools.wmflabs.org/commonshelper/?interface=en&language='+wgContentLanguage+'+&image='+wgTitle+'&commonsense=1&remove_categories=1&tusc_user=YOUR_USERNAME&tusc_password=YOUR_PASSWORD&reallydirectupload=1'
      

Lihat juga