Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 16 Desember 2018
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Jadwal AP[sunting sumber]

Untuk yang saat ini aktif di pembahasan AP: @Glorious Engine:, @Hanamanteo:, @HaEr48:, @AMA Ptk:, @Ezagren:, @Bagas Chrisara:, @Arifin.wijaya:

Seperti yang baru dibahas oleh saudara GE, sepertinya sekarang sedang ada masalah penumpukan antrean Artikel Pilihan yang belum tayang. Jadwal tahun 2019 sudah penuh dan artikel yang belum tayang masih ada puluhan, sementara jumlah AP baru masih akan terus bertambah dan juga masih ada artikel2 pilihan yang terkena tag dan suatu saat terjemahannya akan dibenarkan. Akibatnya, artikel2 yang baru diusulkan sekarang (seperti Ibnu Rusyd) baru bisa tayang pada tahun 2020 atau malah bisa tergusur ke 2021 kalau slotnya diambil artikel2 lama.

Saudara GE sebelumnya mengganti slot AP jadi 4 hari, tetapi akhirnya dibatalkan karena belum ada konsensus. Menurut saya idenya sebenarnya bagus, menyesuaikan dengan penayangan gambar pilihan. Tapi ada kekhawatiran bahwa suatu saat akan terjadi kekurangan AP yang belum tayang, karena yang mengurus AP sekarang mungkin akan sibuk dalam beberapa bulan ke depan. Apakah sebaiknya penayangan AP dipersingkat jadi setiap 4 hari sekali atau mungkin supaya aman 5 hari sekali? Menurut saya, "kekurangan AP baru" sebenarnya bukan masalah yang serius, karena jadwal yang kosong bisa diisi dengan AP2 lama yang sudah pernah tayang.  Mimihitam  13 November 2018 09.01 (UTC)

Kalo masalah AP numpuk mah di Wikipedia lain juga gitu kali. Di en.wiki misalnya, 1041 FA juga masih belum tayang. Kalo dihitung sih, jatah penayangan untuk FA-FA belum tayang yang ada bisa-bisa perlu sampe 3 tahun kedepan, belum lagi FAC di en.wiki per bulannya bisa ada puluhan usulan. Di WBI sih masih mending, mungkin cuman butuh 1-2 tahun kedepan. Selain itu juga masih ada AP-AP yang nunggu momentumnya, kek Kasus Mortara misalnya mungkin masih nunggu waktu pas sutradara Steven Spielberg ngerilis film tentang kejadian tersebut, itupun sekarang juga terganjal kena tag periksa terjemahan. Kemaren nggak ada konsensusnya juga karena usulan jadwal GP 4 hari sekali juga saya nggak nemu konsensusnya dimana. --Glorious Engine (bicara) 13 November 2018 09.09 (UTC)
Well, baiklah. Sy kasi ide sy saja dulu. Utk soal ini, sy rasa terlalu terburu² hari tayang AP dipotong gt. Katakanlah, AP kita membanjir. Memang lagi banyak. Tp coba kita pikir, boleh jadi utk 1-2 thn, jumlah artikel yg banyak itu cukup untuk 70-80 giliran. Nah, misalkan di masa² slanjutnya mulai AP berkurang? Apa ga keteteran misalnya, ato terpaksa tayangnya diulang 2 kali? Sebagai saran dari sy, boleh AP tayang jd 5 ato 6 hari, asal 1) pertama, Wiki Ind harus punya banyak pengguna baru yg mau konsisten nulis di sini. Jan sampe, baru sbntr nulis, dah tu dia hilang, tak balik² lagi ke sini, —sy pikir mereka bisa jadi "aset penting" dlm menulis AP, lebih² jika mereka suka baca dan punya bacaan banyak, 2) Wikipedia harus bikin divisi² penulisan klo langkah di atas dah jadi: ada yg ngurusi penerjemahan, ada yg khusus nulis AP teknologi, sejarah, budaya, pangan, pertanian, dsb, 3) TLG itu pengguna² Indonesia yg pinter nulis cobalah agar tarik mereka balik ke Wiki Ind. Wiki Ind ini, masih amat sangat perlu bantuan mereka, eh tau² sdh di luar. Mungkin hanya 3 saran itu dulu yg bs dipertimbangkan dr saya. Terima kasih. --AMA Ptk (bicara) 13 November 2018 15.34 (UTC)
Masalahnya bukan cuma banyaknya artikel yang belum ditampilkan (en.wp juga sama kalau ini) tapi penjadwalan di sini sudah terlalu "jauh" ke masa depan. Kalau di en.wp usulan penjadwalan cuma diterima untuk 30 hari kedepan (kecuali tanggal2 khusus), jadi kalau dilihat jadwal Desember pun sekarang masih kosong: en:Wikipedia:Today's featured article/December 2018. Sedangkan disini, kita menjadwalkan jauuh sampai akhir 2019. Akibatnya artikel yang baru diangkat jadi AP harus antri kira-kira setahun, sedangkan kalau di en artikel baru kalau mau bisa langsung tampil bulan depan. Aku setuju kalau diperpendek jadi 4 atau 5 hari. Nanti kalau mulai "kehabisan" apa bisa kita kembalikan ke satu minggu dengan mudah, ataukah teknisnya sulit untuk mengganti durasinya? Setauku di en.wp, DYK atau tahukah Anda sering diganti-ganti jadwalnya. Ketika antrian penuh dipercepat jadi 1 set/12 jam, ketika antrian udah mulau kosong diperlambat jadi per 24 jam. Misal ini: en:Wikipedia:Recent_additions/2018/May, 15 Mei dan seterusnya ada 1 set/hari, sedangkan 14 Mei dan sebelumnya ada 2 set/hari.
Selain itu usulku kita bisa juga "bersihkan" jadwal-jadwal yang terlalu jauh di masa depan. Mungkin yang lebih dari 3 bulan kedepan kita batalkan, dan lalu kita isi pelan-pelan, hanya 3 bulan ke depan yang boleh diisi, sehingga, antriannya terjaga selalu pendek. Lagipula, dengan perubahan sistem peninjauan AP, mudah-mudahan AP-AP yang baru diangkat kualitasnya lebih bagus dibanding AP yang diangkat pakai sistem lama. Kalau antrinya pendek, artikel AP baru bisa kita prioritaskan dibanding AP dengan sistem lama. HaEr48 (bicara) 13 November 2018 17.19 (UTC)
Kalo jadwalnya diubah itu susahnya kudu harus dilakukan pas awal tahun (1 Januari) Soalnya mau slotnya sisa 1-2 hari sekalipun, pas awal tahun pasti udah slot baru lagi (1 20XX). Kalo pertengahan tahun mungkin perlu disesuaikan slotnya. Oh ya, sekadar ngasih ide aja, daripada slot usulan jadwal AP diusulkan sampai ke akhir 2019, gimana kalo dibuat aja kayak Wikipedia:Gambar pilihan/Usulan. Jadi nanti ada periode pengusulannya untuk 4 slot dan ada periode pemilihannya untuk 4 slot. Tapi mungkin 1) slot AP-nya dijadikan 4 hari per slot dulu 2) dimulainya dari slot 41 2019 (jadi slot 1-40 pada tahun 2019 ditolerir masih pake sistem lama) kecuali kalo ada yang bisa merombak sistemnya (NB: saya sendiri nggak bisa)
Mengenai nantinya slot bakalan "kehabisan", 1) si Mimi memperbolehkan AP yang pernah tayang untuk tayang lagi 2) si Mimi membolehkan artikel-artikel yang sudah dikoreksi pada PW Periksa Terjemahan, dalam jumlah yang lumayan gede, untuk tayang ulang untuk memperlihatkan bahwa artikel tersebut sudah diperiksa. --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 03.14 (UTC)
Nah udah jadi nih: Wikipedia:Artikel_pilihan/Usulan/2019. Ayo siapa yang mau langganan: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Pesan massal --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 04.52 (UTC)
@Glorious Engine: ide yang sangat bagus untuk membuat format halaman pemilihannya jadi seperti GP. Formatnya jadi jauh lebih menarik daripada sebelumnya. Tapi apa nggak sekalian dibuat pemilihan untuk Januari 2019 aja? Jadinya 23 November 2018—7 Desember 2018 = periode pengusulan 1 Jan - 16 Jan, 8 Desember 2018—22 Desember 2018 = pemungutan suara dan pengusulan jadwal baru, etc. Soal menayangkan ulang artikel lama yang sudah pernah tayang (baik yang pernah terkena tag dan lalu diperiksa, ataupun yang tidak pernah kena tag aneh2), saya sih berpendapatnya tidak masalah, tapi kalau pengguna lain di sini misalnya ada yang berkeberatan, silakan loh.  Mimihitam  14 November 2018 08.31 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Pandangan saya, mungkin untuk artikel-artikel yang tidak ditayangkan dengan alasan tertentu (seperti bertepatan dengan tahun kelahiran atau kematian) dapat dijadikan cadangan apabila semua AP yang memiliki alasan tertentu itu sudah ditayangkan.

Karena tahun 2019 adalah tahun politik, bagaimana kiranya agar AP bertema politik mendapat tempatnya pada tahun ini? Ketakutan akan bias terhadap pihak politik tertentu rasanya tak perlu, justru berkaca pada 2014, tidak ada masalah yang pada saat itu dikhawatirkan banyak pengguna. Benar bahwa vandalisme di artikel bertema politik Indonesia akan menguat, tetapi bukan berarti dijadikan pembenaran bahwa artikel politik dilarang tampil pada 2019. WBI masih membutuhkan banyak pengguna aktif dan kiranya salah satu pemicu banyak orang berminat menyunting Wikipedia adalah tampilnya AP bertema politik pada 2019. Tahun ini, AP bertema politik Saya Indonesia, Saya Pancasila tampil di HU dan sepertinya tidak ada tanggapan negatif dari warganet, walaupun banyak pujian dan kritik menyertai tagar ini. "Kebanyakan konten-konten di Wikipedia didominasi bahasa asing. Untuk memperkaya konten di Wikipedia bahasa Indonesia, kami mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi," kata RaymondSutanto. ShameOnYouSBY merupakan AP bertema politik dan juga murni karya pengguna WBI tanpa melibatkan penerjemahan dari Wikipedia bahasa Inggris, jadi memiliki nilai tambah di mata pembaca.

Oh ya, apakah Anda tahu bagaimana caranya agar slot AP 1 ditayangkan pada 31 Desember 2018, mengingat hari Senin jatuh pada hari itu, bukannya 1 Januari 2019? Nantinya penamaan halaman slot bukan lagi Wikipedia:Artikel Pilihan/x 2019, tetapi Wikipedia:Artikel pilihan/Minggu x 2019.

Perihal membuat lama penayangan AP di HU menjadi semakin singkat, saya masih tetap dengan sikap saya, Tidak setuju Sangat tidak setuju. Sekalian saja lama penayangan AP menjadi sehari, toh juga kata Mimihitam nantinya AP yang sudah ditayangkan akan ditayangkan kembali kan? Lama penayangan AP di HU saat ini juga sudah lumayan singkat, bandingkan dengan beberapa tahun yang lalu yang harus menunggu selama 10 hari. Dengan lama penayangan AP selama 7 hari, setidaknya peluang AP lama ditayangkan kembali dapat ditekan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 14 November 2018 08.52 (UTC)

@Mimihitam: Masalahnya tuh pada Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Pesan massal, mau nggak mau bot pengirimnya harus pake format periode yang sama dengan periode GP. Kalo mau demikian pilihannya cuman 2: Set ulang HTML-nya atau nggak usah pake sistem pesan massal sekalian. --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 08.55 (UTC)
@Hanamanteo: soal AP bertema politik, itu jangan dibahas sekarang. Kita di sini bahas proseduralnya dulu saja. Kalau sistem pemilihan barunya sudah keluar, Anda bebas mengusulkan artikel mana pun dan mau tanggal kapan pun, nanti biar pengguna lain yang menilai.
Agar slot AP 1 ditayangkan pada tanggal 31? Modifikasi secara manual pada tanggal 31, cuma bisa begitu caranya. Setelah itu tanggal 1 dikembalikan seperti semula. Tapi menurut saya tanggal 31 boleh saja dijadikan tanggal untuk menampilkan artikel lama yang sudah pernah tayang, supaya tidak terlupakan.
Kalau dipersingkat jadi 5 hari saja apakah Anda mau mempertimbangkan? Kalau sehari sekali atau dua hari sekali jelas tidak realistis, karena jumlah AP kita memang jelas kurang dan SDM pun tidak siap. Tapi dengan 7 hari pun sekarang jadi agak menumpuk. Di WPEN memang juga ada penumpukan, tapi bukan berarti kita harus ikutin penumpukannya kan?
@Glorious Engine: kalau soal teknis bot, harus tanya Pengguna:Arifin.wijaya yang biasanya mengirim pesan massal. Saya nggak tahu dia kirimnya secara manual pakai fitur pengiriman pesan massal atau memang pakai bot.  Mimihitam  14 November 2018 09.05 (UTC)
Mau tetep 7 hari atau diganti jadi 4-5 hari sekalipun, mungkin ada bagusnya sama-sama pake sistem periodik baru. Periode pengusulannya dibatasin 4 slot per 2 minggu Udah kek pengusulan status AP aja :P alih-alih pake sistem sekarang, pengusulan jadwalnya bisa sampe akhir 2019 (sesuatu yang dipermasalahkan HaEr48). Sebagai catatan, kalo tetep 7 hari periodenya 13, 5 hari periodenya 18, 4 hari periodenya 23. Kalo nggak mau pake sistem bot pesan massal nggak apa-apa, asalkan ada pengunjung setianya atau paling enggak pengusulnya sendiri juga nggak apa-apa. --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 09.12 (UTC)
@Glorious Engine: mohon dijelaskan maksud dari: "Sebagai catatan, kalo tetep 7 hari periodenya 13, 5 hari periodenya 18, 4 hari periodenya 23." ini bagaimana ya? --AMA Ptk (bicara) 14 November 2018 15.00 (UTC)
Oh ya, untuk kata "periode pemilihan"-nya saya hapus saja ya, cukup "periode pengusulan"-nya, agak aneh kalo pengusulan slot AP dibagi jadi 2 periode (emangnya Jokowi 2 periode :P) --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 09.17 (UTC)
@Glorious Engine: soal sistem periodik baru untuk penentuan jadwal AP tahun 2019, saya sangat setuju. Nanti soal pesan massal tinggal tanya sama Pengguna:Arifin.wijaya atau Pengguna:Rachmat04, atau secara manual pakai sistem pesan massal. Berarti sistem votingnya juga seperti di GP kan? Misalkan ada yang seri, suara terakhir yang diberikan akan dianggap tidak sah? Sepertinya sekarang yang jadi masalah di sini cuma lama penayangannya saja. Kalau misalkan masih tidak ada konsensus untuk mengurangi lama penayangan, ya berarti seperti yang kamu bilang, 7 hari periodenya 13  Mimihitam  14 November 2018 09.26 (UTC)
Mengenai pesan massalnya, nggak usah diterapin juga nggak apa-apa lah. GP aja pake sistem pesan massal, yang kasih laman usertalknya bejibun tapi yang aktif dalam usulan & pemilihan GP juga nggak sampe 5, malah kadang nggak ada yang ngasih vote sama sekali. Usulan jadwal AP aja nggak pake pesan massal paling enggak ada 2-3 orang yang aktif kunjungan kok. Mengenai penayangan AP lama juga nggak masalah kok, sekalian untuk memastikan kalo artikel tersebut masih berstatus AP. --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 09.37 (UTC)
@Glorious Engine Baik. Kalau begitu draft di Wikipedia:Artikel_pilihan/Usulan/2019 sebaiknya diubah jadi 7 hari, karena usulan untuk mengurangi masa penayangan masih menghadapi perlawanan.  Mimihitam  14 November 2018 09.45 (UTC)
Oke, saya atur lah. Ini mau periodenya dimulai dari 2019 apa sekalian slot Desember 2018-nya ? --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 09.51 (UTC)
@Glorious Engine Desember terlalu mepet, dari tahun 2019 aja. Kalau misalkan sudah OK, halaman pengusulan 2019 yang lama diarsipkan saja di halaman tersendiri, dan nanti slot2 AP yang sudah dibuat bisa dipindahkan seperti yang biasa kamu buat di daftar artikel yang belum tayang.  Mimihitam  14 November 2018 09.52 (UTC)
Sudah bisa dimulai sekarang Mi: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/2019/Periode 1. Kalo slot dipindah-pindah ribet lah. Nanti mungkin bikin slot baru aja. Oh ya, mungkin nggak sekalian sambil ngusulin jadwal AP, sekalian ngusulin isi slotnya kayak di en.wiki ? --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 10.09 (UTC)
@Glorious Engine jadi seperti di Gambar Pilihan kan, pengusul memasang slotnya sendiri di halaman Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/2019/Periode 1? Saya sih setuju saja. Kalau begitu saya coba ya.  Mimihitam  14 November 2018 10.15 (UTC)
@Glorious Engine saya sudah coba ubah-ubah. Saya usulkan sebaiknya dibuat seperti GP, ada periode pengusulan dan pemungutan suara, soalnya kalau ngggak tidak adil untuk yang telat mengusulkan.  Mimihitam  14 November 2018 10.50 (UTC)
Sebenernya saya lebih ingin membatasi pengusulan yang belum melewati periode pengusulan sih, tapi kalo pengusulan yang sudah melewati periode pengusulan tapi belum tampil di HU, mungkin masih bisa didiskusikan, misal minta ganti, misal kalo tiba-tiba status AP-nya dicabut, sebenernya kalo kejadian kayak gitu bisa niru sistem periode 2-nya GP sih --Glorious Engine (bicara) 14 November 2018 11.00 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── @Glorious Engine kalau tiba2 ada yang dicabut di tengah2, ada beberapa kemungkinan:

  1. Kalau dicabut sewaktu periode pengusulan, tidak masalah, tinggal usulkan yang lain
  2. Kalau dicabut sewaktu periode pemungutan suara, kalau ada pengusulan lain, maka otomatis gugur. Kalau tidak ada, pengguna lain bebas mengusulkan yang baru sebagai pengganti dan tetap mengikuti periode pemungutan suara
  3. Kalau dicabut setelah terjadwal, bisa dibuat pemungutan suara khusus di halaman usulan penjadwalan

Bagaimana?  Mimihitam  14 November 2018 11.07 (UTC)

Untuk sementara saya tambahkan ini ya di tata cara penjadwalan AP:

Tata cara ad hoc:

  1. Apabila suatu artikel pilihan terkena tag pemeliharaan atau dicabut statusnya sewaktu periode pengusulan, maka pengusulan tersebut secara otomatis akan dihapus
  2. Apabila suatu artikel pilihan terkena tag pemeliharaan atau dicabut statusnya sewaktu periode pemungutan suara, dan apabila terdapat pengusulan yang lain di slot yang sama, maka otomatis pengusulan penjadwalan artikel pilihan yang bermasalah akan gugur. Jika tidak ada pengusulan penjadwalan yang lain, pengguna lain bebas mengusulkan penjadwalan yang baru sebagai pengganti dan periode pemungutan suara untuk slot tersebut akan tetap berlanjut
  3. Apabila suatu artikel pilihan terkena tag pemeliharaan atau dicabut statusnya setelah artikel tersebut sudah terjadwalkan secara resmi, maka akan diadakan pemungutan suara secara khusus di halaman usulan penjadwalan. Jika pemberian tag atau pencabutan status terjadi dalam rentang waktu kurang dari 28 hari sebelum artikel tersebut dijadwalkan tayang, maka periode pengusulan dan pemungutan suara akan dipersingkat sesuai kebutuhan

Kalau ada yang mau mengubah atau memberikan masukan, atau mungkin tidak setuju, silakan ya.  Mimihitam  14 November 2018 11.24 (UTC)

Saya harap jangan langsung "tembak" ke 5 hari. Baiknya perlahan. Kenapa tdk 6 bln pertama ganti 7 hari skali, 6 bulan kedua 6 hari skali ganti. Sy rasa terlalu terburu-buru jika langsung loncat ganti 5 hari skali. --AMA Ptk (bicara) 14 November 2018 15.02 (UTC)
Secara garis besar aku setuju pembatasan periode seperti yang dilakukan di Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan/2019. Mengenai pergantian periode, aku netral, kalau mau tetap 7 hari tidak apa, kalau mau jadi 5 hari tidak apa. Pertanyaan/saranku terhadap teknis sistem yang diusulkan di Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan/2019

────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────

  • Periode pengusulan dan pemungutan suaranya dihitungnya bagiamana? Misalnya periode 1 akhir pemungutan suaranya 13 Desember 2018 (sekitar 2-3 minggu sebelum tayang), tapi jeda antara tayang vs pemungutan makin lama makin panjang hingga untuk periode ke-13 pemungutan suara berakhir 11 Juni tapi tayangnya Desember (ada 6 bulan jeda). Makin lama, masalah "antrian terlalu panjang" bukannya akan terulang?
  • Apa perlu dibedakan masa pemungutan suara dan masa pencalonan? Apa kita bikin "dibuka" dan "ditutup" saja? Jadi waktunya lebih terbuka untuk mengusul dan memberi suara.
  • Apa perlu dibikin periode gitu, agak ribet bukan? Bagaimana kalo simpel saja. Misalnya "Pencalonan/pemungutan suara dibuka 2 bulan sebelum tayang", lalu secara teknis bisa pakai templat yang otomatis berubah sesuai tanggal sekarang.

--HaEr48 (bicara) 14 November 2018 17.55 (UTC)

Saya baru sadar kalau makin lama makin besar jedanya. Kayaknya gara2 slotnya kebanyakan, langsung 4 dalam satu periode. Kalau begini pilihannya ada dua:
  1. Slotnya dikurangi jadi 2 saja, pemilihan untuk jadwal tahun 2020 baru dimulai lagi pada 14 November 2019
  2. Bisa juga secara terbuka diadakan pencalonan dari tanggal 1-7 Desember 2018 untuk Slot 1 2019, lalu pemungutan suara 8-14 Desember 2018 untuk Slot 1 2019 sekaligus pengusulan 8-14 Desember 2018 untuk Slot 2 2019, dan seterusnya.
Mendingan yang mana? @HaEr48 @Glorious Engine? – komentar tanpa tanda tangan oleh Mimihitam (bk) .
Pengusulan slotnya disesuaikan dengan kebiasaannya di GP (walaupun periode jadwalnya beda) Nanti kalo periodenya diperpanjang takutnya ada masa-masa dimana pencalonannya nggak keurus kayak kasus di GP. (Contoh Wikipedia:Gambar pilihan/Usulan/2019/Periode 4) Nanti buat periode 2020 mungkin kalo sudah berkenan bisa diperpanjang jadi slot per 5-4 hari. --Glorious Engine (bicara) 15 November 2018 02.56 (UTC)
Mimihitam, jangan salah, sebelumnya saya pernah menghadapi masalah seperti ini di Portal:Pertanian. AP portal ini menggunakan format {{Portal:Pertanian/Artikel pilihan/Minggu {{CURRENTWEEK}} {{CURRENTYEAR}}}}, sehingga masalah di sana hanyalah halaman tersebut harus dibuat, sedangkan portal ini sudah lama tidak aktif. Untuk AP di HU, bisa gunakan format {{Wikipedia:Artikel pilihan/Minggu {{CURRENTWEEK}} {{CURRENTYEAR}}}} Saya yakin, tidak akan ada celah beberapa hari pada akhir tahun dan juga penayangan AP dapat dimulai pada hari Senin seperti sediakala. Untuk pemendekan durasi penayangan AP, saya tetap tidak setuju, apalagi dengan sistem baru pengusulan AP membuat suatu AP baru dapat disetujui minimal 2 minggu dan maksimal 3 bulan, sehingga pertumbuhan AP nantinya akan melambat. Justru dengan adanya penumpukan AP yang belum tayang (dan sudah tayang tetapi terjemahannya baru diperbaiki), maka pertumbuhan AP yang lambat di bukan-bulan pertama penerapan sistem baru pengusulan AP dapat diatasi dengan AP yang belum tayang di HU. Jikapun cadangan AP yang belum tayang sudah habis, AP yang baru diperbaiki terjemahannya itu dapat ditayangkan kembali. Jika sudah habis lagi, pertimbangkan untuk menayangkan AP yang paling tua di HU. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 15 November 2018 05.20 (UTC)

Oke deh sudah saya atur biar nggak mepet tapi juga nggak terlalu jauh jeda antara periode pengusulan sama jadwal slotnya:

  • Setiap periode yang pengusulan slot pertamanya bertanggal awal 1-9 atau 21-31 maka awal periode pengusulannya akan dimulai pada tanggal 1 dari 2 bulan sebelumnya (misal, slot pertamanya dimulai pada tanggal 23 April, maka periode pengusulannya dimulai pada 1 Maret; slot pertamanya 3 Desember, maka periode pengusulannya dimulai pada 1 Oktober)
  • Setiap periode yang pengusulan slot pertamanya bertanggal awal 10-20 maka awal periode pengusulannya akan dimulai pada tanggal 16 dari 2 bulan sebelumnya (misal, slot pertamanya dimulai pada tanggal 18 Juni, maka periode pengusulannya akan dimulai pada 16 April)

Nah, dengan begitu kan paling enggak ada konsisten jeda 2 bulan --Glorious Engine (bicara) 15 November 2018 07.17 (UTC)

@Glorious Engine aku baru coba2 lagi. Menurutku yang sekarang sudah yang paling OK. 4 slot tiap periode, dan ada jeda dua bulan sampai ke tanggal penayangan. Terima kasih banyak atas kerja kerasnya . 2 slot per periode kayaknya memang bikin runyam karena jadi kebanyakan periodenya.

@HaEr48 dan Hanamanteo ngomong2 pemungutan suaranya masih belum dimulai, ini baru periode pencalonan, jadi kalau ada calon jadwal tandingan (terutama kalau misalkan Anda tidak setuju dengan salah satu jadwal yang dicalonkan), silakan diajukan. Tapi karena sistem ini mengikuti sistem GP, nggak ada lagi tidak setuju2an yah.  Mimihitam  15 November 2018 07.38 (UTC)

  • Gak ada tidak setuju gimana? Kalau misalnya jelek? ^_^ HaEr48 (bicara) 15 November 2018 08.06 (UTC)

Kalau dilihat di Wikipedia:Artikel_pilihan/Jadwal/Usulan/2018 kan banyak yang suka kasih suara tidak setuju karena alasan tertentu. Kalau sekarang mengikuti sistem GP. Kalau Anda tidak setuju dengan penjadwalan yang dicalonkan pengguna lain, silakan usulkan penjadwalan tandingan, nanti tinggal pengguna lain yang memutuskan mau memberikan suara setuju ke penjadwalan yang mana.  Mimihitam  15 November 2018 08.46 (UTC)

@Mimihitam: Mbok dikasih gambar donk Mi --Glorious Engine (bicara) 16 November 2018 00.19 (UTC)

@Glorious Engine udah aku tambahkan tuh  Mimihitam  16 November 2018 07.28 (UTC)

Pendaftaran WikiNusantara 2019 sudah dibuka![sunting sumber]

WikiNusantara A.svg
WikiNusantara 2019

Halo semua,

Wikimedia Indonesia, dibantu oleh para sukarelawan, mengadakan konferensi regional untuk para komunitas Wikimedia di Indonesia. Konferensi ini akan dilaksanakan di Yogyakarta, 27–28 April 2019. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Jendela Kolaborasi". Selain berdiskusi dengan Wikimediawan lain dan bertemu muka, konferensi ini juga akan mengajak para peserta yang hadir untuk saling berkolaborasi, terutama dalam mengembangkan konten-konten di dalam proyek-proyek Wikimedia.

Konferensi ini menyediakan beasiswa perjalanan penuh dan sebagian. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat di WikiNusantara 2019/Beasiswa. Apabila Anda ingin menyampaikan presentasi menarik, silakan lihat ketentuannya di WikiNusantara_2019/Presentasi.

Pastikan Anda mencatat tanggal-tanggal penting konferensi. Semua informasi sudah dicantum di WikiNusantara 2019.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai konferensi ini, hubungi konferensi﹫wikimedia.or.id atau melalui halaman Talk:WikiNusantara 2019. Sampai bertemu di sana! ··· 🌸 Rachmat04 · 13 November 2018 13.16 (UTC)

Mungkin buat yang berdomisili di luar Jawa bakal tertarik @AMA Ptk:, @Nasrie:, @Dikaalnas:, @Yoseph76:
Oh iya, setau saya @Glorious Engine: lagi kuliah di Yogya kan?  Mimihitam  13 November 2018 15.04 (UTC)
Rachmat04, mengapa informasi perihal WikiNusantara 2019 masih kosong semua? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 13 November 2018 23.15 (UTC)
Konsep acara, presentasi, dan lokasi acara sedang dirundingkan secara internal. Adapun calon peserta yang ingin hadir sudah dapat mendaftarkan diri melalui jalur beasiswa. Salam, ··· 🌸 Rachmat04 · 17 November 2018 16.33 (UTC)

Serba serbi[sunting sumber]

Entah kenapa jumlah pembaca artikel peradaban Maya, astronomi Maya, Aztek, dan Abad Pertengahan tiba-tiba melejit semenjak tanggal 14 November. Padahal tidak ada angin ataupun hujan.  Mimihitam  17 November 2018 15.08 (UTC)

@Mimihitam: Menarik ya. Tiga yang pertama kayaknya dapat limpahan dari Kodeks Dresden. Coba lihat ini (gunakan "Logarithmic" scale biar skalanya lebih jelas), Kodeks Dresden tiba-tiba dapat 30ribu-60ribu pembaca pada tanggal 14-15 November. Artikel yang lain itu ikut melejit (walaupun tidak sebesar Kodeks Dresden) karena terkait, dan banyak yang disebutkan di paragraf pertama Kodeks Dresden. Perhatikan juga, ketika Kodeks Dresden jadi AP beberapa minggu lalu, pembaca artikel-artikel tersebut juga ikut naik bersama Kodeks Dresden. Kenapa Kodeks Dresden tiba-tiba naik sedahsyat itu, aku juga gak tau. Mungkin ada yang baca AP nya beberapa minggu lalu, terus sekarang dijadiin fitur di website besar seperti detik atau kaskus? HaEr48 (bicara) 17 November 2018 17.13 (UTC)
Kalau Abad Pertengahan sepertinya tidak terkait. Aku gak tau sumbernya, tapi versi Prancisnuya juga melejit (bahkan lebih besar dari lejitan versi Indonesia). Mungkin ada kaitannya. Kalau di perkakas pengurus ada analytics semacam referral atau distribusi geografi pembaca gitu gak, bung Mimihitam? HaEr48 (bicara) 17 November 2018 17.13 (UTC)
@HaEr48 wah terima kasih infonya. Padahal Kodeks Dresden tampilnya tanggal 22 Oktober - 28 Oktober kemarin, tapi baru meledak tanggal 14 November ini. Aku mikirnya mungkin ada lembaga tertentu yang ngasih tugas terkait dengan peradaban Maya atau Kodeks Dresden, atau mungkin infonya dikutip oleh website besar (tapi saya belum bisa menemukan contohnya), atau mungkin juga baru disebarkan di komunitas tertentu di media sosial (saya juga tidak berhasil menemukannya di FB maupun twitter). Dugaan saya memang biangnya Kodeks Dresden yang baru dipopulerkan lewat penayangan di HU tanggal 22-28 Oktober, makanya artikel peradaban Maya, astronomi Maya, dan arkeoastronomi ikut terkena dampaknya. Tapi anehnya juga, artikel seperti keruntuhan Maya Klasik lumayan terpengaruh, artikel Tikal agak terpengaruh, sementara artikel seperti wanita di peradaban Maya sama sekali tidak terpengaruh. Kalau Abad Pertengahan mungkin memang tidak terkait dan ini bukan kali pertama saya melihat fluke semacam itu di viewcount artikelnya. Yang bikin saya terkaget-kaget adalah Kodeks Dresden, peradaban Maya, dan teman-temannya. Untung saja artikelnya baru saja dilengkapi, jadinya luapan pembacanya bisa dapat info yang komprehensif. Kalau soal perkakas untuk analisis referral atau distribusi geografi, saya kurang tahu, biasanya yang ngerti teknis begini mas Bennylin.  Mimihitam  17 November 2018 17.42 (UTC)
Eh tapi kalau dilihat lagi, viewcount Aztek baru naik drastis tanggal 16 November, sehari setelah artikelnya selesai dilengkapi. Jadi mungkin Aztek juga tidak terkait langsung dengan peradaban Maya.  Mimihitam  17 November 2018 17.51 (UTC)
Tidak sengaja menemukan halaman Facebook yang selalu mengangkat topik tentang AP di WBI... Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 November 2018 01.41 (UTC)
Ini, menurut ada pembahasan khususnya. Sekarang ini, di FB, banyam sekali grup2 FB yg sedang kegairahan dalam hal ihwal iptek. Rata² mereka yg jadi anggotanya ialah daripada anak² remaja. Kadang², mereka "menyelinap²" di internet cari artikel bagus, buat diskusi. Saya kira dan saya pandang, agaknya kebetulan mereka bertemu rujukan yg bagus daripada Wikipedia Indonesia. Kalau sdh begini, tinggal gimana caranya anak² muda itu diarahkan dan dididik guna menulis di Wikipedia ini. Itu just sekadar saya punya opini. --AMA Ptk (bicara) 18 November 2018 03.25 (UTC)
Tapi agak gak umum ya yang ini tau-tau ada total lebih 100.000 pembaca di Kodeks Dresden. Sumber mana yang bisa mengirim sebanyak itu pembaca ke Wikipedia? Kalau ketahuan mungkin bisa kita ajak kerja sama kapan-kapan . Kalaupun ada tugas di lembaga atau sekolah tertentu, sekolah mana yang siswanya sebanyak itu? Misal, seluruh anggota jurusan arkeologi UI dari S1, S2, S3 sampai dosen disuruh baca itu pun, rasanya gak nyampai 100 ribu. Jumlah mahasiswa semua jurusan aja masih berkisar puluhan ribu. HaEr48 (bicara) 20 November 2018 00.49 (UTC)

Kodeks Dresden itu bukannya pernah dijadiin Google Doodle ya (lupa tanggalnya berapa). Artikel yang bisa melejit gitu kan karena ditayangin jadi Google Doodle. Mungkin bisa dicek dari pihak Google Doodlenya. Tabel periodik tuh "laku"nya keliatan tiap Senin-Rabu, ketahuan banget kalo kelas Kimia dibukanya pas hari2 itu, hehehe --Glorious Engine (bicara) 29 November 2018 07.50 (UTC)

@Glorious Engine Kalau benar, berarti itu limpahan pembaca nyasar dari luar negeri.. ngomong2 itu tabel periodik lucu juga statistiknya, berfluktuasi setiap kali hari sekolah haha, mungkin kalau bulan Juli atau akhir tahun jumlah pembacanya bakalan sedikit.  Mimihitam  30 November 2018 14.46 (UTC)

Kolaborasi[sunting sumber]

Ada yang berminat kolaborasi mengembangkan artikel Al-Mu'tasim? Versi Inggrisnya lagi dicalonkan jadi AP, sementara versi di WBI saat ini masih sedih sekali dan terkena beberapa tag pemeliharaan.  Mimihitam  19 November 2018 19.27 (UTC)

Saya ga punya rujukan selengkap mereka. Tp kalau ada yg mau kolab, kuylah. @HaEr48: @Hanamanteo: --AMA Ptk (bicara) 19 November 2018 22.14 (UTC)

Tanda salib[sunting sumber]

Saya minta tolong nih, dari tadi Adesio berulang kali membuat artikel dengan keterangan tanda salib (†) untuk menandakan tahun kematian di bagian judul. Saya sudah memperingatkannya bahwa nggak semua orang tau apa artinya. Gimana nih solusinya:

  • Dipertahankan
  • Diubah jadi kata "wafat", "meninggal" atau "kematian"
  • Pakai keterangan yang dipakai di en.wiki

--Glorious Engine (bicara) 27 November 2018 12.21 (UTC)

Setuju dengan "kematian"  Mimihitam  30 November 2018 14.42 (UTC)

Mohon minta review nya kakak kakak admin.[sunting sumber]

Selamat pagi/siang/sore/malam kakak-kakak admin.... Beberapa hari yang lalu saya habis menulis sebuah artikel mengenai Bendera Republik Sosialis Soviet Otonom Komi, berdasarkan artikel en:Flag of the Komi Autonomous Soviet Socialist Republic. Semua gambar dan isi nya saya buat sendiri, dan terjemahannya pula. Saya selama ini aktif di wikipedia Bahasa Inggris, jadi saya jarang ke sini. Mohon dibantu untuk wikifisasi, terjemahan yang salah, ataupun kekurangan lainnya. Terimakasih.

Jeromi Mikhael (bicara) 1 Desember 2018 13.05 (UTC)

Proyek Percontohan dari Google dan Wikimedia Indonesia Untuk Pengguna Pencarian Bahasa Indonesia[sunting sumber]

Halo semuanya,

Saya ingin memberikan pengumuman kalau hari ini Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Google meluncurkan fitur baru di situs pencarian Google. Khusus untuk topik medis dan sains, apabila tidak ada artikel Wikipedia dalam bahasa Indonesia, Google akan secara otomatis menerjemahkan dari Wikipedia bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, sehingga pengguna bisa menikmati informasi tersebut dalam bahasa Indonesia. Apabila sudah ada artikel yang lebih baik dalam Wikipedia bahasa Indonesia, maka Google akan menampilan artikel tersebut lebih dulu.

Pengguna juga akan diberikan informasi kalau mereka bisa bergabung dengan Wikipedia dan bisa memperbaiki hasil terjemahan mesin tersebut.

Untuk berita selengkapnya simak artikel berikut:

https://wikimedia.or.id/2018/12/04/toledo/

Apabila ada pertanyaan ataupun masukan silakan ajukan ke kami dengan mengirim surel ke info@wikimedia.or.id.

Terima kasih!

06Ivonne (bicara) 4 Desember 2018 08.58 (UTC)

Pengurus[sunting sumber]

Halo. Untuk para pengurus, saya akan mengundurkan diri. mohon hapus halaman dan subhalaman, Halaman pembicaraan/subhalaman pembicaraan saya dan lindungi pembuatan halaman penuh. Khris bicara disini 6 Desember 2018 10.32 (WIB) Blokir saya juga selamanya. Khris bicara disini 6 Desember 2018 10.43 (WIB)

Koordinat[sunting sumber]

Saya tadi melakukan penginterwikian antara sebagian artikel Wikipedia Indonesia dengan Wikipedia Cebuano & Swedia. Di Wikipedia Cebuano & Swedia rupanya memiliki format yang berbeda dengan Wikipedia Indonesia, Wikipedia Indonesia memakai format penyebutan kecamatan, dan kabupatennya sementara Wikipedia Cebuano & Swedia memakai format penyebutan koordinat. Ironisnya, artikel di Wikipedia Indonesia nggak memakai sistem koordinat, jadi saya agak menerka-nerka melalui sistem koordinat yang ditampilkan pada Google Maps & Wikidata. Ini tolong koreksi ya kalo salah:

--Glorious Engine (bicara) 16 Desember 2018 05.47 (UTC)