Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Jumat, 29 Juli 2016
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Penghapusan artikel secara semena-mena[sunting sumber]

Dear admin/pengurus,

Saya hanya ingin memberitahu bahwa saya kecewa dengan wikipedia indonesia karena arogansi penyunting yang tanpa pemberitahuan sebelumnya langsung menghapus artikel saya. Saya tahu artikel saya belum sempurna, tapi alangkah baiknya jika ada pemberitahuannya.

Sefi3qunix (bicara) 27 Juni 2016 08.38 (UTC)sefi

Boleh tahu artikel mana yang dimaksud? Muhraz (bicara) 27 Juni 2016 15.34 (UTC)
Sepertinya yang ini --Erik Fastman (bicara) 28 Juni 2016 05.59 (UTC)

ESEA Newsletter June 2016[sunting sumber]

ESEA Newsletter Header

ESEA Newsletter is out! Check out some amazing work done by Wikimedia Communities in East and Southeast Asia! Here is the summary of the Newsletter.

  • What is Affiliations Committee and how ESEA is related with it? ESEA editors interviewed one of the members Ting Chen on Wikimedia Conference 2016.
  • Wikimedia Indonesia brings the news on Sundanese Wikipedia community held a Wikipedia writing competition, and one participant who was only 12 years old managed to edit 118 articles using a 4-inch smartphone, using source editor!
  • Wikimedia Taiwan invites parliament members to take open licensed photo, 38 out of 113 congresspeople have participated in this event.
  • Wikimedians in Thailand organised two meetups in March 2016 at Mahidol University International College. They gathered around 30 new editors, including a visually impaired student.
  • One of Wikimedia Hong Kong members was invited to give a presentation about building up an Arts database in Asia on Wikipedia, and the Ministry of Culture in Taiwan expressed their interest to cooperate with us in order to establish the database.
Subscribe/unsubscribe this newsletter. -- Addis Wang (UG-CN) (talk)

MediaWiki message delivery (bicara) 3 Juli 2016 17.52 (UTC)

Ichcha dan Tapasya & Uttaran[sunting sumber]

Saya mau tanya, apakah artikel Ichcha dan Tapasya & Uttaran harus digabung atau tetap dipisah. Pasalnya kedua artikel tersebut berasal dari sebuah serial TV yang sama hanya saja dibagi jadi 2 serial oleh antv dengan yang satu (Ichcha dan Tapasya) khusus berkisah tentang masa kecilnya dan yang satunya lagi (Uttaran) khusus berkisah tentang masa dewasanya. --Erik Fastman (bicara) 13 Juli 2016 10.34 (UTC)

Gabung Gabungkan Saya perhatikan, untuk masalah ini, Anda dapat menambahkan perihal Ichcha dan Tapasya berikut sumbernya ke artikel Uttaran. Nantinya, Anda dapat mengalihkan artikel Ichcha dan Tapasya ke artikel Uttaran. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 14 Juli 2016 14.01 (UTC)

Revisi tertunda[sunting sumber]

Dear Admin dan kontributor. Saya lihat ada revisi tertunda pada artikel tentang darah. Yang mau saya tanyakan:

  1. Bagaimana cara mengajukan perubahan agar segera ditindaklanjuti perubahan pada artikel ?
  2. Siapa yang berwenang memeriksa penambahan dan perubahan pada artikel dan memberi status artikel telah diperiksa

Mohon maaf pertanyaan dasar, saya anggota baru di wiki Indonesia ini, Terima kasih. MTG Wiki (bicara) 15 Juli 2016 03.35 (UTC)

Anda dapat mendatangi halaman pembicaraan editor atau pengurus untuk meminta validasi atas revisi tertunda. Yang berwenang memeriksa revisi tunda adalah editor dan pengurus. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 15 Juli 2016 14.27 (UTC)

Wiki-Indonesia di Wikipedia Ukraina[sunting sumber]

Halo semua, @Mimihitam: @Johnstad Di Maria:, Wikipediawan Ukraina berencana membuat artikel bertopik Indonesia. Kalau ada usulan artikel untuk dibuat di Wikipedia Ukraina (banyak sekali artikel yang belum ada), silakan ditambahkan ke uk:Вікіпедія:Проект:Тематичний тиждень/Тиждень Індонезії#За запитом користувачів із Індонезії / Request from Indonesia Community atau ke halaman pembicaraan saya untuk saya masukkan.

Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 04.53 (UTC)

@Beeyan apakah dari Ukraina sendiri ada request? Mungkin kita perlu buat halamannya juga?  Mimihitam  15 Juli 2016 09.10 (UTC)
Sudah saya buatkan di Wikipedia:Bulan Ukraina Wikipedia, @Mimihitam:, bantu untuk lihat dan perbaiki ya :) --Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 09.15 (UTC)

Ada apa dengan Stephensuleeman ?[sunting sumber]

Ada apa gerangan, kenapa Stephensuleeman menghapus halaman Mermaid In Love, Uttaran, Young Lex(kecuali yang Young Lex yang saya lihat memang melanggar A7) yang jelas-jelas suntingannya banyak tapi dihapus padahal masalahnya hanya isinya saja yang divandal ? Bukannya harusnya bila suntingannya ngawur harusnya dicek terlebuh dahulu riwayat suntingannya untuk mengecek apakah itu hanya divandal atau memang jelas-jelas ngawur. --Erik Fastman (bicara) 25 Juli 2016 15.10 (UTC)

Pencabutan status pengguna pemeriksa otomatis[sunting sumber]

Mohon maaf jika salah halaman, karena saya tidak paham harus menuliskan hal ini di mana. Saya ingin mengusulkan kepada pengurus agar dapat mencabut status pemeriksa otomatis atas Pengguna:MusenInvincible karena:

  1. Berulang kali melakukan pelanggaran kebijakan-kebijakan Wikipedia seperti yang terdapat di halaman pembicaraannya dan suntingan-suntingan tidak netral dengan basis riset asli tanpa penjelasan memadai ataupun semestinya pada ringkasan suntingan (beberapa contoh terakhir: [1], [2], [3]).
  2. Tidak ada alasan ataupun dokumentasi perihal pemberian status pemeriksa otomatis kepadanya.

Terima kasih, Ign christian (bicara) 29 Juli 2016 02.36 (UTC) (dipindahkan dari Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)#Pencabutan status pengguna pemeriksa otomatis. — Bonaditya (bicara) 29 Juli 2016 03.17 (UTC))

Saya sudah melihat beberapa suntingan yang dilakukan oleh pengguna tersebut berdasarkan data yang telah Anda berikan, beberapa di antaranya saya rasa sudah menyebutkan sumber yang sesuai. Mungkin MusenInvincible bisa memberikan keterangan mengenai hal ini? — Bonaditya (bicara) 29 Juli 2016 03.27 (UTC)
Terima kasih atas tanggapannya. Saya coba merinci penjelasan saya sebelumnya:
  1. Mengenai suntingan pada Konstantinus Agung: yang digunakan hanya sumber primer dari Eusebius (Vita Constantini 4.62.4.); pembaptisan tersebut hanya bersumber dari tulisan Eusebius (lih. en:Constantine the Great#Sickness and death) dan terdapat kontroversi (lih. en:Constantine the Great#Donation of Constantine ) sehingga menyalahi WP:NETRAL dengan pernyataan dalam suntingan tersebut; sumber yang diberikan tidak memberikan informasi bahwa ia "berperan krusial dalam penentuan prinsip keimanan Kekristenan" (lih. dokumen tersebut dalam terjemahan Inggris) sehingga menyalahi WP:SINT atau dapat juga dikatakan memberi informasi palsu.
  2. Mengenai suntingan pada Konsili Nicea I: suntingan yang tidak perlu dengan ringkasan seperti propaganda: "Arius is the Yesus' disciple, Yesus is the Mosheh's disciple, Mosheh is the Monotheism".
  3. Mengenai suntingan pada The Da Vinci Code (film): suntingan yang tidak perlu dengan pernyataan "... peran Kaisar Konstantin I pada dogma dasar keimanan Kristen, penentangan tentang keilahian Yesus Kristus ..." yang lagi-lagi mengaitkan Konstaninus dengan Kredo Nicea tanpa rujukan semestinya.
  4. Tambahan: saya menemukan pola bahwa pengguna tersebut berusaha keras mengaitkan Konstantinus Agung (atau Konstantin, Konstantin I) dengan terbentuknya Kredo Nicea/Nicaea. Bukti tambahan yang mendukung kesimpulan saya adalah suntingan yang dilakukannya beberapa waktu lalu, dan sudah saya singgung di halaman pembicaraannya, pada halaman Arianisme: wikifikasi kata "politik" ke artikel Pengakuan Iman Nicea (Kredo Nicea/Nicaea) menurut saya adalah suntingan yang tidak pantas. Tidak semestinya sesuatu yang kontroversial diwikifikasi ke suatu artikel untuk menguatkan pandangan tertentu, sementara di artikel-artikel terkait tidak memuat penjelasan mengenai kontroversi itu.
Demikian penjelasannya, semoga membantu. Terima kasih, Ign christian (bicara) 29 Juli 2016 04.47 (UTC)


Saya hanya hendak menyampaikan hal-hal yang saya ketahui, sekiranya dapat menambah pemahaman ataupun ilmu yang memang memiliki dasar. Saya pun menyadari tentang objektivitas topik berdasar fakta-fakta yang saya ketahui, walau terdapat sebagian yang kontroversial.

Subjektivitas[sunting sumber]

Sekiranya anda menuduh tentang adanya isi informasi palsu dalam buku, maka mengapa anda tidak bertanya langsung kepada sang penulis buku itu sendiri. Sekiranya hanya pendapat anda bahwa buku itu adalah kepalsuan; secara tidak langsung anda telah menuduh sang penulis berbuat dusta, padahal buku "Vita Constantini" karya Eusibius adalah sebuah karya tulis melalui pikiran dan penelitian manusia yang belum tentu menjamin kebenaran.

Sebagai contoh umum, kalau ada orang yang mencantumkan referensi pro-evolusi melalui buku "On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or the Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life" karya Charles Darwin, sebuah buku kontroversial yang membelah kubu pro Evolusi maupun kontra Evolusi, lalu apakah anda menyalahkan orang yang mencantumkan referensi ataukah anda menyalahkan bahwa Charles memberi informasi "palsu" lantaran hal tersebut "tidak benar" bagi anda, walaupun bagi orang lain bisa menjadi "fakta" apabila terdapat bukti-bukti yang memberi informasi bahwa hal tersebut adalah kebenaran bagi mereka sendiri. Lagipula terdapat banyak buku tentang berbagai topik kontroversial baik pada kubu kontra maupun pro.

  • Walau berperan krusial dalam penentuan prinsip keimanan Kekristenan, Konstantinus dibesarkan sebagai seorang penganut paganisme Romawi dan baru dibaptis sewaktu ajal mendekat.[1]
    Konfirmasi: keterangan yang berdasar referensi Vita Constantini karya Eusebius adalah "Konstantin baru dibaptis sewaktu ajal mendekat di Sungai Yordan."
  • Keterangan lain: Constantine was baptized by Eusebius of Nicomedia, bishop of the city where he lay dying.[2]

Sekiranya Konstantin tidak berperan krusial lalu siapakah "pihak" yang berperan penting mengadakan dan memimpin konsensus tentang "Pengakuan" Iman? apakah Arianisme? di artikel sendiri telah tertulis "bahwa Konsili Nicea I diadakan oleh (convoked by) Kaisar Konstantinus I dipimpin oleh (presided by) Hosius dari Corduba dan Kaisar Konstantinus I."

Subjektivitas NPOV by Jimmy Wales[sunting sumber]

Anda menulis "suntingan yang tidak perlu dengan ringkasan seperti propaganda" (ringkasan "yang tidak perlu" atau ringkasan "yang seperti propaganda" adalah menurut pandangan anda)

Opini? Arius berdasar pada Tuhan Yang Tunggal sebagaimana dinyatakan Yesus di beberapa kitab Injil, cek artikel Arianisme atau perbandingan berikut.[3]

Sekiranya ada kerancuan tentang topik kontroversial, anda dapat menghapusnya atau anda memberi keterangan tambahan disertai referensi, semisal: "Walaupun demikian, terdapat argumen dari ..... bahwa...", "Akan tetapi, pendapat ini merupakan.... menurut...." yang menyatakan bahwa keterangan tersebut kurang valid atau perlu perbaikan.

Rujukan[sunting sumber]

Sepengetahuan saya, film The Da Vinci Code justru mendapat reaksi keras di berbagai negara akibat hal-hal demikian, silakan cek di en.wiki; Sementara itu "peran Kaisar Konstantin I pada dogma dasar keimanan Kristen, penentangan tentang keilahian Yesus Kristus" memang ada dalam adegan ketika Sir Leigh berdebat dengan Robert.

"Kaitan Konstantin & Kredo Nicea I tanpa rujukan?" (lalu siapa yang berperan untuk mengadakan maupun memimpin Permusyawaratan Kredo Nicea yang masih diimani sampai saat ini?)

  • Politik, tidak pantas?

Kaisar = Pemimpin politik

Romawi = Wilayah politik

Kredo = Hasil perundingan, kesepakatan atau konsensus politik antara penguasa dengan oknum-oknum, (Kekaisaran Romawi & Trinitarianisme)

Ada pengusulan maupun persetujuan = Perumusan Undang-Undang yang diusulkan anggota legislatif lalu disahkan oleh lembaga eksekutif.

Religious policy (Kebijakan keagamaan) Constantine was the first "emperor" (kaisar, politisi) to stop Christian persecutions and "to legalise" (mengakui, menyetujui) Christianity along with all other religions and cults "in the Roman Empire." {then worldwide}

Apakah sebuah konsensus menjadi sah diberlakukan tanpa seizin pejabat yang berwenang? atau legal-kah Undang-Undang tanpa persetujuan dari politik yang berkuasa di sebuah wilayah? sekiranya Undang-Undang yang sah diberlakukan di "masyarakat" harus melalui persetujuan oknum "pemimpin masyarakat" lalu apakah Undang-Undang "Keilahian" hasil rancangan manusia dapat dianggap sah hanya melalui kuasa "kekaisaran manusia" tanpa keterlibatan "Pemimpin Ilahi."

"Kredo" diperlukan Gereja sesuai latar belakang Kredo itu sendiri "pernyataan atau pengakuan rangkuman mengenai suatu kepercayaan;"
"Gereja mendapat tugas dari Kristus untuk mengabarkan ajaran Kristus kepada seluruh makhluk (Markus 16 : 15), karena itu maka "Gereja merasa perlu" untuk memiliki suatu rumusan singkat yang merangkum seluruh ajaran Kristus agar bisa diungkapkan dan diingat semua orang."

Konflik antara Arianisme dan keyakinan Trinitarian adalah konfrontasi doktriner besar pertama dalam Gereja setelah agama Kristen dilegalisasikan oleh Kaisar Romawi Konstantin I. Terdapat pula pernyataan : "Konsili Nicea signifikan secara historis karena konsili ini adalah upaya pertama untuk mencapai konsensus dalam Gereja melalui suatu permusyawaratan yang mewakili keseluruhan umat Kristiani."

Singkatnya, apakah Kredo ini menurut pada iman kepada "Pemimpin Ilahi" atau iman kepada hasil permusyawaratan "Politik Pemimpin Kekaisaran" ?

Sekiranya Allah yang berwenang di langit dan bumi memberi kewenangan untuk seorang manusia yakni Yesus, supaya turut mengesahkan Undang-Undang Keilahian ini, tentu Hukum tersebut lebih mengikat dan valid di seluruh bumi maupun langit,[4] namun bagaimana pendapat anda tentang seorang manusia, Konstantin I, yang hanya berwenang di sebuah kekaisaran, (semula tidak menganut Kristen) dapat mengesahkan "Undang-Undang Keilahian" lalu dijadikan Hukum Ilahi bagi umat Kristiani di seluruh dunia?

Konfirmasi[sunting sumber]

Bukankah saya sudah mengonfirmasi bahwa pada 313 M diadakan Edik Milano (keputusan politis tentang kebebasan beragama dan beribadah) untuk melegalkan sebuah agama di Romawi yang kemudian menimbulkan konflik antara Arianisme dan keyakinan Trinitarianisme sehingga harus diselesaikan pada 325 M melalui konsili untuk mendapat "konsensus" bahwa "para peserta menyepakati" Kredo Nicea serta menganggap Arianisme sebagai Bidah Kristen.

Pemikiran Arius mengenai keilahian Kristus kemudian ditolak dalam Konsili Nicea dan ia dikucilkan dari gereja.[5]

Terdapat banyak kesalahan (miskonsepsi) yang harus "dibenarkan" namun semua ini kembali pada pribadi masing-masing untuk menerima atau mengimani hal tersebut. Kalaupun menurut anda salah, bagi saya bukankah siapapun bisa berbuat kesalahan? namun hal terbaik yang dapat dilakukan adalah belajar dari kesalahan lalu melakukan hal yang benar serta tidak mengulangi kesalahan serupa di kemudian hari supaya masa depan menjadi lebih baik. - MusenInvincible (bicara) 29 Juli 2016 11.40 (UTC)

Referensi[sunting sumber]

  1. ^ Eusebius, Vita Constantini 4.62.4.
  2. ^ Pohlsander, Hans. The Emperor Constantine. London & New York: Routledge, 2004a. Hardcover ISBN 0-415-31937-4 Paperback ISBN 0-415-31938-2, 75–76; Lenski, Noel, ed. The Cambridge Companion to the Age of Constantine. New York: Cambridge University Press, 2006. Hardcover ISBN 0-521-81838-9 Paperback ISBN 0-521-52157-2, "Reign of Constantine" (CC), 82.
  3. ^ Injil Markus 12 : 24-32, Injil Yohanes 5 : 45-47
  4. ^ Injil Matius 22 : 31-38, Injil Matius 5 : 18-19
  5. ^ (Inggris) Diarmaid MacCulloch. 2009. A History of Christianity: The First Three Thousand Years. London: Penguin Books. hlm. 211-22.