Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Sabtu, 29 Agustus 2015
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Rifannyagustia!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Ada apa dengan bagian "Current events" ?[sunting]

Aneh ya, kemarin pas ada peristiwa Perompakan MT Orkim Harmony dan Gempa bumi Sabah 2015, di en.wiki pranala artikelnya dimasukkin Main Page, tapi di WBI kagak. Sekarang malah kebalikannya, pas ada peristiwa Kecelakaan pesawat C-130 Hercules 2015, di WBI dimasukkin ke Halaman Utama, tapi di en.wiki kagak. --Erik Fastman (bicara) 1 Juli 2015 04.34 (UTC)

Saya tidak melihat ada yang aneh dengan hal tersebut..... Wagino 20100516 (bicara) 1 Juli 2015 04.47 (UTC)

Begini, kemarin-kemarin pas ada peristiwa Perompakan MT Orkim Harmony dan Gempa bumi Sabah 2015 kenapa kagak dimasukkin ke Templat:Peristiwa Terkini, entah para pengguna WBI yang ngurusin nggak memperhatikan atau tidak. Bahkan saya lihat dua peristiwa tersebut pun juga nggak pernah saya lihat disorot media televisi Indonesia, cuman di media internet-nya doank. Memang ada apa dengan 2 peristiwa tersebut ? --Erik Fastman (bicara) 1 Juli 2015 05.30 (UTC)

Buku dan film[sunting]

Akhir-akhir ini saya merintis beberapa artikel bertopik film dan karya sastra. Sebenarnya ada hal yang cukup mengganjal tapi terpaksa saya lakukan, lantaran tidak menemukan jalan lain. Hal mengganjal tersebut terletak pada referensi. Jujur saja, sebagian referensi saya sematkan dari toko buku online, termasuk di antaranya Gramedia. Jika bukan dari situ, dari mana saya akan mendapatkan referensi tentang judul buku, nama penerbit, tebal buku, ISBN, nama ilustrator, dan lain-lain. Saya cukup khawatir ada pengguna lain yang menyangkakan saya menyematkan spam iklan. Tapi mau bagaimana? Ada hal lain yang paling mengganjal, yaitu masalah sinopsis. Sebagian toko buku online memang ada yang menyertakan sinopsis, sebagian besar lainnya tidak ada. Muncul pertanyaan, jika saya tidak mendapatkan referensi yang memuat latar belakang atau sinopsis buku/film, lantas dari mana? Dengan terpaksa saya membaca bukunya. Padahal, menurut pedoman, riset asli pengguna tidak boleh dimasukkan ke dalam kalimat artikel Wikipedia.

Mencermati kesulitan ini, saya mohon pendapat para pengurus yang mengurusi pedoman Wikipedia, agar saya semakin nyaman menulis artikel bertopik buku atau film. Terima kasih. Salam. – Miss Andriana (bicara)  3 Juli 2015 jam 22:44 WIB

Usulan kopi darat di area Jawa Timur[sunting]

Adakah saudara/i yang berdomisili disekitar Jawa Timur? Kalau tidak keberatan silahkan absen, dan kalau memungkinkan bisa membicarakan acara kopi darat di area Jawa Timur (tempat bisa di musyawarahkan). Setidaknya bisa saling tukar pendapat dan menambah keakraban. Salam Andri Dariel (Bicara) 9 Juli 2015 14.31 (UTC)

Bajotz[sunting]

Mengapa pengguna-pengguna yang melakukan vandalisme dengan membuat halaman yang isinya kata "Bajotz" secara berulang-ulang sulit untuk dihentikan? Ketika satu pengguna diblokir dengan alasan melakukan vandalisme dengan membuat halaman yang isinya kata "Bajotz" secara berulang-ulang, maka akan timbul lagi pengguna lainnya yang melakukan hal yang serupa. Parahnya, hal seperti ini sudah terjadi selama berbulan-bulan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 19 Juli 2015 14.14 (UTC)

Butir pelajaran dari Wikimania 2015[sunting]

Halo, saya ingin berbagi butir-butir pelajaran yang saya dapat dari perjalanan saya ke Wikimania 2015. Silakan dibaca Pengguna:Kenrick95/Wikimania 2015 dan silakan berikan komentar Anda. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 26 Juli 2015 14.57 (UTC)

Pelatihan[sunting]

Saya dengar, Wikipedia terkadang memberikan pelatihan penulisan artikel ke sekolah-sekolah, bahkan menyelenggarakan kompetisi. Saya hanya sekadar ingin tahu, benarkah pada waktu pelatihan disekolah itu mengajarkan menulis artikel bertopik sekolah dengan mencantumkan kalimat seperti contoh berikut ini?:

"Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Ambon ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII."

Jika benar, ada Wikipediawan yang pernah melatih dengan menyarnkan pencantuman kalimat seperti contoh tersebut untuk artikel bertopik sekolah, itu amat saya sayangkan. Tanpa kalimat itu pun, dari Sabang Sampai Merauke, sekolah SMP atau SMA atau SMK pada umumnya ditempuh dalam waktu tiga tahun dan kelasnya juga sesuai yang disyaratkan peraturan. Itu otomatis dan sudah menjadi pengetahuan umum. Kecuali beberapa sekolah khusus yang memang menerapkan pendidikan selama 4 tahun seperti sekolah perawat dan sekolah musik (sekarang sudah diubah namanya). Jadi, kalimat tersebut rasanya tidak perlu dicantumkan jika tanpa alasan atau tidak ada relevansinya. Pernah suatu saat saya menyunting artikel sekolah dengan menghapus kalimat dengan modus seperti contoh tersebut, tapi yang bersangkutan beralasan bahwa dia meniru artikel bertopik sekolah lainnya yang juga menuliskan seperti itu. Wikipediawan yang pernah memberikan pelatihan, mohon memberikan komentar di sini. Terima kasih. – Miss Andriana (bicara)  28 Juli 2015 jam 17:05 WIB

Seingat saya baru-baru ini saja komunitas mulai intensif melakukan pelatihan penulisan artikel ke sekolah/perguruan tinggi. Kalimat yang Anda sebut tadi itu memang sudah populer dan banyak sekali digunakan dalam artikel-artikel sekolah, namun saya kira bukanlah karena ada Wikipediawan yang mengajarkannya saat pelatihan. Benar sih, kalimatnya tidak efisien. Kalau ketemu seperti itu silakan diubah saja ke bentuk yang dirasa lebih pas. Salam, SpartacksCompatriot (bicara) 28 Juli 2015 11.34 (UTC)
Saya juga sering mendapatkan artikel sekolah dengan bahasa yang tidak ensiklopedis atau mencantumkan visi misi. (Lebih dari 20 saya temukan melalui searching, tentu langsung saya hapus visi misinya. Bukankah ini melanggar WP:VISIMISI?). Kepada yang menjadi pelatih, saya sarankan jangan hanya memberi motivasi menulis, tolong diajarkan juga sedikit kebijakan dan pedoman di WBI. Sehingga pengguna-pengguna baru paling tidak sudah mengerti apa saja yang pantas ditulis dan apa yang tidak boleh ditulis di wikipedia. Terima kasih.

--Hidayat.srf(bicara|surel) 28 Juli 2015 12.10 (UTC)

mau nanya soal blog/ website[sunting]

saya ingin membuat artikel di wikipedia mengenai suatu blog atau website, bisa bantu saya caranya bagaimana soalnya kemarin pernah saya buat langsung terhapus. terima kasih.

Cosmopolist (bicara) 2 Agustus 2015 10.35 (UTC)

Blog atau situs web tersebut haruslah memenuhi kriteria kelayakan artikel (termasuk diulas oleh sumber tepercaya). Jika tidak, artikel tersebut bisa jadi jatuh dalam kriteria penghapusan halaman dan dapat segera dihapus. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 2 Agustus 2015 11.59 (UTC)

Perihal Wikipedia:Halaman perkenalan[sunting]

Mengingat halaman Wikipedia:Halaman perkenalan jarang dipatroli oleh Wikipediawan dan tak jarang isinya dibiarkan berantakan oleh pengguna yang baru belajar menyunting, maka saya mengusulkan halaman tersebut tidak perlu diarsip dan langsung dihapus saja isinya jika sudah terlalu banyak. Pertimbangan saya adalah, halaman tersebut jarang diperhatikan oleh Wikipediawan lainnya (juga jarang dipatroli). Bagaimana menurut rekan-rekan sekalian? Mohon komentar dan pendapatnya. --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 3 Agustus 2015 - 22:13 WIB

Sepakat. Lagipula saya rasa halaman ini tidak banyak diperhatikan orang, bahkan pengguna baru sekalipun. Saya usul agar pengelolaannya dibuat seperti bak pasir. Salam, SpartacksCompatriot (bicara) 3 Agustus 2015 15.16 (UTC)
Menurut saya sih ada baiknya ditutup saja halaman tersebut dan mendorong para pengguna baru membuat halaman penggunanya menggunakan templat dari halaman perkenalan. Selain itu, ada baiknya juga pengguna baru didorong mencoba menyunting dengan VisualEditor. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 09.10 (UTC)

Statistik kontribusi pengguna[sunting]

Bagi anda yang suka dengan statistik, silakan melihat kontribusi 500 pengguna yang paling banyak menyunting di proyek ini dengan mengunjungi halaman ini dan ini juga. Data tersebut rencananya akan diperbarui setiap hari dengan menggunakan robot. Terima kasih dan selamat berkarya. Wagino 20100516 (bicara) 10 Agustus 2015 09.06 (UTC)

Mohon pendapatnya[sunting]

Apakah bagian galeri pada artikel-artikel Edmund Pevensie, Lucy Pevensie, Peter Pevensie, Skandar Keynes, dan Caspian X perlu dipertahankan? Karena isinya hanyalah berkas berhak cipta yang tidak ensiklopedis dan tidak mendukung isi artikel. Bagaimana menurut pendapat anda?

tahun berapakah terjadinya legenda dae laminga putri kerajaan sanggar 36.84.11.199 28 Agustus 2015 12.34 (UTC)