Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 4 Desember 2016
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Imam Khairul Annas!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Masalah Pemfitnahan & Pencabutan hak akses[sunting sumber]

Pengguna:Ign christian telah melakukan vandalisme disertai pelanggaran peraturan-peraturan WP:3RR (membatalkan revisi-revisi yang memperbaiki kualitas artikel) juga berulang kali menyulut perang suntingan serta secara sembarangan melecehkan Wikipediawan lain bahkan menimbulkan fitnah.

  1. Ign christian mempermalukan saya di muka publik melalui perkara fitnah dan tuntutan blokir di Warung Kopi.
  2. Ign christian berupaya menghambat kontribusi-kontribusi secara tidak teliti juga tanpa didasari alasan yang kuat. (artikel masih mentah, masalah paganisme, pembatalan revisi secara terburu-buru).
  3. Ign christian mempergunakan hak akses pembalik revisi secara ngawur hingga seenaknya menuduh kontribusi membangun sebagai suntingan spekulatif.
  4. Ign christian tidak menjunjung prinsip etika terhadap topik kontroversial.
  5. Ign christian sering menghakimi secara sepihak melalui pernyataan yang menyerang kontribusi Wikipediawan lain. ([1] [2] [3] [4] [5])
  6. Ign christian terlalu egois menindak permasalahan melalui tuntutan blokir dan "sering menggigit" Wikipediawan lain.
  7. Ign christian tidak menerapkan prinsip asumsikan niat baik, sebab terbukti tidak memajukan kualitas artikel bahkan seenaknya merusak dan menghambat karya orang lain.
  8. Ign christian tetap melakukan penghinaan agresif secara berulang meski telah diperingatkan. ([6] [7] [8])
  9. Ign christian hanya cenderung sembarangan dalam mengomentari maupun membatalkan revisi Wikipediawan lain daripada melakukan perbaikan artikel secara teliti dan konstruktif.
  10. Ign christian tidak pantas mempergunakan hak akses sampai selamanya sebab terbukti telah melecehkan, memvandal, melaporkan bahkan berlaku sembarangan menuntut blokir terhadap akun Wikipediawan lain.

Dengan demikian, Pengguna:Ign christian tidak layak mengemban status editor ataupun rollbacker dan Ign christian lebih baik diblokir selamanya agar mencegah masalah serupa terulang di kemudian hari.

Selain itu, saya juga mempertanyakan kepantasan hak akses pengurus yang telah disalahgunakan oleh Pengguna:Erik Fastman sewaktu menindak akun saya lantaran alasan tak masuk akal yang dibesar-besarkan sehingga seorang pengurus WBI seolah sengaja melanggar sikap kenetralan dan tidak mengerti kebijakan yang berlaku.
"Wajarkah lantaran "menghilangkan beberapa tag bermasalah" lalu seorang Pengurus memblokir akun Wikipediawan selama sebulan?"
Erik Fastman juga cenderung memihak Pengguna:Ign christian ketika menengahi masalah; sebab Erik tidak mematuhi prosedur meninggalkan pesan yang jelas ataupun memberi kesempatan secara semestinya kepada saya untuk membela diri sebelum blokir dilakukan.

Saya percaya terdapat banyak Wikipediawan lain yang menjunjung prinsip berasumsi secara baik serta memberi kontribusi secara koorperatif untuk mengganti "kontributor-kontributor perusak" yang menghambat karya orang lain secara vandal. Hal ini sebagai pelajaran agar tidak ada lagi Wikipediawan dengan hak akses tertentu yang dibiarkan memfitnah ataupun "bertindak keterlaluan" menyerang Wikipediawan lain. Demi kebaikan bersama, Pengguna:Ign christian harus diblokir untuk selamanya agar sikap pelecehan secara pribadi beserta "dampak kekacauan vandalisme" tidak terulang kembali.

Salam. - MusenInvincible (bicara) 9 September 2016 23.57 (UTC)

Sebelumnya saya ingin mengingatkan Anda untuk tidak "melakukan pengerusakan" halaman pengguna, gunakan etika ketika berhadapan dengan pengguna lain meskipun sedang ada permasalahan. Dalam kasus ini saya tidak mau terburu-buru mengambil keputusan, mengingat kedua belah pihak memiliki argumen yang saya rasa sama-sama kuat. Jadi, saya harapkan Ign christian dan MusenInvincible untuk menyelesaikan masalah di sini terlebih dahulu. Selain itu, saya mohon keterangan dari Erik Fastman untuk menjelaskan apa yang telah terjadi.
Kali ini saya mengundang seluruh pengguna Wikipedia untuk memberikan komentar maupun masukan terhadap kasus ini. Ingatlah, diskusi dengan baik dan perhatikanlah etikawiki. Salam. — Bonaditya (bicara) 10 September 2016 00.27 (UTC)
Menurut saya, sebaiknya suntingan yang sifatnya kontroversial sangat perlu disertai rujukan/sumber yang kuat sehingga lebih objektif. Dan saya hanya mengingatkan kepada MusenInvincible agar artikel yang sudah menjadi artikel pilihan jangan terlalu banyak diubah isinya. --Anbu (bicara) 10 September 2016 01.19 (UTC)

Mohon ingat bahwa:

  1. Pemblokiran adalah tindakan preventif untuk mencegah vandalisme, bukan hukuman karena pernah bertindak salah.
  2. Pengurus juga dapat lalai dalam melaksanakan tugasnya, jadi mohon diberitahu jika salah, sehingga dapat mengurusi dengan lebih baik lagi.
  3. Dalam hal beda pendapat, mohon didiskusikan bersama di halaman pembicaraan artikel yang bersangkutan dengan memberikan sumber-sumber yang tepercaya.

Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 September 2016 02.46 (UTC)

Saya tidak ingin memberi komentar spesifik pada satu per satu kasus, tetapi secara umum saya mencatat ada beberapa hal yang perlu kita ingat, bahwa: (1) Jika ada dua (atau lebih) pandangan bahkan yang kontradiktif sekalipun, maka ditulis keduanya dalam satu artikel yang sama (atau dapat dipecah menjadi beberapa artikel jika memenuhi kelayakan) -- jangan memaksakan satu konteks untuk satu topik;

(2) Gunakan referensi secara tepat dan jelas, bila perlu dengan kutipan langsung dari literatur yang digunakan serta hindari penggunaan sumber yang tak pasti (pengguna menyimpulkan, bukan mencatat kesimpulan pihak ketiga) yang menjadi ajang riset tanpa metode ilmiah; (3) Etika tetap harus dipergunakan dalam menangani setiap perbedaan pendapat ataupun masalah lainnya. Silakan melakukan instropeksi atas tindakan masing-masing (Erik, Musen, Ign). Dari pengamatan saya, semua melakukan tindakan-tindakan yang tidak diperlukan dan perlu melakukan perbaikan agar tidak terulang ke depannnya. Selebihnya sependapat dengan Kenrick seperti di atas. Salam. Albertus Aditya (bicara) 10 September 2016 02.54 (UTC)

Dalam kesempatan ini saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak yang merasa dirugikan, khususnya MusenInvincible, karena saya kerap melakukan pembatalan atau pembalikan suntingan secara emosionil. Saya mengakui kesalahan yang saya buat itu dan belajar untuk tidak menyunting dengan cara demikian, sambil mengharapkan agar suntingan-suntingan yang berpotensi mendiskreditkan pihak tertentu seharusnya tercantum secara eksplisit dalam sumber sekunder layak yang disertakan. Atas tindakan-tindakan penyalahgunaan wewenang yang telah saya lakukan, saya siap diberi sanksi oleh pengurus sesuai aturan yang berlaku. Mengenai hal-hal lainnya, saya serahkan kepada penilaian komunitas. Ign christian (bicara) 11 September 2016 10.09 (UTC)
Saya harap Ign christian diblokir selamanya sebab mencemarkan nama baik & melakukan tindakan kriminal berupa fitnah dan pencemaran nama baik. Oleh sebab itu, blokir selamanya adalah solusi terbaik. Kalaupun tidak diblokir maka saya mengharap hak akses Ign christian dicabut sehingga tak bisa mempergunakan hak akses sebagai editor atau rollbacker.

MOHON PENGURUS SEGERA MELAKUKAN PEMBLOKIRAN SELAMANYA. KALAUPUN ADA WIKIPEDIAWAN YANG BERANI UNTUK MELAWAN; MAKA ANDA SEMUA YANG AKAN MENANGGUNG RESIKONYA !

Salam - MusenInvincible (bicara) 17 September 2016 05.42 (UTC)

Saya sepakat untuk mencabut hak rollbacker ybs. tetapi sama sekali tidak menemukan alasan pemblokiran (untuk saat ini). Saya juga mengharapkan agar Musen tetap tenang dan berkata-kata secara etis. Albertus Aditya (bicara) 17 September 2016 06.46 (UTC)
Berdasarkan tindakan MusenInvincible berupa ini; ini; dan ini, maka MusenInvincible diblokir selama 2 minggu. Jika ada pendapat dari pengguna lain, mohon untuk disampaikan. — Bonaditya (bicara) 17 September 2016 15.56 (UTC)
Saya hanya ingin Wikipedia bahasa Indonesia menjadi Wikipedia yang dikelola secara baik serta bebas dari editor yang cenderung memaksakan kehendaknya sendiri. Oleh sebab itu, Ign christian 100 % harus diblokir sebagai "solusi terakhir," karena Ign christian terbukti bersalah sewaktu melakukan pemfitnahan maupun tindakan kriminal lain, sehingga Ign christian semestinya mengetahui etika di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya juga menuntut pengguna Bonaditya supaya bertanggung jawab akibat membela orang bersalah sehingga menyadari kesalahannya sendiri dibanding melakukan pemblokiran akun MusenInvincible secara sepihak.
Saya juga mengharap ada Pengurus Wikipedia bahasa Indonesia yang secepatnya membatalkan blokir akun saya.
Salam. — MusenInvincible (bicara) 18 September 2016 13.45‎ (UTC)
Untuk diketahui, bahwa Ign christian sudah meminta maaf secara terbuka melalui halaman ini dan hal tersebut yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak melakukan tindakan pemblokiran terhadap pengguna tersebut. Meskipun demikian, Ign christian akan dipantau kontribusinya dan untuk tindakan selanjutnya akan didiskusikan lebih jauh dengan pengurus lainnya.
Saya tahu bahwa Anda dengan Ign christian sedang ada masalah, namun tidak berarti Anda harus "beringas" ketika pihak lain sedang memanas. Jangan lakukan serangan pribadi kepada pengguna lain, walaupun sepanas apapun kondisinya. Saya secara pribadi menilai kedua belah pihak sama-sama melanggar hal ini, namun karena salah satu pihak sudah minta maaf (seperti yang telah saya sebutkan di atas) maka saya tidak akan terlalu mengambil tindakan untuk yang satu pihak ini. Mohon bantuannya untuk pengurus maupun pengguna lain yang ingin berpendapat atau memberikan saran. Salam. — Bonaditya (bicara) 19 September 2016 01.58 (UTC)

Infobox Actor Awards Tidak Muncul di Wikipedia Bahasa Indonesia[sunting sumber]

Halo semua, saya ingin menanyakan tentang templat infobox actor awards seperti di Daftar nominasi dan penghargaan yang diterima oleh Lonceng Cinta yang tidak bisa muncul di wikipedia bahasa Indonesia, saya mengambil dari wikipedia bahasa Inggris. Yang saya herankan kenapa infobox K-pop artis awards bisa muncul di wikipedia bahasa Indonesia seperti di artikel Daftar penghargaan dan nominasi yang diterima oleh Super Junior Puchicatos (bicara) 18 September 2016 00.46 (UTC)

Hal itu terjadi karena templat en:Template:Infobox actor awards belum dibuat di WBI. Jadi templat-templat yang ada di Wikipedia bahasa Inggris harus dibuat dan diterjemahkan lebih dulu agar bisa muncul di artikel, templat anda yg anda sebutkan telah saya terjemahkan (Templat:Infobox penghargaan aktor), anda juga bisa ikut membatu membuat templat atau menterjemahkanya apabila menemui hal serupa, terima kasih.

--Hidayatsrf (bicara) 21 September 2016 06.21 (UTC)

Permintaan pemblokiran[sunting sumber]

Salam semuanya! Pengguna anonim dengan IP 118.137.10.148 telah sering melakukan tindak pengrusakan artikel dengan menambahkan konten yang sebenarnya sudah ada di artikel maupun yang tidak berkaitan dengan artikel-artikel tersebut. Pengguna ini sudah diberi peringatan, tetapi tidak dihiraukannya. Maka saya ingin pengguna ini diblokir saja. Terima kasih Tiktomoro (bicara) 3 Oktober 2016 08.29 (UTC)

Selesai Selesai telah diblokir oleh Rachmat04. --Hidayatsrf (bicara) 6 Oktober 2016 10.24 (UTC)


Tanya - tanya[sunting sumber]

Hallo..saya baru bikin akun kemarin. Saya tergerak untuk menterjemahkan artikel ke dalam Bhs. Indonesia. Beberapa pertanyaan saya :

  • Apakah ada filter lagi sebelum terjemahan saya ditampilkan? Maksud saya, apakah ada yang memeriksa terjemahan saya sudah baik dan benar?
  • Bagaimana saya tahu bahwa pengguna lain tidak sedang menterjemahkan artikel yang sama dengan saya? Saya bukan ahli bahasa, namun saya merasa cukup bisa. Karena artikelnya cukup panjang, jadi saya kerjakan sedikit2 saat waktu luang. Bagaimana bila misal saya sudah susah2 menterjemahkan, lalu pada saat saya mau submit, ternyata sudah didahului oleh pengguna lain?
  • Apakah memang diperbolehkan menterjemahkan artikel berbahasa Inggris ke dalam Bhs. Indonesia hanya sebagian saja? Karena saya lihat banyak artikel berbahasa Inggris yang cukup panjang, namun menjadi sangat pendek (kurang isi) pada versi Bhs. Indonesia.

Tukang ngayal (bicara) 2 November 2016 01.50 (UTC)

Halo, selamat datang!
  • Wikipedia itu dapat disunting siapa saja. Jadi, apa pun yang Anda lakukan, orang lain dapat memperbaikinya.
  • Jangan takut deh, lakukan saja. Tambahan pula, Anda tidak perlu selesai menerjemahkan seluruh artikel sebelum mempublikasikannya. Anda dapat melakukan terjemahan bagian per bagian.
  • Boleh, asalkan memenuhi kriteria kelayakan yang ada.
·· Kℇℵ℟ℑℭK 2 November 2016 02.15 (UTC)
Terima kasih sudah menjawab dan merapikan tulisan saya.. Oke deh, saya coba saja memulai. Tukang ngayal (bicara) 2 November 2016 03.43 (UTC)
Kok tulisannya di dalam kotak begitu ya?? ahh saya masih harus banyak belajar... Tukang ngayal (bicara) 2 November 2016 03.49 (UTC)
Masalah sintaks aja kok, tidak apa-apa, sambil sunting sambil belajar sintaksnya juga. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 2 November 2016 08.47 (UTC)

Poin[sunting sumber]

saya lihat disini kok nggak ada satupun artikel yang aku majukan diponten oleh Bonaditya, sementara yang lainnya banyakan udah. Padahal artikel-artikel saya udah ada yang dari kemaren. --Erik Fastman (bicara) 3 November 2016 03.24 (UTC)

Memanggil @Bonaditya:. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 November 2016 03.28 (UTC)
Sebelumnya saya ingin meminta maaf kepada Erik Fastman karena sampai saat ini saya belum melakukan penilaian terhadap artikel yang Anda buat. Alasan saya untuk "menahan" penjurian terhadap artikel Anda (maupun beberapa artikel yang dibuat oleh pengguna lain) adalah karena saya tidak ingin dianggap sebagai juri yang mengerjakan semuanya sendiri (baca: egois), dan mengabaikan kedua juri yang lain. Saya ingin memberikan kesempatan kepada juri lain (Hiro Hamada 1 dan Iwan Novirion) untuk memberikan penilaiannya terhadap artikel yang masuk. Semoga hal yang saya sampaikan ini dapat membantu Anda. Salam. — Bonaditya (bicara) 3 November 2016 05.15 (UTC)
Dear Erik Fastman, Beberapa sudah saya judge artikelnya. Karena memang ada kesibukan di dunia nyata, jadi baru beberapa artikel yang berhasil dijudge. Salam    Hiro Hamada        Let's Talk!        7 November 2016 - 21:54 WIB     

Artikel bertajuk IPB[sunting sumber]

Kemarin banyak pengguna dari IPB dengan akun yang berbeda-beda membuat artikel secara massal. Sebagian besar artikel itu perlu *dirapikan*, dan sebagian nama pengguna juga menyalahi kebijakan yang ada. Jika ada waktu, bantulah untuk memperbaikinya. ··· 👦 Rachmat04 · 💬 18 November 2016 02.00 (UTC)

Ok Murbaut Bicara 30 November 2016 00.35 (UTC)

IP apa ini ?[sunting sumber]

Kalo boleh tau jenis IP apakah ini ? Kok saya kayak baru pertama kali lihat:

--Erik Fastman (bicara) 1 Desember 2016 03.15 (UTC)

@Erik Fastman: IPv6. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 Desember 2016 09.40 (UTC)