Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Jan-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tanya

  1. Saya menterjemahkan artikel dari hasil sunting en-wiki, kemudian saya pindah ke sunting id-wiki. Mengapa kadang gambar yang ada dapat langsung muncul ke id-wiki (auto-copy), dan ada pula gambar yang tidak bisa muncul di id-wiki? Apakah kita harus manual meng-copy gambar tsb ke pemuatan id-wiki? Kalo iya, bagaimana lisensinya, apakah harus ditulis persis seperti di en-wiki?
  2. Saya ingin pendapat para pengguna Wiki mengenai penerjemahan tempat2 geografi & sejarah. Misalnya:

Wic2020 07:00, 19 Januari 2006 (UTC)

Untuk (1), gambar di wikipedia harus dimuat sebelum dipakai kecuali gambar yang berada di Wikimedia commons yang bisa langsung dipakai tanpa dimuat di wikipedia bahasa Indonesia. Untuk gambar dari wikipedia lain bisa menambahkan informasi {{dari|en}} untuk dari en.wikipedia, {{dari|de}} dari de.wikipedia dst borgx (kirim pesan) 07:22, 19 Januari 2006 (UTC)

Untuk nama wangsa spt "House of...", saya gantikan dengan "Dinasti...", tapi bisa juga ada alternatif lainnya. Mungkin Anda baca2 dulu artikelnya utk memastikan istilah terjemahan yg paling pas. Untuk nama2 geografis, jika nama terjemahannya tidak lazim dipakai, maka anda bisa membiarkannya dalam bahasa aslinya. Selain itu, preferensi saya sendiri adalah, utk nama tempat2 di kawasan yg tidak berbahasa Inggris, misalnya Italia, saya gunakan nama tempat tsb dalam bahasa Italia, bukan Inggris. Jadi contohnya: Torino (it), bukan Turin (en). Hayabusa future 10:23, 19 Januari 2006 (UTC)

Benar pendapat Hayabusa future. Sebaiknya kita jangan memakai istilah Inggris tetapi bahasa asli jika tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia. BTW nama yg benar adalah Habsburg bukan Hapsburg :-) Meursault2004 11:27, 19 Januari 2006 (UTC)

Some Questions...

Nanya donk----> Ada ga daftar template-template stub yg ada??? Soalnya biasanya aq cuma ngasih template stub yg biasa.....

Trus, aq tadi nyoba bikin signature yg ada link ke talk page. Nah aq udah sama persis stringnya kaya' yg di tutorial en tapi koq yg jadi cuma yg ke user page doank ya?? Pas bagian ke talk page cuma jadi bold doank.....

Thank you for helping--i.N.d.0.b.0.y 12:55, 21 Oktober 2005 (UTC)

Daftar templat stub: Wikipedia:Templat Wikipedia/Stub.
Signature: Kok bisa? Kode Anda spt apa? Coba dikopi ke sini biar bisa dilihat apa salahnya. Seharusnya kira2 spt ini: [[Pengguna:Indoboy]] ([[Bicara Pengguna:Indoboy|bicara]]) dan dimasukkan di halaman preferensi. Hayabusa future (bicara) 13:08, 21 Oktober 2005 (UTC)

kalau [[Pengguna:Ciko|Ciko]] ([[Bicara Pengguna:Ciko|bicara]]) ini hasilnya kok seperti ini CIko (bicara) ? huruf pada "bicara"-nya kok tidak jadi 'kecil' ya? di halaman preferensi di bagian mananya? atau memang perlu manual menulis <sup> - Ciko 12:33, 13 Januari 2006 (UTC)

setelah ngutak ngatik nick name akhirnya bisa Ciko bicara 13:20, 13 Januari 2006 (UTC)

Taiwan vs Republik China

Tolong dicek untuk 2 kategori ini Kategori:Taiwan dan Kategori:Republik China kelihatannya saling duplikat? Bukankah "Taiwan" dan "Republik China" itu mengacu ke negara yang sama? Perdana menteri ada 2 kategori: Kategori:Perdana Menteri Taiwan dan Kategori:Perdana Menteri Republik China. Bagaimana kalau semua kategori ??? Taiwan diganti namanya menjadi kategori ??? Republik China. borgx (kirim pesan) 07:21, 8 Januari 2006 (UTC)

Taiwan dan Republik China memang mengacu kepada daerah yang sama namun bukan konsep yg sama. Taiwan adalah sebuah daerah atau pulau sedangkan R. China sebuah negara. R. China wilayahnya tidak hanya terdiri dari Taiwan saja. Memang di sini harus dibedakan antara Taiwan sebagai pulau (jug disebut pulau Formosa) dan sebagai wilayah R. China. Meursault2004 11:15, 8 Januari 2006 (UTC)

Melihat di Wikipedia bhs lain yg juga punya dua kateg, bagaimana jika dua2nya dibiarkan saja? Saya rasa utk kateg2 yg terkait dgn politik, maka kita gunakan "Republik China" supaya tepat secara teknis (mis. Pres. Rep. China), sedangkan utk yg lainnya, misalnya artis atau kebudayaan kita bisa menggunakan "Taiwan" (soalnya kita jarang sekali mendengar org berbicara ttg "artis Rep. China"). Supaya tidak bingung Kategori:Taiwan dan Kategori:Rep. China tetap dilink saja. Hayabusa future 11:36, 8 Januari 2006 (UTC)

Blokir

Nampaknya blokir tidak betul. Perlu diperbetuli... Yosri 11:32, 16 Januari 2006 (UTC)

Maksudnya penggunaan istilah "blokir" yang tidak benar? Hayabusa future 11:36, 16 Januari 2006 (UTC)
Kenapa? Sebab kata ini dimuat oleh KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Meursault2004 11:40, 16 Januari 2006 (UTC)

Pemblokiran

Saya kurang setuju jika ip address yang digunakan untuk melakukan spam diblokir karena:

  1. Tidak efektif, karena aksi spam dalam kasus ini menyerang beberapa site wikipedia menggunakan bot/program dan dynamic ip address yang berubah2 setiap aksinya.
  2. Kemungkinan besar aksi spam menggunakan open proxy yang berarti ip address tersebut bisa saja dipakai oleh pengguna lain (pemilik ip sebenarnya) untuk masuk ke wikipedia tapi tidak akan bisa karena diblok (apalagi infinite).
  3. Setiap kali ada aksi spam, sudah dilaporkan ke meta (lihat disini Spam blacklist), mekanismenya lebih efektif yaitu diblok berdasarkan kata kunci (keyword). Yang melaporkan dari seluruh dunia karena aksi spam biasanya menyerang beberapa wikipedia. Misalnya ada aksi spam mengisi kata f*ck memakai ip a,b,c,d,e,f, di meta diblok berdasarkan kata kuncinya : f*ck jadi walaupun ada aksi kedua memakai ip x,y,z otomatis diblok waktu akan menyimpan hasil suntingannya (walaupun x,y,z tidak diblok ip-nya), contoh kasus disini bahwa pemblokiran a,b,c,d,e,f tidak diperlukan.
  4. Oleh sebab itu, pemblokiran oleh saudara Yosri saya usulkan dicabut (infinite tidak otomatis dibuka oleh mediawiki).
  5. Point 1,2,3 tidak berlaku jika aksi spam dilakukan individu tertentu tanpa dynamic ip dan bot dimana pemblokiran diperlukan.

borgx (kirim pesan) 01:35, 18 Januari 2006 (UTC)

Wah... ini sepertinya mengomentari aktivitas para sysop kemarin yang memblok suatu IP yang digunakan untuk menghapus isi beberapa artikel. Kalau misalna ada mekanisme yang lebih efektif untuk mencegah hal ini, saya setuju aja. kandar 02:51, 18 Januari 2006 (UTC)
Biarlah nanti pemblokirannya dihilangkan saja sebelah beberapa lama. Meursault2004 09:05, 18 Januari 2006 (UTC)
Bagi IPnya diluar kawasan Asean, seeloknya kekal diblokir. Ini kerana, tidak mungkin ada yang berbahasa Melayu di situ. Tambahan lagi, sekiranya pengguna IP itu mahu menyunting, mereka masih boleh mendaftar. BOT tidak mungkin mendaftar. Yosri 00:26, 19 Januari 2006 (UTC)

Utak-utik simbol id.wikipedia

Alo temen2, gak ada yang mau utak-utik simbol wikipedia:id? Kayaknya kok cuman kita aja yang punya gambar burem? Mungkin secara fundamental ada yang salah, misalnya jumlah pixel atawa yg lain. Soalnya ini sepertinya muncul juga deh di simbol wiki:en tapi mereka just lucky not to have the burem photo appeared on the browser. I know we have talked about this before (and someone pointed out that this is an inherent problem with ms explorer), but perhaps we can try to tackle this again now. Kortsleting 07:50, 19 Januari 2006 (UTC)

Maksudnya burem gimana? kalo menurut saya sepertinya sih sama, malah keliatannya punya en yang lebih pucat. iya gak sih? (gak tau kalo ie, ogut pake firefox sih) borgx (kirim pesan) 07:58, 19 Januari 2006 (UTC)

Mungkin maksudnya masalah lama yg belum terselesaikan, yaitu logo yg kelihatannya overlapping jika menggunakan browser IE. Kalau pake Firefox sih OK2 aja. Hayabusa future 09:57, 19 Januari 2006 (UTC)