Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/Januari 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Akun Wikipedia[sunting sumber]

Saya ingin bertanya, kalau anak kecil (berumur 10 thn), apakah bisa membuat akun di Wikipedia ? Salam. Muhammad Ariandra (dan Warkop pribadinya) 1 Januari 2013 02.47 (UTC)

Tidak bisa, anak di bawah usia 10 tahun tidak bisa membuat akun di Wikipedia. – komentar tanpa tanda tangan oleh ‎36.72.98.152 (bk) .
Jawaban anon ini sesat. Tentu saja bisa, pendaftaran akun wikipedia kan tidak memberikan syarat usia berapapun. RaymondSutanto (bicara) 1 Januari 2013 06.00 (UTC)
Jujur saja, saya ini masih berumur 9 tahun Muhammad Ariandra (dan Warkop pribadinya) 12 Januari 2013 11.49 (UTC)
Alhamdulillah, aku punya adik kelas. Jujur, akun ini dikelola oleh sy (15 thn) dan adik sy (10 thn) di pesantren, jadi kami adalah santri. Jujur, wikipedia itu kata adik sy memunyai aturan yg "sedikit" susah utk dipahami. Jadi, sy menyarankan kpd pengurus wikipedia supaya bhs dlm aturan2 wikipedia itu dipermudah, jadi anak2 seperti sy dan adik sy lebih dapat memahami peraturan2, dan cara menggunakan skrip yg ada di wikipedia, templat2 dan lain2. Itu saja harapan sy. --Akbar ini dari Kalbar 12 Januari 2013 12.16 (UTC)
Kak Akbar, memangnya kenapa kalau kakak punya adik kelas ? Muhammad Ariandra (dan Warkop pribadinya) 12 Januari 2013 12.57 (UTC)
Jadi, klo kamu butuh bantuan, Insya Allah sy bantu, misal ada peraturan yg sulit dipahami kamu, lalu kamu tanyakan kepada sy, Insya Allah sy jawab pertanyaan kamu. --Akbar ini dari Kalbar 12 Januari 2013 13.05 (UTC)
Makasih ya kak Muhammad Ariandra (dan Warkop pribadinya) 19 Januari 2013 00.29 (UTC)

Kendala-kendala saya dalam menulis dan menyunting[sunting sumber]

Saya benar-benar sangat tertarik membuat tulisan dan menyunting di wikipedia, namun saya terkendala untuk bisa terus menulis di wikipedia yakni :

  • saya tidak memiliki fasilitas yang memadai seperti komputer, laptop, jaringan intertnet/modem, jadi hanya bisa memakai fasilitas kantor, warnet, terkadang menyunting lewat hp merk Nokia X2-00 sehingga penulisan atau suntingan tidak sebagus yang kita inginkan.
  • sulit untuk mengatur waktu untuk menulis karena harus tetap bekerja demi kebutuhan hidup sehari-hari ditambah lagi kegiatan lain
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mohon maklum saudara/iku apabila tulisan atau suntingan saya kurang maksimal. Permohonan saya tidak banyak, tapi sederhana yakni : mohon bantuannya terhadap artikel atau suntingan yang saya buat apabila artikel tersebul tidak maksimal atau kurang layak supaya diperbaiki dan jangan segan-segan memberi saran terhadap saya. Terima kasih banyak dan

Barnstar New Year.jpg Selamat Tahun Baru
Selamat Tahun Baru
Karena setiap tanggal 01 Januari, seluruh umat manusia di Bumi sedang berbahagia merayakan Tahun Baru, maka Anda layak dapat Bintang!
Selamat Tahun Baru, 01 Januari 2013. Semoga tahun baru ini menjadi berkat bagi kita semua.


Salam Sejahtera! ButtuHutagalung (bicara) 1 Januari 2013 04.19 (UTC)

Santai saja Pak Hutagalung, kesulitan mengakses internet jadi masalah bagi kebanyakan pengguna di Indonesia. Dulu saya juga hanya bisa menyunting di warnet. Yang penting terus berkonsentrasi dengan suntingan yang berkualitas dan informatif. Memang sistem wikipedia adalah saling memperbaiki suntingan satu sama lain. Terus semangat ya Hariadhi - Ngobrol 14 Februari 2013 17.40 (UTC)

Pengembangan daftar artikel penting[sunting sumber]

Karena Wikipedia bahasa Indonesia sudah memiliki semua artikel penting, sepertinya kita perlu melangkah lebih jauh mengisi daftar artikel penting yang sudah dikembangkan. Silakan lihat daftarnya di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Vital_articles/Expanded. Jumlah totalnya 10 ribu artikel. Bisa jadi bahan buat Maraton juga nih :) Gombang (bicara) 2 Januari 2013 07.32 (UTC)

Silakan diramaikan bagi yang berminat! Wagino 20100516 (bicara) 2 Januari 2013 14.28 (UTC)
Ide saya adalah daftar 1000 - 5000 artikel vital dengan konteks khusus Indonesia. Daftar ini dapat berguna untuk proyek-proyek Nusantara di Incubator serta proyek Wikipedia offline (luring). Ada yang berminat bantu saya? Saya sudah punya beberapa ratus di laptop saya. Kalau ada yang tertarik melengkapinya, akan segera saya posting daring. ‑Bennylin komunikasi 23.48, 2 Januari 2013 (WIB)
Setuju Setuju Mohon segera di posting pak Benny.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   3 Januari 2013 03.53 (UTC)
OK. Segera.

pengurus yang kasar, banyak omong (MOHON DINASEHATI)[sunting sumber]

suatu hari (bulan Agustus 2012) saya pernah menegur seorang pengguna, tapi saya tidak tau kalau dia ternyata pengurus. orangnya ezagren. saya menegurnya karena artikel yang diterjemahkannya (Islam di Korea) aneh atau kurang pas kalimatnya (saya menduga dia pake google translate). Alasan lain karena orang ini pernah juga menegur pengguna lain tentang masalah ini, tapi eh dia sendiri seperti itu. ini bunyi teguran saya

Halo selamat malam dan salam kenal. Terima kasih telah berkontribusi di Wikipedia, termasuk dengan mengembangkan artikel Islam di Korea. Tapi, sepertinya itu artikel terjemahan, dan kelihatannya terjemahannya jauh dari kata lumayan. Terjemahkanah kembali ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan asal pakai Google Translate. Sebagai pembaca, saya tidak menikmati hampir semua isi yang Anda terjemahkan itu.

Tapi, dia balas dengan kasar (padahal memangnya saya kasar ya), dan saya masih baru di sini jadi belum banyak tau. ini katanya

Halo, Awang, Anda lancang sekali, ya, menyunting artikel yang masih ada templat inusenya, ya! Sepertinya, pesan Anda kurang tebal, tuh! Ya, siapa suruh Anda membaca artikel Islam di Korea sebelum selesai, karena artikel ini belum saatnya untuk dinikmati?

katanya waktu itu belum selesai, tapi sampai sekarang templat inuse masih ada di artikel Islam di Korea. Dan cek terjemahannya banyak yang aneh dan tidak sesuai. para pengurus lain mohon dinasehati orang ini, sama pengguna biasa seperti saya psti tidak akan mempan. AWANG 6 jan 2013

ini buktinya>> http://id.wikipedia.org/wiki/Pembicaraan_Pengguna:Awang_ngayoh

Cuma mau bilang: Anda salah dan Ezagren jauh lebih salah. Itu sudah. Salam.
Salam juga buat Awang. Pengurus juga manusia, bung! Maafkan saya jika saya telah salah kepada Anda atas omongan saya yang Anda anggap kasar. Jika ada pengguna yang lain yang ingin menasehati saya, silakan, saya terima dengan lapang dada sempit hati. :) Ezagren (kirim pesan) 6 Januari 2013 13.59 (UTC)
Tindakan bung Zag telah betul, tapi secara bahasa kasar memang menurut sy. Jujur, sy ini tdk pandang bulu dlm membatalkan revisi pengguna baru atau anonim yg cara menulis mereka itu tak betul. Kalo masih bisa diperbaiki, sy bisa perbaiki. Kalo revisi mereka bagus, sy pertahankan. Apalagi kalo pengguna baru yg menulisnya itu ekselen, anda bisa lihat artikel Kucing merah, padahal perintisnya adalah seorang pengguna baru. Jadi, belajar kepada mereka yg masih baru tapi sudah pandai, salah satu contoh adalah Pengguna:Satriyaumbu. --182.11.37.242 7 Januari 2013 09.04 (UTC) (Adi.akbartauhidin lagi malas masuk, karna koneksi lambat)
Ada baiknya kita saling memaafkan dan saling bertenggang-rasa, agar tidak sampai tersimpang dari tujuan kita berkontribusi di Wikipedia ini, yaitu menyumbang pengetahuan bebas bermutu baik kepada masyarakat, secara gratis. Dapatlah kita (dan saya juga) sama-sama berkepala dingin dan mengingat panduan-panduan ini: Wikipedia:Jangan gigit pengguna baru dan Wikipedia:Asumsikan niat baik. Selamat menyumbang, I love you full. Naval Scene (bicara) 8 Januari 2013 04.54 (UTC)

Pemilihan pengurus[sunting sumber]

Pemilihan pengurus yang pertama untuk tahun ini sudah dimulai. Silakan kunjungi halaman ini. Aldo samulo (bicara) 7 Januari 2013 08.01 (UTC)

Suka  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   menyukai ini.

Penggemar[sunting sumber]

Ketika kaum penggemar menyunting Wikipedia, hasilnya seperti ini. — FarrasLa Poste 7 Januari 2013 20.33 (UTC)

Hahaha, lucu.. kira2 ada fakta yg cocok untuk "tahukah anda" ga ya? Naval Scene (bicara) 8 Januari 2013 04.57 (UTC)
Lurah pun disebut-sebut. Omg2, apa ada hubungannya dengan Cakra Khan? Ezagren (kirim pesan) 9 Januari 2013 04.15 (UTC)

"Sumber Wikipedia" di Google Books[sunting sumber]

[1] Apa itu benar-benar buku yang dicetak ya? Ada yang tahu? ‑Bennylin runding 22.15, 11 Januari 2013 (WIB)

Waw, jangan sampai deh informasi yang diambil salah seperti kasus lama ini. Dilihat dari penerbitnya (General Books LLC), buku-buku ini tampaknya benar-benar dicetak. — FarrasLa Poste 11 Januari 2013 15.33 (UTC)
Sungguh ter-la-lu >>> Sekitar 2,910 hasil (0.24 detik)  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   11 Januari 2013 17.15 (UTC)

Hotel Ibis[sunting sumber]

*gebrak meja warung kopi* Ada vandalisme lolos pantauan selama 3 bulan, saudara-saudara. Kelihatannya tidak begitu penting, tetapi yaa setidaknya sudah banyak orang yang "terpaksa" membaca curhat sang calon karyawan (yang mungkin bisa berdampak pada perusahaannya). Mohon tingkatkan lagi patrolinya, karena seperti rezeki juga, vandalisme bisa datang dari arah yang tidak diduga-duga. Salam. — FarrasLa Poste 11 Januari 2013 18.38 (UTC)

Siyaaaap! Laksanakan! *sambil ngelap tumpahan kopi, dimeja warung* lain kali pelan dikit gebrak mejanya    ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   11 Januari 2013 19.26 (UTC)
Analogi vandalisme dan rejeki mantep juga yes.   SpartacksCompatriot lapak stensil 12 Januari 2013 08.28 (UTC)
👍Suka Jempol buat analogi vandal dan rejeki.   ΑΠδΓɛ   ✉  12 Januari 2013 10.06 (UTC)
Atau says validasi aja artikel tsb. Salam. --Dede2008 (bicara) 13 Januari 2013 08.05 (UTC)

Hasil Maraton 2013[sunting sumber]

Hasil Maraton 2013 telah diumumkan. Silakan baca hasilnya di halaman Maraton 2013. Salam. ·· KℇℵℭK 13 Januari 2013 09.18 (UTC)

Terima kasih untuk Kenrick dan tim juri yang sudah bekerja keras meluangkan waktu untuk menjadi juri Maraton 2013. . (silakan kita tepuk tangani tim juri) ‑Bennylin celoteh 18.37, 15 Januari 2013 (WIB)

Catatan kaki[sunting sumber]

Kenapa artikel2 sejarah kayak Perang Dunia 1, Perang Dunia 2, Perang Dingin dan Holocaust panjang dan banyak banget catatan kakinya? Susah kalau mau mengkopi ke word, harus dihapus satu2. -_- Trus kalau dikopi buat tugas sekolah, apakah sumber yg ditulis cukup Wikipedia aja, atau perlu juga ditulis catatan kakinya? Thanks 141.0.10.156 19 Januari 2013 08.38 (UTC)

Artikel-artikel tersebut disesuaikan dengan panjang artikelnya. Makin panjang artikelnya, makin banyak pula catatan kakinya, dan (selalunya) semakin bermutu pula artikelnya. Untuk tugas sekolah, kalau di Word, Anda cukup mencantumkan "Wikipedia bahasa Indonesia" sebagai sumbernya. Tak perlu mengetik catatan kakinya. Selamat menyunting. SpartacksCompatriot lapak stensil 19 Januari 2013 09.12 (UTC)
Lho? koq susah ngopi ke word? Sorot dan blok bagian-bagian yang perlu sajalah untuk dikopi . Jangan pakai Ctrl+A... ya semuanya jadi terpilih dan jika dikopi, jelas susah ngapusin satu-satu bagian yang ga diperlukan. Catatan kaki perlu sekali lho untuk memastikan/pemastian suatu pernyataan. Misalnya kalimat pernyataan: Anda atau "Si A lahir dengan kemampuan terbang". Siapa yang percaya kalau tidak ada catatan kaki yang menjelaskan fenomena itu, misalnya tertulis dalam buku "fenomena manusia terbang" karya si B, terbitan PT Antah Berantah. Salam, semoga anda mendaftar Wikipedia (atau masuk log). Jangan lupa kunjungi halaman pembicaraan saya jika butuh bantuan.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   19 Januari 2013 09.18 (UTC)
Nah, mantap!   SpartacksCompatriot lapak stensil 19 Januari 2013 09.21 (UTC)
Huihihi, ketahuan modusnya. Maunya dibaca dulu dan tentukan informasi mana yang Anda perlukan, kemudian pakai catatan kaki yang tersedia di subbagian "Catatan kaki", karena lebih akurat dan jelas (seperti kata Iwan Novirion). Salam. — FarrasLa Poste 19 Januari 2013 09.28 (UTC)
Tampaknya mulai tercium siasat pengguna yang mengembangkan kedua artikel perang itu.... SpartacksCompatriot lapak stensil 19 Januari 2013 09.38 (UTC)


Terimakasih jawabannya. Maksud saya, kan repot mesti ngapusin tulisan [1], [2], dst pas di kopi ke word. Yah, namanya juga anak sekolah, pasti males baca yg panjang2, maunya yg simpel-simpel aja, kayak yg berupa poin-poin :p. Tapi terimakasih sudah membuat artikelnya. Saya merujuknya untuk tugas sejarah tentang kronologi PD 1 sampai Perang Dingin, dan artikel2 itu jauh lebih lengkap dari yang ada di buku paket sejarah saya. Meskipun harus dibaca ulang semuanya dan ditulis dalam bentuk poin-poin -_-141.0.10.58 19 Januari 2013 09.46 (UTC)

Berat mana dengan menulis artikelnya sekaligus mencari rujukan catatan kaki untuk setiap kalimat pernyataannya ? Lagian kalo yang kamu rujuk itu adalah buku paket sejarah atau buku-buku lainnya, harus kamu ketik ulang semua yang kamu rujuk dari buku tersebut khan? Mana bisa kopi-paste seperti di Wikipedia... hehe.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   19 Januari 2013 09.52 (UTC)
Tambahan, untuk pengutipan, baca langkah-langkah di sini, atau pergi langsung ke Istimewa:Kutip. ‑Bennylin bincang 22.44, 19 Januari 2013 (WIB)

Video tutorial[sunting sumber]

Video-video tutorial Wikipedia kini telah tersedia di Commons. Silakan ditambahkan ke tutorial yang membutuhkan video. ‑Bennylin runding 14.18, 20 Januari 2013 (WIB) 20 Januari 2013 07.18 (UTC)

Halaman Utama Wikibuku[sunting sumber]

Setelah sekian tahun isi Halaman Utama Wikibuku bertumbuh, semakin lama semakin membingungkan. Karena itu saya mengajak Anda-Anda untuk berpartisipasi dalam Diskusi Halaman Utama Wikibuku. Salam. ·· KℇℵℭK 21 Januari 2013 14.48 (UTC)

Barack Obama[sunting sumber]

Maaf, itu artikel Barack Obama kok pranala merahnya banyak sekali dan sangat mengganggu saat dibaca. Bahkan frase tidak begitu penting untuk diberi penjelasan pun diberi pranala. Hariadhi - Ngobrol 22 Januari 2013 14.58 (UTC)

#teringatmasamasaawalwikipedia. Itu penerjemahan pranala-per-pranala dari en.wp. Saya beri tag {{rapikan}}. ‑Bennylin komunikasi 23.31, 22 Januari 2013 (WIB)
Selaku penanggung jawab, saya bantu birukan semuanya deh. FarrasLa Poste 22 Januari 2013 20.29 (UTC)
Trim's ya, Farras atas bantuannya. Wagino 20100516 (bicara) 23 Januari 2013 05.25 (UTC)

Damien Dematra[sunting sumber]

Permisi. Numpang nanya, apakah artikel Damien Dematra ini akurat dan bisa dipercaya? Kok kayaknya prestasinya terlalu 'Wah' ya? Jadi kurang yakin. 141.0.10.217 26 Januari 2013 23.43 (UTC)

Kalau anda merasa kurang yakin, coba anda bantu kembangkan artikel tersebut dengan mengambil rujukan dari media-media yang anda anggap lebih terpercaya. Simpel khan? Gitu aja koq repot?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   27 Januari 2013 06.16 (UTC)
Anda bisa lihat, statusnya belim diperiksa, hehehehe lagi pula referensinya hanya satu. silahkan jika berminat untuk dikembangkan. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 27 Januari 2013 11.53 (UTC)

Menggugat validitas artikel-artikel yang bertema Surakarta[sunting sumber]

Yth. Bapak, Ibu, Sdr. Pengurus Wikipedia Indonesia, Birokrat, Pemeriksa, dan Pengawas Wikipedia Indonesia di berbagai tempat baik di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Salam Wiki!

Sebelumnya, mohon izin untuk memperkenalkan, saya pengguna/user lokal Wikipedia Indonesia dengan nama user Den Mazze. Saya menulis wiki sejak beberapa tahun lalu, khususnya yang bertema pemerintahan dan sejarah. Sebelum masuk ke pokok permasalahan saya ingin meminta maaf kepada Bapak, Ibu, Sdr. Pengurus Wikipedia Indonesia, Birokrat, Pemeriksa, dan Pengawas Wikipedia Indonesia apabila surat terbuka saya ini, sebagian atau seluruhnya, menjadikan tidak berkenan di hati Bapak, Ibu, Saudara.

Adapun pokok permasalahan adalah validitas atau otentisitas tulisan mengenai Daerah Istimewa Surakarta yang tersebar di beberapa artikel. Sebagaian isi artikel tersebut kurang sesuai atau bahkan bertentangan dengan dokumen-dokumen atau buku-buku sejarah. Sebagai pembanding saya gunakan dokumen/buku:

  1. UU 22/1948 tentang Pemerintahan Daerah
  2. Nasution, Abdul Haris. (1993) Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia: diplomasi atau bertempur. Jilid 2 Cet 5. Bandung: Disjarah Angkatan Darat dan Penerbit Angkasa.
  3. Nasution, Abdul Haris. (1996) Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia: diplomasi sambil bertempur. Jilid 3 Cet 6. Bandung: Disjarah Angkatan Darat dan Penerbit Angkasa.
  4. Nasution, Abdul Haris. (1996) Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia: perang gerilya semesta ii. Jilid 10 Cet 8. Bandung: Disjarah Angkatan Darat dan Penerbit Angkasa.
  5. Nasution, Abdul Haris. (1996) Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia: periode linggajati. Jilid 4 Cet 8. Bandung: Disjarah Angkatan Darat dan Penerbit Angkasa.
  6. Saafroedin Bahar et. al. (ed). (1993) Risalah Sidang BPUPKI-PPKI 29 Mei 1945-19 Agustus 1945. Edisi kedua. Jakarta: SetNeg RI.
  7. Soedarisman Poerwokoesoemo. (1984) Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Satu[sunting sumber]

Artikel Daerah Istimewa (akses/download 2013-01-20 pk 20.27 WIB)

Sub Judul Surakarta dan Yogyakarta

… Gubernur Daerah Istimewa Surakarta yang pertama adalah Sri Susuhunan Pakubuwana XII dan wakilnya Sri Mangkunegara VIII, ……., masing-masing gubernur dan wakil gubernur memiliki masa jabatan seumur hidup. …

Bertentangan dengan putusan PPKI dan UU 22/1948, sebab status dan kedudukan daerah istimewa dan bentuk keistimewaan suatu daerah istimewa baru ditetapkan pada tahun 1948 sementara DIS sudah dibubarkan pada 1946. Sebutan pada UU 22/1948 bukan Gubernur Daerah Istimewa melainkan Kepala Daerah Istimewa.

Selain itu dalam buku seri Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia yang ditulis oleh Alm. Jend Besar Purn AH Nasution dan buku Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditulis oleh Alm Sudarisman Purwokusumo yang pada intinya, dinyatakan, Susuhunan Pakubuwana XII Surakarta dan Adipati Mangkunegara VIII tidak mau bersatu. Ini terlihat dari tempat duduk kedua kepala monarki yang berada di samping kiri dan kanan komisaris tinggi RI Gubernur Suroso saat upacara resmi di Surakarta. Selain itu Adipati Mangkunegara VIII tidak bersedia untuk berada di bawah Susuhunan Surakarta (menjadi wakil kepala daerah istimewa). Adipati Mangkunegara VIII juga menolak untuk membentuk pemerintahan bersama (koalisi) dalam direktorium. Adipati Mangkunegara VIII juga menginginkan Kepangeranan Mangkunegaran menjadi daerah istimewa tersendiri.

Dua[sunting sumber]

Artikel Daerah Istimewa (akses/download 2013-01-20 pk 20.27 WIB)

Sub Judul Surakarta dan Yogyakarta

Sub-sub judul Surakarta

Provinsi Surakarta atau Daerah Istimewa Surakarta (DIS) adalah sebuah "provinsi" yang pernah ada sejak Agustus 1945 sampai tanggal 16 Juni 1946. Provinsi ini …

Bertentangan dengan putusan PPKI dan UU 22/1948, sebab status dan kedudukan daerah istimewa dan bentuk keistimewaan suatu daerah istimewa baru ditetapkan pada tahun 1948 sementara DIS sudah dibubarkan pada 1946. Sebutan pada UU 22/1948 bukanlah provinsi melainkan daerah istimewa setingkat provinsi. Selain itu belum ada satupun dokumen yang menyatakan Surakarta dibentuk dengan UU.

Tiga[sunting sumber]

Artikel Kesunanan Surakarta (akses/download 2013-01-20 pk 20.23 WIB)

Sub judul: Masa Perjuangan Kemerdekaan

Sub sub judul: Pakubuwana XII

…. Selanjutnya pada tanggal 19 Agustus 1945 di dalam rapat PPKI diputuskan bahwa wilayah Republik Indonesia dibagi atas sembilan propinsi dan dua daerah istimewa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Daerah Istimewa Surakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. …

Sangat Bertentangan dengan Berita Republik Indonesia Tahun II No 7 yang ada dalam bagian appendiks buku Risalah BPUPKI dan PPKI edisi 1992. Selain itu juga bertentangan dengan catatan risalah dalam buku risalah itu sendiri. Selengkapnya putusan PPKI sebagai berikut:


DAERAH REPOEBLIK INDONESIA

Panitia Persiapan Kemerdekaan dalam rapatnja tanggal 19-8-1945 telah menetapkan hal daerah Repoeblik Indonesia sebagai berikoet:

1. Oentoek sementara waktoe Daerah Negara Indonesia dibagi dalam 8 Propinsi jang masing-masing dikepalai oleh seorang Goebernoer.

Propinsi-propinsi terseboet ialah:

  1. Djawa Barat.
  2. Djawa Tengah
  3. Djawa Timoer
  4. Soematera
  5. Borneo
  6. Soelawesi
  7. Maloekoe
  8. Soenda Ketjil

Daerah Propinsi dibagi dalam Keresidenan jang dikepalai oleh seorang Residen. Goebernoer dan Residen dibantoe oleh Komite Nasional Daerah.

2. Oentoek sementara waktoe kedoedoekan Kooti dan sebagainja diteroeskan seperti sekarang.

3. Oentoek sementara waktoe kedoedoekan Kota (Gemeente) diteroeskan seperti sekarang.

Empat[sunting sumber]

Artikel Kesunanan Surakarta (akses/download 2013-01-20 pk 20.23 WIB)

Sub judul: Masa Perjuangan Kemerdekaan

Sub sub judul: Pakubuwana XII

…. diberikannya piagam kedudukan resmi sebagai Kepala Daerah Istimewa Surakarta yang setingkat jabatan Gubernur dengan posisi berada langsung di bawah Pemerintah Pusat. …

Bertentangan dengan UU 22/1948, sebab status dan kedudukan daerah istimewa dan bentuk keistimewaan suatu daerah istimewa baru ditetapkan pada tahun 1948 sementara DIS sudah dibubarkan pada 1946. Jika text piagam penetapkan sama persis seperti piagam penetapan Sultan Yogyakarta (sayang saya tidak punya salinan) maka hanya ditetapkan pada kedudukannya, tidak menyebut nama jabatan. Kedudukan tersebut adalah kedudukan sebagai kepala Surakarta Kooti.

Lima[sunting sumber]

Artikel Kesunanan Surakarta (akses/download 2013-01-20 pk 20.23 WIB)

Sub judul Era Indonesia

…. Bahkan, muncul rumor bahwa para bangsawan Surakarta sejak dahulu merupakan sekutu pemerintah Belanda, sehingga rakyat merasa tidak percaya dan memberontak terhadap kekuasaan Kasunanan, padahal fitnah itu amat sangat tidak benar dan keliru[1]. Karena seperti diketahui, para raja-raja Kasunanan terdahulu merupakan salah satu penentang pemerintah penjajah yang paling utama. …

Tanda ref [1] tersebut saya buat sebab aslinya ada tanda ref [rujukan?]. Saya berusaha mencari informasi yang valid. Dalam buku seri Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia yang ditulis oleh Alm. Jend Besar Purn AH Nasution ditemukan bahwa raja-raja Surakarta membelot dan mengkhianati Indonesia saat terjadi Agresi Militer II tahun 1948-1949. Bahkan pihak TNI sudah menyiapkan Kolonel Djatikoesoemo putra Paku Buwono X (KSAD pertama) untuk diangkat menjadi Susuhunan yang baru dan Letkol Suryo Sularso untuk diangkat menjadi Mangku Negara yang baru. Namun rakyat dan tentara semakin menginginkan menghapuskan monarki sama sekali. Akhirnya mayor Akhmadi, penguasa militer kota Surakarta, hanya diberi tugas untuk langsung berhubungan dengan istana-istana monarki Surakarta. Kedua raja diminta untuk secara tegas memihak Republik. Jika raja-raja tersebut menolak agar diambil tindakan sesuai dengan Instruksi Non Koperasi. Saya sudah berusaha mengganti artikel itu sesuai dengan buku yang ditulis oleh AH Nasution, namun tulisan saya dihapus. Selain itu saya juga sudah memperbaiki artikel Daerah Istimewa Surakarta, tetapi dihapus lalu saya perbaiki lagi. Namun saya masih belum dapat mengganti judulnya dari Provinsi Surakarta menjadi Daerah Istimewa Surakarta. Sebab belum pernah ada sebuah dokumen pemerintah untuk membentuk Provinsi Surakarta. Sebagai perbandingan Yogyakarta dibentuk menjadi Daerah Istimewa setingkat provinsi baru tahun 1950 dan menjadi Provinsi DIY baru pada 1965. Padahal pada tahun-tahun tersebut Surakarta sudah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Tengah.

Oleh karena itu, saya memohon kepada Bapak, Ibu, Sdr. Pengurus Wikipedia Indonesia, Birokrat, Pemeriksa, dan Pengawas Wikipedia Indonesia untuk memeriksa kelayakan artikel-artikel tersebut di atas sehingga validitas dan otensitas artikel di Wikipedia Indonesia tetap berkualitas. Jangan sampai artikel Wikipedia Indonesia yang menjadi rujukan para pencari informasi menyajikan artikel yang validitas dan otensitas artikelnya dipertanyakan. Apalagi fakta sejarah sengaja dijungkir balikkan hanya untuk mendukung kebangkitan Daerah Istimewa Surakarta oleh oknum-oknum user dalam mencapai tujuannya dengan mengorbankan nama baik Wikipedia Indonesia. Adapun nasib oknum-oknum user tersebut saya serahkan sepenuhnya pada Bapak, Ibu, Sdr. Pengurus Wikipedia Indonesia, Birokrat, Pemeriksa, dan Pengawas Wikipedia Indonesia.

Atas perhatian para Bapak, Ibu, Sdr. Pengurus Wikipedia Indonesia, Birokrat, Pemeriksa, dan Pengawas Wikipedia Indonesia saya ucapkan terima kasih. Sekali lagi saya meminta maaf kepada Bapak, Ibu, Sdr. Pengurus Wikipedia Indonesia, Birokrat, Pemeriksa, dan Pengawas Wikipedia Indonesia apabila surat terbuka saya ini, sebagian atau seluruhnya, menjadikan tidak berkenan di hati Bapak, Ibu, Saudara.

Terima kasih.

Jaya Wikipedia Indonesia!

Hormat saya,

User Den Mazze

Den Mazze (bicara) 27 Januari 2013 06.03 (UTC)

Komentar[sunting sumber]

Komentar Komentar Sebagai pengguna yang memiliki pengetahuan lebih dalam bidang tersebut diatas, sudah selayaknya anda lakukan perbaikan pada artikel dimana yang dirasa kurang benar berikut rujukan informasinya. Demikian menurut saya. Kalau semua harus diperiksa otentifikasinya oleh pengurus atau birokrat dan lain-lain, bagaimana wikipedia bisa berkembang?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   27 Januari 2013 06.26 (UTC)

Komentar Komentar Sudah... tapi dihapus lagi... betulin lagi hapus lagi.... saya tidak ingin membuat polemik dengan bongkar pasang artikel oleh karena itu mendingan saya lapor ke pengurus aja.... Den Mazze (bicara) 27 Januari 2013 06.41 (UTC)

Komentar Komentar Biasalah, kak Aldo. Orgnya hampir2 gak teliti. Sy mau menyampaikan saran, kak Aldo haru menjadi org yg teliti dlm memberantas vandalisme dan artikel baru. Ingat, kak. Kakak ni mau jadi pengurus, harus lebih teliti lagi. Kalo jadi pengurus tapi tdk teliti, bagaimana nanti mengurusi hal2 besar dlm Wikipedia? Kalo masih saja tdk teliti -mohon maaf sy katakan ini- mundur sajalah. --Akbar ini dari Kalbar 27 Januari 2013 06.48 (UTC)

Wah... Akbar koq gitu sih? Masa main tunjuk hidung aja? Gak sopan ah . Oke mas Den Mazze, mari kita tunggu masukan dari rekan-rekan yang lain.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   27 Januari 2013 07.03 (UTC)
Frontal banget. SpartacksCompatriot lapak stensil 27 Januari 2013 07.28 (UTC)
Saya kok tidak melihat hubungan Aldo dengan ini ya? Menurut sejarah revisi http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Daerah_Istimewa_Surakarta&action=history, yang mengembalikan suntingan Den Mazze adalah Akuindo, dan itu pun hanya sekali saja. "Surat terbuka" ini saya pikir cukup kelewatan, karena itu kan masalah antar penyunting yang tidak perlu dibawa-bawa ke ranah publik (Warung Kopi). Mohon ke depannya hal-hal semacam itu diselesaikan antar individu saja, tidak perlu bawa seluruh komunitas WBI ke dalam diskusi. ‑Bennylin bicara 17.53, 28 Januari 2013 (WIB)

Komentar Komentar thanks..... soalnya saya pernah berpolemik bongkar pasang artikel... menguras energi dan ..... isi dompet tentunya (he3x). maklum cuman di warnet.... (jadi malu) Den Mazze (bicara) 27 Januari 2013 07.16 (UTC)

Suka  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   menyukai ini.
Mas Den Mazze, kalau yang anda tulis dan besertakan rujukan, saya yakin tidak dikembalikan lagi kok. Kalau sampai anda sudah menulis rujukan dan masih dikembalikan, silahkan anda melapor kepada Pengurus yang daftar namanya ada disana. Mau ke saya juga tak apa hehehe... Jangan lelah berkontribusi ya, Selamat berkontribusi. GBU Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 27 Januari 2013 11.50 (UTC)

Satu pesan kecil kepada Den Mazze terkait dengan artikel2 bertema Surakarta: siap2 anda akan di"gerilya" oleh orang2 aneh. Jadi memang harus agak panjang "usus" anda kalau bermaksud menyunting artikel2 tsb. Kembangraps (bicara) 28 Januari 2013 03.18 (UTC)

Sebagai catatan: artikel Surakarta merupakan artikel kota yang paling sering disunting, dan kota ketujuh yang paling sering dibaca. Artikel Provinsi Surakarta sudah saya pindahkan ke Daerah Istimewa Surakarta, sementara Provinsi Surakarta (Wacana) saya pindahkan ke Provinsi Surakarta. ‑Bennylin bicara 17.46, 28 Januari 2013 (WIB)
Halo Bung Den Mazze, apa kabar! Senang melihat anda muncul lagi di sini. Untuk rekan-rekan yang belum kenal, Bung Den Mazze ini kalau ga salah spesialis pengembang artikel2 tentang Yogya/Jawa Tengah/keraton, dan rujukan2 yg dipakainya menurut saya cukup mantap. Saya ingat dulu... dia pernah mengembangkan artikel Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dari 4.000-an bita jadi 70.000 lebih bita, dan referensi serta catatan kakinya bikin saya kagum lho... Kalau anda juga mau memperbaiki artikel2 Surakarta dan memberikan rujukannya, saya merasa alhamdulillah. Saran saya, Bung Den Mazze mendaftar saja jadi Editor, kalau disetujui anda nanti bisa memastikan perubahan terakhir artikel2 tsb. Mudah-mudahan pengurus bisa mengabulkan. Salam, Naval Scene (bicara) 28 Januari 2013 07.41 (UTC)
Setuju dengan usul Naval Scene. Mendaftar saja jadi editor, nanti bisa ikut membantu menjaga kesahihan artikel. Gombang (bicara) 28 Januari 2013 08.23 (UTC)

Scholarship Wikimania 2013[sunting sumber]

Pemberitahuan buat yang belum tahu: pendaftaran scholarship ke Wikimania 2013 di Hong Kong telah dibuka. Pranalanya: [2] Salam  Mimihitam  31 Januari 2013 17.02 (UTC)