Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Senin, 30 Mei 2016
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Pengguna anonim[sunting sumber]

Kenapa Wikipedia tidak mengijinkan lagi pengguna anonim membuat artikel baru? Bukankah artikel ke-100.000 Wikipedia Bahasa Indonesia dibuat oleh pengguna anonim? – komentar tanpa tanda tangan oleh 180.241.169.71 (bk) .

Iya betul artikel ke-100.000 dibuat oleh pengguna anonim. Per keputusan komunitas tahun 2009 ini (WP:NOANON), Wikipedia bahasa Indonesia tidak lagi mengizinkan pengguna anonim mebuat artikel karena banyaknya artikel buatan pengguna anonim berupa uji coba ataupun vandalisme, dan juga karena pengurus yang kewalahan memeriksa semua perubahan tersebut. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 Mei 2016 15.06 (UTC)
Kenapa tidak jumlah pengurusnya saja yang ditambah? – komentar tanpa tanda tangan oleh 125.165.97.21 (bk) .
Penambahan jumlah pengurus sebenarnya tidak akan mengubah keadaan. Saya perhatikan, hanya sedikit pengurus yang menyunting WBI dalam sehari. Harap maklum bahwa pengurus juga memiliki kesibukan di dunia nyata, jadi tidak mungkin kalau pengurus mengawasi WBI seharian penuh. Pengguna-pengguna lain juga demikian.
Catatan: Harap bubuhkan tanda tangan Anda setiap kali menuliskan pesan di Warung Kopi. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 5 Mei 2016 15.06 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Sebenarnya Wikipedia tidak memaksakan Anda untuk menggunakan nama asli ketika mendaftar, boleh pakai nama samaran asalkan sesuai dengan ketentuan. Menurut saya, menyunting dengan tidak masuk log (anonim/alamat IP) cukup riskan karena alamat IP dapat digunakan untuk melacak posisi Anda maupun perangkat yang Anda gunakan. Dengan membuat akun, sebenarnya alamat IP Anda akan disamarkan oleh nama pengguna yang Anda pakai, akibatnya orang lain tidak akan mengetahui alamat IP Anda. Selain itu masih banyak keuntungan lain jika mendaftar di Wikipedia, silakan baca di sini. Salam. — Bonaditya (bicara) 6 Mei 2016 23.48 (UTC)

Hm, maaf, sepertinya Anda salah menjawab pertanyaan. Anon tersebut menanyakan mengapa Wikipedia melarang anon untuk membuat artikel baru, bukannya masalah pemilihan nama pengguna saat mendaftarkan diri. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 7 Mei 2016 15.00 (UTC)
Maksud saya begini, mengingat pengguna anonim tidak bisa membuat artikel dan harus mempunyai akun, maka saya sarankan untuk mendaftarkan diri. Saya ingat ada yang pernah bertanya kepada saya ketika melakukan pelatihan penyuntingan Wikipedia, "Apakah di Wikipedia harus menggunakan nama asli ketika mendaftar?", maka saya jawab tidak. Saya berusaha untuk menghilangkan anggapan bahwa mendaftar di Wikipedia harus menggunakan nama asli, begitu saja. Bonaditya (bicara) 8 Mei 2016 01.11 (UTC)
A-ah, saya paham maksud Anda. Sebelum saya menanggapi jawaban Anda, sebenarnya saya sudah tahu maskud Anda itu apa. Tanggapan saya lebih mengarah kepada yang membaca halaman ini agar tidak salah paham. Maklum, bagi sebagian (besar) yang lain, ketika membaca jawaban Anda, mereka menjadi tidak paham dan malah menganggap Anda salah jawab... Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 8 Mei 2016 06.10 (UTC)

Sekilas info[sunting sumber]

Sepertinya sekarang Lsjbot (yang bertanggung jawab atas jutaan artikel di wiki Swedia dan Cebuano) mulai beraksi dengan membuat artikel tentang desa-desa di Indonesia: ceb:Kategoriya:Mga subdibisyon sa Provinsi Jawa Tengah – komentar tanpa tanda tangan oleh Mimihitam (bk) .

Ya, tapi sepertinya bot itu tidak melakukan penginterwikian terhadap laman Wikidata yang telah ada. --Erik Fastman (bicara) 6 Mei 2016 09.58 (UTC)

Permasalahan dengan PecintaKpop[sunting sumber]

Begini, pada awalnya seorang anon yang meminta penghapusan berkas. Namun ternyata saya melihat bahwa ia meminta penghapusan berkas-berkas dengan cara menghapus berkas tersebut dari artikel-artikel asalnya terlebih dahulu. Karena saya kepikiran dengan kejadian yang dulu, maka saya langsung memblokir anon tersebut dengan alasan Vandalisme & melakukan pengembalian suntingan yang dibuat oleh anon tersebut. anon lainnya datang dan melakukan pembalikan revisi terhadap pengembalian suntingan saya dan saya blokir juga tuh anon tersebut. Lalu datanglah si PecintaKpop dan melakukan hal yang sama dengan kedua anon tersebut.

Kemudian saya cek berkas-berkas yang diminta untuk dihapus oleh anon yang pertama (yang merupakan poster-poster dari singel-singelnya BoA) sebetulnya juga dipakai di en.wiki tapi dengan judul berkas yang berbeda & ada sumber & lisensinya (berbeda dgn yg di WBI yang tidak ada sumber & lisensinya) Kemudian saya menjelaskan ke PecintaKpop begimana kalo menjadi berkas-berkas tersebut dipindahkan saja ke judul yang dipakai di en.wiki. Eh, si PecintaKpop-nya malah meminta saya dan Kenrick untuk memblokir dia selamanya. Tak hanya itu, dia menarik semua BintangWiki yang pernah ia berikan kepada saya dan memberikan pernyataan pengunduran diri di halaman pembicaraannya.

Nasi sudah menjadi bubur, nila setitik rusak susu sebelanga. Nggak enak juga jadinya, gara-gara kejadian ini kita jadi kehilangan satu pengguna aktif yang setiap harinya membuat artikel yang bertopik K-pop & Korean Wave serta pengguna yang bisa diminta vote untuk pengusulan AP, AB, GA, & DP, setelah sebelumnya kita kehilangan SamanthaPuckettIndo & Bona Kartono/Aldo samulo. Jadi, begimana nih tanggapannya para Wikipediawan/wati ? --Erik Fastman (bicara) 10 Mei 2016 08.39 (UTC)

Mungkin Erik akan tertarik melihat en:User_talk:Mimihitam#Hapus untuk mengetahui siapa pelakunya. Dari pola suntingan dll kelihatan orangnya sama  Mimihitam  10 Mei 2016 09.05 (UTC)

Maksud Anda Aldo samulo = PecintaKpop ? Setau saya Aldo samulo dulu minatnya bukan Korea deh, atau Aldo samulo ganti style pada tahun-tahun terakhir dengan beralih minat ke Korea. Tapi emang sih kalau dilihat dari tenggang waktu keberadaan Aldo samulo dengan siluman-silumannya (Bona Kartono, Maharaja Wiki & Aldonymous) yang berakhir pada 2014, memang terlihat kalau PecintaKpop baru muncul pada tahun berikutnya, yakni 2015. Oh ya, tapi ngomong-ngomong soal Aldo samulo, ternyata akun utamanya diam-diam mengembangkan proyek WikiVoyage Indonesia yang masih ada di Incubator lho --Erik Fastman (bicara) 10 Mei 2016 11.53 (UTC)

@Erik Fastman: Koreksi: Pengguna:Aldnonymous itu bukan Aldo.
Saya pernah "menjebak" beberapa akun yang saya rasa merupakan silumannya, sayangnya investigasi ini belum dilanjutkan oleh Pemeriksa.
Dari pola-pola penyuntingannya, saya cukup yakin bahwa mereka (pengguna terdaftar (PecintaKpop, dll.) maupun pengguna anon) merupakan Aldo samulo. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 Mei 2016 14.17 (UTC)
Coba saya bantu panggilkan: Meursault2004, Bennylin, Mimihitam, dan Aldnonymous. — Bonaditya (bicara) 10 Mei 2016 14.50 (UTC)
Sedikit meluruskan, Aldnonymous itu bukan Aldonymous. 718smiley.svg Anbu (bicara) 10 Mei 2016 16.13 (UTC)
Psst psst saya bukan Aldo, btw maaf tidak bisa online akhir akhir ini sibuk irl+kecelakaan masuk rumah sakit (untung gw masih hidup).--AldNonBicara? 25 Mei 2016 16.54 (UTC)
btw akun siluman = akun samaran ya :), Bung roy cepet sembuh. Murbaut (bicara) 28 Mei 2016 13.09 (UTC)

Blokir[sunting sumber]

Sebaiknya anda memblokir akun saya untuk selamanya. Karena saya dituduh sebagai pengguna siluman dan selain itu saya sangat sibuk di dunia nyata sehingga tidak akan sempat lagi menyunting di Wikipedia. Walaupun saya bukan pengguna siluman saya akan menerima semua tuduhan saya sebagai pengguna siluman dan anggap saja saya pengguna siluma karena di saya melihat di warung kopi saya telah "dijebak disini" oleh salah satu pengurus agar dianggap sebagai pengguna siluman dari akun lainnya. Dan berikut kata-kata beliau di Warung Kopi "Saya pernah "menjebak" beberapa akun yang saya rasa merupakan silumannya, sayangnya investigasi ini belum dilanjutkan oleh Pemeriksa. Dari pola-pola penyuntingannya, saya cukup yakin bahwa mereka (pengguna terdaftar (PecintaKpop, dll.) maupun pengguna anon) merupakan Aldo samulo. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 Mei 2016 14.17 (UTC)". Walaupun saya mungkin tidak melakukan kesalahan tapi anggap saja semua tuduhan dari jebakan itu benar dan saya menerimanya. Jadi saya bersedia untuk diblokir selamanya. Terima kasih. LionWhiteKnight (bicara) 11 Mei 2016 08.04 (UTC)

Minggu atau bulan tematis Indonesia di Wikipedia bahasa Ukraina[sunting sumber]

Halo semua, Wikimedia Ukraina mengabarkan jika mereka tertarik membuat minggu atau bulan tematis terkait Indonesia. Kira-kira pada tertarik untuk membuat hal yang sama untuk minggu atau bulan tematis Ukraina? Beeyan (bicara) 14 Mei 2016 02.08 (UTC)

Boleh saja, bisa dibuat event pembuatan dan perbaikan artikel tentang Ukraina.  Mimihitam  14 Mei 2016 20.56 (UTC)

A new "Welcome" dialog[sunting sumber]

Hello everyone. Apologies for using English on this page. Please help translate to your language. Terima kasih!

This is a heads-up about a change which is going to be announced in Tech News: Add the "welcome" dialog (with button to switch) to the wikitext editor.

In a nutshell, this will provide a one-time "Welcome" message in the wikitext editor which explains that anyone can edit, and every improvement helps. The user can then start editing in the wikitext editor right away, or switch to the visual editor. (This is the equivalent of an already existing welcome message for visual editor users, which suggests the option to switch to the wikitext editor. If you have already seen this dialog in the visual editor, you will not see the new one in the wikitext editor.)

  • I want to make sure that, although users will see this dialog only once, they can read it in their language as much as possible. Please read the instructions if you can help with that.
  • I also want to underline that the dialog does not change in any way current site-wide and personal configurations of the visual editor. Nothing changes permanently for users who chose to hide the visual editor in their Preferences or for those who don't use it anyway, or for wikis where it's still a Beta Feature, or for wikis where certain groups of users don't get the visual editor tab, etc.
    • There is a slight chance that you see a few more questions than usual about the visual editor. Please refer people to local documentation or to the feedback page, and feel free to ping me if you have questions too!
  • Finally, I want to acknowledge that, while not everyone will see that dialog, many of you will; if you're reading this you are likely not the intended recipients of that one-time dialog, so you may be confused or annoyed by it—and if this is the case, I'm truly sorry about that. Please feel free to cross-post this message at other venues on this wiki if you think it will help avoid that users feel caught by surprise by this change.

If you want to learn more, please see https://phabricator.wikimedia.org/T133800; if you have feedback or think you need to report a bug with the dialog, you can post in that task (or at mediawiki.org if you prefer).

Thanks for your attention and happy editing, Elitre (WMF) 15 Mei 2016 12.47 (UTC)

Maaf ya numpang nanya lan ngabari[sunting sumber]

Nih langsung saja, saya ingin memberitahu. Bagi yang punya akun di map-bms tulung partisipasinya ya disini . Jika pesan ini ngganggu bisa direvert. Bagi pengurus saya minta izin ya erik, bona dan yang lainnya. Murbaut (bicara) 28 Mei 2016 12.48 (UTC)