Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/Juli 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Skema

Maaf, Numpang lewat.... Apakah Wikipedia bisa membuat skema juga tanpa harus menggambar? Misalnya seperti di samping. Bagaimana caranya? Erik Anggara ███ 08:40, 30 Juni 2010 (UTC)

Bagaimana kalau memakai tabel seperti ini saja? Alfarq (bicara) 03:34, 2 Juli 2010 (UTC)
███
███
███
███ + ███
███ + ███
███ < ███ > ███
███
███
███
███

Bisa nggak, skemanya diketengahkan atau bila di sebelah kiri, kanannya bisa dimuat kalimat. Erik Anggara ███ 08:30, 3 Juli 2010 (UTC)

Maksudnya? 12:45, 3 Juli 2010 (UTC)– komentar tanpa tanda tangan oleh Kenrick95 (bk).

Maksudnya, skema yang kumaksud itu, bisakah jika diletakkan di kiri, maka tulisan/artikel dapat juga ada di kanan, atau skema yang kumaksud itu berada ditengah-tengah, tak seperti di atas (yang dicontohkan Alfarq). Erik Anggara ███ 13:55, 3 Juli 2010 (UTC)

Maksudnya seperti ini ?


skema
↑↓
███
███
(dst.)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.


·· Kℇℕ℟ℑℂK () 14:06, 3 Juli 2010 (UTC)

Nah, iya seperti itu. Tapi kalimatnya kurang panjang. Kalau bisa lebih dari skema saya. Jika tak bisa, diketengahkan. Bingung saya utak-atik. Mohon bantuannya Erik Anggara ███ 14:14, 3 Juli 2010 (UTC)

Begini? Alfarq (bicara) 16:14, 3 Juli 2010 (UTC)

███
███
███
███ + ███
███ + ███
███ < ███ > ███
███
███
███
███

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Nah, iya. Itu yang saya maksud. Ternyata Wikipedia itu cukup sulit. Namun, entah mengapa aku jadi ketagihan berwiki, ya meski itu sulit.  Trims
semua! I  you full. Erik Anggara ███ 16:30, 3 Juli 2010 (UTC)

Kok, skema itu mirip dengan yang ku rencanakan di artikelku, ya! Mau bikin apa, Rik? Ezagren गपशप 03:53, 8 Juli 2010 (UTC)

Fitur baru

Ada yang aneh dengan halaman 'Fitur Baru'. Gambarnya menimpa tulisan, dan tidak enak dilihat. Apakah hanya di browser saya, atau semua juga mengalami hal yang sama? William Surya Permana (bicara) 02:04, 4 Juli 2010 (UTC)

Pakai browser apa? Sepertinya pada komputer saya bagus- bagus saja kok... (Saya pakai Firefox 3.6.3) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 03:29, 4 Juli 2010 (UTC)

Di browser saya juga posisi gambarnya jadi aneh. Αλαγος) 03:49, 4 Juli 2010 (UTC)

Saya masih setia dengan Monobook, jadi tak ada masalah. Ezagren गपशप 04:11, 4 Juli 2010 (UTC)

Saya juga mengalami masalah yang sama. Gambarnya bergeser ke kiri dan menimpa pada menu. Saya pakai Firefox 3.5.10. Kia 80 10:23, 4 Juli 2010 (UTC)

Oh iya... ternyata pada monitor dengan resolusi panjang kurang dari 1330 px... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 12:45, 4 Juli 2010 (UTC)
Permasalahan diperbaiki (Di TranslateWiki.net).... (tinggal menunggu perubahan oleh tim Wikimedia) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 12:54, 4 Juli 2010 (UTC)
 Selesai Hasil lihat di Istimewa:UsabilityInitiativePrefSwitch ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 11:12, 7 Juli 2010 (UTC)

LiquidThreads

Ekstensi yang bagus untuk dipertimbangkan:

βέννγλιν 08:45, 5 Juli 2010 (UTC)

Kalau pihak WMF ada niat (seperti kulit vektor), pasti mereka lakukan... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 13:29, 5 Juli 2010 (UTC)

Bagian skala kualitas pada ProyekWiki perbaikan kualitas artikel

Peringatan: jangan mengubah daftar artikel di bawah ini secara langsung. Daftar artikel di bawah ini akan diperbaharui secara otomatis secara periodik.

Bagaimana cara menambahkan pranala pada daftar skala kualitas artikel ProyekWiki perbaikan kualitas artikel, karena selalu ada tulisan peringatan seperti diatas yang berarti tidak bisa menambahkan pranala secara langsung seperti disunting, lalu apakah artikel-artikel yang sudah diberi kategori seperti kelas awal, kelas-B, Bagus, kelas-A, akan terdeteksi sendiri dan terdaftar sendiri di daftar-daftar pranala pada bagian Skala kualitas artikel ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik xxxx, terima kasih. agungbijaksana(kirim pesan) 17:34, 9 Juli 2010 (UTC)

Ada seseorang yang bertanggung jawab atas skala kualitas pada ProyekWiki itu, daftar nama dapat dilihat di sini. (untuk yang anime dan manga saya yang bertanggung jawab (dan masih aktif (skala kualitasnya saja yang masih aktif)), yang lain saya lihat banyak yang tidak aktif lagi) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 02:41, 10 Juli 2010 (UTC)
Saya lihat untuk ProyekWiki perbaikan kualitas bertopik teknologi informasi PIC-nya adalah Borgx, tapi Borgx telah mengundurkan diri dari kepengurusan Wikipedia, apakah PIC-nya bisa diganti, kalau bisa bagaimana caranya? agungbijaksana(kirim pesan) 04:33, 10 Juli 2010 (UTC)
Bisa kok... coret saja namanya (seperti yang saya lakukan sama si Bloodseeker yang sudah lama tidak aktif) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 04:56, 10 Juli 2010 (UTC)
Apakah bila menjadi PIC kita mempunyai hak khusus untuk melakukan update daftar artike secara manual, atau diberikan peralatan untuk melakukan update, tanpa harus menunggu scan dari CatScan. agungbijaksana(kirim pesan) 05:22, 10 Juli 2010 (UTC)
Tugas PIC itu adalah men-scan Kategori dengan alat yang bernama CatScan. Lalu hasil CatScan (berupa daftar artikel) ditaruh di ProyekWiki. ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 06:20, 10 Juli 2010 (UTC)

Tautan milis pada pranala luar

Ketika saya melihat sebuah artikel disana terdapat tautan milis Yahoo! pada bagian pranala luar artikel tersebut, nah apakah tautan milis termasuk dalam aksi vandalisme. agungbijaksana(kirim pesan) 16:49, 14 Juli 2010 (UTC)

Menurut pandangan saya, belum ataupun tidak dapat dikategorikan vandalisme. Mungkin saja, ia berpikir bahwa pranala yang ia berikan itu layak, dan memang benar, terkait dengan artikel tempat ia menaruh. Yang perlu dilakukan adalah pemberian penjelasan kepadanya. Hal ini berbeda jika yang ditaruh adalah milis yang sama sekali tidak terkait dengan keseluruhan ataupun bagian artikel, apalagi yang tidak layak masuk. Albertus Aditya (bicara) 17:00, 14 Juli 2010 (UTC)
Salah satu artikel yang terpikir adalah Milis Bahtera karena memang membahas tentang milis bahasa, jadi harus mencantumkan milisnya!
βέννγλιν 04:55, 15 Juli 2010 (UTC)

Membuat Templat Navigasi

Ada yang bisa bantu bagaimana caranya membuat templat baru ?? Di kategori bantuan, saya kurang mengerti, saya ingin membuat templat navigasi PDW

Thedonz (bicara) 16:20, 29 Juli 2010 (UTC)

ramuannya adalah: Templat navigasi sejenis, kopipas, sesuaikan, pakai jurus coba-coba.
βέννγλιν 03:31, 30 Juli 2010 (UTC)

Confirmed, .......... getting ready. Terima kasih banyak pak.

Thedonz (bicara) 10:24, 30 Juli 2010 (UTC)

Flag Rev terlalu prematur

Ok, karena permintaan gue tidak digubris oleh Hayabusa, dan ternyata berdampak baik, karena mempermudah gue "main-main" dengan halaman flag rev, bulak-balik login dan keluar login. Berikut adalah penemuan gue tentang wikipedia flagrev;

  1. halaman utama pengguna anonim akan otomatis menuju halaman yang belum ditinjau - dan ini terakhir ditinjau adalah tanggal 9 Juli. Karena Iwan Tirta masih hidup dan tidak ada iklan "bekerja untuk wikipedia" yag mengganggu. Ini ditemukan secara tak sengaja, karena ya, dua hal yang tadi.
  2. Saya tidak tahu apakah pengguna terdaftar pun akan otomatis melihat halaman versi ini - karena cookies saya sudah mencatat halaman yang tertunda.
  3. Pada artikel Soekarno yang gue sunting (diumpetin gambar kotak organisasinya yang menunjukkan silsilah keluarga) - pada saat tayangan biasa, silsilah keluarganya masih keluar (walau sudah disunting umpet - perubahannya tertunda), tapi saat mau menyunting lagi, silsilah keluarganya sudah menunjukkan kode diumpetin (atau hilang). Ini dijamin akan membingungkan pengguna yang tidak begitu ahli (bukan soal baru/ lama) saat mungkin pengguna satu mencoba membetulkan sesuatu yang sudah dibetulkan pengguna dua, menambah klik, menambah bingung.

Saya usul flagrev dicabut, masih terlalu prematur. Jumlah pengguna kita terlalu sedikit/ terlalu tidak aktif untuk memusingkan hal-hal mendasar seperti ini. Resikonya adalah pengguna yang tahu (saya jamin) tidak akan meluangkan waktu untuk menjelaskan pada pengguna yang tidak tahu atau pengguna yang tidak tahu tidak akan meluangkan waktu untuk bertanya, mereka akan jadi sebel, frustasi, tinggal. Serenity (bicara) 13:16, 1 Agustus 2010 (UTC)

Bukannya tidak setuju dengan FlaggedRevs, tapi saya usulkan biar di Halaman Utama, tidak usah pakai sistem peninjauan (mungkin ada pengaturannya) biar tidak tertunda. toh kalau ada vandalisme paling di "Hari Ini dalam sejarah" atau "Tahukah Anda" yang jika ada FlaggedRevs, akan tidak ditampilkan. Mengenai Soekarno, menurut saya itu bisa diatasi dengan cara menambah jumlah editor. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13:48, 1 Agustus 2010 (UTC)

Untunglah ada juga yang sadar, kali ini saya sependapat dengan mbak Serenity Pemasangannya terlalu terburu-buru.  Mimihitam  13:49, 1 Agustus 2010 (UTC)

Kalau sempat, apakah ada pengurus yang bisa mengumpulkan bukti Flag Rev dapat mengatasi vandalisme di sini? Midori (bicara) 13:56, 1 Agustus 2010 (UTC)

Midori, mungkin pranala dari ahli statistik wikimedia foundation dapat membantu untuk menjawab pertanyaan anda. Infosidiac (hal 31 - saya mengunduh presentasinya), Erik mengkonfirmasikan bahwa flag rev tidak mampu mengurangi/ mengatasi vandal, hanya mengurangi pembatalan. Jadi untuk apa? Kita masih terlalu kecil untuk jadi inklusif (bahkan EN pun masih terlalu kecil menurut pendapat saya, kalau dibandingkan dengan populasi penutur bahasa Inggris). Serenity (bicara) 14:05, 1 Agustus 2010 (UTC)