Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi teknis   kirim topik baru
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKT

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan Wikipedia bahasa Indonesia pada khususnya dan proyek-proyek Wikimedia lainnya secara umum, yang tidak dapat Anda temukan di halaman bantuan.
Jika pertanyaan Anda ternyata sudah tercakup dalam halaman bantuan tersebut, maka jawaban untuk Anda akan berupa pengarahan menuju halaman tersebut.

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Jumat, 23 Februari 2018
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Cara sunting lama[sunting sumber]

Assalamualaikum WR WB, udh lama gak ngewiki ternyata mekanisme penyuntingan di WPID udh berubah, sy terbiasa menyunting dgn cara lama "sunting sumber" kayak seperti yg di WPEN. Bisakah ada yg memberi tahu cara menyeting hal tsb agar kembali ke versi yang lama? Terima kasih bila ada yg mau jawab pertanyaan saya ini. Wassalamualaikum WR WB -Denny eR Ge (bicara) 22 Januari 2018 18.49 (UTC)

@Denny eR Ge:: Wa'alaikum salam wr. wb, saya baru bergabung di WPID tahun kemarin, dan langsung menggunakan "sunting sumber 2017". Untuk "sunting sumber" cara lama yang dimaksud, mungkin tinggal dikosongkan saja (uncheck) pada bagian Mode teks wiki baru di bilah Fitur beta, yang ada pada menu preferensi. Semoga membantu. Salam --Adeninasn (bicara) 23 Januari 2018 10.52 (UTC)
Nah ini nih, sangat membantu jawaban dari Mbak @Adeninasn: Terima kasih atas pencerahannya mbak hehehe, skrg saya bisa menyunting dgn cara lama yg biasa saya pakai -Denny eR Ge (bicara) 23 Januari 2018 16.56 (UTC)
Terimakasih, saya juga sudah hampir 2 tahun off di wikipedia, baru baru ini pas mau menyunting agak kebingungan dengan tampilan yang sudah jauh berubah.   ΑΠδΓɛ   ✉  23 Februari 2018 11.47 (UTC)

Templat:Speciesbox[sunting sumber]

Mohon bantuan para wikipediawan yang bisa memperbaiki tampilan Templat:Speciesbox di bagian "Spesies". Terima kasih.

Salam, ~~Pierrewee (bicara) 25 Januari 2018 16.08 WIB

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-14 dan ke-15 tahun 2018)[sunting sumber]

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 27 Januari 2018 10.29 (UTC)

Penghapusan berkas[sunting sumber]

Saya mengusulkan penghapusan Berkas:Benteng Victoria.jpg yang bertabrakan dengan berkas lainnya di Commons, yaitu File:Benteng Victoria.jpg. Berkas lokal memiliki sumber dan pembuat yang tidak jelas sehingga lebih baik berkas lokallah yang dikorbankan. Terima kasih. --Elzihitipeuw (bicara) 28 Januari 2018 08.40 (UTC)

Tech News: 2018-05[sunting sumber]

29 Januari 2018 17.06 (UTC)

Kesalahan dalam pemuatan versi baru berkas[sunting sumber]

Saya baru saja memuat versi baru untuk berkas Berkas:Gereja Silo.jpg, namun gambar yang baru tidak muncul sebagai gambar berkas terkini, melainkan hanya muncul di riwayat berkas. Ada yang tahu di manakah kesalahannya? Terima kasih. --Elzihitipeuw (bicara) 31 Januari 2018 14.39 (UTC)

Tech News: 2018-06[sunting sumber]

5 Februari 2018 20.51 (UTC)

Tech News: 2018-07[sunting sumber]

12 Februari 2018 21.59 (UTC)

Interwiki ke Wikidata dengan bot[sunting sumber]

Saat ini ada dua bot (EmausBot dan HsfBot) yang menjalankan fungsi interwiki ke Wikidata, jadi sebenarnya tidak harus menyunting Wikidata untuk menambahkan interwiki. Cukup dengan menambahkan pranala interwiki secara manual misal [[en:Template:xxxx]] di halaman yang baru dibuat (terutama untuk ruang nama templat, artikel, dan kategori) dan bot akan memperbarui item di Wikidata dan menghapus pranala tersebut dari artikel terkait. Menurut saya ini akan lebih menghemat waktu dan sumber daya untuk menyunting artikel lain, dan mudah digunakan pengguna baru yang belum terbiasa dengan Wikidata. Contoh suntingan interwiki bot: https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Templat:Box-header-blank&diff=prev&oldid=13706028, wikidata: https://www.wikidata.org/w/index.php?title=Q6724582&diff=prev&oldid=631649929

--Hidayatsrf (bicara) 16 Februari 2018 01.10 (UTC)

Tidak setuju Sangat tidak setuju Mengapakah kita mesti melestarikan kebudayaan lama yang kini sudah dipermudah dengan adanya Wikidata? Jika hanya karena pengguna baru tidak mengetahui seluk-beluk Wikidata, bukan seperti ini caranya. Bukankah kita bisa menggunakan halaman pembicaraan pengguna untuk mengajari mereka? Dengan demikian, diharapkan pengguna baru menjadi lebih terampil dalam menyunting interwiki. Jangan khawatir, proses ini hanya memakan waktu satu menit, atau bahkan bisa kurang (tergantung kecepatan akses internet).
Contoh format pesan kepada pengguna baru: (berdasarkan pengalaman saya)
  1. Lihat di sebelah kiri halaman artikel, di bagian Bahasa lain, lalu klik "Tambah interwiki".
  2. Kemudian isi bagian "Bahasa" dengan kata yang menunjukkan Wikipedia yang dimaksud, contohnya "English (enwiki)" menunjukkan Wikipedia bahasa Inggris, isi bagian "Halaman" dengan judul artikel dari Wikipedia bahasa Inggris yang ingin bapak tautkan, lalu jika selesai, klik "Tautkan dengan halaman"
  3. Kemudian klik "Terima"
  4. Kemudian klik "Tutup dan muat ulang halaman"

Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 Februari 2018 04.14 (UTC)

Ini hanya sebagai alternatif, bukan meniadakan interwiki manual ke Wikidata. Dan ini bukan metode interwiki lama karena hasilnya tetap terhubung ke wikidata, kita hanya perlu menambahkan pranala ke bahasa lain di bagian paling bawah, dan bot akan mengaitkanya ke butir di Wikidata, menurut saya itu lebih baik daripada tidak diberi interwiki sama sekali mengingat menumpuknya halaman tanpa interwiki. Toh hasilnya sama-sama terhubung ke Wikidata. Tidak semua pengguna baru bisa langsung familiar dengan wikidata, dangan cara ini pengguna baru bisa melakukanya tanpa mempelajari apapun. Mengingat sumber daya kita yang sangat terbatas tentu waktu satu menit pun akan sangat berharga. Jadi ini hanya untuk memudahkan dan mempercepat, dan saya menuliskanya disini hanya sebagai pemberitahuan. Jika Anda tidak menyukainya Anda tidak harus menggunakanya, dan jika Anda membantu mengenalkan Wikidata ke pengguna baru saya akan sangat mendukungnya! --Hidayatsrf (bicara) 19 Februari 2018 11.13 (UTC)

Tech News: 2018-08[sunting sumber]

19 Februari 2018 22.54 (UTC)