Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Warung Kopi - diskusi teknis   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan Wikipedia bahasa Indonesia pada khususnya dan proyek-proyek Wikimedia lainnya secara umum, yang tidak dapat Anda temukan di halaman bantuan.
Jika pertanyaan Anda ternyata sudah tercakup dalam halaman bantuan tersebut, maka jawaban untuk Anda akan berupa pengarahan menuju halaman tersebut.

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Kamis, 18 Oktober 2018
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Tech News: 2018-37[sunting sumber]

10 September 2018 22.35 (UTC)

Butuh solusi[sunting sumber]

Halo, sepertinya ada masalah teknis yang amat sangat besar. Templat convert mungkin telah mengakibatkan banyak sekali ketidakakuratan di dalam artikel-artikel terjemahan akibat penggunaan koma dan titik. Dalam bahasa Inggris, koma adalah ".", dan banyak teks terjemahan yang tidak diubah titik dan komanya di templat convert karena diasumsikan akan berubah secara otomatis (dan dulu memang begitu). Tapi sepertinya templat convert sekarang sudah diindonesiakan, jadinya hasilnya pun ngawur: {{convert|2.5|–|3.5|m|ft|0|abbr=on}} yang harusnya menjadi 2,5 hingga 3,5 m jadi 2,5–3,5 m (8–11 ft). Atau {{convert|3,01|–|5,01|kg|lb|abbr=on}} yang harusnya jadi 3,01-5,01 kg malah jadi 3,01–5,01 kg (6,6–11,0 lb). Padahal sebenarnya convert satuan SI ke satuan non-SI sama sekali tidak penting dalam konteks Indonesia, karena kita tidak mengenal satuan-satuan semacam mil atau lb. Ada beberapa solusi mungkin:

  1. Hapus templat convert dan ganti semua penggunaan templat convert secara otomatis dengan menggunakan bot menjadi penulisan satuan secara manual.
  2. Memperbaiki templatnya, tapi saya rasa ini sangat sulit untuk dilakukan karena ada juga yang memakai templat convert dengan mengubah titik menjadi koma dan koma menjadi titik
  3. Menyelaraskan titik dan koma dengan menggunakan bot.

Mohon bantuannya untuk para ahli-ahli teknis.. karena sudah beberapa tahun ini mungkin banyak pembaca yang disuguhi informasi tidak akurat seperti "hewan X punya massa otak 301 kg (harusnya 3,01 kg)" gara2 hal teknis semacam ini. Kalau saya secara pribadi lebih mendukung penggantian semua templat convert dengan bot untuk menghindari kesalahan-kesalahan fatal di berbagai artikel. @Bennylin Kenrick95 Hidayatsrf Bagas Chrisara Baloo Official  Mimihitam  16 September 2018 07.17 (UTC)

Kalau dari saya lebih ingin memperbaiki templatnya... memang agak sulit karena saya pun pernah menelusuri tapi kebingungan salah di bagian mana. Setelah templat diperbaiki, kemudian memang butuh bot untuk menelusuri semua titik-koma yang masih terbalik-balik. Satuan non-SI masih banyak digunakan untuk bidang-bidang teknik, terutama karena beberapa sudah jadi standar (misal, diameter pipa atau ukuran kunci pas pasti inci, bukan cm). RaymondSutanto (bicara) 16 September 2018 08.13 (UTC)
Saya tidak terlalu paham teknis, tapi saya sering menemukan keganjilan seperti ini saat menerjemahkan kotak info pemain sepak bola. Jika memang akan diselaraskan, sebaliknya pakai opsi terakhir jika (andai memang feasible). Muhraz (bicara) 16 September 2018 08.26 (UTC)
@RaymondSutanto bagi saya penghapusan termasuk solusi potensial untuk menghindari kesalahan serupa untuk ke depannya... karena tidak semua pengguna baru akan langsung tahu kalau templat convert yang disalin harus disesuaikan. Makanya saya lebih mendukung penggantian semua templat convert menjadi teks manual oleh bot.. kalau diganti dari convert 2.5 kg jadi 2.5 kg saja, tdk jadi masalah besar krn orang akan ngerti yang dimaksud itu 2,5 kg.. sementara kalau status quo seperti sekarang malah berubah jadi 25 kg kan berubah drastis... Menurut saya tidak ada salahnya di templat kecuali untuk format yang telah diindonesiakan (kalau entrinya koma akan jadi akurat, 3,06 kg), tapi problemnya penggunaan templat convert sudah merebak luas dan ada yang pakai 3.06 dan 3,06, makanya saya usulkan solusi bot kalau ada yang tahu caranya.  Mimihitam  16 September 2018 08.56 (UTC)
@RaymondSutanto @Farras @Bennylin @Muhraz @Kenrick95 setelah saya otak atik saya sudah ketemu solusinya. Number separatornya saya ganti ke simbol yang sepenuhnya tidak relevan (;), jadi sekarang templat convert sudah bisa dipakai untuk simbol "." dan ",". Contoh: {{convert|5.5|km|mi}} jadi 5,5 kilometer (3,4 mi) dan {{convert|5,5|km|mi}} jadi 5,5 kilometer (3,4 mi). Untuk ke depannya kalau ada update templat convert tolong berhati2 soal numdot/numsep ini, karena sepertinya sudah lebih dari setahun pembaca WBI disuguhi info2 ngawur seperti "massa otak gajah 60 kg", "tinggi pemain bola X 180 meter", atau "suhu rata-rata Beograd 230 derajat Celcius" gara2 galat seperti ini.  Mimihitam  25 September 2018 15.54 (UTC)
Hebat! Terima kasih untuk usaha perbaikannya! Salam, RaymondSutanto (bicara) 25 September 2018 16.45 (UTC)

Tech News: 2018-38[sunting sumber]

17 September 2018 21.58 (UTC)

Feedback wanted on mobile web contribution prototype[sunting sumber]

CKoerner (WMF) (talk) 18 September 2018 15.34 (UTC)

Menampilkan Referensi dengan halaman berbeda dari satu sumber[sunting sumber]

Bagaimanakah caranya menampilkan referensi yang berbeda-beda halamannya namun sebenarnya berasal dari satu buah buku saja? Dian (bicara) 19 September 2018 09.56 (UTC)

@NaidNdeso: Biasanya menggunakan Templat:sfn pak. flixwito ^(•‿•)^ 25 September 2018 16.34 (UTC)

Tech News: 2018-39[sunting sumber]

24 September 2018 15.23 (UTC)

Kotak info pemegang jabatan[sunting sumber]

Kotak info pemegang jabatan masih error, jabatan yang diwikifikasi dan disertai dengan parameter order malah munculnya jadi kayak gini --> [[Kepala Staf Gedung Putih]] ke-28, lalu bila menambahkan info lain semisal karier militer, infonya malah gak muncul sama sekali. Dimohon pencerahannya pengurus tercinta Denny eR Ge (bicara) 25 September 2018 18.17 (UTC)

Semua templat sudah saya kembalikan ke versi stabil. Kalau ada bug lain, tolong beritahu ya. Terima kasih. — Farras💬 25 September 2018 23.17 (UTC)
Terima kasih kak sebelumnya, tapi masih ada errornya tuh dengan parameter order, tampilan jabatan diartikel contoh masih begitu --> [[Kepala Staf Gedung Putih]] 28 Denny eR Ge (bicara) 28 September 2018 14.54 (UTC)
Oh ya, balikin tuh petikan kata "ke-"nya. Bagaimana pun, nama jabatan ya kalo pake penomoran ya pasti pake kata sandang "ke-" (misal Presiden Indonesia ke-8). Tapi kalo misalnya di artikelnya sudah ditambahin kata "ke-" bisa sekalian otomatis nggak jadi "ke-ke-". Kayak di en.wiki gitu, tampilin gambar pake format "|image=Bla bla bla.jpg" bisa nongol gambarnya, bukan tulisannya, tapi kalo pake format "|image=[[File:Bla bla bla.jpg|100px]]" nanti bisa keluar gambarnya sendiri tanpa keteteran ama kata "100px". Saran aja sih --Glorious Engine (bicara) 28 September 2018 15.04 (UTC)

Peninjau otomatis[sunting sumber]

Soal ini, rupanya sudah ada sejak 3 tahun yang lalu, tapi saya belum menemukan halaman pemungutan suara berkenaan dengan ini. Apakah kebijakan ini tetap sah walau tidak melewati konsensus? Soalnya persyaratan menjadi peninjau otomatis saja tak jelas: pengertian "pengguna tepercaya" sendiri bisa jadi berbeda-beda antara satu pengurus dengan pengurus lainnya. Apakah jabatan ini perlu ditiadakan mengingat persyaratan menjadi editor sendiri sebetulnya tidak rumit bagi pengguna? Contoh terkini adalah Mouche yang baru saja kehilangan jabatan ini karena terlalu sering membuat artikel yang bermasalah dengan terjemahan.

Mengundang Mimihitam, Muhraz, RaymondSutanto, Rachmat04, Murbaut, Johnstad Di Maria, Pierrewee, Bagas Chrisara, Ricky Setiawan. Pengurus dan pengguna lain juga turut dijemput bagi menyuarakan pendapat perihal ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 02.54 (UTC)

Pengertian "pengguna tepercaya" memang akan berbeda antarsesama Pengurus. Bagi saya sendiri, memberikan akses "Peninjau otomatis" sama halnya seperti saya akan memberikan editor. Yang membedakannya adalah pada pengguna yang menerima status. Terkadang, ada pengguna baru yang berkontribusi baik dan frekuensi penyuntingan dalam artikel yang ditandai "terperiksa" sangat tinggi, sehingga suntingannya akan terus harus melewati pemeriksaan editor. Bagi editor sendiri, ini akan cukup melelahkan karena ia harus membuka semua kontribusi pengguna baru tersebut dan menandai suntingannya sebagai terperiksa. Dalam pemikiran saya, status editor bagi sebagian pengguna mungkin tidak tertarik, namun kalau ia melakukan suntingan yang baik dan pengguna lain harus memeriksa suntingannya berulang kali, saya kira status "Peninjau otomatis" cukup membantu. ··· 🌸 Rachmat04 · 1 Oktober 2018 04.44 (UTC)
Pemikiran saya kurang lebih sama seperti Rachmat04. Salam, RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 05.30 (UTC)
Rachmat04 dan RaymondSutanto, berarti apakah perlu dibuat kriteria menjadi peninjau otomatis? Saya perhatikan tampaknya jabatan ini tiba-tiba saja muncul di WBI tanpa konsensus dari pengguna. Padahal, kalau dilihat-lihat, menjadi seorang editor tidaklah terlalu sulit, hanya menunggu dua bulan sejak pendaftaran akun, memiliki 150 suntingan di 5 ruang nama yang berbeda dalam jangka waktu 3 bulan, memiliki halaman pengguna sebesar 100 bita, mengaktifkan surel, dan tidak pernah diblokir selama 6 bulan terakhir. Dan mengingat kriteria peninjau otomatis sendiri memang tidak jelas dan terkesan subjektif, maka setiap pengurus memiliki pandangan yang berbeda mengenai seorang pengguna. Ini menyebabkan terkadang terdapat seorang pengurus yang mengangkat pengguna yang memiliki rekam jejak suntingan yang buruk tanpa diketahui oleh pengurus lain yang tidak memeriksa log perubahan hak akses. Dengan adanya kriteria, maka keberadaan peninjau otomatis akan menjadi lebih jelas. Tentu saja kriteria menjadi peninjau otomatis nantinya lebih ringan menjadi editor, cukup berumur sebulan misalnya. Atau kriteria editor perlu dibuat menjadi lebih ringan, dengan penerapan yang lebih ketat untuk mencegah penyalahgunaan jabatan? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 09.17 (UTC)
Saya pikir peninjau otomatis perlu ditiadakan saja, tapi tidak pula pemberian status editor dipermudah. Membuat selapis lagi "jabatan" (saya secara pribadi tak terlalu suka istilah ini di Wikipedia) saya pikir hanya akan sia-sia saja. Salam, Muhraz (bicara) 1 Oktober 2018 10.21 (UTC)
Saya kira status "Peninjau otomatis" ini adalah turunan dari status "Editor". Dengan kata lain, jika ingin menghilangkan status "Peninjau editor" harus menghapus status "Editor" juga. CMIIW. Sementara ini, kriteria status Editor cukup yang sudah ada saja mengingat banyak pengguna dengan status ini kadang kala tidak terlalu aktif. ··· 🌸 Rachmat04 · 1 Oktober 2018 11.56 (UTC)
Muhraz Berarti cukup status editor dan peninjau yang berlaku di WBI, tidak perlu peninjau otomatis lagi?
Rachmat04 Benar bahwa peninjau otomatis berada tepat satu tingkat di bawah editor, tetapi apakah karena demikian lantas ketika jabatan peninjau otomatis dicabut lalu jabatan editor ikut dicabut juga? Jabatan editor dan peninjau sudah mencapai konsensus dari komunitas, sedangkan jabatan peninjau otomatis? Bahkan diskusi tentang peninjau otomatis saja sangat jarang diangkat ke dalam diskusi di Warung Kopi. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 2 Oktober 2018 07.41 (UTC)
Saya belum mendapati ada pengguna yang status Peninjau otomatis dan Editor dicabut sekaligus. Dua status ini memang redundan jika diberikan kepada pengguna yang sama. Apabila seorang pengguna dengan status Peninjau otomatis meminta status Editor, maka Pengurus akan memberikan status Editor dan menghapus status Peninjau otomatis padanya, karena status Peninjau otomatis yang berwenang untuk menandai suntingan sendiri secara otomatis sudah ada dalam status Editor. Saya kira kalau ada pengguna yang dicabut dua status tersebut sekaligus, mungkin dia melakukan penyalahgunaan yang berat (seperti vandalisme atau hal lainnya yang menyalahi ketentuan Wikipedia) sehingga status tersebut dicabut agar suntingannya dapat diperiksa lagi oleh Editor lain. ··· 🌸 Rachmat04 · 3 Oktober 2018 00.06 (UTC)
Rachmat04 Ah, saya baru paham maksud Anda. Saya sebelumnya berpikir maksud Anda adalah jika meniadakan jabatan peninjau otomatis di WBI, maka jabatan editor juga perlu ditiadakan. Hmmm... menurut Anda, apakah perlu dibuat kriteria bagi jabatan peninjau otomatis? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 3 Oktober 2018 07.04 (UTC)

Ide: reviewer/peninjau[sunting sumber]

Daripada pusing-pusing, saya usulkan agar fungsi peninjau otomatis, editor, dan pengembali revisi digabungkan saja. Saya tidak pasti bagaimana teknisnya nanti di meta dan saya tidak tahu apakah ada wiki lain yang sudah menerapkannya, namun menggabungkan ketiga fungsi yang hampir-hampir mirip ini akan mempermudah kerja pengurus dan tidak merepotkan bagi yang ingin memohon. Bisa dinamakan "peninjau", atau apapun yang bisa dirundingkan nanti. Muhraz (bicara) 3 Oktober 2018 15.22 (UTC)

Muhraz Lebih tepatnya istilah "peninjau" yang berlaku saat ini didefinisikan ulang karena "peninjau" merujuk kepada pengguna yang dapat memeriksa suntingan sebagai revisi layak. Perihal penggabungan, peninjau otomatis, editor, dan peninjau dapat saja digabung menjadi satu karena fungsinya yang mirip, tetapi apakah pengembali revisi perlu digabung juga? Banyak editor yang tidak terlalu aktif dalam mengembalikan suntingan vandalisme dan lebih berfokus dengan membuat dan mengembalikan artikel baru dll. Selama ini banyak permohonan menjadi editor yang disetujui tanpa menyinggung riwayat pengembalian suntingan vandal. Memang, pengembalian suntingan vandal termasuk dalam kriteria editor, tetapi seberapa efektifkah kriteria ini? Kenyataanya hanya ada 6 kriteria yang digunakan dalam penilaian suatu pengguna yang mengajukan diri. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 5 Oktober 2018 09.42 (UTC)
@Muhraz dan Hanamanteo: Sebenarnya ide tersebut sudah pernah saya bahas di proposal penerapan perubahan tertunda tentang mengganti sistem FlaggedRevs dengan pelindungan perubahan tertunda (pending changes protection) dengan mengganti status editor, peninjau, dan peninjau otomatis dengan peninjau yang mirip di WP.EN. Cuma karena permohonan proposal di Phab ditolak maka itu proposal perubahan tertunda menjadi menggantung walaupun sudah mencapai konsensus. Saya sih setuju aja peninjau otomatis, editor, dan peninjau digabungkan. Dan juga perlu direvisi juga pemberian status peninjau dengan memperhatikan suntingan yang mengembalikan vandalisme. – Arifin.wijaya (bicara)  19 Oktober 2018 pukul 02.12 WIB

Tech News: 2018-40[sunting sumber]

1 Oktober 2018 17.34 (UTC)

Tech News: 2018-41[sunting sumber]

8 Oktober 2018 23.38 (UTC)

Templat:Halaman Utama/Modul partisipasi[sunting sumber]

Bagaimana jika pengisian artikel-artikel di sana berdasarkan Templat:Recent changes article requests/list alih-alih pemilihan artikel secara pribadi? Dahulu pengisian artikel masih menggunakan Templat:Recent changes article requests/list, tetapi saat ini berganti menjadi pemilihan secara pribadi. Sayangnya Templat:Halaman Utama/Modul partisipasi tidak bisa disunting selain pengurus dan tidak banyak pengguna yang tahu Templat:Recent changes article requests/list, jadi bagaimana?

Mengundang Glorious Engine dan Mimihitam yang sering memperbarui daftar artikel. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 10 Oktober 2018 05.32 (UTC)

Kata Mimi, pemilihan artikel di MP disaring berdasarkan pada kelayakan artikelnya (bebas tag, sumbernya jelas, dlsb) sementara kalo di RCAR itu ada yang kena tag lho. Info aja --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2018 05.34 (UTC)
Jika masalahnya demikian, mestinya artikel yang dirasa bermasalah karena kelayakan dan/atau dipasang tag tertentu dapat dihapuskan dari Templat:Recent changes article requests/list kan? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 10 Oktober 2018 06.41 (UTC)
Monggo aja kalo mau menghapus artikel yang dianggap bermasalah dalam RCAR --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2018 06.45 (UTC)

AlexNewArtBot[sunting sumber]

Saya ngasih saran aja bahwa gimana kalo WBI ngundang en:User:AlexNewArtBot atau bot sejenis buat ngumpulin laman-laman baru berdasarkan pada temanya (misal Politik, Kuliner, Film, dlsb) biar bisa diperiksa gitu sama pemeriksa yang meminati bidang tersebut (misal buat tema film bisa ngasih kesempatan untuk pengguna yang hobi ngunggah poster film) tanpa perlu menyaring dari Istimewa:Halaman baru. Cuman karena disini nggak seaktif di en.wiki, maka durasinya bisa dibedain gitu untuk tempo sebulan. --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2018 14.49 (UTC)

pojokmuda.com[sunting sumber]

Tolong https: //www. pojokmuda. com/ mbok diblacklist soalnya sering dijadiin spam. Sekalian saya mau tanya, tempat buat blacklist url tuh mana ya ? --Glorious Engine (bicara) 13 Oktober 2018 03.57 (UTC)

@Glorious Engine: Telah ditambahkan. Letaknya berada di sini. -- Bagas Chrisara (bicara) 13 Oktober 2018 05.30 (UTC)

Pengunggahan berkas[sunting sumber]

Saya mau tanya jika saya mau mengunggah gambar yang asalnya dari internet boleh tidak ya ?,kalau boleh bagaimana cara mengunggah dan apa jenis lisensinya? --Maulana Adhi NUgraha (bicara) 15 Oktober 2018 06.00 (UTC)

@Maulananugi58: Bisa, namun resolusi gambar tersebut harus dikurangi di bawah ukuran 300x400 piksel, sesuai kebijakan penggunaan media nonbebas (WP:NFCC). Anda dapat mengunggah berkas di sini. Gunakan templat {{Non-free fair use}} untuk gambar kategori umum, serta berikan ringkasan berkas dengan menggunakan templat {{Non-free use rationale}}. Berkas berupa gambar yang melanggar lisensi dan tidak memiliki ringkasan akan dihapus jika ditemukan. Salam. -- Bagas Chrisara (bicara) 15 Oktober 2018 09.27 (UTC)

Tech News: 2018-42[sunting sumber]

15 Oktober 2018 22.40 (UTC)

Ruang nama[sunting sumber]

Saya mau tanya,saya kan mengajukan diri sbg editor WBI dan sudah ditolak 2 kali karena ruang nama.Bagian ruang nama itu yang mana ya?--Maulana Adhi Nugraha (bicara) 16 Oktober 2018 14.43 (UTC)

Cara membuat bot[sunting sumber]

Cara membuat bot gimana ya ?.--Maulana Adhi Nugraha (bicara) 16 Oktober 2018 14.48 (UTC)