Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Kamis, 2 Juli 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Peristiwa tidak pernah terjadi[sunting | sunting sumber]

Beberapa waktu lalu, saya pernah menolak peristiwa yang belum terjadi, misalnya perhelatan kompetisi dan acara televisi yang belum jatuh tempo namun artikelnya sudah muncul di Wikipedia, dengan alasan bahwa Wikipedia bukanlah bola kristal. Lalu, seorang pengguna buru-buru mengoreksi penolakan saya karena acara tersebut ternyata sedang dimulai prosesnya. Oke, saya dapat menerima alasan tersebut. Sesudah itu, ada yang merintis artikel bertopik kejuaraan Thomas Cup yang tidak terselenggara akibat situasi politik. Menurut saya, artikel tersebut tidak perlu dirintis, namun jika pengguna memiliki data, cukup menggabungkan dengan artikel yang sudah ada sebagai pelengkap, bukan artikel mandiri. Sekarang ini, ada artikel berjudul Afrika Latin Serikat yang ditulis oleh Farras, sebuah artikel berisi rencana pendirian sebuah negara yang gagal akibat penggagasnya meninggal dunia. Artikel ini juga sama saja, memuat peristiwa yang baru rencana dan sampai sekarang belum terjadi, sehingga saya mempertanyakan kelayakannya. Jika demikian, supaya semakin konyol mari kita tambahkan di Halaman utama, sebuah bagian yang memuat suatu peristiwa yang belum terjadi. – Miss Andriana (bicara)  27 Mei 2015 jam 07:35 WIB

Saya kurang sepakat dengan Anda. Betul bahwa Wikipedia bukanlah bola kristal, tetapi sejauh yang saya lihat belum ada perkembangan artikel yang cenderung ke arah itu. Komplain Anda soal artikel Piala Thomas itu saya kira kurang tepat juga. Memang ada turnamen olahraga yang tiba-tiba batal terselenggara padahal persiapannya sudah jauh-jauh hari, dan itu saya kira boleh-boleh saja dijadikan artikel asal datanya cukup (ambil contoh, Olimpiade Musim Panas 1944 yang gagal terjadi gara-gara PD II). Ambil contoh Afrika Latin Serikat yang dirintis Farras, saya kira itu bukanlah sebuah peristiwa melainkan organisasi. Di Wikipedia bahasa Inggris jamak ditemukan artikel soal proposal pendirian (misalnya, proposal penambahan negara bagian Amerika Serikat), dan itu bisa diterima karena proposal itu sendiri punya referensi yang cukup dan banyak sumber yang tepercaya. Penafsiran saya akan "Wikipedia bukan bola kristal" adalah halaman-halaman yang memuat soal peristiwa yang belum terjadi, misalnya pemilihan umum legislatif Indonesia 2070. Tapi kalau kita bicara soal proposal organisasi, badan, atau aspirasi yang gagal/belum terjadi, saya kira itu tidak bisa dikatakan sebagai sesuatu yang buruk. SpartacksCompatriot (bicara) 28 Mei 2015 11.51 (UTC)

Tuan @SpartacksCompatriot. Jika demikian, menurut saya, rintis saja nama organisasi yang menjadi cikal-bakal munculnya berbagai gagasan. Lantas, salah satu subjudul dalam artikel tersebut mencantumkan gagasan rencana pendirian Afrika Latin Serikat. – Miss Andriana (bicara)  28 Mei 2015 jam 18:59 WIB

Ms. Andriana sudah pernah lihat Wikipedia:Artikel-artikel yang tidak lazim dan en:Wikipedia:Unusual articles? Jauh lebih konyol dan tidak masuk akal daripada Afrika Latin Serikat. Sebagai pengguna yang dari dulu berkiblat ke Wikipedia bahasa Inggris (yang jauh lebih ketat daripada Wikipedia bahasa Indonesia), saya selalu berasumsi bahwa semua yang boleh terbit di WP-en juga boleh terbit di WP-id. Terima kasih. — FarrasLa Poste 28 Mei 2015 14.44 (UTC)

Mr. @Farras. Yang konyol-konyol seperti itu sudah sepantasnya tidak kita tiru. Dan menurut saya, kita tidak harus selalu berkiblat kepada artikel terjemahan, apalagi yang konyol. Saya tetap beranggapan bahwa artikel Afrika Latin Serikat lebih pantas dimasukkan dalam artikel induk organisasi penggagas seperti disampaikan Tuan @SpartacksCompatriot. Itu akan lebih bermartabat dan sedikit mengurangi kadar kekonyolan kita sebagai pengguna yang berakal sehat untuk memelihara marwah Wikipedia sebagai ensiklopedia yang hanya memuat apa atau siapa yang pernah terjadi. – Miss Andriana (bicara)  29 Mei 2015 jam 02:31 WIB

Sependapat dengan @Farras sehingga artikel komune di Perancis bisa tampil dengan nyaman di WPID. -- Wagino 20100516 (bicara) 29 Mei 2015 00.42 (UTC)

Terima kasih atas respon Tuan-tuan terhadap apa yang saya sampaikan. Tanpa bermaksud bersikukuh mempertahankan pendapat, suatu saat, kelak, entah kapan, jika ada pengguna merintis artikel dengan jenis ini, saya harapkan kita memiliki kesepakatan kata bahwa artikel yang memuat suatu peristiwa yang gagal terjadi diperbolehkan ada di Wikipedia. Dan dokumen ini akan menjadi pendukung. Salam. – Miss Andriana (bicara)  29 Mei 2015 jam 08:09 WIB

Sepertinya Andriana kurang tepat menangkap poin saya. Saya tidak pernah berpendapat bahwa artikel Afrika Latin Serikat itu lebih pantas masuk artikel induk organisasi penggagas. Itu usul Anda. SpartacksCompatriot (bicara) 30 Mei 2015 10.06 (UTC)
Dan poin Anda soal "menjaga marwah" itu tampaknya sedikit berlebihan... Wikipedia adalah komunitas yang bergerak bukan karya rujukan yang statis. Asal ada cukup rujukan, tepercaya, dan lolos syarat kelayakan, tidak ada salahnya suatu artikel masuk ke Wikipedia. Toh, jika memang sudut pandang Anda tadi bahwa ensiklopedia hanya memuat apa atau siapa yang pernah terjadi, bukankah akhir zaman juga belum terjadi? SpartacksCompatriot (bicara) 30 Mei 2015 10.10 (UTC)

Wahai Tuan SpartacksCompatriot yang saya hormati. Setelah saya baca artikel akhir zaman, saya menarik kesimpulan bahwa akhir zaman dalam artikel tersebut membahas tinjauan dari berbagai sudut agama, baik Abrahamik maupun non-Abrahamik. Jadi, ruh dari artikel tersebut adalah rujukannya, bukan peristiwanya. Mengenai "menjaga marwah", saya kira itu tidak berlebihan, karena kita memang perlu menjaga. Ada pun jika kadar marwah itu seperti yang Anda katakan, berarti Wikipedia merupakan ensiklopedia yang lentur. Oleh karena pendapat saya ini lebih banyak yang tidak menerima, saya pun tidak dapat memaksakan untuk kemudian dijadikan rujukan dalam membangun kesepakatan pedoman. Tapi, saya pribadi, tidak akan menuliskan artikel jenis ini. Terima kasih atas tanggapan Anda. Salam. – Miss Andriana (bicara)  30 Mei 2015 jam 17:55 WIB

Sumbangan gambar-gambar KITLV di Leiden, Belanda[sunting | sunting sumber]

Teman-teman para Wikipediawan yang baik, KITLV di Leiden, Belanda baru saja merilis sumbangan gambar-gambar koleksi mereka. Saya sendiri juga telah ikut diberi kesempatan membantu menerjemahkan deskripsinya. Silakan menyaksikan gambar-gambar yang menarik ini! Pranala: commons:Category:Media_contributed_by_KITLV. Salam. Meursault2004ngobrol 29 Mei 2015 08.07 (UTC)

Kereeeen! Trims infonya. Salam, Naval Scene (bicara) 29 Mei 2015 13.29 (UTC)
Sama-sama! Meursault2004ngobrol 29 Mei 2015 22.20 (UTC)

Hubungan WBC-WBJ mungkinkah seperti WBI-WBM ?[sunting | sunting sumber]

Saya jadi ingat dengan artikel Daftar karakter BoBoiBoy, disana artikelnya lebih sering disunting ketimbang artikelnya yang ada di Wikipedia bahasa Melayu (WBM) meskipun kartunnya asalnya dari Malaysia, entah yang melakukan orang Malaysia-nya sendiri atau orang Indonesia yang ngefans sama BoBoiBoy. Mungkin karena di WBI lebih sering diliat kali ya. Hal yang sama rupanya terjadi juga di Wikipedia bahasa Cina (WBC), rupanya disana artikel-artikel yang berunsur Jepang dibuat bahkan dikembangkan hingga jadi Artikel Bagus (AB) & Daftar Pilihan (DP) disana padahal di Wikipedia bahasa Jepang (WBJ) sendiri artikelnya belum ada (contohnya: zh:日本端午節, zh:AKB48歌曲列表, zh:畢業 (演藝界)) & ada juga yang udah ada di WBJ tapi artikelnya di WBJ masih kalah dalam hal isi ketimbang yang ada di WBC (contohnya: zh:變態 (色情用語), bandingkan dengan versi WBJ-nya) Terus saya amati lagi bagian referensinya juga pakai sumber Jepang. Saya pun jadi mikir-mikir:

  • Mungkin yang ngembangin orang Jepang-nya sendiri, orang Jepang-nya lebih berminat ngembangin artikel berunsur Jepang di WBC karena lebih banyak diliat mengingat bahasa Cina adalah bahasa nasional dari negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Sama aja kayak si Crisco yang lebih banyak ngembangin artikel berunsur Indonesia di Wikipedia bahasa Inggris karena mungkin anggepannya lebih banyak dilihat. Atau mungkin orang Jepang-nya pingin mengenalkan/mempromosikan Jepang cuman entah kenapa ngutamainnya di WBC
  • Mungkin yang ngembangin orang Cina-nya sendiri, orang Cina-nya kepengen nyaingin Jepang (dalam hal ini WBJ) dengan cara ngembangin artikel lebih dulu & lebih banyak ketimbang yang ada di WBJ. Atau mungkin orang Cina-nya yang terlalu ngefans sama hal-hal yang berbau Jepang. Kek artikel-artikel yang berbau tentang AKB48 mulai banyak dikembangkan di WBC semenjak adanya SNH48 di Cina sama halnya kek artikel-artikel yang berbau tentang AKB48 & JKT48 mulai banyak dikembangkan di WBI semenjak adanya JKT48 di Indonesia (kagum kali ngeliat ada paduan suara bisa nari-nari :P)

Ditambah lagi bagian dari AP-nya WBJ aja bisa dibilang cuman seupil ketimbang yang ada di WBC dimana Halaman Utama-nya sendiri udah berani nampilin AP sekaligus AB & bahkan udah berani ngeganti slot per hari lagi. Ada yang bisa kasih pendapat ? --Erik Fastman (bicara) 5 Juni 2015 06.44 (UTC)

IPv6[sunting | sunting sumber]

Adakah yang merasa terganggu dengan adanya pengguna anonim yang menggunakan IPv6?
Akhir2 ini sudah mulai banyak pengguna anonim yang menggunakan IPv6. Misalnya saja 2a03:2880:2110:dff7:face:b00c:0:1. Sebenarnya ini lumayan bagus untuk keamanan si pengguna itu, tapi disisi lain, akan lebih kewalahan untuk menutup ip tersebut karena jumlah IPnya bukan 32 bit/4.294.967.296 IP lagi tetapi jumlahnya 128 bit/3,4×1038 IP. Jangan takut jika ketemu pengguna anonim dengan IP aneh seperti contoh diatas. Selama pengguna tersebut berbuat baik, ya tidak ada masalah.
   Hiro Hamada        Let's Talk!        11 Juni 2015 - 00:34 WIB     

Tindak lanjut[sunting | sunting sumber]

Setelah menyematkan tag {{hapus}} pada artikel yang tidak memenuhi kriteria kelayakan, saya lebih sering menindaklanjuti dengan mengirimkan pemberitahuan kepada perintis artikel dengan menyematkan tag {{gnt:nn-warn|Nama artikel}} agar perintis artikel tersebut segera mengetahui status artikel yang baru saja dirintis. Tapi di luar saya, sering kali saya melihat banyak pengguna yang tidak menindaklanjuti, padahal hal tersebut sudah tertulis dalam tag berbunyi:

"Bagi pengusul penghapusan: Pertimbangkan untuk memberitahu usulan penghapusan ini kepada pembuat artikel! Gunakan: {{gnt:nn-warn|Nama artikel}}"

Melalui kesempatan ini, dengan hormat saya mengimbau kepada para Wikipediawan, baik pengguna biasa, editor, peninjau, maupun pengurus agar juga menindaklanjuti. Sedikit repot memang, tapi ini merupakan bentuk tanggung jawab kita. Salam. – Miss Andriana (bicara)  13 Juni 2015 jam 13:56 WIB

  • Betul juga apa yang anda bilang Miss Andriana.... mungkin dari para pengguna biasa, editor, peninjau, maupun pengurus masih berfikir, menimbang dan mengingat dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menindak lanjutinya, hal ini berguna agar nantinya tidak terkesan sembarangan. Semangat berjuang untuk Wikipedia Indonesia yang lebih baik. Salam--!!!! Andri Dariel (Bicara) 26 Juni 2015 19.42 (UTC)

Ada apa dengan bagian "Current events" ?[sunting | sunting sumber]

Aneh ya, kemarin pas ada peristiwa Perompakan MT Orkim Harmony dan Gempa bumi Sabah 2015, di en.wiki pranala artikelnya dimasukkin Main Page, tapi di WBI kagak. Sekarang malah kebalikannya, pas ada peristiwa Kecelakaan pesawat C-130 Hercules 2015, di WBI dimasukkin ke Halaman Utama, tapi di en.wiki kagak. --Erik Fastman (bicara) 1 Juli 2015 04.34 (UTC)

Saya tidak melihat ada yang aneh dengan hal tersebut..... Wagino 20100516 (bicara) 1 Juli 2015 04.47 (UTC)

Begini, kemarin-kemarin pas ada peristiwa Perompakan MT Orkim Harmony dan Gempa bumi Sabah 2015 kenapa kagak dimasukkin ke Templat:Peristiwa Terkini, entah para pengguna WBI yang ngurusin nggak memperhatikan atau tidak. Bahkan saya lihat dua peristiwa tersebut pun juga nggak pernah saya lihat disorot media televisi Indonesia, cuman di media internet-nya doank. Memang ada apa dengan 2 peristiwa tersebut ? --Erik Fastman (bicara) 1 Juli 2015 05.30 (UTC)