Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Warung Kopi - diskusi teknis   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan Wikipedia bahasa Indonesia pada khususnya dan proyek-proyek Wikimedia lainnya secara umum, yang tidak dapat Anda temukan di halaman bantuan.
Jika pertanyaan Anda ternyata sudah tercakup dalam halaman bantuan tersebut, maka jawaban untuk Anda akan berupa pengarahan menuju halaman tersebut.

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Kamis, 17 Oktober 2019
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Infobox yang terhubung dengan Wikidata[sunting sumber]

Sekarang di WBI telah ada beberapa infobox yang terhubung langsung dengan Wikidata, sehingga tidak membutuhkan parameter (semua parameter opsional). Ada tiga infobox yang sudah saya lokalkan di WBI ini, silakan dicoba, diperiksa, dibandingkan, dilaporkan apabila ada galat, dibantu melengkapi dokumentasinya, atau dibantu memperbaiki/melengkapi/menerjemahkan apabila memiliki pengetahuan tentang templat dan modul.

ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 10 Agustus 2019 07.03 (WIB)

Tanggapan[sunting sumber]

Mantap bung, menarik sekali :D Btw yang aku temukan:
  • banyak lema yang belum diterjemahkan di wikidata atau terjemahannya aneh, misal di Masashi Tashiro ada secret photography dan "penyalahgunaan substansial" (mungkin maksudnya substance abuse aka penyalahgunaan obat-obatan)? Ini memang bukan masalah templatnya tapi masalah terjemahan bahasa Indonesia di Wikipedia yang masih kurang, tapi tolong dipertimbangkan sebelum memperluas penggunaan infobox berdasarakan wikidata.
  • kalau hover di logo Wikidata di kiri bawah akan muncul tooltip "Modifica les dades a Wikidata" yang sepertinya belum diterjemahkan
  • Saran mungkin logo Wikidata itu diganti jadi "sunting kotak ini" atau semacamnya supaya pengguna tahu bahwa jelas kotak itu harus disunting di Wikidata dan bukan di artikel.
  • Sekedar bertanya, ke depannya menurut bung apa Wikipedia Indonesia akan menganjurkan kotak wikidata, atau menyerahkan pada penyunting untuk memilih yang mana yang lebih baik untuk tiap artikel?

-- HaEr48 (bicara) 10 Agustus 2019 00.57 (UTC)

Mantap bang Ben. Aris riyanto (bicara) 10 Agustus 2019 05.16 (UTC)
Setuju untuk {{Infobox spesies}} saja. flixwito ^(•‿•)^ 20 Agustus 2019 11.57 (UTC)

Aku sangat-sangat tidak setuju kalau mau dibuat semua seperti itu, karena:

  • Seperti yang dibilang HaEr48, banyak lema yang belum diterjemahkan/terjemahannya aneh. "Substance abuse" itu jelas penyalahgunaan narkotika, kok tiba2 jadi penyalahgunaan substansial?? Terus di artikel yang sama juga ada Tekstdichter, itu bahasa Jerman untuk penulis lirik, kok bisa nyasar di situ?
  • Pengguna baru akan bingung gimana caranya untuk memperbaiki kalau ada yang ngaco seperti itu (contohnya saya mau ganti itu "penyalahgunaan substansial", tapi bingung karena di Wikidata nggak ketemu).

Maka dari itu fitur ini masih terlalu prematur dan untuk sementara lebih baik pakai data manual saja. Jangan sampai terulang kasus templat convert kemarin cuma gara-gara mau ikutan Wiki lain dalam memperbaharui templat (buat yang nggak tahu, templat convert pernah ngawur selama setahun dan tidak terdeteksi, akibatnya 5,5101 kg jadi 55101 kg, 20,5 derajat Celcius jadi 205 derajat Celcius).  Mimihitam  10 Agustus 2019 09.17 (UTC)

Kebetulan nihh ada obrolan ini, aku mau nanya masalah pemberian ID wikidata wewenang siapa ya, hanya terbatas Editor kah? Kebetulan ada halaman spesies yang baru kubuat, hanya ada di wikipedia bahasa Indonesia tapi ID wikidatanya belum tersedia. Chinamoonroll (bicara) 14 Agustus 2019 01.35 (UTC)

@Chinamoonroll: Pemberian ID Wikidata sudah dijalankan otomatis oleh bot disana. CMIIW. flixwito ^(•‿•)^ 20 Agustus 2019 06.17 (UTC)
  • Setuju Setuju Banget untuk semua infobox. Joseagush(Bicara) 9 Oktober 2019 10.57 (UTC)

Tech News: 2019-33[sunting sumber]

12 Agustus 2019 18.19 (UTC)

Penamaan artikel cth: Lintah dan pacet[sunting sumber]

Akhir akhir ini saya kembali aktif menyunting di Wikipedia, terutama tentang flora dan fauna di sekitar kita, karena ternyata banyak sekali hewan dan tumbuhan di sekitar kita yang belum memiliki artikelnya di Wikipedia, walaupun hanya rintisan.

Kemudian sampailah suntingan saya ke sebuah artikel en:Hirudinea, yaitu sebuah upclasses dalam taksonomi, yang ternyata sudah memiliki artikelnya di WBI dengan judul Lintah dan pacet.

Nb: masalah ini mungkin pernah dibahas sebelumnya

Mengapa judulnya harus Lintah dan pacet ? Oke saya paham, maksudnya adalah artikel tersebut bisa mewakili berbagai jenis lintah-lintahan dan pacet-pacetan. Kenapa tidak ditulis Hirudinea saja?

Artikel lain:

  • Kupu-kupu dan ngengat, mungkin maksudnya untuk mewakili berbagai jenis kupu-kupuan dan ngengat-ngengatan? Kenapa tidak ditulis LEPIDOPTERA saja?
  • Kodok dan katak, mungkin maksudnya untuk mewakili berbagai jenis kodok-kodokan dan katak-katakan? Kenapa tidak ditulis ANURA saja?

Mungkin ada wikipediawan lain yang bisa menambahkan judul artikel serupa.

Permasalahannya kalau metode COCOKLOGI tersebut harus diterapkan pada genus hibiscus yang membawahi berbagai spesies dari bunga rosela, kembang sepatu, dan waru-waruan. Apakah harus dibuat artikelnya dengan judul "kembang sepatu, rosela, dan waru"?

Bagaimana dengan iguanea yang membawahi berbagai jenis kadal-kadalan, iguana-iguanaan, biyawak-biyawakan, bengkarung-bengkarungan, bunglon-bunglonan, dan sebagainya. Apakah harus dibuat artikelnya menjadi "kadal, iguana, biyawak, bengkarung, bunglon dan sebagainya"?

Kalau sistem penamaan cocoklogi Lintah dan pacet memang konsisten, maka penamaan tersebut harus diterapkan ke semua artikel yang berhubungan dengan flora dan fauna, seperti penjabaran saya di atas dong ah!

Dan habbit tersebut hanya ada di Wikipedia Bahasa Indonesia, di Wikipedia dalam bahasa lain enggak tuh. Artinya ada yang salah di sini.

Aris riyanto (bicara) 14 Agustus 2019 22.32 (UTC)

Oke karena tidak ada respons, semua artikel di atas akan saya pindahkan. Trims. Aris riyanto (bicara) 17 Agustus 2019 10.30 (UTC)

Tech News: 2019-34[sunting sumber]

19 Agustus 2019 15.21 (UTC)

Perkakas Nav Pop-up[sunting sumber]

Ada yg ngeh kalo perkakas Navigasi Pop-up ga berfungsi terjemahan menunya? Menunya pake bhs Inggris, padahal kan udah diterjemahkan...
CC: Para admin interface @Kenrick95:, @Rachmat04:, @Veracious: dan tentunya pak Ben@Bennylin:
 • Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 2 September 2019 - 13:06 wib.

Nyimak (soalnya bukan admin)Aris riyanto (bicara) 2 September 2019 07.08 (UTC)
Hahaha moggo mas @Aris riyanto:. Oya udah dites blm? Tampil menu bhs Inggris kan ya?  • Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 2 September 2019 - 14:27 wib.
@Aris riyanto: & @Iwan Novirion: Coba dihapus temboloknya dan lihat apakah sudah jalan atau belum. flixwito ^(•‿•)^ 2 September 2019 07.57 (UTC)
Ashiyaaaappp... makasih mas @Veracious:  • Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 2 September 2019 - 15:03 wib.
@Iwan Novirion: sudah dicoba dan digunakan, cuma interface default Wikipedia saya emang bahasa Inggris, jadi, ya..., begitulah Aris riyanto (bicara) 2 September 2019 09.10 (UTC)
Owalah mas @Aris riyanto: kurang nasionalis ini.... #kabuurr  • Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 2 September 2019 - 16:48 wib.

Tech News: 2019-36[sunting sumber]

4 September 2019 09.07 (UTC)

Menampilkan section[sunting sumber]

Saya ingin tau kenapa yg diatas tidak muncul? Sedangkan yang dibawah muncul?

Ref[sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama regulasi

Chinamoonroll (bicara) 9 September 2019 10.00 (UTC)

Coba bagian Tiebreakers disamakan, jgn pake 19-20. Di artikelnya juga yg section jgn pake 19-20  • Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 11 September 2019 - 13:02 wib.

Saya lihat, {{#lst:Babak grup Liga Eropa UEFA 2019–20|Tiebreakers19-20}}, nah di bagian Tiebreakers19-20 setelah saya cek, tidak ada section dengan nama "Tiebreakers19-20" di artikel Babak grup Liga Eropa UEFA 2019–20, sampe kapanpun tidak akan muncul. Coba tulis {{#lst:user:Aris riyanto/sandbox|Manfaat}}, pasti muncul karena nama sectionnya ada. -- Aris riyanto (bicara) 11 September 2019 07.34 (UTC)

Selesai Selesai - tambahkan onlyinclude. onlyinclude.--(bicara) 11 September 2019 08.54 (UTC)
Tapi ada masalah muncul di Liga Eropa UEFA 2019–2020#Babak Grup.
Terimakasih mas @Aris riyanto:. --Chinamoonroll (bicara) 11 September 2019 09.30 (UTC)
Saya sudah perbaiki artikel Liga Eropa UEFA 2019–2020 yang kacau di bagian grup. Hanya untuk kotak info masih tidak muncul oleh sebab yg belum saya ketahui. Joseagush(Bicara) 10 Oktober 2019 01.14 (UTC)

Duplicate file[sunting sumber]

Hello, please delete this duplicate file I accidentally created while moving files from Commons. Thank you! Kaldari (bicara) 24 September 2019 01.08 (UTC)

@Kaldari: Selesai Selesai flixwito ^(•‿•)^ 17 Oktober 2019 05.48 (UTC)

Tech News: 2019-39[sunting sumber]

24 September 2019 13.26 (UTC)

Tech News: 2019-40[sunting sumber]

30 September 2019 16.49 (UTC)

Tech News: 2019-41[sunting sumber]

7 Oktober 2019 15.34 (UTC)

Diskusi penambahan fitur pengarsipan URL dengan menggunakan InternetArchiveBot[sunting sumber]

Halo!

Saya ingin mengusulkan untuk menambahkan Wikipedia bahasa Indonesia (idwiki) ini ke dalam perkakas IABot Management Interface (iabot). Fungsinya adalah untuk memudahkan pengarsipan pranala luar (URL) yang telah mati secara otomatis. Secara umum, prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk log di IABot Management Interface dengan menggunakan akun Wikimedia masing-masing.
  • Pilih idwiki - Indonesian Wikipedia di sebelah kanan atas untuk menentukan wiki mana yang akan dikerjakan oleh bot.
  • Ada dua opsi:
    • Hanya satu halaman diperiksa
      • Jika hanya satu artikel Wikipedia yang ingin diperiksa, klik Run bot » Fix a single page.
      • Berikan judul artikel, kemudian isi alasan mengapa halaman tersebut perlu dianalisis.
      • Tersedia opsi penambahan halaman arsip ke dalam Wayback Machine walaupun pranala luar tersebut belum mati.
      • Klik Analyze.
    • Banyak halaman diperiksa
      • Klik Run bot » Queue bot to run on multiple pages.
      • Masukkan judul-judul artikel yang ingin diperiksa.
      • Klik Submit.

Fitur ini cukup berguna untuk diterapkan di Wikipedia ini karena keterbatasan teknis untuk memeriksa pranala luar satu per satu, dan diharapkan dengan adanya penyelamatan pranala mati ini dapat meminimalisasikan ketidakakuratan referensi pada tiap-tiap artikel.

Saya ingin mengetahui apakah komunitas setuju dengan usulan ini. Silakan berikan pendapat mengapa Anda setuju, dan berikan tanggapan jika ada solusi lain untuk menangani masalah ini. Trims! ··· 🌸 Rachmat04 · 9 Oktober 2019 05.04 (UTC)

Tanggapan[sunting sumber]

  • Setuju Setuju Per usulan diatas. Alasannya, banyak pranala referensi yang sudah saya buat mati akibat terkena hack, rusak, pindah, dsb. Alangkah lebih baik lagi jika InternetArchitevBot ini dapat berjalan otomatis dan akan baik juga digunakan di Wikipedia bahasa daerah lainnya. Terima kasih atas masukannya. Joseagush(Bicara) 9 Oktober 2019 10.47 (UTC)
  • Setuju Setuju untuk mengurangi pranala-pranala referensi yang mati, sehingga Pemastian dapat terus berjalan. Selain opsi yang disebut di atas, apa bisa IABot diminta otomatis berjalan di sini sehingga tidak perlu diaktivasi manual, seperti di en.wp? HaEr48 (bicara) 10 Oktober 2019 12.26 (UTC)
  • Untuk hal tersebut, saya belum dapat memastikannya. Sepengetahuan saya, bot tersebut seharusnya dapat dijalankan di sini, tetapi saya hendak melihat dulu bagaimana proses awalnya (dengan menggunakan IABot Management Interface) sebelum bot diminta aktif di sini. Terima kasih atas usul yang menarik! ··· 🌸 Rachmat04 · 10 Oktober 2019 15.28 (UTC)

Tech News: 2019-42[sunting sumber]

14 Oktober 2019 23.32 (UTC)