Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 16 Juni 2019
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, !
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Ibu kota Indonesia[sunting sumber]

Belakangan ini banyak pengguna anonim yang mengatakan bahwa Lampung sudah jadi Ibu kota Indonesia menggantikan Jakarta (salah satu bukti) . Namun setelah saya lihat di internet, rencana pemindahan ibu kota Indonesia sepertinya masih didiskusikan. Apakah Lampung memang sudah dinyatakan sebagai Ibu kota Indonesia? Rayhan6726 Internet-group-chat.svg Pencil icon.png 23 Mei 2019 08.20 (UTC)

@Rayhan6726: Sampai sekarang pemindahan ibu kota belum terlaksana secara de jure dan de facto. Berita yang saya lihat terakhir itu mengenai Presiden yang masih meneliti beberapa daerah tempat calon ibu kota negara. Soal pengguna anonim tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan pernyataannya yang menyatakan bahwa Bandar Lampung sudah menggantikan Jakarta sebagai ibu kota. Tidak semudah itu, perlu hukum yang mengatur soal itu. Sampai sekarang saja belum ada keputusan presiden atau suatu peraturan perundang-undangan yang menyatakan kalau ibu kota dipindahkan ke sana. Jadi, pengguna anonim tersebut perlu dipertanyakan kevalidan sumber informasi yang mereka berikan. Sekian. Salam. Aviel Dase (Kirim Pesan) 23 Mei 2019 20.40 (WITA)

@Rayhan6726 kalau ada yang seperti itu langsung direvert saja. Itu LTA sudah setahun lebih, hobinya menyebar info sesat tentang geografi Indonesia.  Mimihitam  23 Mei 2019 21.30 (UTC)

Anon nakal[sunting sumber]

Tolong nih, ada anon nakal ngelalerin saya gara-gara ngevandal halaman pengusulan jadwal GA sampe-sampe doi merengek ke Mimihitam dan Meta Wiki --Glorious Engine (bicara) 24 Mei 2019 22.30 (UTC)

Subartikel[sunting sumber]

Saya lihat Bencana kereta api tsunami Sri Lanka 2004 bisa dipisahkan dari Gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004 meskipun konteks bencananya sama tapi penyorotannya lebih spesifik. Kalo gitu bolehkah saja misal bikin artikel Kebakaran mal Klender 1998 yang dipisahkan dari Kerusuhan Mei 1998 meskipun konteks peristiwanya sama tapi penyorotannya lebih spesifik seperti halnya Bencana kereta api tsunami Sri Lanka 2004 --Glorious Engine (bicara) 26 Mei 2019 00.13 (UTC)

Templat Keuskupan[sunting sumber]

Halo, saya mau bertanya, ketika saya melakukan penyuntingan pada artikel-artikel keuskupan, bagian situs webnya kok tidak muncul ya? Padahal sudah diisi dengan situs web dari keuskupan tersebut. Apakah ada error pada templat infobox-nya? Terima kasih. Salam. Aviel Dase (Kirim Pesan) 4 Juni 2019 20.24 (WITA)

Selesai Selesai. Sudah diperbaiki di {{Infobox Keuskupan}}. Salam. Albertus Aditya (bicara) 4 Juni 2019 23.21 (UTC)

Sfn[sunting sumber]

Saya merasa kesulitan mengatur sfn semenjak usulan AP mengharuskan pemakaian format sfn:

  • Beberapa sumber nggak ada ISBN-nya sama sekali (yang ini sudah diwajarkan soalnya ada buku-buku yang terbit sebelum pemberlakuan ISBN)
  • Ada sumber yang saya cari-cari sumbernya, eh nggak ketemu isi sama angka lamannya, contoh "Ricci, Carla and Paul Burns. Mary Magdalene and Many Others. Augsburg Fortress, 1994. ISBN 0-8006-2718-0"
  • Ada sumber tapi nggak pake keterangan angka halaman sama sekali, contoh: The Gospel of Thomas: The Hidden Sayings of Jesus, padahal saya lihat para reviewer sering banget memberatkan masalah pencantuman angka halaman buku, apa nanti angka halaman ditentukan lewat penjumlahan per sisi lembarnya atau diperlakukan saja seperti sumber website
  • Ada sumber yang agak kesulitan saya cantumkan bagian penulisnya, contoh Mary Magdalene, Iconographic Studies from the Middle Ages to the Baroque Siapa penyuntingnya ? siapa penulisnya ? Di sampulnya nyebut "Edited by Michelle A. Erhardt & Amy M. Morris" tapi di bagian daftar isinya nyantumin beberapa nama, Michelle A. Erhardt, Amy M. Morris, Jeanne W. Anderson, Rachel Geschwind, Elizabeth Caroll Convasari, Patrick Hunt, Barbara J. Johnston, dlsb. Itu nama penulisnya atau apa ?
  • Calendarium Romanum & Martyrologium Romanum nggak jelas juga penulisnya, jadi saya cantumin aja judulnya di sfn.

Seperti halnya masalah penjawaban isi artikel yang tentu memberatkan bagi pengguna yang hanya berlaku menerjemahkannya saja, saya perlu ada bantuan juga buat penataan sfn mengingat masih banyak artikel yang belum memakai sistem sfn sebagaimana mestinya, apalagi nanti kalo kendalanya kayak di atas, angka halamannya nggak ada, isi sumber nggak ketemu, tahun nggak jelas, penulis nggak jelas, dlsb. Bikin gitu en:WP:RX di WBI. Ditambah lagi tentu masih banyak pengguna yang belum tau sistem sfn. Kebanyakan FA yang sudah full memakai sistem sfn seutuhnya juga kebanyakan adalah FA yang diangkat baru-baru ini. --Glorious Engine (bicara) 14 Juni 2019 01.56 (UTC)