Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Senin, 22 Oktober 2018
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Sedikit pandangan bagi teman² Wikipediawan[sunting sumber]

Kepada seluruh Wikipediawan, sesungguhnya saya ada sedikit harapan. Begini, akhir² ini banyaklah saya lihat artikel terjemah-"sadur" yang diterjemahkan jadi bahasa Indonesia dan ingin dicalon jadi AP. Kepada semua, hendaklah kita menjadi selektief dan hati². Tiada patutlah bagi kita untuk asal "Setuju" belaka. Artikel itu minimal, bacalah dulu sekurang²nya sekali. Sebab, boleh jadi dalam penulisannya rupanya terjemah mesin yg belum lagi diedit. Tiada pantas AP itu terbuat daripada karangan terjemahan mesin belaka. Katakan "Tidak Setuju" ya terus terang saja, apatah lagi di Wikipedia perihal kita setuju dan tak setuju ialah bebas. Terima kasih semua. Selamat siang. Wassalam. --AMA Ptk (bicara) 15 September 2018 06.53 (UTC)

Ya makanya mbok ya halaman usulan AP/DP-nya WBI mbok ya dibikin kek FAC/FLC-nya en.wiki kek dimana ada user2 yang giat melakukan review secara reguler tapi sering bikin argumen yang panjang2. Misalnya kek Nikkimaria gitu yang giat memeriksa lisensi gambar pada FAC misalnya. Lha kalo disini yang ngasih suara juga terbilang jarang (sekarang mungkin dah agak rame ya, tapi dulu banget kagak), makanya permintaan suara juga bisa bebas bahkan kepada para pengguna yang sekadar bisa ngasih suara tapi belum sempet melakukan review ke usulan AP/DP itu sendiri. --Glorious Engine (bicara) 15 September 2018 12.58 (UTC)
Kalau Si Glorious Engine yang mengusulkan, pasti saya baca dahulu. Tapi yang agak menjengkelkan, ya kualitas terjemahannya. Kalau ada 2–3 kesalahan ya masih dimaklumi. Kalau terjemahannya kebanyakan ngaco? Apakah memang sudah dibaca/periksa sebelum mengusulkan? Sudah pernah saya ingatkan, tapi tidak bertaubat juga. Jangan terbiasa menerjemahkan pakai mesin, sekadar copy-paste, tidak dibaca/periksa lagi. Masih lebih baik kalau artikelnya dibaca ulang setelah diterjemahkan pakai Google Translate. Seharusnya, sebagai penutur bahasa Indonesia, kita tahu bagaimana susunan kata-kata yang nyaman dibaca, bukan? -- Adiputra बिचर -- 16 September 2018 04.49 (UTC)
Buat semua yang memiliki kekhawatiran serupa, saya undang untuk ikut bergabung dalam ProyekWiki Perbaikan Terjemahan. Sejauh ini saya merasa puas dengan hasil pemeriksaan artikel Josef Stalin, Vincent van Gogh, dan Abad Pertengahan yang telah dilakukan secara gotong royong. Akan semakin baik jika semakin banyak yang membantu memeriksa, tapi mungkin kalau di sini ada yang lebih berminat untuk membaca, saya undang untuk membantu kami melakukan copyedit untuk mencari kesalahan-kesalahan ketik yang kecil dan juga agar gaya bahasanya alami dan koheren. Terima kasih atas perhatiannya.  Mimihitam  16 September 2018 20.11 (UTC)
Saran aja Mi, gimana kalo sekalian aja bikin proyek macem WikiLatih gitu tapi tugas para pesertanya bukan bikin artikel, tapi koreksi terjemahan pada artikel yang sudah ada. Dengan kayak gini kan membantu daripada tugasnya bikin artikel tapi malah (maaf) menyusahkan karena nggak diajarin juga cara meng-interwiki-kan ke Wikidata sama panitianya. --Glorious Engine (bicara) 17 September 2018 02.41 (UTC)
Hmmm... Mengusulkan koreksi terjemahan pada artikel yang sudah ada, tapi mengapa memeriksa hasil terjemahan mesin saja masih enggan? Oh, ironi... -- Adiputra बिचर -- 17 September 2018 06.19 (UTC)
@Glorious Engine kalau mau diusulkan saja ke WMI, tapi menurut saya sih akan sulit diimplementasikan karena belum banyak orang Indonesia yang mahir bahasa Inggris, terutama untuk membaca teks-teks yang rumit. Contohnya dulu pernah ada pelatihan dengan pengguna2 yang menulis artikel dgn menyadur dari Britannica.. beberapa lumayan kacau terjemahannya.  Mimihitam  17 September 2018 06.32 (UTC)
@Mimihitam: Ditentukan saja pesertanya. Misal terdiri dari guru-guru bahasa Inggris, mahasiswa-mahasiswa sastra Inggris, atau mahasiswa-mahasiswa asing dari jurusan sastra Indonesia.
@M. Adiputra: Lho, saya nih kalo nerjemahin artikel abis itu saya baca berulang kali lho, apalagi kalo sejalan sama peminatan saya. Tapi entah kenapa saya nggak liat ada yang ganjal, paling masalah typo doank. Meskipun saya masih merasa bahwa penerjemahan saya masih perlu diperiksa, tapi saya nggak tau bagian mana yang perlu diperiksa, setidaknya dari sudut pandang saya saja, saya sudah merasa sudah mewakili padanannya, meskipun saya yakin mungkin saja ada pengguna lain yang mungkin punya padanan yang lebih baik, tapi saya kurang tau apa. Contohnya saja kayak review film sama quote gitu, sering banget pake istilah-istilah baru. Ibaratnya kayak ada kecelakaan lah, orang awam mah nolongnya ya paling banter pake P3K, tapi kalo penanganan lebih lanjut ya harus dibawa ke dokter bedah. --Glorious Engine (bicara) 17 September 2018 07.02 (UTC)
Di pesan saya sebelumnya sudah tertulis bahwa sebagai penutur bahasa Indonesia, kita [seharusnya] tahu bagaimana susunan kata-kata yang nyaman dibaca, bukan? Sayangnya, artikel yang Anda usulkan seringkali kena tag periksa terjemahan. Agar tahu letak kesalahnnya, cermati saja perbandingan revisi artikel tersebut, sebelum dan sesudah diperbaiki. -- Adiputra बिचर -- 18 September 2018 01.26 (UTC)
Dari Wikimedia tidak setuju kalau acara WikiLatih hanya memeriksa artikel hasil terjemahan saja. Selain alasan yang telah disebutkan @Mimihitam: di atas, hal itu juga tidak sesuai dengan harapan partner kerjasama kami. Perlu diketahui, mengajari awam menyunting dengan visual editor saja masih banyak kesulitan, apalagi mau disuruh teknis macam Wikidata. RaymondSutanto (bicara) 18 September 2018 04.21 (UTC)
Glorious Engine, masalah Anda sudah wujud sejak 5 tahun yang lalu atau bahkan lebih. Anda melakukan hal yang sama saja, mengembangkan artikel dengan menggunakan terjemahan mesin (atau mungkin terjemahan awuran berdasarkan pemikiran Anda?), lalu langsung mengusulkan artikel itu menjadi AP dan DP, menganvas banyak halaman pembicaraan pengguna, dan kemudian terburu-buru menutup diskusi ketika sudah seminggu sejak pengusulan. Saya tidak tahu apakah Anda pernah meminta bantuan kepada pengguna yang lebih mahir bahasa Inggris sebelum Anda mengajukan artikel tersebut. Dan tiba-tiba Anda malah menyalahkan saya dan pengguna lain hanya karena mereka tidak mengingatkan Anda sebelumnya? Jangan-jangan, sampai Indonesia menjadi negara maju pun, Anda masih melakukan hal yang sama juga. Semoga apa yang saya rasakan ini salah. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 September 2018 07.43 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Mengembangkan artikel dengan menggunakan terjemahan mesin --> Awal-awal kek macem Laika & Thich Quang Duc sih iya, tapi dari itungan Luo Yixiu saya sudah kurang pake Google Translate sampe kurang dari 1/4-nya karena saya sudah agak ngerti banyak istilah Inggris.

Langsung mengusulkan artikel itu menjadi AP dan DP --> Nggak semua, contoh kayak Mumbai & Johor Bahru bertahun-tahun nggak saya birukan atau usulkan sejak pembuatannya. Pengusulan ditentukan dari cepat tidaknya suatu artikel bisa saya birukan.

Menganvas banyak halaman pembicaraan pengguna --> Lha wong halaman pengusulannya saja dulu jarang dikunjungi kok. Kalo halaman pengusulannya ada pengunjung setianya paling enggak 3 orang aja udah pasti nggak ada ceritanya lagi orang perlu capek-capek ngasih undangan. Kayak pengusulannya Anne Frank misalnya, nggak pake undangan saja bisa 3 pengguna ngasih suara lho.

Terburu-buru menutup diskusi ketika sudah seminggu sejak pengusulan --> Ini tradisi justru dimulainya dari Hanamanteo sendiri lho yang sering nutup usulan dalam jangka seminggu. Saya sendiri cuman ikut-ikutan. Awal-awalannya justru pada pengusulan Thich Quang Duc saya pertahankan selama 1 bulan lho. Apa perlu pengusulan saya yang terkini dikembalikan ke tempo selama 1 bulan lagi ?

Saya tidak tahu apakah Anda pernah meminta bantuan kepada pengguna yang lebih mahir bahasa Inggris sebelum Anda mengajukan artikel tersebut. --> Nah ini, awal-awalannya kan saya bantu-bantu nambahin jumlah AP kan lewat pembiruan artikel-artikel berpotensi yang sudah ada kek cem Penyatuan Jerman, Dinasti Tang & Kekaisaran Brasil buatannya Mimihitam. Trus karena berpikir bahwa hanya bergantung pada artikel berpotensi yang sudah ada kemungkinan bakalan mentok, maka saya mulai menawarkan pengembangan artikel-artikel yang sudah jadi AP ke sejumlah pengguna (bisa dicek kok di riwayat-riwayat pembicaraan pengguna), tapi entah kenapa yang bersedia cuman sedikit, dalam hal ini cuman Dikaalnas, Agung.karjono & Ign christian. Nah saya mikir lagi bahwa hanya bergantung pada dari penawaran pengembangan terhadap pengguna lain juga punya kekurangan, yakni selain potensi keaktifannya yang kurang, juga bergantung pada peminatan pengguna tersebut, jadinya kalo nggak minat ya nggak diambil. Dan pada akhirnya saya kembangin artikel & daftar sendiri. Nah, pas tahap pengembangan & pembiruan tersebut saya sering lho minta periksa terjemahan ke pengguna lain, tapi ya kembali lagi, sedikit yang berminat. Contoh nih ya artikel yang bener-bener diperiksa terjemahannya tuh 95 Tesis yang dilakukan oleh Ign christian, mungkin karena memang peminatannya kali ya. Cuman ya seiring berjalannya waktu untunglah sih sekarang ada sejumlah pengguna yang melakukan pengembangan artikel juga selain saya, contoh ya kayak Japra Jayapati dengan artikel Dahagi di atas Bounty.

Jadi sih nih ya, ini kembali lagi, bergantung pada pilihan saja: Pengguna lain mengembangkan artikel & tinggal saya yang birukan atau Saya yang mengembangkan & membirukan artikel & Pengguna lain tinggal memeriksanya saja.

--Glorious Engine (bicara) 18 September 2018 13.11 (UTC)

Vandal lolos[sunting sumber]

Saya perhatikan kalau malam2 patroli, banyak sekali vandal dari anon dan pengguna baru yang lolos. Maka dari itu saya usulkan kepada yang aktif lihat perubahan terbaru: @Bagas Chrisara, Veracious, Rachmat04, Pierrewee, dll, agar perubahan barunya difilter supaya yang terlihat hanya anon dan pengguna baru saja. Menurut saya kalau difilter begini, insiden vandal2 nakal yang lolos bisa diminimalisasi. Terima kasih.  Mimihitam  24 September 2018 20.28 (UTC)

Tetapan filter saya baik siang maupun malam adalah: Anon + Pengguna baru + No bot. Tetapi untuk malam hari saya biasanya hanya periksa sedikit saja (ritual sebelum tidur :v) flixwito ^(•‿•)^ 29 September 2018 16.12 (UTC)
@flixwito kalau ada waktu pas malam2 sebelum tidur dicek lagi sampai 500 ke ujung2 bawah, kadang suka ada satu atau dua yang lolos. Terima kasih.  Mimihitam  30 September 2018 08.08 (UTC)

Berkaca dari Wikipedia bahasa daerah[sunting sumber]

Saya heran, kenapa WBI tidak seperti di Wikipedia bahasa Jawa. Saat saya pertama kali rintis artikel saja disana, nggak berapa lama beberapa pengguna berbondong-bondong membetulkan kosakata yang saya buat lho. Contoh:

Begitupun dengan Rachmat04 yang bisa langsung membetulkan kata Modul partisipasi menjadi Jak tateumuléh di Wikipedia bahasa Aceh.

Lha kalo disini pemeriksaannya saja malah baru dilakukan saat artikelnya diusulkan dan bahkan pada saat artikelnya sudah punya status AP/DP. Padahal coba liat deh pada tiap artikel yang saya kembangkan, saya per kali nyunting aja paling banter 1 paragraf lho & itu pun masih ada kesempatan pengguna lain untuk memeriksanya. Harusnya kan pas saya kembangin 1 paragraf pada artikel pengembangan, maka ada orang yang paling enggak memeriksanya langsung seperti di WBJ dan WBA. Ya paling enggak seperti yang dilakukan Mimihitam pada artikel Isis atau Ign christian pada artikel 95 Tesis lah. Padahal apa susahnya juga jika pengembangan per 1 paragraf tiap kali sunting trus yang periksa paling berapa menit sih.

Tapi realitanya, tak satupun yang membetulkan bahkan dalam tempo bertahun-tahun pun nggak ada dan pada akhirnya malah menumpuk pada ProyekWiki Periksa Terjemahan kan. Dan ya paling enggak bisa lah meniru seperti Wikipedia-wikipedia bahasa daerah yang bisa langsung melakukan pembetulan kosakata. Apa mungkin para Wikipediawan lebih suka melakukan pemeriksaan langsung dalam bahasa daerahnya sendiri alih-alih bahasa nasionalnya ? Padahal tanpa penerjemahan dilakukan pada Wikipedia bahasa nasional, kemungkinan nggak akan langsung diterjemahkan ke bahasa daerah lho, kecuali kalo emang ada pengguna yang bisa menerjemahkan dari bahasa internasional ke bahasa daerah atau bahasa daerahnya sendiri jadi bahasa nasional kayak bahasa Melayu. Di luar proyek aja nih artikel Park Chung Hee masih ada yang menerjemahkan Park menjadi Taman padahal Park itu sendiri nama, bukan ejaan harfiah --What a joke (bicara) 26 September 2018 06.00 (UTC)

Saya ngerti dengan kekesalannya. Tapi saya lihat di link2 yang kamu kasih itu biasanya koreksinya cuma satu kalimat atau satu baris, sementara di sini yang perlu dikoreksi adalah artikel2 sangat panjang. Kalau kamu coba pakai terjemahan mesin dari Indonesia ke Jawa untuk artikel2 panjang dan lalu masukkan ke sana (catatan: saya tidak bilang kamu pakai terjemahan mesin loh ya, saya bisa lihat kamu memang nggak pake terjemahan mesin), saya rasa mereka di sana akan kewalahan juga. Salam.  Mimihitam  26 September 2018 08.03 (UTC)
Saya tidak melirik soal panjang pengkoreksiannya, saya melihat disini adalah kesigapan dari pengguna setempat dalam menyempurnakan hasil terjemahan disana dalam waktu kurang dari sehari, bahkan sejam, tanpa perlu diberi tag periksa terjemahan. Ini juga terjadi pada artikel Si Tjonat yang dikembangkan Hanamanteo di ms.wiki. Kemudian juga artikel ms:Katsudo Shashin, ms:Hasan al-Kharrat & ms:We Can Do It! yang lebih dulu dibuat disini, mereka juga mengembangkannya disana, tapi sesambil juga melihat versi en.wiki sehingga bisa lebih disempurnakan dengan bahasa mereka, kendati untuk yang We Can Do It! mereka sendiri tidak turut menyempurnakan versi WBI-nya. Lha saya sendiri kalo ada artikel rintisan tanpa sumber atau bagaimana yang ada padanannya di en.wiki langsung dikasih sumber & dikasih tambahan berkas atau isi, alih-alih dihapus (contoh Hasduk sama Madu hitam). Intinya sih masalah kesigapannya bahkan hanya untuk menyempurnakan kosakata yang dipakai (misal soal kata "julukan saka awu gunung berapi" diganti jadi "araning méga wutahané gunung geni", maklum saya sendiri nggak terlalu bisa bahasa "Kanji"-nya Jawa (Jawa Kromo), bisanya bahasa "Hiragana"-nya Jawa (Jawa Ngoko) --What a joke (bicara) 26 September 2018 11.03 (UTC)
Dulu mas Revi kayaknya ngizinin deh nulis pake Ngoko asalkan konsisten.. kayak artikel Matahari di WP Jawa setau saya pertama kali diterjemahin jadi Ngoko.. tapi nggak tahu juga deh, mungkin kebijakannya sudah diubah. Poin saya, di Wiki Jawa yang langsung dibenerin itu kalimat atau baris pendek, jd ga sebanding sama artikel2 panjang, dan kalau mau cari contoh kyk gitu di WBI sebenarnya banyak juga kok. Kalau di Melayu bisa cepat mbenerin ya bagus lah, tapi ada juga yg nggak langsung dibenerin kyk ms:Paus Sei yang diterjemahkan dari versi lama di WPID yg terjemahannya ngawur.. poinnya di sana yg perlu dibetulkan nggak sebanyak di sini, makanya mungkin mereka lebih sigap.. kalau yg dikeluhkan itu kenapa nggak dari awal distop sblm terjemahannya menumpuk di sini, ya itu memang salah kita semua nggak ada yang pernah menyimak artikel2nya.. padahal sudah berulangkali dicalonin jd AP. Makanya saya setuju sama usulan perombakan dari HaEr48, karena sistem voting mendorong orang untuk lihat panjangnya saja dan apakah setiap paragraf ada rujukannya, tanpa dibaca isinya dan tanpa dilihat format rujukannya sudah lengkap dgn halamannya atau belum atau rujukannya rujukan yg komprehensif dan layak atau tidak.
Saya sendiri juga menyesal kenapa nggak lebih tegas dari awal sewaktu kamu nyalonin Kudeta Guatemala 1954, karena saya sudah curiga waktu itu, tapi saya nggak mau main bertindak saja tanpa membaca secara komprehensif. Tapi ya sudah lah, liat positifnya aja, sekarang artikel macam Josef Stalin, Abad Pertengahan, dan Vincent van Gogh jadi lengkap dan bagus.  Mimihitam  26 September 2018 18.20 (UTC)
Sekali lagi saya bukan ngomongin soal artikel2 panjang tapi ngomongin artikel rintisan, sekali lagi artikel rintisan. Gini, kan mau itu artikelnya panjang sejagat kayang kek atau artikelnya tetep pendek kek, pasti mulanya berwujud artikel rintisan to. Alih-alih menyoroti soal pengusulan AP, mending sorotin aja dari ujung akarnya itu sendiri, yaitu dari rintisan-rintisan artikelnya. Nah, masalahnya sendiri pada Wikipedia2 bahasa daerah sendiri para penggunanya banyak yang lebih sigap dalam hal menyempurnakan kosakata yang dibuat (contoh sudah saya tampilkan di atas) Bahkan para pengguna itu sendiri juga merupakan pengguna WBI tapi malah nggak terlalu memperlihatkan taringnya disini sebagaimana di Wikipedia bahasa daerah. Sementara untuk di WBI sendiri, kok kesannya lebih loyo, baik itu untuk artikel rintisan dan bahkan artikel ... (udah saya nggak usah jelasin lagi ya, nanti ndak melebar lagi) Nih saya kasih contoh lagi: Booza dan Holyland Model Yerusalem. --Glorious Engine (bicara) 26 September 2018 19.19 (UTC)
Tambahan: Oh ya, mungkin dengan adanya penyempurnaan kosakata rutin pada artikel-artikel rintisan (urusan artikel... coba digantung dulu) kayak di Wikipedia2 bahasa daerah juga nanti menarik minat pada bahasa Indo, kayak di Wikipedia Gorontalo misalnya, si Marwan Mohammad bersedia gitu ngasih tau beberapa istilah Gorontalo jadinya Mimi bisa ikut juga membuat artikel disana kan. Bukannya malah acapkali menghapusnya (kecuali untuk kasus2 "tak tertolong") tapi tidak juga dengan mengabaikannya. --Glorious Engine (bicara) 26 September 2018 19.34 (UTC)
Jumlah rintisan yang perlu diperbaiki di sini juga jauh lebih banyak sejujurnya daripada kedua Wiki tersebut. Seperti yang saya bilang, kalau mau dicari contoh ada yang mbetulin rintisan di sini juga banyak kok contohnya. Tapi karena jumlah yang harus diperbaikinya jauh lebih banyak daripada di kedua wiki tersebut, ya wajar kalau terkesan loyo. Ngomong2 itu yang bikin dua artikel itu sudah pernah saya blokir dan hapus massal artikelnya karena dia dalam sehari bisa spamming 10 artikel pakai mesin penerjemah yang sama sekali nggak disesuaikan (alias "nggak ketolong"). Kalau 10 x 7 hari sudah jadi 70, wajar aja kalau terkesan loyo kalau sebanyak itu yang mesti dibenerin. Belum lagi gara2 fitur Translate sekarang jadi banyak yang suka pake Yandex.Translate tanpa diolah lebih dulu (saya sudah komplain ke pengembangnya, nanti katanya di versi baru akan distop kalau ada yang menerbitkan terjemahan tanpa diolah secara signifikan). Kalau mau diberesin masalah ini dari akar2nya, silakan saja kamu prakarsai ProyekWikinya, kalau saya pengennya fokus ke artikel2 panjang dulu. Kalau soal pengusulan AP, itu proyeknya HaEr48, saya cuma mengomentari aja dan memberikan masukan.  Mimihitam  26 September 2018 19.41 (UTC)

Spammer link[sunting sumber]

Buat yang hobi pantau perubahan terbaru: @Bagas Chrisara, Veracious, Rachmat04, Pierrewee, RaymondSutanto, Hanamanteo dll, tolong direvert kalau ada yang hobi menambahkan link nggak jelas sebagai citation (seperti dari situs "pojokfakta" atau sejenisnya), karena saya baru menemui ada lusinan siluman yang ngespam link2 website mereka untuk promosi (bisa dilihat di kontribusi dan log pemblokiran saya). Saya sedang bersihkan semuanya sekarang, tapi untuk ke depannya mohon bantuannya untuk merevert tukang promosi semacam ini. Terima kasih.  Mimihitam  30 September 2018 09.19 (UTC)

@Mimihitam: Kalau jitunews termasuk juga ya? Trims. flixwito ^(•‿•)^ 30 September 2018 09.26 (UTC)
@flixwito termasuk. Pokoknya yang asal-asalan menambahkan citation dari website yang tidak terandalkan/terpercaya tanpa penambahan konten/penyesuaian yang jelas.  Mimihitam  30 September 2018 09.27 (UTC)
Tadinya saya pikir itu juga spam. Tapi, kalau dilihat lagi dan diklik pranala situsnya, memang ada lho situsnya (saya sudah cek di beberapa artikel). Apalagi dia menambah-nambahkan rujukan di artikel-artikel kesenian daerah Indonesia yang memang jarang sekali diulas media massa. Masalah situsnya kurang kredibel atau bagaimana, ya seperti yang saya bilang tadi, kesenian daerah Indonesia memang jarang diulas oleh media besar. RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 05.26 (UTC)
@RaymondSutanto Situs2nya memang ada, tapi menurut saya situs2nya termasuk situs abal-abal, dan cara penambahannya nggak seperti pengguna berniat baik yang hanya pakai satu akun untuk berkontribusi. Dia punya lusinan siluman (semua sudah saya blokir), semuanya menambahkan pada saat yang sama pada pukul 03:00 pagi tanggal 27 September (ada kemungkinan pakai bot). Kalau begini sudah tidak bisa diasumsikan "berniat baik" lagi.  Mimihitam  1 Oktober 2018 08.06 (UTC)
Nah itu, tadinya juga mau saya tanyai ke salah satu akun tersebut (tapi tidak jadi karena malas), apakah sedang ada program khusus di Wikipedia atau apa. Karena arah suntingannya sebenarnya berniat baik sih (menambahkan rujukan) meski ke situs-situs yang terhitung abal. Dan situsnya tidak hanya satu, tapi ada beberapa macam. Kalau tujuannya mau nyepam 'kan pada umumnya ke satu situs yang sama. Tambahan, akun-akun itu juga tidak menambahkan rujukan yang tujuannya "mengiklankan" produk tertentu. RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 08.24 (UTC)
@RaymondSutanto Ada beberapa macam situs bukan berarti kredibel berniat baik loh.. yang hobi nyepam situs-situs judi dan togel juga situsnya "bermacam2", mungkin malah pemiliknya sama, cuma domainnya memang banyak banget. Lagipula menambahkan rujukan secara asal-asalan seperti itu tidak sesuai dengan esensi rujukan, yaitu memastikan kalau kalimat tertentu didasarkan pada sumber yang terpercaya. Tapi yah, dengan membuat lusinan siluman secara massal seperti itu dan semuanya beraksi pada waktu yang sama pada pukul 03:00 pagi (program macam apa yang beraksi pukul 03:00 pagi), sulit untuk tidak curiga kalau ada mesin yang terlibat di situ dengan niatan untuk meningkatkan traffic. Punya siluman sebanyak itu sendiri sudah cukup untuk memblokir semuanya secara massal. Mimihitam  2 Oktober 2018 22.20 (UTC)

Wikipedia Indonesia sudah punya?[sunting sumber]

Saya lihat wikipedia Indonesia belum memiliki daftar artikel teraneh dan menarik seperti milik Wikipedia sebelah: Unusual articles. Bagaimana, jika kita menciptakan daftar tersebut juga? Tentu saja, saya akan mengajukan 3 artikel ini:

Salam, Firman.Nst (bicara) 5 Oktober 2018 15.00 (UTC)

Wikipedia bahasa Indonesia sudah memiliki Wikipedia:Artikel-artikel yang tidak lazim. Anda dapat mengembangkan halaman tersebut dengan membuat lebih banyak lagi artikel-artikel yang belum ada di sana dengan menerjemahkan artikel yang ditampilkan di Wikipedia:Unusual articles. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 6 Oktober 2018 01.41 (UTC)
Terima kasih mas. Mungkin kita bisa nyontek wikipedia sebelah, untuk daftarnya.

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  13 Oktober 2018 19.05 (UTC)

Bulan Asia Wikipedia[sunting sumber]

November ini Bulan Asia Wikipedia akan digelar lagi. Panitia acara tahun lalu apakah ada yang tertarik untuk menggelarnya lagi? @Hiro Hamada 1 @Kenrick95 @Beeyan @RaymondSutanto.

Desember dan Januari kalau misalkan tidak ada halangan saya juga berencana akan mengadakan Tantangan Eropa lagi.

Mungkin kalau dua acara ini jadi diadakan, modul partisipasi di halaman utama bisa diganti jadi artikel-artikel bertopik Asia/Eropa yang belum ada di sini.  Mimihitam  6 Oktober 2018 13.06 (UTC)

Bagaimana jika lomba menulis artikel bertema Afrika, Amerika, dan Oseania diadakan juga? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 9 Oktober 2018 09.26 (UTC)

@Hanamanteo saya kepikiran untuk mengadakan Tantangan Afrika juga sih, mungkin suatu hari nanti.  Mimihitam  9 Oktober 2018 20.24 (UTC)

Pandangan Wikipediawan Pada Perubahan Nama Allahabad ke Prayagaj[sunting sumber]

Akhir-akhir ini saya sedang membaca perubahaan nama kota beserjarah itu. Saya sendiri tidak akan terkejut tentang hal itu, dikarenakan observasi saya orang-orang India yang hindu sering sekali menyerang orang-orang muslim dimana pun (Mau di youtube hingga reddit).

Sesegera saya menyadari bahwa wikipedia sebagai situs pilihan untuk melakukan riset, ataupun hanya membaca sejarah harus bertindak hati-hati, dalam hal ini. Apakah kita harus menunggu hingga demonstrasi (Inilah kemungkinan yang nanti mungkin terjadi))? Atau kita lakukan pengubahan?

Rangkumannya: Allahabad article name is some problem here

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  20 Oktober 2018 11.49 (UTC)

Pandangan ttg terjemah[sunting sumber]

Sungguh sy ada melihat artikel terjemah, yang kurang baik makna dan terjemahnya. Bagi saya pribadi, lebih baik kita banyakkan saja artikel keIndonesiaan dgn upaya sendiri ketimbang, nerjemah artikel luar, tapi sana-sini kacau. Sy prnah coba terjemah artikel Inggris ke sini, lantas saya sadar bhw artikel terjemah saya tak bisa sehalus teman² yg da terbiasa menerjemah. Apatah lagi, untuk artikel budaya, tokoh, dan adat di negeri kita masih begitu kurang di sini. Begitu terasa. --AMA Ptk (bicara) 21 Oktober 2018 07.35 (UTC)

@AMA Ptk artikel mana yang Anda temukan? Silakan dilaporkan, dan kalau sumber Inggrisnya memang bagus, bisa dimasukkan ke Wikipedia:ProyekWiki Perbaikan Terjemahan. Menurut saya sih memang bagusnya konten yang dibuat sendiri diperbanyak, tapi saya juga paham kalau nulis dari nol itu nggak gampang, karena harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu. Selain itu nulis sendiri juga nggak ada jaminan akan bagus kalau topiknya tidak berhubungan dengan Indonesia. Saya pernah melihat beberapa kasus orang yang menulis artikel sendiri tentang sejarah di Barat pakai sumber-sumber sekunder dalam bahasa Inggris, tapi isinya tetap kacau karena kemampuan bahasa Inggris yang bersangkutan mungkin kurang memadai. Menerjemahkan sendiri sebenarnya ada kelebihannya.. Anda tinggal membaca, memahami, dan menceritakan ulang dalam bahasa Indonesia. Saya telah mengidentifikasikan beberapa artikel bagus di wiki Inggris yang layak untuk diterjemahkan: lihat di sini. Lebih mudah daripada harus riset satu-satu topiknya. Cuma ya memang disarankan untuk menerjemahkan hanya kalau kemampuan bahasa Inggrisnya memadai, karena penerjemah profesional yang sudah sering mengalihbahasakan sastra asing pun juga masih bisa membuat kesalahan.  Mimihitam  22 Oktober 2018 20.16 (UTC)

Survei Wikipediawan Indonesia[sunting sumber]

Wikimedia Indonesia saat ini tengah mempersiapkan rencana Konferensi Wikimedia Indonesia pada 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi Wikipediawan Indonesia dalam berkontribusi di berbagai proyek Wikimedia. Kami meminta partisipasi Anda untuk mengisi survei yang akan dijadikan rujukan oleh Wikimedia Indonesia dalam menyajikan program yang sesuai bagi komunitas Wikipedia bahasa Indonesia maupun bahasa daerah nantinya. Survei ditujukan bagi para Wikipediawan yang berdomisili di Indonesia. Berikut pranala menuju survei.  RahmatdenasMengecat  21 Oktober 2018 12.33 (UTC)

Cindy Valerie[sunting sumber]

Saya lagi dapet masalah soal identifikasi biografi nih:

Yang jadi pertanyaan itu apakah benar ada 2 orang yang bernama Cindy Valerie tapi salah satu sumbernya salah menempatkan atau mencampuradukkan informasi soal kedua orang tersebut atau hanya ada 1 orang bernama Cindy Valerie tapi memiliki "informasi yang bercabang" (misal, salah satu sumber mengalami typo tahun kelahiran) --Glorious Engine (bicara) 22 Oktober 2018 06.05 (UTC)

Vandal gentayangan[sunting sumber]

Kepada @Veracious:, @Ezagren:, @Bagas Chrisara:, @Arifin.wijaya:, @Rachmat04:, dll.

Sudah sebulan terakhir ada vandal gentayangan yang hobi mengubah ibu kota Kalimantan Selatan jadi "Banjarbaru" atau menyebarkan informasi palsu tentang "Provinsi Cirebon". Kalau misalkan kalian melihat suntingan yang seperti itu, langsung saja direvert, karena terakhir info palsu soal ibu kota Kalsel di Banjarbaru dan ibu kota Kalbar di Sungai Raya sempat lolos selama beberapa minggu. Oh iya, hati-hati juga dengan modus operandinya, sekali beraksi dia bisa pakai 5-6 IP untuk membingungkan pengurus. Terima kasih atas perhatiannya.  Mimihitam  22 Oktober 2018 19.54 (UTC)