Wikipedia:Jangan menggigit pengguna baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Menggigit pemula (seperti kucing ini) tidak ada yang menganggapnya baik. Bersikap baiklah, ramah, dan membantu penyunting baru.

Berkembangnya Wikipedia bukanlah sekedar hasil kerja keras mereka yang telah lama mendedikasikan diri menjadi anggota, melainkan juga sering oleh kontribusi-kontribusi dari banyak pendatang baru tanpa akun, yang pada mulanya hanya berbekal rasa penasaran. Pada awalnya kita semua dulunya adalah pendatang baru, bahkan termasuk mereka yang cukup hati-hati atau beruntung hingga dapat menghindari kesalahan umum yang biasa dilakukan pendatang baru. Banyak dari kita bahkan tetap merasa sebagai pendatang baru setelah berbulan-bulan (atau bertahun-tahun) berkontribusi.

Setiap kontributor baru merupakan calon anggota yang potensial, dengan demikian mereka merupakan sumber daya yang paling berharga. Kita harus memberikan mereka bimbingan dengan penuh kelembutan dan kesabaran, sikap elitis dan permusuhan adalah sikap yang akan menakuti dan mengusir mereka. Ada sebagian pendatang baru langsung dapat mengerti kaidah yang berlaku (sehingga tidak terlampau susah diajari), tetapi sebagian yang lain masih buta terhadap kaidah beraktivitas di Wikipedia.

Tolong jangan gigit pendatang baru

Jangan gigit mereka!
  • Berusahalah mengerti nilai pendatang baru terhadap komunitas. Dengan menolong pendatang baru, kita juga meningkatkan pengetahuan, sudut pandang, dan ide dalam Wikipedia, dengan begitu bisa mempertahankan kenetralan dan integritasnya sebagai sebuah sumber daya dan pada akhirnya meningkatkan nilainya. Faktanya, ditemukan bahwa pendatang baru memiliki andil dalam menambahkan mayoritas suntingan substatif, yaitu isi yang akan dipertahankan; sementara orang dalam dan para pengurus lebih memiliki andil untuk sejumlah besar suntingan total, ini sering termasuk mengembalikan suntingan dan menyusun ulang isi.[1]
  • Ingat, motto kita dan ajakan kita ke pendatang baru adalah jangan ragu menyunting artikel. Kita memiliki serangkaian aturan, standar, dan kebiasaan, tetapi itu harusnya tidak serta merta diterapkan untuk merintangi usaha para pendatang baru yang mengambil ajakan itu. Seorang pendatang baru membawa ide-ide, kreatifitas, dan pengalaman yang kaya dari wilayah lain yang, dengan mengesampingkan standar dan aturan saat ini, memiliki potensi untuk semakin memperbaiki komunitas kita dan Wikipedia secara keseluruhan. Boleh jadi aturan dan standarnya yang perlu ditinjau ulang dan diperluas; mungkin apa yang pendatang baru "salah" lakukan bisa pada akhirnya memperbaiki Wikipedia. Amati sebentar dan, jika perlu, tanya apa yang pendatang baru itu coba raih sebelum menyimpulkan bahwa mereka atau usaha mereka "salah" begitu saja.
  • Jika seorang pengguna baru membuat kesalahan kecil, mis. lupa memiringkan judul buku, koreksi saja sendiri, tetapi jangan menyemprot pengguna baru tersebut. Sebuah catatan lembut di halaman penggunanya yang menjelaskan standar Wikipedia dan cara meraihnya di kemudian hari mungkin terbukti lebih bermanfaat, karena mereka mungkin belum akrab dengan norma tersebut atau cara sampai ke sana. Ingat, ini adalah tempat agar semua orang dapat menyunting dan oleh karena itu menyunting dan menyempurnakan menjadi tanggung jawab masing-masing orang, bukannya mengkritik dan mengawasi orang lain. Jika Anda tidak menggunakan tata krama atau menyumpah-serapahi pengguna baru, mereka bisa memutuskan untuk tidak menyumbang lagi.
  • Seorang pengguna baru mungkin menyimpan naskah percobaan pertama untuk melihata apakah mereka diizinkan untuk memulai sebuah artikel, dengan rencana memperluasnya jika tidak ada serangan balasan. Jika, dalam beberapa menit saja, artikel tersebut ditempeli tanda agar dirapikan, dinilai sebagai "rintisan", atau bahkan disarankan untuk penghapusan, mereka mungkin menyerah. Lebih baik tunggu beberapa hari untuk melihat bagaimana suatu artikel yang tidak berbahaya berevolusi daripada buru-buru mengkritik.
  • Bila Anda merasa perlu memberitahukan seorang pendatang baru tentang kesalahannya, tolong lakukan dengan cara yang membangun dan penuh hormat. Mulailah dengan perkenalan dan ucapan selamat datang di halaman pembicaran pengguna tersebut agar mereka tahu bahwa mereka disambut baik di sini, kemudian sajikan koreksian Anda dengan kepala dingin sebagai seorang rekan. Jika memungkinkan, tunjuk sesuatu yang telah mereka lakukan dengan benar atau dengan sangat benar.
  • Ingatkan pengguna baru kita menyimpan segalanya. Ketika suntingan mereka dikembalikan, mereka bisa panik, memulai perang suntingan, atau meninggalkan Wikipedia seluruhnya, dalam keadaan salah mengira bahwa hasil kerja berjam-jam itu telah dihapus, hilang, dan tidak bisa dikembalikan. Beri tahu mereka kalau mereka bisa berunding dengan penyunting lain di halaman pembicaraan dan, jika semuanya gagal, mereka bisa mengajukan evaluasi penghapusan.
  • Pendatang baru biasanya ragu-ragu untuk membuat perubahan, terutama yang besar, seperti NPOV dan pemindahan halaman, dikarenakan takut akan merusak Wikipedia (atau menyinggung Wikipediawan/Wikipediawati lain dan disalahkan atau diblokir). Ajari mereka untuk bersikap tegas, dan jangan kesal dengan "rasa malu" mereka.
  • Sementara menunjuk seorang pengguna baru telah melakukan kesalahan di halaman kebijakan yang relevan itu boleh saja, itu bisa jadi tidak masuk akal dan tidak ramah jika menyarankan mereka berhenti ambil bagian di pengambilan suara, diskusi usulan penghapusan, dll., sampai mereka "bertambah pengalamannya." Ini bisa menyurutkan minat penyunting baru dan menghilangkan Wikipedia dari wawasan yang banyak diperlukan.
  • Bila memberikan nasihat kepada pendatang baru, turunkan nada bicara beberapa tingkat dari cara berdiskusi yang biasanya dilakukan di Wikipedia. Berusahalah untuk membuat pendatang baru merasa sungguh-sungguh disambut, bukan seperti harus mencoba mendapatkan persetujuan agar dapat masuk ke kelompok eksklusif. Setiap wilayah baru yang melibatkan aktivitas manusia yang bertujuan khusus dan terpusat mempunyai struktur spesialnya sendiri, yang membutuhkan waktu untuk dipelajari (dan yang mendapat manfaat dari peninjauan dan pengujian ulang secara berkala).
  • Jangan memanggil pengguna baru dengan nama yang merendahkan seperti "siluman". Anda bisa mengarahkan mereka ke kebijakan-kebijakan semacam itu jika ada alasan benar untuk melakukannya. Sebagai contoh, jika sejumlah pengguna-baru muncul untuk memihak satu sisi pemungutan suara, Anda harus ramah dengan mereka sambil menjelaskan bahwa suara mereka bisa tidak diacuhkan jika melanggar kebijakan mendasar terkait isi. Tidak menyebut-nyebut nama itu perlu. Sama dengan hal ini, pikirkan dengan keras sebelum menamai seorang pengguna baru sebagai aku dengan tujuan tunggal. Di samping itu, kami tidak mendukung tindakan melabeli siapapun penyunting dengan gelar yang menyakitkan hati seperti itu dalam masa sengketa.
  • Kadang pendatang baru lupa menandatangani kiriman mereka di halaman pembicaraan. Gunakan {{tanpattd}} untuk memperbaiki kiriman tanpa tanda tangan, dan gunakan {{sign}} di halaman pembicaraan pengguna tersebut untuk mengingatkan pengguna yang lupa.
  • Ada kalanya ketika pengguna menambahkan diskusi baru ke halaman pembicaraan, tanpa memperhatikan bahwa sudah ada diskusi yang berjalan. Sering, para pendatang baru tidak sadar bahwa sudah ada diskusi mengenai topik tersebut, bahkan jika itu benar-benar baru saja, jadi mohon bimbing mereka.
  • Asumsikan niat baik dari pihak pendatang baru. Mereka sangat mungkin ingin membantu. Berilah kesempatan!
  • Pengalaman atau hak istimewa dari poin sebelum ini sebaiknya tidak ditafsirkan secara menyimpang sebagai alasan agar semua orang harus selalu membenarkan pihak lain, dan tidak ada seorang Wikipediawan yang lebih tinggi dari Wikipediawan lain. Beberapa tindakan mungkin tampak oleh pendatang baru sebagai tindakan dengan niat tidak baik; para penyunting yang harus menyediakan kejelasan dengan nol kerancuan mengapa demikian, berdasarkan kebijakan yang ada – ini adalah tanda seorang penyunting yang bertangung jawab.
  • Perilaku yang tampak jahat mungkin datang dari ketidaktahuan aturan dan harapan kita di Wikipedia ini. Bahkan jika Anda 100% yakin bahwa seorang vandal atau troll internet yang tidak ada baiknya, tidak berguna, atau yang lebih parah lagi, Anda berperilakulah seakan mereka bukan seperti itu. Ingat bahwa editor dalam masa uji coba punya potensi untuk menjadi editor masa depan. Dengan memberikan jawaban yang sopan, jujur, dan tidak melaknati kepada pendatang baru, Anda berkesempatan untuk mengajari mereka kebijakan Wikipedia. Dengan menjadi orang yang penuh hormat, tertarik, dan tenang, Anda telah menjaga kehormatan Anda, dan nama baik proyek kita.
  • Sopan-sopan saja menunjukkan sedikit rincian tentang penyuntingan di Wikipedia, seperti bahwa seseorang dapat memberi tanda tangan ke halaman pengguna dengan menaruh empat tanda tilda (~), atau menunjukkan kalau pranala wiki dapat dibuat dengan menaruh dua pasang kurung ganda di samping-samping sebuah kata atau frasa.
  • Ingat bahwa Anda pernah menjadi pendatang baru. Perlakukan orang lain sebagaimana Anda pernah diperlakukan (atau, mungkin, harap dulu diperlakukan) ketika Anda pertama kali datang.
  • Ingat: "Jangan menggigit; lakukan apa yang benar. Menjadi seorang kawan itu yang benar."

Cara agar tidak menjadi "tukang gigit"

Yang dipikirkan pengguna baru tentang bagaimana seharusnya menangani hal-hal di dalam Wikipedia pasti akan tidak nyambung. Wikipedia adalah hutan belantara, dan barangkali butuh beberapa waktu sebelum seorang pendatang baru terbiasa dengan cara kerja di sini. Dengan selalu menyadari hal itu Anda bisa terbantu agar tidak menjadi seorang "tukang gigit". Untuk menghindari dituduh sedang menggigit, cobalah untuk:

  1. Jangan Menghapus, Perbaikilah. Jika sesuatu tidak memenuhi standar Wikipedia, cobalah untuk memperbaiki masalah tersebut daripada hanya membuang apa yang rusak. (Tidak ada yang mampu menghentikan kontributor baru untuk kembali datang seperti halnya ketika mereka menemukan kerja keras mereka dibuang di tempat sampah.)
  2. Hindari penekanan-penekanan di bagian komentar (mis., banyak tanda seru dan kata-kata seperti sampah, bodoh, jelek, bikin masalah, dll.).
  3. Lembutkan pendekatan dan kata-kata Anda.
  4. Selalu beri penjelasan pembalikan di ringkasan suntingan, dan gunakan bahasa Indonesia yang datar daripada singkatan-singkatan kode.
  5. Hindari sarkasme di ringkasan suntingan dan halaman pembicaraan, terutama saat membalikkan suntingan.
  6. Berjuanglah agar bisa menjawab dengan tindakan terkendali.
  7. Tunggulah, yakni tenanglah dulu.
  8. Ramahlah.
  9. Sadarilah keberadaan perbedaan prinsip dan bersedialah meraih konsensus.
  10. Berilah timbal balik saat diperlukan.
  11. Dengarkanlah dengan seksama.
  12. Hindari terlalu banyak jargon Wikipedia. Ketika membuat pranala ke kebijakan atau pedoman, buatlah dalam bentuk panjang, bukan dengan singkatan-singkatan Wikipedia.
  13. Hindari menghapus artikel yang baru dibuat, karena pengarang yang belum berpengalaman mungkin masih mengerjakannya atau mencoba memikirkannya.
  14. Bahkan pesan templat penghapusan yang ditulis dengan paling baik dan benar penempatannya dapat terlihat menakutkan atau tidak ramah kepada pengguna baru. Pertimbangkan untuk menulis pesan yang lebih pribadi.
  15. Jangan penuhi halaman tersebut dengan templat perawatan atau ikut sekelompok orang ketika sedang menunjukkan kesalahan. Harus menunjukkan kesalahan dengan membawa banyak orang itu kurang bersahabat dan terlalu menjatuhkan, bahkan jika masing-masing komentar disusun dengan halus dan berniat baik.

Terus berjuanglah untuk menjadi Wikipediawan yang bertanggung jawab. Dengan menyebarkan pesan kebaikan, Anda tidak akan memancing maupun dipancing, dan akan membuat Wikipediawan baru untuk mencurahkan waktu dan tenaga mereka untuk membangun sebuah ensiklopedia yang benar-benar kolaboratif.

Ignorantia juris bisa dimaafkan

Prinsip ignorantia juris non excusat (bahasa Latin untuk: "ketidaktahuan akan hukum tidak dimaafkan") tidak selaras dengan pedoman "jangan menggigit" dan "asumsikan niat baik". Untuk kasus ini, ketidaktahuan akan pedoman Wikipedia bisa atau mungkin menjadi alasan untuk memaafkan kesalahan pengguna baru. Lebih jauh lagi, Anda sendiri melanggar kebijakan dan pedoman Wikipedia ketika Anda menyerang seorang pengguna baru tanpa peduli dengan mereka.

Cobalah daripada begitu untuk mengikuti poin-poin yang telah disebutkan di atas untuk menolong pengguna baru dari ketidaktahuannya. Sadarilah bahwa memang kebanyakan realita tidak seperti ini, dan bahkan penyunting kawakan bisa tidak taat—atau sekadar tidak ingat—dengan pedoman kita dari waktu ke waktu.

Lihat pula

  1. ^ Swartz, Aaron (2006-09-04). "Who writes Wikipedia? (Aaron Swartz's Raw Thought)" (HTML). Diakses tanggal 2009-04-21.